Senin, 29 April 2019

[Book Review] Cerita Cinta Indonesia



Judul Buku : Cerita Cinta Indonesia
Kategori : 45 Cerpen Terpilih (Kumcer)
Tebal : 400 Halaman
Terbit : Oktober 2014
Beragam tema, beragam kisah terangkum di kumpulan cerita pendek Cerita Cinta Indonesia ini. Mulai dari jejak sastra hingga cerita pendek TeenLit tergores dalam 45 cerpen buah karya 45 penulis yang pasti sudah Anda kenal. Kumpulan cerita pendek ini adalah semacam bentuk syukur dan terima kasih bahwa kami masih bisa meneruskan semangat dalam berkarya.

Membaca kumpulan cerita pendek ini seakan memilih beraneka rasa dan rupa dalam sajian paket lengkap. Sebab, ada begitu terlalu banyak kisah kehidupan yang menunggu untuk diceritakan, dan yang terdapat dalam buku ini hanya sebagian kecilnya. Tak pernah cukup kisah cinta, misteri, persahabatan, dan beragam tema lainnya di dunia ini untuk ditampilkan dalam bentuk karya sastra atau cerita populer.

Apa pun rasa dan rupa yang Anda dapatkan saat membacanya, kami berharap Anda menikmati sajian Cerita Cinta dengan rasa Indonesia ini.

***

Kumpulan Cerpen ini ditulis oleh 45 Penulis GPU:
Ahmad Tohari, aliaZalea, Andina Dwifatma, Anjar Anastasia, Arswendo Atmowiloto, Ayu Gendis, Boim Lebon, Budi Maryono, Clara Ng, Debbie Widjaja, Dewi Kharisma Michellia, Dewi Ria Utari, Dewie Sekar, Dyan Nuranindya, Eka Kurniawan, Erlin Cahyadi, Esti Kinasih.

-----------------

Cerita Cinta Indonesia merupakan kumpulan 45 kisah terpilih dari 45 penulis yang namanya mungkin sudah tidak asing lagi karena karya-karyanya yang laris manis di pasaran atau mungkin beberapa diantaranya menjadi penulis favorit pembaca. Cerita Cinta Indonesia ini ibarat menu lengkap makanan, karena tersaji dengan 45 rasa yang berbeda, masing-masing penulis menceritakan kisah yang berbeda dan tentunya rasa yang berbeda. Mulai dari penulis senior hingga penulis baru dengan tema yang beragam dan diramu dengan “ciri khas” masing-masing. Sebagai pembaca, kita diajak membaca 1 demi 1 kisah yang diurutkan sesuai abjad penulis. Dan, hingga akhir aku cukup menikmati 45 cerita pendek ini, walau memang ada beberapa penulis yang telah “mencuri hati” dengan kisahnya.

Dibuka dengan “SK Pensiun” oleh Ahmad Tohari, yang mengisahkan tentang Pak Kirom, pensiunan mantri pasar yang diusianya 67 tahun memilih untuk menikahi Yu Jembar, janda beranak 4. Dan tentunya pernikahan Pak Kirom ini menjadi buah bibir tetangga, apalagi 1 bulan kemudian beliau ditemukan meninggal karena penyakitnya. Dan di akhir cerita, kita akan tahu alasan Pak Kirom yang sungguh bijaksana dan mengharukan dibalik keputusannya untuk menikah di usia senjanya.

Selanjutnya, masih ada 44 cerita lainnya, tetapi akan terlalu panjang jika menulisnya satu per satu. Ini 10 cerita pilihan yang berhasil menempati posisi favoritku:

1.Muse – Ika Natassa
Siapa yang tidak kenal dengan Ika Natassa, novel-novelnya sudah menjadi bestseller dan telah mempunyai tempat tersendiri dihati pembacanya. Dan kali ini, aku pun dibuat terkesan dengan ceritanya. Sederhana, tapi sungguh mengena. Konon, dalam Mitologi Yunani itu “Muse” merupakan dewa-dewi yang menjadi inspirasi terciptanya karya seni. Dan cerpen “Muse” ini mengisahkan tentang Raia Risjad dan “Muse”nya yang hilang, dan entah kenapa membaca cerpen ini, aku membayangkan Kak Ika sebagai sosok Raia. Dan aku suka dengan “twist”nya, kira-kira dibuat novel tersendiri gak ya si “Muse” ini. Kurang panjang buat kisah Raia =)

2.The Second Chance – Syafrina Siregar 
Temanya sederhana, tapi “feel”nya benar-benar kerasa. Mengisahkan tentang Meity, diulang tahunnya yang ke-39, hidupnya benar-benar berantakan. Semua yang berarti dalam hidupnya hilang, dimulai dari pekerjaan yang hilang karena di-PHK, suami yang berselingkuh hingga calon bayi karena keguguran. Hidup terasa hancur, tetapi Meity bertemu dengan sosok Kei, yang hanya dalam 1 tahun mengubah hidupnya menjadi terasa special. Ah, jadi pengen cerpen ini dijadiin novel dey. Ingin tahu lika-liku perjalanan kisah Meity dan Kei yang terasa terlalu singkat dieksplor jika dalam bentuk “cerita pendek”.

3.Surat-Surat Untuk Ibu – Ayu Gendhis
Aku belum pernah membaca karya penulis sebelumnya, tapi cerpen ini cukup memikatku. Mengisahkan tentang seorang anak yang menulis surat tentang curahan hatinya kepada ibunya yang telah meninggal 3 tahun lalu tentang kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidupnya semenjak ibunya tiada. Cara penulis bercerita, seakan-akan sosok “Ibu” itu masih hidup. Mengharukan =)

4.Gelas di Pinggir Meja – Ken Terate
Ah, aku suka banget cerpen ini. Mengisahkan tentang ibu yang selalu memberi nasihat kepada anak gadisnya, tetapi anak gadisnya malah menganggap semua nasihat itu semacam takhayul. Dan ketika ternyata satu demi satu apa yang dikatakan ibunya menjadi “nyata” si anak hanya bisa terdiam. Sederhana tapi sungguh mengena.

5.Dear Audrey – Lea Agustina Citra
Mengisahkan tentang 2 sahabat yang saling mencintai tapi tidak tersampaikan. Dan sedikit berbeda dengan novel-novel dengan tema serupa, penulis membuatku tercengang dengan “twist” yang disajikan.

6.SMS – Luna Torashyngu
Mengisahkan sms yang datang di pagi hari yang mengubah hidup Aryo. Sms yang mengabarkan tentang kondisi ibunya yang sedang sakit keras dikampung halaman membuat Aryo langsung terburu-buru pulang. Dan ternyata perjalanan bertemu ibunya tidaklah mudah, sms yang terus datang dalam perjalanan membuat perasaan Aryo makin khawatir. Tapi, aku tidak suka endingnya walau bisa ketebak sey =(

7.Apalah Artinya Nama – Marga T 
Cerpen ini benar-benar berbeda, membuatku jadi penasaran dibuatnya akan sosok Marga T, karena jujur belum pernah membaca karyanya 1 pun. Membaca cerpen ini, seakan-akan bertanya-tanya cerpen ini hanyalah fiksi atau memang benar nyata. Mengisahkan tentang penulis terkenal Marga T, yang ternyata memakai nama istrinya “Marga” sebagai nama penanya, dan aslinya bernama Frans. Selama ini sosoknya seakan-akan misterius dihadapan pembaca setianya. Hingga disuatu titik, Frans ingin pembaca mengenalnya sebagai Frans Dobo, bukan lagi Marga T. Tapi ternyata ada harga yang harus dibayar dibalik penggantian nama itu, termasuk royalti =)

8.Life Begins at Forty – Maria A Sardjono 
Mengisahkan tentang Rety, wanita yang masih setia melajang diusianya yang hampir mendekati 40 tahun. Rety, yang masih mendambakan sosok Kresno, mantan kekasihnya yang terpaut usia lebih muda yang membuatnya ragu untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Ceritanya mudah ketebak, tapi aku suka.

9.Bahagia Bersyarat – Okky Madasari
Selalu dibuat terpukau dengan penulisan Kak Okky, tema sederhana menjadi berbeda dalam ramuannya. Kali ini, Kak Okky mencoba mengangkat tema pasangan suami istri yang telah lama menikah dan dikaruniai anak dengan “kekurangan”. Awalnya semua terasa bahagia, tapi perlahan-lahan kehangatan keluarga pun menghilang, ditambah lagi dengan keinginan sang suami untuk “menikah lagi”. Sang istri pun bertanya-tanya tentang “makna bahagia”, apakah selama ini yang dia cari? Dan endingnya, lagi-lagi mengejutkan. Benar-benar bahagia yang bersyarat seperti judulnya.

10.Wanita Terindah – Rina Suryakusuma 
Rina Suryakusuma selalu menjadi penulis favoritku, dan kali ini cerpen ini pun tetap menjadi salah satu favoritku. Walau tema yang diangkat “biasa”, tapi ditangan Kak Rina mampu meramu menjadi kisah romance yang mengalir. Mengisahkan tentang seorang pria yang jatuh cinta bahkan bisa dikatakan terobsesi dengan sosok Christy, teman masa kecilnya. Namun, semua hanyalah angan belaka, Christy tidak pernah menganggapnya lebih dari seorang teman. Hingga satu hari, pria tersebut punya kesempatan untuk bisa memiliki Christy tetapi dengan cara yang tidak biasa yaitu “meracuni”.

Itulah 10 cerita favoritku dalam buku “Cerita Cinta Indonesia”. Namun, sebagai pembaca aku memang kurang terpuaskan, tapi aku menyadari kalau medium “cerpen” terlalu terbatas. Jika kita menginginkan konflik, karakter, alur bahkan cerita yang bisa jauh lebih tereksplor lebih dalam akan jauh lebih baik jika langsung membaca sebuah novel utuh.

Secara keseluruhan, kumcer ini menarik dan kurekomendasikan buat pembaca yang suka dengan bacaan yang ringan tapi mengena.


Kamu mencari kutipan-kutipan romantis, kamu bisa mengunjungi web canva kata-kata romantis

4/5 bintang kusematkan untuk “Cerita Cinta Indonesia”.
Senin, 28 Januari 2019

[Blog Tour] I Just Met You and This Is Crazy ----------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : I Just Met You and This Is Crazy
Penulis : Sekar Aruna
Penerbit : Laksana (Diva Press)
Tebal : 324 Halaman
Terbit : 2018



"Biarkan saya berjuang. Biarkan saya melakukan tugas saya. Saya akan mengusahakan semuanya buat kamu. Tugas kamu hanya menunggu saya datang."

Ini tentang perjuangan Jendra meyakinkan Niar bahwa LDR bukan hal buruk. Demi Niar. Jendra rela bolak-balik Jakarta-Jogja. Namun. Niar terlalu keras kepala. Dan Jandra terlalu mamaksa. Sehingga kemonikasi keduanya terjeda. Cukup sulit bagi Jendra untuk meyakinkan Niar, karena gadis itu trauma terhadap hubungan jarak jauh. Apalagi kehidupan Jendra dikelilingi banyak wanita cantik.

-------------------------


I Just Met You and This Is Crazy merupakan novel pertama Kak Sekar Aruna yang kubaca. Novel ini mengisahkan kehidupan Niar dan Jendra, 2 orang yang bertemu di perjalanan Jakarta - Yogyakarta. Karena suatu kejadian memalukan, Niar yang kelelahan setelah tes CPNS berakhir tertidur di pundak Jendra selama di pesawat. Siapa menyangka, jika akhirnya berawal dari sana mereka pun berkenalan dan sering berinteraksi. 

Jendra yang masih muda dan tampan, ternyata adalah seorang pemilik sebuah situs wisata terkenal libursaja.com, situs wisata yang sering digunakan oleh Niar. Mereka pun menjadi sering berkomunikasi. Jendra menunjukkan ketertarikan lebih terhadap Niar, sayangnya Niar tak ingin terbawa perasaan. Jarak yang membentang antara Jakarta dan Yogyakarta membuat Niar tak ingin salah mengartikan perhatian Jendra. Jendra sendiri malah semakin penasaran dengan sosok Niar. Baru kali ini, ada seorang wanita yang bisa membuatnya tertarik dan membuatnya ingin mengenal lebih dekat, sejak hubungannya kandas beberapa tahun lalu. 

Mampukah Jendra meyakinkan Niar akan perasaannya? Akankah jarak yang membentang menghalangi benih-benih cinta yang hadir diantara keduanya? Belum lagi, banyak wanita yang menginginkan Jendra menjadi kekasih. 

Bagaimana akhir kisah Niar dan Jendra?

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata long distance relationship? Apakah kamu tidak keberatan, jika menjalin hubungan jarak jauh dengan kekasihmu?

Itulah ide yang coba diangkat dalam novel ini. Jendra dan Niar dipertemukan dalam perjalanan. Sejak awal Jendra sudah penasaran dengan sosok Niar yang berbeda. Jika selama ini para wanita gencar menggoda dan menarik perhatiannya, Niar berbeda.

Bahkan Niar seakan tak mempan dengan semua gombalan Jendra. Ternyata Niar punya alasannya sendiri. Dia tidak mau terbawa perasaan. Pengalaman di masa lalunya, membuat dia lebih berhati-hati. Dia tak ingin terluka kembali.

Ah, gemas banget sama pasangan ini. Yang satu ingin mendekat, yang satu berusaha menolak walau dalam hati juga mau. Idenya sederhana dan ringan, tapi dikemas dengan gaya menulis yang enak untuk diikuti.

Membaca kisah ini, kamu akan belajar untuk percaya. Jarak yang membentang jangan sampai jadi penghalang bagimu untuk bahagia. Yang kamu perlukan adalah percaya dan komitmen.

Mau membaca novel ini juga? 

--------------------------GIVEAWAY----------------------


Aku punya 1 (satu) eksemplar gratis I Just Met You and This Is Crazy nih, caranya gampang banget loh:

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow instagram @fiksi.divapress  @purpleefloo dan @rizkymirgawati serta twitter @laksana.fiction

3. Repost/Reshare/Regram/Upload banner seperti yang aku bagikan di IGku sertakan hastag #IJustMetYouAndThisIsCrazy

4. Tulis data dirimu di kolom komentar berupa Nama dan Akun Instagrammu

5. Giveaway ini berlangsung mulai hari ini hingga 31 Januari 2019.

Semoga beruntung!!!!!!
Minggu, 05 Agustus 2018

[Blog Tour] Things About Him ---- GIVEAWAY!!!




Judul Buku : Things About Him
Penulis : Nara Lahmusi
Penerbit : GPU
Tebal : 248 Halaman
Terbit : Agustus 2018


Cinta mengira kehidupan SMA-nya bakal tenang-tenang aja. Sayangnya, nggak demikian. Cewek itu mesti tampil pada malam keakraban yang diadakan OSIS dan jadi sekretaris di kelasnya. Yang bikin tambah kelabakan, dia harus menghadapi Jason, ketua kelas yang temperamental.



Akan tetapi, siapa sangka ternyata Jasin perhatian sama Cinta? Bahkan lama-lama Cinta merasa Jason nggak semenyebalkan itu. Namun, Ramon--teman sebangku Cinta--malah bilang kalau Jason itu berbahaya.

Apa benar Jason berbahaya? Atau itu hanya bualan Ramon? Tapi, nggak mungkin kan Ramon berbohong.


---------------------------------



"Boleh menyesali sesuatu di masa lampau. Tapi, apa kita bisa mengubahnya? Hakikat makhluk hidup, ingat? Muncul, tumbuh, lalu mati. Bukan sebaliknya. Tugas manusia itu hanya berjalan ke depan, bukan ke belakang."

Setiap orang pasti pernah memiliki kenangan akan sesuatu maupun seseorang yang membahagiakan maupun menyakitkan. Kenangan yang akan terus dibawanya dalam hidup dan mempengaruhi hidupnya.

Seperti itulah kisah Cinta yang diangkat dalam novel teenlit terbaru Kak Nara Lahmusi "Things About Him". Cinta adalah seorang gadis remaja yang tertutup, penyuka domba, jago biologi, jago masak dan hanya memiliki 1 sahabat bernama Dion. Bersama Dion, Cinta berbagi segala hal, termasuk rahasia keluarganya, tentang mama dan papanya yang terpaksa berpisah karena sudah tidak ada kecocokan lagi.

Hal ini membuat Cinta bergantung pada Dion. Dion lah yang menemani Cinta melewati masa-masa remaja yang kosong saat mamanya memilih meninggalkannya dengan papa. Cinta menjadi pribadi yang menutup diri. Dia takut kehilangan lagi.

Dion dan Cinta berbagi apa saja. Mereka punya tempat-tempat favorit, terutama taman rahasia tempat mereka berbagi apa yang mereka suka. Bersama Dion, Cinta bahagia hingga dia pun merasakan sesuatu yang berbeda terhadap sahabatnya itu.

Namun, semua berubah ketika Dion akhirnya pindah bersama ibunya. Dion seakan hilang ditelan bumi. Cinta bingung kenapa Dion meninggalkannya begitu saja tanpa kabar. 

Setahun berlalu, Cinta pun masuk ke SMA dan disinilah dia bertemu dengan teman-teman baru. Cinta juga bertemu dengan sosok Jason, seseorang yang mengingatkannya akan Dion, masa lalunya. Namun, Jason berbeda dengan Dion. Jason itu ketus, dingin, perfeksionis dan suka seenaknya. Sayangnya, Cinta tak bisa membenci Jason. Jason malah sering hadir ketika Cinta sedang mengenang Dion bahkan mengulurkan tisu andalannya. 

Anehnya, kedekatan Cinta dan Jason malah membuat Ramon, teman sekelasnya malah memprovokasi Cinta. Ramon mengatakan Jason berbahaya, begitupun Jason mengatakan Ramon berbahaya. Mana yang harus dipercaya Cinta?

Bagaimana akhir kisah Cinta, Jason dan Dion?

Ah, akhirnya menemukan 1 lagi novel teenlit yang membuatku ketagihan saat membacanya. Sebenarnya dari segi ide ringan dan sederhana, tetapi aku suka bagaimana Kak Nara membuat aku penasaran sejak membaca halaman pertama.

Jika ada yang mengatakan, novel yang bagus adalah novel yang bisa membuat pembacanya tertarik sejak membaca beberapa lembar pertama, novel ini termasuk di dalamnya. Aku begitu penasaran dengan kehidupan Cinta, terutama masa lalunya bersama sosok Dion.

Diceritakan dengan alur campuran, alur maju dimana Cinta memulai masa SMAnya dan bertemu Dion beserta teman-teman barunya juga alur mundur berupa flashback kisah persahabatan Cinta dan Dion. Aku jadi bisa memahami kenapa Cinta begitu terpukul sejak kepergian Dion, karena Dion lah tempat dia berbagi semuanya.

Jujur sejak awal aku dibuat penasaran kemana Dion pergi, kenapa dia menghilang sekian lama, ada hubungan apa Jason dan Ramon dengan Dion, apakah memang benar Jason atau Ramon menyimpan sesuatu dan berbahaya bagi Cinta?

Sebuah kisah remaja tentang cinta, persahabatan, berdamai dengan masa lalu dan keluarga yang cukup menguras emosi. Konflik yang beragam dieksekusi satu per satu dengan cukup baik. Aku suka bagaimana Kak Nara membawa pembacanya sepertiku mengenal Cinta dan kehidupannya, dan bisa ikut larut dengan kisahnya.

Didukung dengan kover yang eye-catching, blurb yang membuat penasaran dan penulisan yang rapi, membuat novel remaja ini layak sekali untuk kamu baca. Dijamin bakal jatuh cinta. Aku hanya menemukan beberapa salah ketik yang tidak mempengaruhi kenikmatanku membaca. Aku hanya membutuhkan 3 jam saja untuk menyelesaikan novel ini.

Novel ini bisa dibaca siapa saja, baik remaja maupun dewasa, karena kisahnya yang universal. 

Secara keseluruhan, kamu mencari bacaan yang ringan dan bisa kamu baca sekali duduk, dengan konflik yang kompleks, aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca.


-------------------GIVEAWAY TIME---------------



Aku punya 1 (satu) eksemplar gratis Things About Him nih, caranya gampang banget loh:

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow instagram @naralahmusi @rizkymirgawati

3. Repost/Reshare/Regram/Upload banner seperti yang aku bagikan di IGku sertakan hastag #ThingsAboutHimNovel

4. Tulis nama dan kota tempat tinggalmu di kolom komentar postingan IGku, serta mention 2 temanmu yang berminat mengikuti GA ini.

5. Aktif mengikuti rangkaian review Things About Him di akun IGku (optional).

6. Bersedia mereview novel ini di akun IGmu jika terpilih sebagai pemenang.

7. Giveaway ini berlangsung mulai tanggal 5 - 8 Agustus 2018

Semoga beruntung!!!!!!
Selasa, 24 Juli 2018

Yuk Persiapkan Hari Pertama Sekolah dengan Baik!!!

Source : by google.com

Menjadi orang tua adalah hal yang paling membahagiakan. Sebagai orang tua, ada amanah yang wajib dipenuhi oleh setiap orang tua, yaitu mendidik anak. Anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang, bermain, beristirahat, berkreasi dan belajar dalam suatu pendidikan. Tempat pendidikan pertama anak adalah keluarga, di sinilah peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak. Yang perlu diketahui, belajar adalah hak anak, bukan kewajiban. Permasalahannya, bagaimana agar anak tidak merasa terbebani dan menjadikan kegiatan belajar sebagai sarana aktualisasi diri? 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melalui pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbungan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Peran orang tua, masyarakat maupun tenaga pendidik sangat penting di sini untuk membangun suasana yang kondusif, menyenangkan dan membuat anak termotivasi untuk belajar. 

Momentum hari pertama sekolah bisa menjadi salah satu cara orang tua mempersiapkan anak ke dunia barunya, khususnya bagi anak-anak balita yang baru masuk ke TK maupun SD. Bagaimana pun, hari pertama sekolah akan menjadi penentu bagi hari-hari anak selanjutnya di sekolah. Terdapat perbedaan mendasar antara hari pertama sekolah dulu dan sekarang. Kalau masa sekarang, orang tua disarankan untuk lebih aktif dalam mempersiapkan anak dan tentunya sebisa mungkin mengantarkan anak pada hari pertama sekolah. 

Nah, apa yang kira-kira bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mempersiapkan hari pertama sekolah anak-anak mereka? Ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan: 

1. Mengenalkan pada anak tentang sekolah 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak tentang sekolah. Salah satu cara yang paling mudah adalah mengenalkan tentang sekolah melalui buku. Membaca buku merupakan suatu kegiatan positif yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak sejak usia dini karena banyak hal yang bisa didapatkan melalui proses membaca. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan minat membaca pada anak. 

Tentunya, buku untuk anak berbeda dengan buku orang dewasa. Bagi anak yang belum bisa membaca, buku cerita bergambar bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena anak-anak akan lebih tertarik membaca dengan buku yang berisi gambar-gambar daripada buku yang isinya hanya berisi tulisan saja. Di samping itu, anak pun jadi bisa berimajinasi mengenai cerita yang dia baca. 

Di zaman sekarang, pilihan buku cerita bergambar pun tak terbatas pada buku cetak saja. Kita pun bisa memanfaatkan teknologi yang ada, karena sekarang akses membaca pun bisa dilakukan melalui media apa saja. Sekarang kita bisa mengakses buku melalui buku digital atau buku elektronik atau membaca buku secara online, karena sudah banyak aplikasi seperti perpustakaan digital yang menyediakan buku dengan berbagai macam pilihan. 

Di sinilah, peran orang tua sangat penting sekali. Orang tua bisa meluangkan waktu tiap malam untuk menciptakan momen membaca dengan anak. Selain, dapat meningkatkan minat membaca pada anak, juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. 

2. Ceritakan kegiatan seru atau menarik di sekolah 

Bagi anak yang belum pernah bersekolah, tentunya sekolah menjadi tempat asing baginya. Di sinilah, sebagai orang tua kita bisa mulai dengan menceritakan seperti apa sekolah, kegiatan apa saja yang bisa dia lakukan di sekolah dan kalau diperlukan ajak dia ke sekolah barunya sebelum dia masuk untuk pertama kalinya. 

3. Ajari dan biasakan anak untuk mempersiapkan keperluan sekolah 

Libatkan anak untuk mempersiapkan keperluan sekolahnya secara mandiri. Hal ini bisa dimulai sedini mungkin, dengan mendata apa-apa saja yang harus dia bawa, seperti alat tulis, bekal makanan, dan semua yang dia butuhkan untuk membuat anak nyaman selama di sekolah. 

4. Biasakan anak untuk disiplin bangun pagi 

Setelah semua hal-hal di atas, mulai biasakan anak untuk disiplin bangun pagi, terutama untuk anak yang selama ini bangun di atas jam sekolahnya. Hal ini untuk memberikan anak waktu untuk bersiap-siap sebelum pergi ke sekolah. Bagaimana pun, usahakan membuat mood anak terjaga dengan baik agar harinya pun menyenangkan. 

Jadi, bagaimana sudah siap untuk menyambut tahun ajaran baru dan menemani anak di hari pertama sekolah? 

Postingan ini sebagai bentuk partisipasi dalam event bersama Let's Read Indonesia. Let's Read merupakan perpustakaan digital buku anak yang merupakan program untuk menyediakan buku-buku berkualitas untuk anak dan dikelola oleh Asia's Foundation. Untuk melihat buku-buku anak apa saja yang bisa kamu baca, silahkan download bit.ly//LetsReadApp atau cek link bit.ly//LetsReadID

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design