Selasa, 30 Juni 2015

[Book Review] Reva's Tale

Judul Buku : Reva's Tale
Penulis : Ruby Astari
Penerbit : Ice Cube
Tebal : 202 Halaman
Terbit : Mei 2015
Alkisah, di sebuah kastil di daerah pinggiran kota, hiduplah Sang Raja beserta Sri Ratu dan kedua putri mereka, yang masing-masing bergelar Tuan Putri dan Penjaga Kastil.

Selain mereka, di dalam kastil itu tinggal pula Pangeran Kecil, bocah tampan, baik hati, dan polos, putra semata wayang Tuan Putri.

Siapa ayahnya?

Sang Monster.

Setelah tiga tahun tidak bertemu. Jenar tidak menemukan ada perubahan dalam diri Reva, sahabatnya. Reva masih suka menulis cerita, bicaranya selalu ceplas-ceplos, dan hubungan cewek itu dengan kakaknya tetap buruk. Namun sejak kecelakaan yang menimpa keponakan kesayangannya dan disusul oleh kematian sang ayah, Reva menutup diri, kabur dari rumah, dan menolak berkomunikasi dengan siapa pun. Jenar berusaha menghubungi sahabatnya itu dengan berbagai cara, termasuk lewat Facebook, media sosial yang paling sering digunakan Reva. Dari situ Jenar menemukan kumpulan dongeng yang ditulis Reva, tentang Kastil Sunyi dan para penghuninya. Tapi… kenapa intrik dalam dongeng itu sangat mirip dengan apa yang terjadi dengan keluarga Reva? Apa ada hubungannya dengan alasan Reva kabur dari rumah?

-----------------------
Aku suka YARN ini, sukses membuatku penasaran dan hanyut dengan ceritanya. Agak berbeda juga dengan YARN yang sudah kubaca, novel ini lebih condong ke cerita thriller/mystery, dan penulis sukses membuatku penasaran dengan kisah kehidupan Reva.

Novel ini mengisahkan kehidupan Reva yang tidak baik-baik saja. Reva yang mempunyai keluarga yang berantakan sejak kehadiran seseorang yang disebutnya "Monster". Monster yang tak lain tak bukan adalah kakak iparnya sendiri.

Sejak lama, Reva hanya bisa bungkam dengan semua kejadian yang terjadi di sekelilingnya. Reva sebenarnya ingin menceritakan ke dunia, tentang semuanya, tetapi Reva hanya bisa diam alih-alih berbicara demi "kehormatan keluarga".

Reva pun hanya bisa menceritakan kisahnya melalui catatan-catatan di facebooknya tentang sebuah Kastil yang sunyi. Hingga kematian ayah dan Gandhi, keponakan kesayangannya membuat Reva tidak lagi bisa bertahan dengan semuanya. Reva ingin menceritakan kepada Jenar, sahabatnya tetapi semuanya terlambat, nyawanya pun melayang.

Hanya menyisakan sebuah buku harian, Jenar akhirnya berusaha untuk mencari siapa pelakunya dan apa yang sesungguhnya terjadi dengan kehidupan Reva? Banyak pertanyaan yang saling datang menghampiri benak Jenar dan membuatnya yakin untuk menolong Reva...


Membaca kisah ini, aku dibuat terus menebak-nebak siapa pelaku pembunuhan Reva? Penulis mampu meramu novel ini dengan baik, tidak terlalu berat untuk novel sejenis thriller/mystery. Catatan-catatan facebook Reva berupa kisah dongeng ternyata tidak lain cerminan kehidupannya dan menjadi "bukti awal" bagi Jenar selain buku harian Reva.

Aku dibuat bertanya dan terus bertanya dan cukup kaget saat tahu siapa pelakunya, penulis bisa mengecoh dengan baik kisah ini. Akhir kata, aku tidak akan ragu membaca karya lain penulis =)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design