Rabu, 30 Desember 2015

[Book Review] The Dead Returns

Judul Buku : The Dead Returns
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Haru
Tebal : 252 Halaman
Terbit : Agustus 2015

Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. 

Untungnya aku selamat.

Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, 

aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. 

Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku. 

Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya, teman sekelas.

Total 35 orang.

Salah satunya adalah pembunuhku.

---------------------------- 

2 September, jam 19:00. Aku tunggu di tebing Miura Kaishoku

Berawal dari sebuah memo kisah ini bermula. Koyama Nobuo tak menyangka memo yang didapatkannya itu membuat dirinya meninggal karena terdorong oleh seseorang. Raganya memang meninggal, tetapi ternyata jiwanya masih penasaran. Saat sadar jiwa Koyama malah berpindah ke tubuh Takahashi. 

Ingatan Koyama akan hari naas itu masih samar-samar, dia hanya sadar telah didorong dan ada yang menolongnya, hanya sebatas itu saja. Awalnya Koyama ingin jujur mengenai kondisinya, tetapi kemudian Koyama berubah pikiran. Koyama pun memutuskan untuk mencari tahu siapa pembunuhnya, dan tersangkanya adalah teman sekelasnya. Namun, ada 35 orang yang sekelas dengannya, siapa yang berniat membunuhnya dan apa motifnya?

Seperti saat membaca Girls In The Dark, aku sudah dibuat penasaran sejak awal. Penulis benar-benar mampu membuat sebuah cerita yang mengikatku sebagai pembaca. Aku dibuat penasaran dengan siapa pelaku pembunuh Koyama sesungguhnya dan benar-benar sulit sekali menebaknya. Ketika aku sudah berpikir mengenai 1 orang, lagi-lagi penulis mampu membuatku ragu dan berpindah ke yang lainnya. 

Ada banyak hal yang terasa mengganjal dalam novel ini, seperti sosok Koyama yang cenderung introvert dan "tidak dianggap" saat di sekolahnya. Rasanya sulit untuk membayangkan dia punya musuh dan apa motif pembunuhannya. Hal yang tentunya berbeda jika terjadi pada Takahashi, tubuh yang sedang dipinjamnya itu. 

Koyama dan Takahashi benar-benar pribadi yang berbeda sekali. Aku bisa merasakan pergulatan batin yang dirasakan oleh Koyama, bagaimana pun terlalu banyak perbedaan diantara keduanya. Koyama yang dulunya tidak dianggap sekarang berperan menjadi cowok populer dan tampan tentu berbeda sekali. Apalagi saat bayangan masa lalu menghampiri, aku bisa merasakan apa yang dirasakan Koyama.

Sampai menuju ending, aku benar-benar dibuat terkejut dengan twist yang disajikan. Benar-benar diluar bayanganku sama sekali, karena tidak ada yang terasa menjurus ke arah sana, walau memang ada yang mengganjal tetapi aku tidak membayangkan seperti itu. Namun, aku merasakan pemecahan kasus ini terlalu anti-klimaks, agak tidak rela menutup kisah ini seperti ini. Penulis benar-benar sekali lagi mampu membuat sebuah kisah yang mengejutkan sekali dengan twist yang tak terduga.

Aku memang jauh lebih menikmati kisah Girls In The Dark, tetapi The Dead Returns pun punya kisah yang unik dengan gaya penceritaan yang nyaman, mengalir dan terjemahannya pun tidak kaku. Jika kamu penyuka kisah misteri, rasanya kamu wajib membaca karya Akiyoshi Rikako ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design