Selasa, 28 April 2015

[Book Review] Misteri Buku Harian Johanna

Judul Buku : Misteri Buku Harian Johanna
Penulis : Aulia Hazuki
Penerbit : GPU
Tebal : 232 Halaman
Terbit : Oktober 2014
Available @bukupedia
Dharma dan kawan-kawan berencana menghabiskan liburan semester di vila kakeknya. Mereka tidak tahu bahwa vila kakek Dharma yang dulu ditempati keluarga Belanda itu menyimpan banyak misteri. Sampai akhirnya Lutfie menemukan diary Johanna yang menjadi awal petualangan panjang mereka.

Demi misi menuntaskan penasaran tentang isi diary Johanna, Dharma dan kawan-kawan bertualang menelusuri seluk-beluk vila. Mereka menemukan beberapa ruang rahasia, sampai akhirnya terjebak di dalam ruang bawah tanah bersama kerangka Johanna.

Lalu, bagaimana mereka bisa lolos? Dan kenapa Pak Zul, si tukang kebun, menginginkan kematian Dharma dan kawan-kawan di vila itu?

------------------------

Sejak membaca pertama kali sinopsis novel ini jujur aku cukup tertarik. Agak berbeda dengan teenlit lainnya yang pernah kubaca, teenlit ini menawarkan sebuah kisah misteri didalamnya. Dan ternyata setelah membaca halaman demi halaman dalam novel ini, rasa penasaranku cukup terpuaskan.

Ini tentang kisah 6 orang yang bersahabat, Dharma, Lutfie, Dika, Riris, Ullie dan Uzzie. Mereka berenam memutuskan untuk menghabiskan liburannya bersama di sebuah villa, milik Kakek Dharma. Awalnya liburan mereka hanyalah liburan biasa saja, hingga Lutfie menemukan sebuah buku harian yang ternyata milik Johanna, istri dari pemilik pertama villa itu, Johann. Melalui buku harian itu, Lutfie dan teman-temannya mengetahui bahwa ada sesuatu yang besar yang pernah terjadi dalam villa itu, yang melibatkan keluarga Johanna. Sayangnya itu semua hanya menjadi sebuah rahasia tanpa pernah terungkap.

Melalui buku harian Johanna, Lutfie dan teman-temannya menjadi penasaran. Apalagi mereka begitu penasaran dengan apa yang ditulis oleh Johanna mengenai kematian Annette, putri kesayangannya. Mengenai Johanna yang dituduh membunuh Annette, mengenai kue yang telah diracuni dan fakta-fakta lainnya yang terungkap dalam buku harian itu.

Lutfie dan teman-temannya pun memutuskan untuk menyelidiki kasus tersebut, apalagi ternyata villa itu bukanlah villa biasa. Villa itu merupakan villa istimewa yang punya banyak ruang rahasia didalamnya. Benar-benar villa yang merupakan "masterpiece" dari Johann, yang memang seorang arsitek terkenal. Mereka pun dengan petunjuk-petunjuk yang didapat dari Buku Harian Johanna didukung kemudian oleh Jurnal kakek Dharma akhirnya menemukan ruang-ruang rahasia dalam villa itu. Tetapi ternyata mereka tidak sendiri, ada seseorang yang ternyata mengikuti segala aktivitas mereka dan begitu tidak suka dengan penyelidikan mereka.

Dan dimulailah teror demi teror berupa ancaman kepada Lutfie dan teman-temannya. Tetapi mereka hanyalah remaja yang penasaran dan memutuskan untuk tetap melanjutkan penyelidikan mereka. Mereka pun akhirnya malah terjebak dalam suatu ruang rahasia dan malah menemukan sesuatu yang sungguh mengejutkan. Nyawa mereka pun terancam. Bagaimana akhir kisah mereka? Berhasilkah mereka menyelidiki kasus tersebut? Siapa sesungguhnya yang senantiasa mengikuti mereka?

Membaca novel ini hanya membutuhkan beberapa jam saja. Aku dibuat larut dengan kisah Lutfie dan sahabat-sahabatnya. Liburan yang tidak biasa, yang membuat mereka mengalami petualangan yang cukup menarik. Keping demi keping fakta yang diungkap pun begitu rapi. Walau memang adakalanya aku dibuat mengernyitkan dahi ikut memikirkan mengenai kisah ini, tetapi aku pun bisa menebak siapa sesungguhnya orang itu. Perasaanku dibuat naik turun selama membaca kisah ini dan ingin cepat-cepat menyelesaikan novel ini.

Tahu-tahu aku sudah dihalaman akhir dan aku cukup puas dengan endingnya. Aku bisa merasakan nuansa kisah misterinya, juga persahabatan mereka yang begitu erat. Semua terasa pas khas remaja. Kalau kamu penyuka kisah misteri yang ringan, apa salahnya mencoba membaca novel ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design