Rabu, 04 Februari 2015

[Book Review] Miraculin

Judul Buku : Miraculin
Penulis : Didi Almeyda
Penerbit : GPU
Tebal : 182 Halaman
Terbit : Maret 2014
Available @bukupedia
Miraculin, gadis yang namanya diambil dari buah ajaib yang mengandung zat yang mampu mengubah rasa asam menjadi manis. Hidup Mira pun manis, penuh cinta, sampai datangnya Bara, api yang berkobar dalam pikiran dan hati Mira.

Cara berpikir Mira yang tidak seperti gadis kebanyakan, pasti membuat penasaran. Akankah mereka menemukan jalan ke hati masing-masing?

-----------------------
"Hidup kita selalu berjalan seperti seharusnya, dan begitu-begitu saja. Kitalah yang suka menambahkan drama. Drama yang nggak perlu, menurutku."- Mira
Ini tentang kisah Miraculin, gadis yang namanya diambil dari buah ajaib yang mengandung zat yang mampu mengubah rasa asam menjadi manis. Seperti namanya, kehadiran Mira itu selalu membuat semua situasi menjadi "manis" sekalipun pahit.
Benar-benar dibuat takjub dengan sosok Mira yang sangat "positif" dalam melewati liku-liku perjalanan hidupnya.

Novel ini begitu sederhana, ringan dan mengalir lancar. Tidak ada konflik yang mungkin terlalu wah dalam novel ini, tapi penulis membuat karakter Miraculin yang begitu unik, yang membuatku merasa "tertampar" berulang-ulang dengan filosofi hidupnya.

Kehidupannya terasa berjalan seperti biasa, karirnya mulus hingga saat melakukan penelitian di Padang, tepatnya Bukit Tinggi, Mira bertemu dengan sosok Bara. Sosok dengan kepribadiannya yang berbeda dengan dirinya. Bersama Bara, mereka melewati hari yang penuh dengan asam manis cinta. Kadang-kadang Bara agak tidak sepaham dengan pandangan hidup Mira yang "terlalu baik" kepada semua orang. Ya, mereka saling melengkapi. 

"Bara, kita hidup di dunia dengan jutaan orang, jutaan kepribadian. Masing-masing orang diciptakan unik, berbeda satu sama lain. Apa yang menurut kamu jahat, salah, belum tentu begitu juga buat orang lain."
"Bara, hiduplah dengan sederhana. Apapun yang sedang terjadi, apapun yang sedang kamu hadapi, make it simple."
Ya, seperti itulah Mira yang selalu ramah, baik hati dan sangat positif dalam hidup. Segala permasalahan selalu dianggap biasa...Benar-benar unik, berbeda dari wanita yang sering dikencani Bara. Itu yang membuat Bara tertarik dan jatuh cinta.

Mira yang selalu sibuk dengan pekerjaannya, kadang-kadang membuat Bara merasa cemburu dan tersisih. Kemudian hadir kembali mantan pacarnya, membuat Bara menjadi "dilema". Bagaimana akhir kisah hidup Miraculin?

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menamatkan novel ini. Novel ini sederhana tapi begitu sarat mana tentang kehidupan. Bersama kehidupan Mira, aku belajar banyak tentang kebahagiaan. Kebahagiaan yang bisa tercipta hanya dengan membahagiakan orang lain. Nice story =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design