Senin, 02 November 2015

[Blog Tour] Book Review : Over The Rain

Judul Buku : Over The Rain
Penulis : Asri Tahir
Penerbit : Elex Media
Tebal : 384 Halaman
Terbit : Oktober 2015

Available @bukupedia
Mereka mencintai, tapi tidak ada jalan bersama.

Mereka bersama, tapi tidak saling mencintai.

Adalah Bulan yang memimpikan hidup bersama seseorang yang sejak lama dicintainya.

Adalah Bintang yang mengabulkan segala asa demi yang tercinta.

Meski hidup tidak selamanya indah, akankah mereka bahagia di jalan yang berbeda?

---------------------

"Jika mencintai adalah rasa sakit. Maka aku akan relakan diriku untuk terluka..karena aku tahu, segalanya akan berakhir indah denganmu."
Ini kali ke-2 aku membaca karya Asri Tahir setelah Not A Perfect Wedding. Baik Not A Perfect Wedding dan Over The Rain masih mengambil tema yang sama, pernikahan.

Bedanya Over The Rain ini dimulai dari sebuah perceraian kedua tokoh utamanya, Bulan dan Reza. Gak tanggung-tanggung, perceraian keduanya diakibatkan oleh sebuah perselingkuhan yang dilakukan oleh tokoh utamanya, Bulan.

Novel setebal 384 halaman ini cukup unik, ada 2 cerita dalam 1 buku, sebagai pembaca aku menjadi paham mengenai duduk perkara sesungguhnya mengenai pernikahan Bulan dan Reza. Bulan dan Reza adalah pasangan yang telah menikah selama 5 tahun. Pernikahan yang cukup harmonis sejauh ini, mereka telah dikaruniai seorang bocah tampan bernama Bumi.

Namun, pernikahan yang terlihat dari luar baik-baik saja, itu ternyata berbeda di hati Bulan maupun Reza. Bulan dan Reza adalah korban perjodohan kedua orangtuanya. Namun, Reza sejak awal telah jatuh cinta dengan sosok Bulan sedangkan Bulan berbeda. Atas dasar baktinya kepada orangtuanya, Bulan pun menyetujui rencana pernikahan mereka. Padahal saat itu Bulan telah mencintai orang lain. Bulan mencintai sosok Bintang, sahabatnya yang entah menghilang kemana.

"Itulah yang membedakan pria dan wanita. Sesakit apa pun perempuan karena terluka akibat kata bernama cinta, pada akhirnya si wanita akan selalu meminta maaf. Berbeda dengan laki-laki yang selalu menggunakan logika. Daripada memaafkan, pria lebih suka untuk mementingkan dirinya sendiri."
Bulan dan Reza pun mengarungi bahtera rumah tangganya dengan harmonis tanpa riak yang berarti. Tapi tetap saja di hati Bulan, masih menyimpan rasa terhadap sosok Bintang. Hingga di tahun ke-5 pernikahan mereka, Bintang sang masa lalu hadir kembali. Bintang pun tak kenal menyerah mengambil hati Bulan, walau dia tahu Bulan telah menikah dengan Reza. Dan Bulan terlalu larut dengan kenangan masa lalunya bersama Bintang, hingga akhirnya.....

Karena novel ini terdiri dari 2 cerita, Langit Malam (prekuel) dan Over The Rain, aku menyarankan kepada kalian untuk membaca terlebih dahulu Langit Malam, sehingga kalian bisa lebih memahami kisah ini. Kalau di Langit Malam, kamu akan disuguhkan konflik tentang rumah tangga Bulan dan Reza akibat perselingkuhan Bulan dengan Bintang, di Over The Rain kamu akan disuguhkan kehidupan Bulan dan Reza pasca perceraian keduanya.

Jujur membaca novel ini menguras seluruh emosiku, aku awalnya jengkel setengah mati dengan sosok Bulan yang begitu mudah tergoda dengan Bintang, masa lalunya. Hingga mengorbankan perasaan Reza, suaminya dan Bumi, anaknya. Hingga akhirnya keputusan untuk bercerai pun tidak terhindarkan.

Namun, di Over The Rain, aku jatuh simpati terhadap sosok Bulan. Bagaimanapun penyesalan selalu memang datang terlambat, disinilah kita akan diajak menyelami perasaan baik Bulan maupun Reza pasca perceraiannya. Dan semua terasa tidak mudah, karena ada Bumi anak mereka yang tentunya menjadi korban dari semuanya.

Aku pernah ada di posisi Bumi dan aku bisa merasakan perasaannya. Penulis mampu membuat cerita ini mengalir apa adanya, semua interaksi maupun karakter begitu nyata dan mungkin pernah kamu temui. Penulis membuat karakter Reza, Bulan dan Bintang tidak sempurna, dan mereka belajar dari kesalahan masing-masing. Aku suka dengan penulis yang memfokuskan hubungan Reza dan Bulan pasca perceraian mereka, hingga menuju ending aku cukup puas. Penulis menutup kisah yang begitu mengharukan ini dengan akhir yang terasa realistis dan tidak dipaksakan.

Walaupun tema perselingkuhan bukanlah tema yang kusukai, tetapi novel ini pengecualian. Penulis mampu mengaduk emosiku hingga aku terus membaca dan membaca, begitu penasaran dengan akhir yang dipilih oleh penulis. Aku dibuat jatuh cinta dengan sosok Reza, sosok suami idaman banget dey. Walau memang Reza pun tak luput dari kesalahan, tapi itu tetap manusiawi, karena bagaimanapun tidak mudah menerima orang yang kita cintai mengkhianati semua kepercayaan kita.
"Ketika mencintai membutuhkan waktu yang panjang...di situlah kamu akan mengerti, bahwa mencintai adalah proses yang indah juga menyakitkan. Untukmu, kamu dan kalian, yang tanpa henti terus belajar mencintai dia yang terkasih."

Nah, kalau kamu penasaran dengan novel ini, bisa melihat trailernya dulu dibawah ini:

Overall, kalau kamu mencari kisah romansa pernikahan yang mampu mengaduk emosimu dan kamu bisa mengambil hikmah dari kisahnya, aku merekomendasikan novel ini untukmu.
Postingan Book Review ini sebagai pembuka dari rangkaian Blog Tour Over The Rain karya Asri Tahir, nantikan postingan Ask Author dan Giveaway Over The Rain, besok tanggal 3 November 2015 ya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design