Kamis, 23 April 2015

[Book Review] Alpha

Judul Buku : Alpha
Penulis : Nathalia Theodora
Penerbit : Moka Media
Tebal : 264 Halaman
Terbit : Januari 2015
Namaku Violet. Adalah takdirku menjadi Makary, menjaga dunia kami tetap ada. Karena jika kami mati, monster penghancur dunia akan bangkit. Kami pernah hancur dan takkan pernah membiarkannya terulang kembali.

Lalu aku bertemu dengannya, Jesse. Ia begitu indah, begitu sempurna. Bersamanya aku bebas. Bersamanya aku menemukan kebahagiaan yang tak pernah kurasakan. Tetapi dapatkah aku memercayainya?

Ia adalah bagian dari Suku Gruev, bangsa yang ingin menghancurkan kami, membangkitkan monster itu. Ia adalah android. Dan ia, diciptakan untuk membunuhku.

---------------------


Namaku Violet dan aku seorang Makary. Sudah merupakan takdirku bersama 12 remaja lainnya terpilih menjadi Makary. Kami, para Makary mempunyai darah yang bisa menghentikan sang monster yang bisa menghancurkan dunia. Tugas kami hanyalah mencoba untuk selalu bertahan hidup selama masa tugas kami. Kami harus bisa membuat sang monster untuk tidur selama Waktu Kosong, dan itu membutuhkan waktu yang lumayan lama, 18 tahun. Dan setiap 18 tahun akan lahir kembali Makary-Makary lainnya.

Tinggal 3 bulan lagi tugasku sebagai Makary dan aku bisa kembali ke kehidupan normalku. Tetapi ada Suku Gruev yang senantiasa mengincar nyawa kami para Makary. Suku Gruev yang dari generasi ke generasi senantiasa saling bertikai dengan sukuku, Suku Makaros.

Profesor William, sang kepala suku Gruev pun tidak tinggal diam. Segala cara dia upayakan, termasuk menciptakan Alpha, android yang mempunyai fisik layaknya manusia dan memiliki perasaan yang senantiasa bisa berkembang. Selain Alpha, ada juga Beta yang layaknya robot biasa. Misi Alpha dan Beta hanyalah membunuh Makary agar bisa membangkitkan monster itu.

Para Makary yang hidup dalam sebuah desa yang tertutup, punya 1 hari yang disebut Hari Hutan, yang bisa mereka nikmati untuk menjelajahi hutan. Tetapi setiap Makary akan terus mendapatkan penjagaan dari pengawal mereka masing-masing. Hingga suatu hari Violet bertemu dengan Jesse, sang Alpha. Awalnya Violet sudah pasrah jika Jesse akan membunuhnya. Tetapi hal lain terjadi, Jesse malah melepaskannya.

Pertemuan Violet dan Jesse pun menjadi lebih intens. Violet kemudian sadar bahwa Jesse tidak seperti Alpha lainnya yang ingin membunuh Makary. Jesse tahu bahwa semua itu tidak benar. Violet pun selalu ingin bertemu dan bertemu Jesse diluar Hari Hutan, yang membuat dia harus berbohong dan pergi ke hutan tanpa sepengetahuan Makary lainnya bahkan pengawalnya sendiri.

Hingga suatu hari Suku Gruev menyerang Desa mereka dan membunuh 3 Makary, salah satunya Debra sahabatnya. Dan ternyata Suku Gruev menggunakan jalan rahasia yang selama ini dia gunakan untuk bertemu Jesse. Awalnya Violet berpikir Jesse yang membocorkan mengenai jalan rahasia itu ternyata ada yang sedang mengintai mereka.

Kematian 3 Makary dan 1 Makary sebelumnya menjadikan hal yang tidak bisa dihindari datang juga, sang monster pun bangkit. Bagaimana akhir kisah Violet?

Membaca novel ini, aku cukup menikmatinya. Aku bisa menyelesaikan novel ini hanya beberapa jam saja. Sayangnya kehadiran monster yang selalu menjadi momok dalam cerita ini terasa hanya sepintas lalu saja, terkesan terlalu biasa. Padahal aku membayangkan akan ada adegan klimaks disini. Akhirnya novel ini hanya menjadi anti-klimaks saja.

Aku merasakan bahwa novel ini malah condong ke kisah romansa Violet dan Jesse, sang android. Aku sulit membayangkan deskripsi setting tempatnya sama sekali, karena hanya digambarkan sebagai sebuah desa tertutup yang dekat dengan hutan.

Overall, aku suka dengan kisah Violet dan Jesse. Chemistry mereka perlahan-lahan begitu terasa. Endingnya pun cukup memuaskanku^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design