Jumat, 02 Oktober 2015

[Book Review] Promises

Judul Buku : Promises
Penulis : Kristi Jo
Penerbit : GPU
Tebal : 232 Halaman
Terbit : September 2015
Available @bukupedia
"Kita tulis apa saja harapan kita dalam waktu lima tahun ke depan."

Joshua, Lana, dan Alex sudah bersahabat sejak kecil dan memutuskan untuk menuliskan pesan berisi harapan yang nantinya akan dikubur di Taman Gembira. Hal itu dilakukan untuk mengenang persahabatan mereka yang sebentar lagi akan terpisah jarak.

Lima tahun kemudian mereka kembali bertemu dan menemukan bahwa persahabatan mereka tidaklah seperti dulu. Tidak mau persahabatan mereka putus, Joshua bertekad mencari tahu mengapa Alex yang kini dikenalnya terasa asing, dan Lana memilih untuk menutup diri.

Ada rentang waktu yang menyimpan rahasia dan membuat jalan mereka bertiga tak bersinggungan. Tapi, mereka berharap bahwa perasaan yang pernah ada itu hadir, membawa kembali persahabatan mereka seperti sedia kala.

--------------------------
Ini pertama kalinya aku membaca karya Kristi Jo, kali ini penulis mencoba menawarkan sebuah kisah tentang persahabatan. Persahabatan yang terjalin antara Lana, Alex dan Joshua. Persahabatan yang sudah lama terjalin sejak mereka masih kecil, hingga akhirnya mereka harus menerima kenyataan untuk berpisah.

Lana akan melanjutkan pendidikan ke Melbourne, Joshua ke Surabaya sedangkan Alex tetap berada di Jakarta. Berkat usul Lana, mereka pun saling berjanji untuk bertemu 5 tahun ke depan, janji untuk bertemu di Taman Gembira, tempat mereka selama ini menghabiskan waktu bersama. Mereka pun memasukkan pesan harapan mereka masing-masing ke sebuah botol yang akan dibuka 5 tahun kemudian ketika mereka kembali bertemu.

Waktu pun berlalu, 5 tahun kemudian ditempat yang dijanjikan mereka akhirnya bertemu, sayangnya hanya Lana dan Joshua yang hadir, sedangkan Alex tak tahu rimbanya. Joshua pun harus menerima kenyataan bahwa Lana dan Alex yang selama ini dikenalnya telah berubah, tidak seperti yang dia kenal dulu. Ada apa sesungguhnya?

Membaca novel ini begitu menyenangkan, aku dibuat menikmati kisah persahabatan antara Lana, Alex dan Joshua. Kisah persahabatan yang mengharukan. Rentang waktu yang memisahkan mereka tentunya menjadi penguji kisah persahabatan mereka, dan memang semua manusia pasti berubah, pilihannya hanya berubah ke arah yang positif atau negatif.

Kisah persahabatan ini mungkin sudah biasa, ide tentang pesan dalam botol yang dikuburkan di sebuah pohon juga. Tetapi tunggu dulu, Kristi Jo mencoba menggali hal lain diluar kisah persahabatan ini, tentang cinta, keluarga, rahasia dan perubahan. Sebagai pembaca, aku diajak melihat bagaimana waktu bisa mengubah seseorang, kejadian yang dialami seseorang bisa mengubah seseorang sedemikian rupa, ini juga yang dialami oleh ke3nya. Ternyata Alex, Lana maupun Joshua punya permasalahan dan rahasia masing-masing mengenai kehidupannya.

Ketika persahabatan mereka dipertaruhkan, apa yang akan terjadi?

"Orang boleh berubah, waktu boleh bertambah, tapi ikatan persahabatan nggak harus putus. Lo bersahabat bukan hanya untuk satu atau dua tahun."
Menuju ending, aku sedikit banyak bisa menerka apa yang akan kutemui dan memang inilah yang terbaik bagi semuanya. Bagaimanapun apa yang kita pilih, selalu ada konsekuensinya.

Kalau kamu ingin membaca sebuah kisah persahabatan yang mengharukan dan menghangatkan hati, kamu bisa mencoba membaca novel ini. Semoga kamu bisa mengambil hikmah dari kisah Alex, Lana dan Joshua.

Selamat membaca....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design