Senin, 09 Maret 2015

[Book Review] A Week Long Journey

Judul Buku : A Week Long Journey
Penulis : Altami N.D
Penerbit : GPU
Tebal : 264 Halaman
Terbit : Januari 2015
Available @bukupedia
Lina Budiawan baru saja lulus SMA dan dihadapkan pada kenyataan bahwa dia harus masuk ke fakultas yang tidak sesuai dengan minatnya karena orangtuanya menganggap jurusan itu memiliki masa depan yang cerah dibandingkan passion-nya, menulis.

Namun, Lina tetap tidak rela melepaskan genggaman pada mimpinya. Ketika dia dikelilingi orang-orang yang terus- menerus bicara mengenai bidang yang tidak sedikit pun Lina minati, justru semakin erat dia mencengkeram obsesi menulisnya. Meski harus mengesampingkan keluarganya.

Hingga liburan selama seminggu di Hong Kong menguak semua rahasia dan cerita lama yang tidak pernah Lina ketahui tentang sejarah keluarganya. Lina pun harus berpikir ulang. Menjadi idealis atau realistis?

-------------------------------
“Kalau aku pengen sesuatu terus nggak kesampaian itu ya pernah, pasti. Semua orang pasti nggak selalu bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Tapi nggak bikin aku kepaksa menjalani hidup, Ling. Yang aku, dapatkan sama yang hilang itu lebih besar yang aku dapatkan, kok. Yang penting disyukuri aja. Nanti rasanya juga nggak akan terpaksa. Malah justru semakin nikmat dan nggak pernah merasa kekurangan.”
Finally, selesai juga membaca novel debut Altami ini. Novel ini menceritakan tentang kehidupan Lina Budiawan, seorang remaja yang baru saja lulus SMA dan sedang dilema dengan mimpinya. Lina yang sangat menyukai dunia tulis menulis, namun ternyata keluarganya menghendaki dirinya untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Peternakan, jurusan yang tidak pernah menjadi sesuatu yang menarik untuknya. Dimulailah semua pergulatan batin Lina antara melanjutkan mimpinya untuk masuk Fakultas Sastra atau mengikuti keinginan orangtuanya.

Untuk itulah, Lina pun dihadiahi papanya untuk berlibur selama 1 minggu bersama Samko Tour ke Hongkong, menjelajahi negeri yang belum pernah dikunjunginnya sebelumnya. Ternyata 1 minggu itu mengubah semuanya, mengubah semua pandangan hidupnya tentang keluarga, cinta dan tentunya mimpinya. Lina jadi belajar banyak hal tentang kehidupannya dan tentunya keluarganya sendiri.

1 minggu yang penuh dengan cerita, 1 minggu yang begitu berharga bagi Lina Budiawan. Disanalah dia bertemu dengan Chen Zhang, sosok pria yang perlahan-lahan membuatnya nyaman. Tapi ini bukanlah kisah Lina dan Chen Zhang, kalau kamu berharap kamu akan disuguhkan tentang kisah romansa, kamu salah, Altami tidak terlalu mengeksplor hal tersebut, bagiku kisah LIna dan Chen Zhang hanyalah bonus saja. Ini lebih ke perjalanan hati Lina dan pendewasaan dirinya.

“Apa gunanya aku kalau bisa menjadi apa yang aku mau tapi nggak berguna bagi orang2 terdekatku, keluargaku sendiri?”
Perjalanan 1 minggu ke Hongkong yang menguak rahasia-rahasia yang tidak pernah Lina tahu sebelumnya, Lina jadi belajar banyak hal bahwa mimpi itu akan jauh lebih berarti jika kita menikmatinya bersama orang-orang yang kita sayangin. Dan ternyata idealis dan realitas itu selalu berjalan beriringan...

Sebagai novel debut, aku cukup menikmati novel ini. Gaya menulis yang rapi dan mengalir lancar membuatku tak terasa sudah sampai di akhir cerita. Altami mampu membungkus novelnya dengan baik, walau memang tak ada gading yang tak retak ada hal-hal teknis yang memang terasa seperti typo yang bertebaran alhamdulilah tidak terlalu mengganggu banget, semua itu tertutupi dengan "isi" novel ini.

Novel ini cocok sekali dibaca buat remaja khususnya yang baru lulus SMA dan sedang galaunya memutuskan untuk melanjutkan kuliah kemana, jurusan apa. Mungkin kamu akan merasakan bahwa kamu pernah menjadi seperti seorang Lina, tetapi ini semua tetaplah kisah fiksi.

3 bintang untuk "A Week Long Journey"

Happy reading =)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design