Senin, 09 November 2015

[Blog Tour] Ask Author Naiqueen : Tenaga Kerja Istimewa

1



Hai, welcome to Ky's Book Journal...

Sebagai rangkaian Blog Tour "Tenaga Kerja Istimewa", novel terbaru Penerbit Bentang Pustaka, aku diberi kesempatan untuk mengobrol seputar proses kreatif novel "Tenaga Kerja Istimewa" yang fenomenal ini loh. Kalau kamu pembaca situs wattpad, tentunya sudah tidak asing lagi dengan "Tenaga Kerja Istimewa" yang ditulis oleh Naiqueen ini.

Yuk disimal ngobrol asyikku dengan Naiqueen, penulis "Tenaga Kerja Istimewa":

Hai, Kak. Boleh cerita sedikit keseharian Kakak selain menulis?

Halo Ki, sekarang selain tugas utama sebagai Ibu rumah tangga, saya lagi gak sibuk ngapa-ngapain. Kesibukan juga nggak seberapa sih, tugas standar emak rumah tanggalah ya hehe, tapi sekarang lagi rajin nyobain resep masakan yang rame di share di Facebook. Kerjaan iseng tapi beberapa yang dicobain emang hasil request suami, lumayanlah hasilnya, keluarga pada suka. Tapi usaha saya buat diet jadi batal melulu nih hahaha.

Adakah tempat dan waktu khusus untuk menulis?
Saya nggak punya tempat khusus sih, paling sering sih di ruang duduk atas deket kamar, darisana enak karena pencahayaannya bagus, saya suka banget nulis di tempat yang terang oleh sinar matahari soalnya.

Kak Naiqueen kan sudah berkeluarga, apakah keluarga Kakak mendukung karir kepenulisan Kakak? Apa bentuk dukungan mereka yang paling berkesan?
Keluarga sih mendukung sekali yah, antusias banget kalo novel saya terbit. Baru nyampe aja si Mami mertua dah nodong duluan jatah novel hahahahaha, terus Papi mertua gak mau kalah, dia antusias sampe cerita ke sodara-sodara, rekan kerja, sampe mahasiswanya dan enaknya tuh mereka pengertian karena tau nulis itu butuh ketenangan jiwa mereka lebih sering yang ngasuh cucunya hehehe
Kalo suami sih mendukungnya dalam bentuk selalu menyediakan mood booster buat jadi pemicu tulisan. Misalnya aja kalo saya bahas identitas salah satu karakter lewat sesuatu yang khas, misalnya saja parfum biasanya sih langsung dia rela aja kalo aku minta dibeliin dengan alasan biar bisa detail mendeskripsikannya. Ini modus ganda sebenernya, dibeliin parfum terus dapet bahan baku buat nulis hehe.

Bagaimana awal mulanya Kak Naiqueen terjun kedunia menulis? Apakah memang sudah lama menulis
Saya udah suka nulis sejak kelas 3 SD. Pas SMP saya produktif banget ngisi mading dan bikin cerita yang biasanya dibaca bergilir sama temen-temen sekelas. Bertahun-tahun hobi nulis gitu nggak hilang cuma nggak diseriusin juga sampe tahun 2011 pas saya mulai kenal Wattpad dan nekad unggah cerita pertama saya di sana.

Naiqueen kan nama pena Kak? Apakah ada arti khusus atau alasan khusus saat memilih nama ini?
Naiqueen itu dari Nai Ratu, itu gelaran adat yang dikasih sama tetua keluarga saat saya nikah, itu adat istiadat khas suku komering ulu timur. Saya pilih nama itu karena saya ingin identitas adat saya nggak hilang lagipula tetua keluarga bilang kalo gelar adat itu semakin sering dipake semakin akan mengangkat derajat. Alhamdullilah, di saya itu terjadi hehe.

Bagaimana awal mulanya Kakak menulis TKI? Darimana inspirasinya?
TKI ini idenya iseng banget pas tahun 2009 saya kan asyik ngobrol tengah malem sama geng rumpi temen-temen semasa kuliah sesama jomblowati dan korban LDR, kurang kerjaan kami ngomongin wajah-wajah tampan asal India dan Timur Tengah. Salah satu potret mahluk ganteng itu menginspirasi saya sampe-sampe langsung bikin-bikin plot dan menyelesaikannya dalam waktu singkat. TKI ini termasuk cerita yang mudah banget idenya dateng.

TKI ini kan cerita yang ditulis di wattpad, berapa lama proses penulisannya? Apakah ada kendala saat menulis?
Cuma sebagian aja dari cerita TKI yang ditulis di wattpad. Sebelumnya saya udah menyelesaikan separuhnya di tahun 2009 … trus nggak saya lanjut karena keliatannya imajinasinya ngelantur banget. Saat saya mulai unggah di Wattpad saya kembali meneruskan bagian part 16 kebelakang.
Kendala saat nulis ini sih terutama adalah cara membuat agar ‘dongeng’ ini terasa nyata itu yang sangat tidak mudah.

Omong-omong cerita TKI di wattpad dan yang sekarang diterbitkan ada perbedaan gak Kak?
Ada dong. TKI yang di wattpad itu bukan yang sempurna, versi bukulah yang udah lebih baik dari sisi mana pun. Banyak hal yang dihilangkan, ditambahi, atau justru diganti. Semuanya dengan satu tujuan, biar ceritanya masuk akal walo idenya sih (pada kenyataannya) sulit sekali diterima akal.

Apakah Kakak melakukan riset terlebih dahulu dalam menulis atau begitu dapat ide langsung menulis?
Begitu dapet ide biasanya saya langsung cuuus nulis sampe kelar. Trus diendapkan sampe beberapa bulan (bahkan tahun) sebelum dibuka kembali dan dimatangkan dengan riset-riset yang saya lakukan selama mengendapkan cerita ala kadarnya yang sudah saya bikin.

Soal karakterisasi, apakah tokoh-tokoh dalam novel TKI ini murni imajinasi atau memang ada beberapa yang nyata di kehidupan sehari-hari? Tokoh mana yang paling sulit pendalaman karakternya dan siapa tokoh favorit Kakak?
Karakter dalam TKI semuanya murni imajinasi … di sekitar saya nggak ada orang yang kelakuannya kayak Pangeran Arab sih :p … juga temen-temen saya yang pernah jadi TKI juga nggak pernah tuh menghadapi masalah kayak Annisa hahaha.
Kalo ditanya soal tokoh yang paling sulit didalami karakternya sih, ya jelas si Pangeran Yousoef el Talal. Bukan saja karena dia super-super kaya, tapi juga karena dia orang Arab. Dan saya nggak punya clue karakter pria Arab asli itu gimana, terutama yang menyangkut hubungannya dengan pasangan. Apa mereka bisa setia, apa mereka cukup sama satu istri … soalnya kan yang umum kita ketahui orang Arab itu biasa poligami dan menganggap kekayaan yang sesungguhnya itu bukan materi melainkan anak sama istri.

Pesan apa yang ingin Kakak sampaikan melalui TKI?
Hmm, mungkin yang sudah baca masih ingat adegan Nisa dan PangeranYousoef di depan dinding Le Mur Des J’ Taime, ketika mereka menyadari cinta dalam bahasa keduanya begitu berbeda tapi mereka bisa memaknai arti cinta dengan mudah. Itulah inti dari novel TKI dan yang saya ingin sampaikan pada pembaca semua bahwa perbedaan dan batasan apapun bisa disatukan dan diseberangi dengan cinta.

Rasanya sudah cukup banyak sekali ya.Semoga tidak merepotkan. Nah untuk sekarang ,Kakak sedang sibuk apa? Apakah sedang menulis novel yang akan terbit berikutnya?
Saat ini saya sedang menggarap beberapa naskah novel saya, beberapa ada yang cuma dibaca kembali untuk dilihat kekurangannya setelah lama diendapkan sedang lainnya sedang digarap serius untuk digadaikan pada penerbit.
Terima kasih Kak Naiqueen atas waktunya, semoga laris manis TKInya dan semakin banyak buku yang diterbitkan :)

1 komentar:

  1. hai saudaraku ini mau cerita sedikit,dulu aku juga pernah rasakan jadi tenaga kerja luar negeri,aku jalani 3thn tapi tak ada hasil memuaskan,karna cuma menutupi hutang piutan dikampung halaman dan menghidupi orang tua,tapi aku tak mau putus asa selalu cari orang yang bisa membantu aku dan berikan aku petunjuk,tapi berkat atas nama kisongo dinomornya 085217519919 atau www.paranormal-kisongo.blogspot.com beliau itu betul berikan saran dan petunjuk arahan kita,bagi anda percaya silakan aja berurusan degan beliau,terima kasih

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design