Sabtu, 03 Januari 2015

[Book Review] The Gogons

Judul Buku : The Gogons : James & the Incredible Incidents
Penulis : Tere Liye
Penerbit : GPU
Tebal : 288 Halaman
Mereka awalnya berenam!
Dipertemukan tak sengaja oleh takdir huruf pertama.
Bertabiat laksana bumi dan langit.

Mereka sekarang tetap berenam!
Cowok-cowok metroseksual dengan masalah superserius!
Riang-tertawa menjalani manis persahabatan.

Yang tidak pernah mereka sadari,
Persahabatan itu mulai menembus batas-batas rasionalitas.

Ketika satu per satu berguguran oleh tragedi menyakitkan yang sulit dimengerti. Ketika persahabatan menuntut lebih dari sekadar kebersamaan.

Mereka awalnya berenam!
Entah menjadi berapalah di ujung cerita!

------------------------
"Pernahkah ada yang bilang kepada kalian bahwa hidup di dunia ini tidak ada yang tidak penting – sekecil apa pun kejadian itu? Semua kejadian yang ada membentuk rantai penjelasan yang melingkar, saling melilit. Sayangnya kita baru tahu dan menyadarinya setelah semuanya selesai dan sempurna membentuk lingkaran tersebut. Atau bahkan kita sama sekali tidak mengerti penjelasannya, meskipun keseluruhan kejadian tersebut sudah terangkai lengkap."
Ini bukan hanya tentang kisah persahabatan tentang 6 orang, tapi diluar itu ada banyak hal yang saling kait mengait. Sebab-akibat. Mereka yang awalnya dipertemukan tak sengaja oleh takdir huruf pertama, karena sama-sama mempunyai nama lengkap yang dimulai huruf a, yaitu Azhar Kuntoaji (Azhar), Adi Surya (Adi), Ari Nur Rahman (Ari), Ahdi Ardli Budi Asmoro (Diar), Anandito Budi Nugraha (Dito) dan A. James (James). Mereka yang pertama kali bertemu saat ospek, dan akhirnya terus bersama-sama hingga tahun ke-7, saat mereka sudah sama-sama bekerja dan merintis karier masing-masing. Ya, mereka menamai pertemanan mereka dengan “The Gogons”.

Ada yang bilang kita tidak bisa memilih takdir, kepada siapa kita berteman dan akhirnya seperti apakah hidup kita nantinya? Disinilah cerita itu bermula. Mereka berenam dengan karakter yang unik dan berbeda bisa berteman dengan karibnya, James yang playboy sejati, Diar yang belum punya pacar dan pengen banget punya pacar bule (namun belum kesampaian), Diar yang hobi nyela dan sangat suka semuanya yang manis, Ari yang paling pintar dan sistematis, Azhar yang sering sial, dan Adi yang paling beruntung diantara mereka semua. Dan ternyata tragedi-tragedi menyakitkan yang sulit untuk dimengerti mulai bermunculan, datang dengan sekejab dan menghancurkan pertemanan mereka.

Dimulai dari mimpi-mimpi buruk James, yang selalu bertemu dengan gadis berambut kepang dua, suasana jingga, lubang menganga, suara-suara yang menakutkan hingga kutukan yang “tidak pernah diingat oleh James ketika dia tersadar” hingga pertemuan dengan seorang di masa lalu. Apakah ini semua hanya kebetulan belaka atau memang ini takdir? Dan bila diruntut semua kejadian yang terjadi dalam hidup dan James selalu ada gadis di masa lalu itu.

Ya, pertemanan yang awalnya manis itu akhirnya porak poranda, satu demi satu kejadian terjadi. Diar yang selalu mengatakan dirinya sehat dan tidak pernah terlalu peduli dengan kesehatannya, akhirnya harus menerima kenyataan mengidap diabetes tingkat akut dan akhirnya berujung komplikasi, Azhar yang kecelakaan hingga merusak separuh wajahnya, Dito yang akhirnya dipenjara karena membawa heroin titipan dari bule yang sangat dia cintai (namun selalu menyangkal bahwa dia bukan dimanfaatkan), Ari yang akhirnya harus kembali masuk “asylum” karena sudah depresi berlebihan, pernikahan Adi yang diujung tanduk, dan James yang kembali bertemu dengan cinta pertamanya “Weni/Jasmine” yang mengidap skizofrenia tingkat akut. Dan kejadian demi kejadian itu apakah benar akibat masa lalu James? Janji masa lalu James dengan gadis yang hilang dari ingatannya? Ataukah itu memang hanya takdir saja? Seperti apakah akhir dari cerita pertemanan mereka? Baca saja kisah mereka sendiri ^^

Well, membaca novel ini membuatku deg-degan. Perasaan bak roller coaster, karena awalnya kupikir ini hanya kisah persahabatan 6 orang yang disebut “The Gogons” tapi lebih dari itu. Tragedi demi tragedi yang mengoyak pertemanan mereka, mimpi buruk James, pertemuan dengan gadis beraroma Jasmine, Asylum dan lain-lain membuat terus bertanya-tanya dan penasaran hingga diujung cerita. Tidak menyangka kisah ini tidak sesederhana itu. Dan akhirnya pun belum diketahui, entah seperti apa jadinya hidup personil “The Gogons”.

Ya, novel ini sudah lama banget kucari. Karena ini satu-satunya novel penulis yang belum kupunya dan kubaca. Dan sekali lagi aku dibuat terpesona dengan cerita yang berbeda dari yang lain. Mungkin bisa dikatakan membaca novel ini seperti melihat tayangan film “Final Destination”, karena kejadian buruk demi kejadian buruk terjadi. Namun tidak berakhir seperti film tersebut.

Sayangnya agak kecewa karena awalnya novel ini akan dibuat menjadi 6 novel seperti jumlah “The Gogons” sayangnya hingga sekarang judul kedua “Dito & Prizon of Love” tidak pernah terbit, dan kata penulisnya entah apa akan ada lanjutannya atau tidak. Mencari novel ini saja susahnya bukan main, mengingat novel ini pertama kali terbit 2006 dan termasuk kategori “langka”.

Dan aku penasaran seperti sinopsis di back cover “entah menjadi berapa lah di ujung cerita”....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design