Senin, 26 Oktober 2015

[Blog Tour] Merindu Cahaya de Amstel --------------------- Giveaway!!!!!

Judul Buku : Merindu Cahaya de Amstel
Penulis : Arumi E
Penerbit : GPU
Tebal : 272 Halaman
Terbit : September 2015
Cahaya mentari sore menciptakan warna keemasan di permukaan Sungai Amstel. Mengingatkan Nicolaas van Dijk, mahasiswa arsitektur yang juga fotografer, pada sosok gadis Belanda dengan nama tak biasa, Khadija Veenhoven. Gadis yang terekam kameranya dan menghasilkan sebuah foto “aneh”.

Rasa penasaran pada Khadija mengusik kenangan Nico akan ibu yang meninggalkannya saat kecil. Tak pernah terpikir olehnya untuk mencari sang ibu, sampai Khadija memperkenalkannya pada Mala, penari asal Yogya yang mendapat beasiswa di salah satu kampus seni di Amsterdam.

Ditemani Mala, Nico memulai pencariannya di tanah kelahiran sang ibu. Namun Pieter, dokter gigi yang terpikat pada Mala, tak membiarkan Nico dan Mala pergi tanpa dirinya. Dia menyusul dan menyelinap di antara keduanya.

Tatkala Nico memutuskan berdamai dengan masa lalu, seolah Tuhan belum mengizinkannya memeluk kebahagiaan. Dia didera kehilangan dan rasa kecewa itu dia lampiaskan pada Khadija yang telah mengajarinya menabur benih harapan.

Kembali Nico mencari jawaban. Hingga sinar yang memantul di permukaan Sungai Amstel menyadarkannya. Apa yang dicarinya ada di kota Amsterdam ini dan sejak awal sudah mengiriminya pertanda. Akankah kali ini Nico berhasil memeluk kebahagiaannya?



-------------------

Ini bukan pertama kalinya aku membaca karya Mba Arumi E, setelah sebelumnya aku cukup menikmati membaca Pertemuan Jingga dan Eleanor. Kali ini, Mba Arumi hadir kembali dengan karya terbarunya yang seperti biasa masuk novel romance religi.
"Soal keyakinan adalah soal hati. Biarkan hatimu mencari sendiri apa yang paling nyaman untuk kamu jalani."
Ini tentang kisah Khadija, seorang mualaf. Khadijah, seorang gadis Belanda yang dulu bernama Marien Veenhoven. Khadijah memutuskan untuk memeluk muslim sejak 3tahun lalu sejak mengalami perjalanan spritual yang cukup menyejukkan hatinya, yang membuat dirinya mantap dengan keyakinan barunya. Sekalipun pilihannya ini membuat dirinya harus tersisih dari keluarga besarnya.

Khadija dulunya juga seperti gadis Eropa lainnya, yang hidup bebas dan pernah punya kisah masa lalunya sendiri, tetapi sejak memutuskan menjadi muslim, Khadija mengubah penampilannya layaknya wanita muslimah seutuhnya, termasuk menutup auratnya dengan berhijab dan hubungannya dengan lawan jenis juga lebih dijaga.

Nicoolas van Dijk yang sedang hunting foto begitu penasaran dengan sosok yang terpotret dalam kameranya. Sosok yang dinaungi cahaya layaknya malaikat. Sosok itu adalah Khadija yang sedang asyik membaca buku di Museumplein, tempat favoritnya.

Nico penasaran dengan sosok Khadija dan ingin memotretnya lagi, tetapi Khadija keberatan. Sosok Khadija yang teguh dengan pendiriannya membuat Nico makin penasaran, perlahan-lahan mereka pun semakin dekat walau tetap dalam batas kewajaran.

Suatu hari Khadija pun bertemu dengan sosok Mala, gadis Indonesia yang menggeluti dunia menari. Awalnya Mala tidak ingin berdekatan dengan Khadija, karena takut akan dinasihati soal islam, mengingat Mala walaupun muslim tapi sudah lama tidak melaksanakan ibadah seperti Khadija.


Berkat Khadija pula, Nico akhirnya bertemu dengan Mala dan akhirnya membuka peluang bagi Nico untuk ke Indonesia, mencari sosok mamanya sudah tidak ditemuinya sekian lama. Nico masih penasaran dengan keputusan mamanya untuk meninggalkannya dan papanya hanya karena keyakinan yang tidak sama.

Bagaimana akhir kisah Khadija, Mala dan Nico?

Membaca novel ini begitu menyenangkan, ini bukan hanya tentang kisah Khadija yang berjuang menjalani kehidupan barunya sebagai seorang mualaf, tetapi ini lebih daripada itu. Kita akan melihat sosok Khadija yang begitu teguh dalam menjalani kehidupan barunya, yang tentunya tidak mudah. Perubahan yang sedemikian besar dalam hidupnya, hingga pertentangannya dengan keluarga besarnya. Belum lagi pandangan orang-orang di sekelilingnya. Interaksinya dengan sosok Nico yang begitu apatis dengan Islam karena punya kejadian buruk dengan ibunya. Hingga sosok Mala, yang terlahir muslim tapi lupa dengan semua kewajibannya.

Aku suka dengan cara penulis menggambarkan kisah ini, tidak terkesan menggurui atau menasihati, semua berjalan apa adanya dan mengalir lancar. Kita akan diajak berkenalan dengan sosok Khadija, pertemuannya dengan Mala, dan Nico. Berbagai konflik muncul seiring berjalannya waktu, hingga mereka pun akhirnya saling berkaitan satu sama lain.

Aku benar-benar dibuat jatuh cinta dengan sosok Khadija yang santun dan berpendirian teguh terkait masalah keyakinannya. Aku yang terlahir sebagai muslim saja masih terasa susah sekali untuk menjadi muslimah seutuhnya. Sosok Khadija yang berdakwah tentang Islam pelan-pelan, tidak berusaha untuk memaksa terhadap Mala, maupun Pieter sepupunya yang juga tertarik terhadap Islam.

"Aku tidak akan memaksamu menjalani hidup seperti aku, Mala. Karena yang akan menjalani hidupmu adalah kamu sendiri."
Sosok Khadija juga tidak digambarkan sebagai sosok wanita yang sempurna, ia juga manusia yang punya salah dan khilaf. Khadija juga punya kehidupan masa lalu yang buruk bahkan cenderung kelam, tetapi dia mau berubah sebagai sosok yang baru dan selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik.
"Kalau kamu sudah punya niat kuat untuk ingin mewujudkan sesuatu, selalu ada jalan untuk mencapainya. Itu law of attraction namanya. Yakinlah dengan keinginanmu."
Overall, novel ini tidak hanya cantik covernya, tetapi juga cantik isinya. Semoga bisa mengambil hikmah dari kisah ini.^^


------------------GIVEAWAY TIME-------------------


Dalam Rangka Blog Tour "Merindu Cahaya de Amstel", kali ini aku dan Mba Arumi mau berbagi 1 eks gratis berttdan dan pin cantik ney untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget kok:

1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2.Follow akun twitter @rumieko . Jangan lupa share GA ini dengan mention @rumieko dan @RizkyMirgawati dan tagar #MerinduCahayadeAmstel

3. Follow blog ini via GFC (Google Friend Connect)

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu.

Kalau kamu diberi kesempatan untuk mengubah 1 (satu) sifatmu, sifat apa yang ingin kamu ubah? Kenapa?
5. Giveaway ini berlangsung 6 hari ya, dimulai hari ini sampai tanggal 31 Oktober 2015 Pkl.23.59. Pengumuman pemenang paling lambat 2hari setelah GA ini berakhir ya :)

Semoga beruntung!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design