Senin, 22 Juni 2015

[Blog Tour] Tuhan Untuk Jemima : Book Review + Giveaway


Hai all, setelah postingan Interview with Indah Hanaco, saatnya aku membedah "Tuhan Untuk Jemima" dan siap-siap saja di akhir postingan ada 1 eks "Tuhan Untuk Jemima" buat kamu yang beruntung loh....

Judul Buku : Tuhan Untuk Jemima
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : GPU
Tebal : 312 Halaman
Terbit : Juni 2015
Jemima, gadis gelisah yang merindukan Tuhan, tapi tidak tahu harus mencari ke mana. Diberi kebebasan memilih agama, Jemima malah makin bimbang. Apalagi sederet tragedi sedang mengintai gadis itu dan keluarganya.

Kenneth, pria belia yang sangat tahu apa yang diinginkannya dalam hidup ini, sibuk berjuang untuk kelestarian lingkungan. Saat menyaksikan paus-paus kesayangannya dibantai, dia berkesimpulan tidak memercayai keberadaan Tuhan adalah keputusannya yang paling cerdas.

Kala keduanya bertemu di Selandia Baru, negara cantik berangin dengan berjuta keajaiban, otak dan hati mereka seolah diadu. Di antara keindahan pohon rimu, di antara pertarungan hidup dan mati, serta tamu khusus berwajah cahaya, akankah mereka menemukan hidayah-Nya?

--------------------------

Ini bukan pertama kalinya aku membaca karya Indah Hanaco. "Tuhan Untuk Jemima" adalah novel ke-22 yang telah diterbitkan. Sebagai pembaca setianya, aku begitu antusias sekali saat tahu novel ini terbit. Sejak pertama kali membaca novelnya "Mendua" beberapa tahun silam, aku sudah jatuh cinta sama tulisannya dan selalu berburu buku-bukunya.

Kali ini, Mba Indah Hanaco hadir kembali dengan karya terbarunya. Masih mengangkat tema romance, Indah Hanaco mencoba membawa kisah tentang Jemima dan Kenneth ini. Menurut Mba Indah Hanaco, "Tuhan Untuk Jemima" ini merupakan sekuel dari novel sebelumnya "Cinta Sehangat Pagi" yang masih bernuansa religi, tetapi kamu jangan khawatir kalaupun kamu belum pernah membaca novel itu sebelumnya, kamu tetap bisa membaca novel ini kok. "Tuhan Untuk Jemima" hanya mempunyai "benang merah" yang sama yaitu "tokohnya seorang aktivis lingkungan"...

"Tuhan Untuk Jemima" mengisahkan tentang kehidupan Jemima, seorang gadis yang gelisah dan merindukan sosok Tuhan. Jemima sibuk mencari keberadaan Tuhan. Ketika Ashlyn, kakak satu-satunya meninggal dunia karena kecelakaan, hidup Jemima seakan hilang arah. Apalagi orangtuanya seakan tidak bisa meredam dengan dukacitanya yang mendalam, Jemima merasakan kesepian dan tersisih dari keluarganya sendiri. Disinilah, Jemima mulai mencari akan sosok yang bisa diajaknya bercerita dan mengeluhkan segala kerisauan yang ada dihatinya. Jemima membutuhkan sosok Tuhan, yang tidak tahu dimana dia mencarinya.

Disamping itu, ada sosok Kenneth, seorang pria berambut merah dan bermata hijau yang begitu tampan dan memikat. Kenneth yang seorang aktivitas lingkungan, yang bergabung dalam sebuah organisasi "Sea World Conservancy" yang memfokuskan kegiatan upaya penyelamatan paus dari ulah-ulah orang yang tidak bertanggungjawab. Karena pengalaman hidupnya, Kenneth menjadi seorang yang tidak percaya akan Tuhan. Ya, Kenneth memilih menjadi seorang atheis. Tapi, Kenneth tetaplah Kenneth, dia tetap menghargai orang-orang disekelilingnya yang memilih suatu agama.

Jemima pun memutuskan untuk sementara tidak melanjutkan kuliahnya, walaupun dia sudah diterima di Fakultas Kedokteran seperti yang diinginkannya selama ini. Jemima pun memutuskan untuk berlibur ke Selandia Baru, ke negeri berangin. Jemima berharap bisa menemukan Tuhan disana. Apakah Jemima akan menemukannya?

Jemima pun bertemu dengan Kenneth. Kenneth yang penasaran setengah mati dengan Jemima dan Nick, tante Jemima sejak dibandara mencoba untuk berkenalan dengan mereka. Akhirnya mereka pun menjadi dekat dan Jemima serta Nick pun akhirnya bergabung dengan Kenneth, Remy dan Stu rekan Kenneth di SWC untuk berkeliling Selandia Baru membuat sebuah film dokumenter.

Kedekatan dan interaksi Jemima dan Kenneth menimbulkan perasaan lain dikeduanya. Tapi Jemima terlalu takut untuk ke-GRan. Kenneth pun mengakui perasaannya, apalagi sebuah teror datang menyapa. Yang membuat hidup Jemima tidak aman lagi. Apalagi datang berita, bahwa Ashlyn, kakaknya bukan meninggal karena kecelakaan tetapi karena sengaja dibunuh.

Jemima pun harus lebih hati-hati lagi, karena sang pelaku bisa saja mengincar nyawanya. Kebutuhan akan Tuhan pun semakin menggelora. Ketika Jemima harus berhadapan dengan sang pembunuh dan Jemima pun dihadapkan dengan kematian, apakah Jemima bisa menemukan Tuhannya? Ada apa sebenarnya?

Kenneth yang sejak awal sudah menaruh hati terhadap Jemima pun dihadapkan dengan kebimbangan. Awalnya dia merasakan hidupnya aman-aman saja, hingga Jemima hadir. Ketika melihat Remy, sahabatnya beribadah diantara pohon rimu, ada sesuatu keinginan yang datang begitu besarnya yang membuat Kenneth mulai mempertanyakan keputusannya menjadi seorang atheis?
Bagaimana akhir kisah Jemima dan Kenneth? Akankah mereka menemukan hidayah-Nya?

Membaca novel ini tidak membutuhkan waktu yang lama, aku begitu larut dengan kisah Jemima dan Kenneth. Interaksi diantara keduanya menimbulkan chemistry yang erat dan bagaimana mereka akhirnya menemukan Tuhan, membuatku terharu., mengingatkanku kembali bahwa Tuhan selalu ada di hati kita, tak pernah kemana-mana.

Novel ini memang sedikit ada unsur religinya, tetapi nuansa romancenya pun tetap terjaga dengan baik. Diceritakan dengan sudut pandang baik Jemima dan Kenneth, sebagai pembaca aku bisa merasakan pergolakan hati keduanya mengenai dirinya masing-masing.

Mba Indah Hanaco lagi-lagi membuatku terpikat dengan kisahnya, tulisan yang mengalir dan rapi, membuatku benar-benar dibuat larut dengan kisahnya. Bacaan yang pas sekali saat ramadhan seperti ini. Apalagi sejak awal, aku dibuat bertanya-tanya akan sosok pembunuh Ashlyn, makin penasaran dengan kepingan demi kepingan fakta yang terungkap dan ternyata aku bisa menebak siapa pelakunya.

Overall, aku merekomendasikan buku ini untuk kamu penyuka kisah romance. Salam cinta dari negeri berangin....


----------------GIVEAWAY TIME---------------

Saatnya bagi-bagi buku ini buat pengunjung Ky's Book Journal. Mba Indah Hanaco menyediakan 1eks "Tuhan Untuk Jemima" bertandatangan ini untuk kamu yang beruntung.

Caranya mudah kok:
1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2. Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @IndahHanaco . Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #GATuhanUntukJemima ya.

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+

4. Tinggalkan komentar di postingan sebelumnya Interview with Indah Hanaco

5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, kota tempat tinggal dan jawabanmu. 

"Apakah kamu sudah pernah membaca karya Indah Hanaco, kalau sudah pernah apa kesanmu saat membacanya? Kalau belum pernah, kenapa kamu tertarik baca Tuhan Untuk Jemima"

6. Giveaway ini dimulai hari ini sampai tanggal 25Juni 2015 Pkl.23.59. Pengumuman pemenang pada tanggal 26Juni 2015.

7. Ayo jawab yang paling menarik ya, karena yang paling menarik yang akan terpilih untuk mendapatkan 1 eks Tuhan Untuk Jemima bertandatangan penulisnya, Indah Hanaco.

Kamu juga bisa mengikuti rangkaian Blog Tour "Tuhan Untuk Jemima" di blog peserta lainnya ya:

1. Ky's Book Journal (22-25 Juni 2015)

2. Books Over All (26-29 Juni 2015)

3. Nurina Mengeja Kata (30 Juni - 3 Juli 2015)

4. Delina Books (4-7Juli 2015)

5. The Anti-Books! (8-11 Juli 2015)

Selamat menikmati!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design