Senin, 15 Juni 2015

[Book Review] Lho, Kembar Kok Beda dan Kembar Dizigot+Giveaway

Judul Buku : Lho, Kembar Kok Beda
Penulis : Netty Virgiantini
Penerbit : GPU
Tebal : 216 Halaman
Terbit : Juli 2014



Semua kesempurnaan cewek ada dalam diri Bashira. Wajahnya bulat, kulitnya kuning langsat. Rambut hitamnya bergelombang indah, pas dengan postur tubuhnya yang tinggi berisi. Kecerdasannya membuat Bashira selalu berada di posisi tiga besar dan terpilih menjadi sekretaris OSIS.

Tak ada yang menyangka Nadhira yang "ancur" adalah kembaran Bashira. Wajahnya oval dengn kulit kecoklatan. Tubuhnya mungil dan kurus, mirip papan penggilasan cucian. Dia selalu kesulitan mengikuti pelajaran sehingga wajib mengikuti kelas tambahan. Belum lagi, ia langganan dipanggil guru BP karena ketahuan menggambar saat jam pelajaran berlangsung.

"Lho, kembar kok beda?" Pasti begitu komentar orang-orang.

Setelah tujuh belas tahun hidup dalam perbedaan, akhirnya mereka menyadari satu persamaan; sama-sama menyukai Narotama! Tapi bisakah mereka bersaing secara fair dan terbuka? Ataukah malah terjebak dilema antara cinta dan saudara?

Judul Buku : Kembar Dizigot
Penulis : Netty Virgiantini
Penerbit : GPU
Tebal : 200 Halaman
Terbit : Maret 2015
Nadhira stres berat ketika pergelangan tangan kanannya cedera akibat ulah Kemal, si Onta Padang Pasir! Ke mana-mana ia harus menggendong tangannya yang dibalut slab gips. Apa-apa pun harus dibantu. Yang lebih menyakitkan, Ayah melarangnya pacaran dengan Narotama, dan kesempatan itu justru dimanfaatkan oleh kembarannya, Bashira, untuk mendekati cowok yang sama-sama mereka sukai itu. Nggak fair! Dasar saudara kembar pengkhianat! Mentang-mentang Bashira lebih cantik dan lebih pintar, ya?

Ketika tangannya sembuh, Nadhira semakin galau mendapati kenyataan ia tak bisa menggambar seperti dulu lagi. Arggh… ternyata begini risikonya jatuh cinta, cemburu, patah tangan sekaligus patah hati kuadrat. Sakitnya nggak cuma di sini—menunjuk dada—tapi di mana-mana.

Untung ada anak-anak “Pintu Belakang” yang terus menyemangati Nadhira berlatih. Hingga akhirnya ia punya kesempatan membalas dendam lewat ilustrasi di majalah sekolah. Ia bertekad membuat Bashira dan Narotama bertekuk lutut!

-----------------------

Lho, Kembar Kok Beda dan Kembar Dizigot ini merupakan teenlit terbaru Mba Netty, kali ini Mba Netty hadir kembali dengan gaya menulisnya yang lincah, mengalir dan penuh guyonan khasnya. Mba Netty hadir membawa warna tersendiri dalam dunia "teen-literature".

Mba Netty mencoba mengangkat kisah "Kembar Tidak Identik", Inilah yang terjadi pada hidup si Kembar, Nadhira dan Bashira. Si Kembar yang berbeda segala hal, dimulai dari wajah, penampilan, bahkan akademik. Nadhira dan Bashira sejak kecil selalu dibanding-bandingkan, entah itu oleh ayah-bundanya maupun di lingkungan sekolahnya. Karena mereka bagaikan bumi dan langit. Sungguh benar-benar berbeda.

Bashira mewarisi semua yang diinginkan oleh setiap orang, wajah yang cantik, dan pintar sedangkan Nadhira hanyalah gadis remaja biasa-biasa saja yang mempunyai bakat menggambar. Nadhira selalu langganan ke ruang BP dan ikut kelas tambahan sedangkan Bashira malah selalu juara kelas. Namun, Nadhira punya bakat yang tidak dipunyai Bashira, yaitu "menggambar", sayangnya Nadhira kadang-kadang lupa tempat dimanapun dan kapanpun selalu iseng menggambar. Bakat ini pun luput dari orangtuanya, ayahnya hanya ingin Nadhira bisa seperti Bashira.

Namun, ini semua tidak membuat Nadhira berkecil hati. Nadhira tidak pernah iri terhadap Bashira. Nadhira malah selalu bangga dengan Bashira. Diantara sejuta perbedaan yang ada diantara keduanya, membuat orang-orang sering bertanya "Lho, Kembar Kok Beda". Hingga satu hari mereka menemukan satu persamaan diantara perbedaan yang ada.

Persamaan yang membuat hubungan mereka merenggang. Nadhira dan Bashira menyukai pria yang sama, Narotama. Nadhira pun mengajak untuk bersaing secara fair, tetapi ternyata ketika Tama memilih salah 1 diantara keduanya tetap saja ada yang kecewa.

Diceritakan dari sudut pandang Nadhira, sebagai pembaca aku diajak menyelami pikiran Nadhira, si kembar yang "berbeda" segala-galanya dari Bashira. Nadhira yang terlahir biasa-biasa saja. Tetapi hidup Nadhira benar-benar berbeda ketika ternyata Tama juga punya perasaan yang sama terhadapnya. Dan bukan hanya Tama, ada Kemal, cowok yang sangat dibencinya dan Raven, sahabatnya yang juga menyukainya. Bagaimana kisah kehidupan Nadhira dijatuhi cinta oleh ke-3 pria? Semua terasa rumit, apalagi ketika ayahnya ikut campur dan melarang Nadhira dan Bashira untuk berpacaran sampai lulus SMA...

Kedua buku ini menyajikan kisah remaja kebanyakan, pertama kali jatuh cinta, patah hati, persaingan dan persahabatan. Diramu dengan cukup baik oleh Mba Netty, membuatku sangat terhibur membacanya. Buku ini juga sarat makna, cocok dibaca bagi siapa saja. Buku ini mengajarkanku banyak hal, sekalipun kembar kita tidak bisa menyama-nyamakan, tentunya Tuhan menciptakan makhluknya dengan keistimewaan masing-masing, terutama buat orangtua untuk bisa adil terhadap anak, memberikan dukungan terhadap bakat anak bukan malah membanding-bandingkan satu dengan yang lainnya.

Overall, 4 bintang kusematkan untuk novel remaja yang ringan dan sarat makna ini...

-----------GIVEAWAY TIME----------

Nah, kali ini Mba Netty Virgiantini ingin bagi-bagi 1 paket Lho, Kembar Kok Beda dan Kembar Dizigot bertandatangan nih buat kamu yang beruntung, caranya bagaimana? Gampang banget kok:

1. Peserta berdomisi di wilayah Indonesia.

2.Follow @NettyVirgian dan @RizkyMirgawati dan share GA ini via medsos dengan hastag #GAKembarDizigot dan tentunya mention kami ya :)

3. Follow blog ini, bisa via GFC atau G+

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, jawaban ya:

Jika kamu dilahirkan sebagai kembar tapi beda, siapa yang cocok jadi kembaranmu? Alasannya?
5. Periode Giveaway mulai hari ini sampai tanggal 21 Juni 2015 Pkl.23.59. Dan pengumuman pemenang tanggal 22 Juni 2015 ya.

6. Ayo ikutan, jawab semenarik mungkin, dan semoga kamu beruntung yaaaaaa.....

With Love,

Rizky Mirgawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design