Selasa, 29 September 2015

[Blog Tour] Sing-Py, Single Happy - Piknik Blog Memori Cinta Anak Kos

Judul : Sing-Py, Single Happy
Penulis : Dewi "Dedew" Rieka
Penerbit : Loveable
Terbit : September 2015
“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”

“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”

Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.

Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya. Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy. 

“Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

---------------------
Ini pertama kalinya aku membaca karya Kak Dedew, awalnya saat Piknik Blog Memori Cinta Anak Kos section 1 berlangsung, aku juga pengen ikutan Giveawaynya, tapi karena 1 dan lain hal, akhirnya batal ikutan.

Eh, ternyata seperti jodoh tak kemana, aku berhasil juga dapatin buku ini, malah ditawarin jadi salah satu hostnya. Ah, rezeki pantang ditolak, apalagi kebetulan ada tanggal kosong diblog, jadi aku pun bersedia untuk join.

Membaca buku "Single Happy" ini mengingatkanku saat-saat aku masih ngekos dulu, ya aku pernah merasakan menjadi mahasiswa dan anak perantauan, jauh dari rumah di ujung Timur Indonesia sana. Tanpa saudara dan kerabat, aku nekat ingin melanjutkan pendidikan di Pulau Jawa, yang jelas-jelas belum pernah kuinjak. Aku pun merasakan hari-hari pertama menjadi anak kos, yang tentunya berbeda jauh sekali dari saat hidup bersama orangtua.

Menjadi anak kos itu berat banget booook, yang mulai harus belajar bertanggungjawab sama diri sendiri, minimal dimulai dari kamar kosan itu sendiri. Dulu saat dirumah, semua pekerjaan rumah tangga ada asisten rumah tangga yang siap sedia untuk membereskan, sekarang semuanya harus sendiri. Dulunya gak pernah cuci baju sendiri, jadi anak kos aku belajar loh nyuci baju sendiri :D

Menemukan kos yang sesuai dengan keinginan juga susah-susah gampang, pokoknya kayak milih jodoh dey. Aku masih inget harus berpindah kos untuk ketiga kalinya (alhamdulilah, hanya tiga kali) hingga akhirnya menemukan yang benar-benar cocok dan nyaman di hati. Pokoknya dulu syarat utama almarhumah mama hanya 1, kos yang dipilih gak boleh campur, harus kosan khusus cewek.^^

Aku merasakan jadi anak kos hampir 8tahun lamanya, dari mulai jadi mahasiswa hingga bekerja. Baru benar-benar melepas status jadi anak kos, setelah akhirnya menemukan pendamping hidup. Segala suka duka jadi anak kos sudah dirasakan dey, sampe hafal luar kepala.

Untungnya, nasibku gak sama ney dengan para penghuni "Kos Jomblo" di buku "Single Happy" karya terbaru Kak Dedew ini. Kos yang didirikan oleh Rania, bu kos yang benar-benar membuat kos khusus jomblo dengan segala aturannya yang nyeleneh bin ajaib. Mau masuk kos ini saja harus menjalani sejumlah seleksi, dan status calon anak kos juga tetap harus "JOMBLO". Yang bukan "JOMBLO" harap tidak mendaftar.

Dan, akhirnya terpilihlah 10 anak kos dengan latar belakang yang berbeda-beda, pokoknya buku ini penuh warna kisah si penghuni "Kos Jomblo". Bayangkan saja 10 orang anak kos dan 1 ibu kos hidup bersama-sama, apa yang bakal terjadi?

Membaca novel ini aku dibuat tersenyum-senyum sendiri, bahkan kadang-kadang terpingkal-pingkal membayangkan ulah para penghuni "Kos Jomblo", interaksi mereka begitu hidup. Kak Dedew benar-benar memukauku, tanpa perlu diksi yang berlebihan, aku terhibur sekali dengan kisah di buku ini.

Nah, ini salah satu karakter di buku "Single Happy" ini yang ingin kubahas:


Sosok Tahlia, wanita karier yang cantik, gaul dan karir lumayan. Sayangnya belum menemukan jodoh yang diinginkan sampai di usianya yang sudah cukup matang untuk menikah. Tahlia yang harus gigit jari melihat teman-teman seangkatannya sudah menikah, bahkan sudah punya anak, sedangkan dia kemana-mana hanya sendiri, termasuk menghadiri pernikahan. Bagi Tahlia, cowok-cowok yang ada disekelilingnya, bukan cowok impiannya, bahkan mendekati pun gak. Tahlia memang hobby banget pilih-pilih calon suami ideal untuknya. Makanya masih betah saja jadi jomblo.

Hingga suatu hari Tahlia didekati oleh Glenn, teman kantornya. Hubungan mereka pun masih meragukan apalagi Glenn terkenal playboy, teman-teman sesama penghuni "Kos Jomblo" sudah mengingatkan, tapi Tahlia gak ambil pusing....

Akankah Tahlia melepas status jomblonya? Semua jawabannya ada  di buku "Single Happy"
“Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.


Senin, 28 September 2015

[Book Review] Sleepover ------- Giveaway!!!!

Judul Buku : Sleepover
Penulis : Nathalia Theodora
Penerbit : Elex Media
Tebal : 184 Halaman
Terbit : Agustus 2015
Available @bukupedia
Hanna yang baru pulang les bersama pacarnya, Edward, dihadang oleh preman, dan sebagai akibatnya Edward ditusuk hingga meninggal.

Dua tahun kemudian, Hanna mengadakan acara menginap bersama dengan ketiga temannya—Erin, Jill, dan Sharon. Acara menginap mereka yang awalnya seru mendadak berubah menjadi mimpi buruk, ketika listrik padam dan seorang penyusup meneror mereka.

Selama semalaman mereka berusaha melarikan diri dari penyusup itu, sampai kemudian satu demi satu teman-teman Hanna menghilang.

-------------------
Ini novel ke-3 Kak Nathalia yang kubaca, setelah Bad Boys dan Alpha yang begitu menarik perhatianku. Kali ini, Kak Nathalia kembali hadir dengan karya terbarunya yang menghadirkan kisah remaja yang mengundang adrenalin saat membacanya.

Apa yang kamu bayangkan jika jiwamu terancam? Rencana menginapmu bersama teman-temanmu yang seharusnya menjadi hari yang paling menyenangkan, tiba-tiba berubah menjadi hari paling mencekam sekaligus penuh teror. Apa yang akan kamu lakukan, jika kamu berada diposisi itu?
Inilah sekelumit premis yang coba diangkat oleh Kak Nathalia. Membaca sinopsis novel ini sedikit banyak sebagai pembaca, aku sudah punya sedikit gambaran mengenai kisah ini. Sejak melihat covernya saja, aku sudah tertarik sekali, aku membayangkan akan disuguhi kisah thriller yang mencekam.

Novel ini tidak tebal, hanya sekitar 184 halaman saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup beberapa jam saja aku berhasil menamatkannya. Dibuka dengan prolog mengenai kematian Edward, kekasih Hanna kisah ini mulai bergulir. Kemudian kita akan dibawa ke kisah 2tahun kemudian, kehidupan Hanna sepeninggal Edward. Hanna yang mulai bisa move-on dari kepergian Edward, kembali menjalani kehidupan remajanya bersama ketiga sahabatnya, Jill Erin dan Sharon.

Hanna dan ketiga sahabatnya pun merencanakan untuk menginap bersama di rumah Sharon, yang kebetulan sedang kosong, karena kedua orangtuanya sedang ke luar kota. Namun, alih-alih mereka merasakan acara menginap yang menyenangkan, malah berubah menjadi serangkaian teror yang mengancam jiwa mereka. Tiba-tiba hadir sang penyusup, siapakah dia? Apa motifnya? Bagaimana akhir kisah Hanna dan sahabat-sahabatnya?

Membaca novel ini cukup menegangkan dan membuatku penasaran, aku dibuat menebak-nebak mengenai siapa penyusupnya dan apa motifnya. Diceritakan dari sudut pandang Hanna, aku bisa merasakan situasi yang dihadapinya bersama ketiga sahabatnya. Ketakutannya, keberaniannya, dan rasa penasarannya semua menyatu dan membuatku ikut larut dengan kisah ini.

Kak Nathalia menghadirkan kisah thriller remaja yang cukup mengalir, membuatku ingin terus membaca dan membaca hingga akhir, sayangnya titik balik ketika satu demi satu fakta mulai terungkap aku merasakan terlalu cepat sekali. Rasanya ketika aku mulai dibuat penasaran setengah mati, eh fakta lainnya sudah terungkap saja.

Tapi salut banget buat Kak Nathalia, mampu merangkai sebuah kisah dengan rentang waktu hanya kurang dari 24jam saja dengan kisah yang begitu menarik ini. Novel ini memang tidak terlalu mengedepankan mengenai urusan romantika remaja, tetapi lebih ke persahabatan dan misteri dibaliknya.

Overall, kalau kamu ingin membaca karya thriller remaja asli Indonesia, apa salahnya mencoba membaca novel ini.^^

Novel ini juga mengingatkanku akan arti sahabat sesungguhnya dan lebih peduli kepada permasalahan sahabat, karena mungkin saja ada rahasia tersembunyi disana.^^



------------------GIVEAWAY TIME-------------------

Saatnya aku dan Kak Nathalia mau berbagi 1 eks gratis berttdan ney untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget kok:


1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @cinenathz . Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #Sleepover

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu. 
Share dunk, 1 momen terindahmu bersama sahabatmu!!!!
6. Kamu bisa juga loh ajak teman-temanmu untuk ikutan GA ini biar rame.

7. Giveaway ini berlangsung 6hari ya, dimulai hari ini sampai tanggal 3 Oktober 2015 Pkl.23.59. Pengumuman paling lambat 2hari setelah GA ini berakhir di akun twitterku @RizkyMirgawati dan postingan ini ya.^^

Semoga beruntung!!!!!

*****UPDATE****
Hai, terima kasih buat semua teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam GA "Sleepover". Sekarang saatnya memilih pemenang untuk GA ini, dan selalu jadi bagian paling susah karena pengen semua jadi pemenangnya. Akhirnya, setelah melihat komen teman-teman semua yang masuk dan melihat syarat-syarat yang sudah dipenuhi, pemenang GA kali ini adalah:
Aulia (@nunaalia)
Selamat ya buat pemenang, harap kirim data lengkapmu ke emailku ya kikyavis@gmail.com kutunggu ya.

Bagi yang belum beruntung, tenang saja, masih akan ada Blog Tour dan Giveaway lainnya selama Oktober ini. Jadi, jangan sampai kelewatan dan gak ikutan ya. Oiya, bakal ada hadiah kejutan untukmu yang paling rajin ramaikan GAku loh =D
Rabu, 23 September 2015

[Book Review] Perfect Scenario --------- Giveaway!!!!!

Judul Buku : Perfect Scenario
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Penerbit : GPU
Tebal : 280 Halaman
Terbit : September 2015
Available @bukupedia
"Dengar ya, kita harus pacaran!"

"HAH?"

"Mulai detik ini, lo pacar gue. Dan selama itu, lo ngga boleh jalan dengan cowok lain!"

"Eh, kamu kesurupan ya, tiba-tiba ngomong aneh begitu?!"

"Gue sadar seratus persen. Jadi dengar--"

"Sori, aku ngga mau!"

"Heh! Jangan ge-er dulu. Gue sebenarnya juga ngga mau pacaran sama lo. Tapi kali ini, mau ngga mau, kita harus!"

Ajakan kencan ini akan membahagiakan Finda, seandainya ia menyukai Farel. Seandainya Farel bukan duri dalam dagingnya. Seandainya Finda tidak menyukai Niko (teman baik Farel). Dan seandainya Farel tidak sedang berkencan dengan Novi. Tetapi, ajakan kencan jauh dari romantis yang disodorkan Farel ini harus diterima Finda karena mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu membatalkan pernikahan orangtua mereka!

----------------------------
Ini buku ke-2 Kak Evi yang kubaca setelah The Unbroken Vow, jika sebelumnya aku disuguhkan kisah romance dewasa, kali ini aku diajak untuk menyelami sebuah kisah remaja.

Ini tentang kisah Finda dan Farel, dua orang yang "tidak bisa" dikatakan akrab. Sejak kecil, mereka selalu bertengkar dan bertengkar, ada saja yang membuat mereka ribut. Mereka layaknya musuh bebuyutan, hingga dewasa pun mereka tidak berubah, malah cenderung saling membenci.

Hingga suatu hari tiada angin tiada hujan, Farel malah mengajak Finda untuk berpacaran. Ups, jangan kaget dulu, ini bukan karena Farel menyadari telah jatuh cinta kepada Finda. TIDAK, kamu jelas sangka klo mengira seperti itu. Ini karena Farel sedang membuat suatu skenario, dan dia butuh Finda untuk mendukung aksinya itu.

Finda tentu sangat kaget sekali, apalagi selama ini hubungan mereka tidak pernah baik. Farel memaksa Finda untuk menjadi "pacar bohongan"nya demi menggagalkan rencana pernikahan kedua orangtua mereka. Tak disangka, papa Farel dan mama Finda saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.


Farel tentunya tidak setuju dengan rencana pernikahan itu, membayangkan musuh bebuyutannya menjadi saudaranya tentulah hal terakhir yang dibayangkannya. Apakah skenario Finda dan Farel berhasil?

Membaca novel ini sungguh menyenangkan, sedikit banyak aku sudah membayangkan jalan ceritanya ketika membaca sinopsis novel ini. Kak Evi mampu membuat novel ini begitu mengalir, sebagai pembaca aku diajak berkenalan dengan sosok Finda dan Farel, musuh bebuyutan sejak kecil. Karakter mereka begitu hidup, interaksi keduanya pun berasa sekali feelnya, aku jadi mengerti mengapa mereka menjadi seperti itu karena ada alasan dibalik semuanya.

Novel ini tidak hanya menyoroti kisah Finda dan Farel saja, ada cerita keluarga juga. Ternyata ada alasan tersendiri Farel membuat skenario penggagalan pernikahan orangtuanya dengan Finda. Ada juga kisah cinta remaja, yang tentunya berwarna dan ceria.

Aku suka dengan perubahan karakter Farel dan Finda, liburan di Lembang menjadi titik balik semua kisah mereka, menguak rasa yang telah terpendam...

Karakter favoritku disini bukanlah Finda atau Farel, tetapi Niko. Entah kenapa sejak awal dia sudah mencuri perhatianku. Aku sempat menduga dia akan berubah, ternyata alhamdulilah karakternya konsisten sejak awal sampai akhir.^^

Novel ini ringan dan cukup menghibur, Kak Evi mampu mengaduk emosiku saat membaca novel ini. Hingga endingnya, seperti dugaanku aku bisa tersenyum bahagia.

Novel ini mengajarkan kepada kita bahwa tidak baik memendam kebencian kepada seseorang, karena bisa saja suatu hari perasaan itu bisa berubah, karena kebencian hanya menggerogoti hati.

Terima kasih, Kak Evi berbagi kisah yang menghangatkan hati ini...

Kamu penasaran membaca novel ini, yuk ikutan Giveaway dibawah ini:

------------------GIVEAWAY TIME-------------------

Saatnya aku dan Kak Evi mau berbagi 2 eksemplar gratis bertandatangan untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget kok:

1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2. Follow twitter @KeziaEviWiadji dan Like Fanpage 

3. Ganti avatar/foto profil twittermu dengan cover "Perfect Scenario" selama periode GA 23September sampai pengumuman tanggal 28September:



3. Share info Giveaway ini di media sosialmu, gunakan hastag #GAPerfectScenario dan mention @RizkyMirgawati dan @KeziaEviWiadji

4. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+

4. Isi datamu di kolom komentar, format nama, akun twitter, link share, domisili dan jawabanmu ya:
"Apa reaksimu jika kamu diramal bahwa musuh bebuyutanmu akan menjadi pasanganmu? "
5. Periode Giveaway ini mulai hari ini sampai tanggal 27 September 2015 Pukul 23.59 WIB, pengumuman pemenang diblog ini tanggal 28 September 2015.

6. Kamu bisa juga loh ajak teman-temanmu untuk ikutan GA ini biar rame!!!

Semoga beruntung!!!!!


*****UPDATE****

Hai, terima kasih buat semua teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam GA "Perfect Scenario". Sekarang saatnya memilih pemenang untuk GA ini, dan selalu jadi bagian paling susah karena pengen semua jadi pemenangnya. Akhirnya, setelah melihat komen teman-teman semua yang masuk dan melihat syarat-syarat yang sudah dipenuhi, pemenang GA kali ini adalah:

1. Evi Dwi Puspitasari (@littleephie)

2. Laura Lidya Monica Putri (@LauraLmcP)

Selamat ya buat pemenang, harap kirim data lengkapmu ke emailku ya kikyavis@gmail.com kutunggu ya.

Bagi yang belum beruntung, tenang saja, masih akan ada Blog Tour dan Giveaway lainnya selama September-Oktober ini. Jadi, jangan sampai kelewatan dan gak ikutan ya. Oiya, bakal ada hadiah kejutan untukmu yang paling rajin ramaikan GAku loh =D

[Ask Author] Perfect Scenario with Kezia Evi Wiadji


Halooo, selamat berkunjung ke Ky's Book Journal. Sebagai pembuka Giveaway "Perfect Scenario" by Kak Kezia Evi Wiadji, aku berkesempatan untuk mengadakan "Ask Author" nih. Nah, Ask Author ini berupa kumpulan pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman follower twitterku @RizkyMirgawati yang terpilih untuk dijawab oleh Kak Kezia.

Jadi, formatnya siapa saja boleh bertanya melalui mention di twitter atau langsung ke emailku. Periode mengajukan pertanyaan kubatasin dari tanggal 9-18 September 2015, dan wah alhamdulilah teman-teman semua sungguh antusias sekali, melihat banyaknya pertanyaan yang masuk.

Nah, inilah pertanyaan terpilih yang beruntung untuk dijawab langsung oleh Kak Kezia:

Me : Hai, Kak. Kenalin dunk sama pembaca, biodata singkatmu dan kesibukanmu sekarang?
Aku gadis manis dari Kota Bengawan Solo. Hobi : travelling, berkebun, baca dan nonton. Warna fav: biru dan orange. Bintang:Pisces. Pekerjaan:karyawan. Karakter:moody, galak, tapi mudah terharu dan humoris (hmm...). Doyan banget sama mangga mentah dan makanan khas sunda. Pakaian fav:yang enak dipake.

@Lenny66677291 : Kak, sejak kapan sih kakak mulai menulis?
Januari 2011

@astiyuliana05 : Menurut Kakak, menulis itu butuh bakat?
Menurut aku, menulis itu butuh kerja keras, kedisiplinan & latihan. Punya potensi/bakat menulis tetapi tidak banyak berlatih, maka hasilnya tidak akan maksimal.

@eldwi_cha : Kak, kalau boleh tahu gimana cara nerbitin novel pertama kali? Apa melalui agensi Kak?
Sejak 2011 s/d sekarang tidak pernah mengirimkan naskah ke penerbit melalui agensi. Jadi mulai dari menulis, mengedit/merevisi sebelum naskah dikirim ke penerbit, lalu mengirimkan naskah ke penerbit s/d tik-tok dengan editor, aku lakukan sendiri. Lebih capek, pasti. Tapi puas.

@angels_rutherfo : Mengapa buku terbaru Kak Kezia diberi judul "Perfect Scenario" dan berasal darimanakah ide membuat cerita ini?
Judul "Perfect Scenario" itu sesuai dengan inti ceritanya sendiri. Kenapa dibilang "skenario itu menjadi sempurna", jawabannya ada di novelku. Jadi, silahkan dibaca nanti ya. 
Ide berasal dari cerita temanku mengenai papanya yang ingin menikah lagi dengan sahabat almarhum mamanya.

@dust_pain : Siapa tokoh favorit di "Perfect Scenario", kenapa bisa suka?
Tokoh favoritku di novel ini ada 4 orang (Finda, Farel, Niko dan Olly). Jadi bukan hanya tokoh utama saja. Alasannya karena ke-4 tokoh ini masing-masing mempunyai karakter yang unik, dinamis, dan menggemaskan.

@Jm_nim : Adegan favorit Kakak di novel ini apa?
Paling suka adegan di perkemahan Lembang, terutama di lembahnya. Dan kebetulan itu juga merupakan titik balik bagi tokoh Finda dan Farel (yang sudah membaca, pasti tahu apa yang saya maksud).

@LiebeIs0503 : Siapa sih karakter tokoh yang susah ngebentuknya dalam novel ini?
Sebetulnya tidak ada kesulitan dalam menentukan/membentuk karakter tokoh karena sebelum menulis sudah diset lebih dulu akan seperti apa karakter mereka. Tetapi hanya dua karakter yang mengalami perubahan drastis nantinya, yaitu Finda dan Farel. Dan ini bertahap terjadi dengan berjalannya kisah.

@dellavitaa_ : Di "Perfect Scenario" khan banyak adegan lucu, susah gak sih bikinnya adegan yang lucu itu?
Sebetulnya menulis semua adegan di "Perfect Scenario" ini gampang-gampang susah. Baik narasinya maupun dialognya. Tapi terbantu karena aku sudah tahu akan menulis apa di tiap babnya (untuk poin-poin pentingnya).

@DiddySyaputra : Apa hal unik yang Kak Kezia gagas di novel ini?
Kadangkala kita suka "menghakimi" orang lain secara membabi-buta (entah dari penampilannya, cara bicaranya, dll) tanpa ingin tahu alasan dibalik sikapnya itu. 
Bila kita mau mencoba mengenali musuh kita, bisa jadi, suatu saat dia akan menjadi sahabat kita.

@ratnaShinju2chi : Pesan apa yang mau disampaikan dalam novel ini?
Pesan novel teenlit "Perfect Scenario" : Hati-hati bagi kalian yang mempunyai musuh bebuyutan. Karena diambang batas benci, ternyata ada setitik rasa lhooo. 
@dedulfaithful : Apa yang membedakan cerita di "Perfect Scenario" dengan teenlit GPU lainnya?
Jawabannya ada di pertanyaan nomer 5 s/d 11.
@DellaSagitaDewi : Kalau nulis novel, plotnya direncanain dulu atau "biarlah si plot mengalir lancar lewat jari-jariku."?
Biasanya sebelum menulis satu naskah, aku membuat kerangkanya terlebih dahulu dari awal s/d akhir. Agak rinci karena kerangka yang aku buat adalah perbab. Jadi bikin kerangka saja bisa memakan waktu 2-3 jam kalau lancar. Kalau macet ya bisa beberapa hari. Tapi di "Perfect Scenario" ini, aku hanya selesai membuat separuh kerangka, tidak sampai kelar karena aku sudah keburu ingin menulis. Jadi pertengahan menulis agak sedikit gamang dan tersendat. Tapi bersyukur, kelar juga.
@DhaniRamadhani : Bacaanmu biasanya mempengaruhi tulisanmu. Apa Kak Kezia dalam menuliskan novel ini juga begitu, buku apa yang dibaca saat menulis novel ini?
Kalau dipikir-pikir, aku lebih suka membaca novel bertema keluarga. Mau novel karangan siapapun dan bentuk apapun, intinya ada keluarganya. Nah, sadar tidak sadar, ini kebawa dalam naskahku meskipun eksekusinya berbeda-beda.
Kalau aku "sedang" menulis, biasanya tidak membaca novel apapun. Jadi memang fokus menulis. Tapi "sebelum" menulis, misal nantinya akan menulis naskah remaja dan warna naskahnya hepi seperti Perfect Scenario ini, maka sebisa mungkin aku membaca novel dengan warna yang mendekati sama. Jadi semacam pemanasan dulu.
@kendengpanali : Pernah gak Kak bersilang pendapat dengan editor dan saling kekeuh? Seberapa penting editor buat karya Kakak?
Bersyukur, selama ini tidak pernah yang namanya bersilang pendapat yang sampai gimana begitu dengan editor, apalagi berantem. Aku termasuk penulis yang manis dan nurut dengan editor. Hehehe. Karena bagiku, siapapun editornya, mereka bertujuan membantu mempertajam dan membuat naskahku ini menjadi lebih baik. 
Kalau seberapa penting, wuahhh, penting sekali.
@Thia1498 : Pernah ngalamin "Author's Block" waktu nulis PS, kalau iya kenapa? Bagaimana cara mengatasinya?
Menulis "Perfect Scenario" ini "lumayan" lancar. Aku nggak bilang lancar banget karena waktu itu harus memaksa diri untuk terus menulis sampai kelar. Selain karena kerangka hanya separuh kelar, kerjaan di kantor juga lumayan banyak dan kondisi kesehatanku sendiri agak kurang fit. Jadi bawaannya moody melulu waktu itu. Hehehe
Cara mengatasinya: membuat DL dan memaksa diri terus menulis.
@Visca_Apr : Bagaimana caranya agar bisa memotivasi diri sendiri untuk tetap menulis, menulis dan menulis?
Memotivasi diriku sendiri dengan cara melihat novel-novelku yang sudah terbit yang berjajar di rak buku di kamar kerjaku. Seneng. Pengen nambah lagi. 
Kalau itu ngga mempan, jalan ke Gramedia, lihat rak buku baru. Kepengen dong novel baruku nanti mejeng di situ. 
Kalau ini nggak mempan juga, baca dan nonton.
Masih nggak mempan juga, ya sudah, maksa harus nulis. Hehehe. Mau hasil jadinya jelek ya ngga papa. Kan masih dalam bentuk draft, nanti bisa direvisi.
@N0v4ip : Menurut Kak Kezia, lebih sulit mana, menulis novel bergenre remaja atau romance dewasa?
Pengalamanku, semua naskah yang aku tulis punya tingkat kesulitannya sendiri-sendiri. Bisa dari konfliknya. Apakah warna novel ini ceria atau melow. Memakai POV apa. Romancekah? Atau misteri? Novel atau cerpen? Perlu banyak riset atau ngga. Jadi bukan karena merujuk ke pangsa pembaca dewasa atau remaja.
Menurutku, menulis naskah apapun, ide dan kelengkapannya harus mantap dulu, karena ini sangat membantu memperlancar proses.
@ruth_shiela : Sejauh ini, apa hambatan/ rintangan terbesar yang dialami Kak Kezia selama menjadi penulis dan bagaimana mengatasinya?
Hambatan terbesar: keterbatasan waktu, tidak sabaran dan mengalahkan diri sendiri.
Waktu karena aku kerja full-time.
Mengalahkan diri sendiri ya seperti yang dialami oleh semua penulis: kadang malas.
Tidak sabaran : Aku tipe orang yang sangat ngga sabaran (tanya suamiku kalau ngga percaya. Hihihi). Nah, sementara menulis itu butuh banget yang namanya kesabaran. Contoh aja, menulis naskah novel bisa beberapa bulan. Bayangin orang yang ngga sabaran menulis novelJ
@RiniCipta : Dari semua novel Kak Kezia yang sudah terbit, yang mana yang menjadi favorit Kakak? Dipilih satu saja ya Kak, kenapa itu jadi favorit?
Sebetulnya aku ngga mau menganak-tirikan. Semua novelku punya "kisah perjalanan uniknya" sendiri-sendiri, tapi harus memilih, oke:
Novel ter-favorit : The Unbroken Vow.
Novel ter-Fun : Perfect Scenario.
Kalau ditanya alasannya kenapa memilih TUV sebagai novel ter-fav, nah, aku bingung jawabnya. Karena kadang-kadang aku sendiri ngga tahu alasannya. Pokoknya paling fav aja.
@Agatha_AVM : Berapa lama proses menunggu naskah diterima penerbit, pengeditan dan penentuan kapan naik cetak, Kak?
Jawaban ini ngga bisa dipukul rata untuk semua naskah. Untuk dua buku yang berbeda di satu penerbit saja, prosesnya juga beda. Banyak faktor yang mempengaruhi. Tapi anggap saja, kalau berjalan normal, 1 naskah dari mulai disetujui/diterima oleh penerbit sampai dengan mejeng di rak membutuhkan sekitar 6-12 bulan. Bisa lebih cepat. Bisa lebih lama.
@aprlboanarges : Kasih tips dunk buat pembaca novelmu biar bisa nulis teenlit juga!
Untuk menulis novel teenlit/remaja, aku mencoba untuk bisa 'masuk' ke dunia mereka. Pahami kebutuhan mereka. Bercandanya. Emosi/suasana hatinya. Cara bicaranya. Cara berdandannya, dll.
Nah, untuk umurku yang 17tahun+++ini, aku siasati dengan menonton dan membaca novel remaja. Lalu curi dengar dan lihat gaya mereka di mal/bioskop/baca komentar-komentar pembaca remaja di sosmed. Kadang beli majalah atau tabloid khusus remaja. Juga membayangkan ketika aku dulu di usia tokohku, kira-kira apasaja yang aku lakukan/rasakan ( nanti dikombinasikan dengan keadaan/situasi sekarang).
Wow, semua pertanyaan terpilih yang dijawab oleh Kak Kezia ini luar biasa keren-keren ya. Aku jadi banyak dapat info loh dari Kak Kezia soal proses kreatif menerbitkan sebuah novel.

Terima kasih kuucapkan untuk Kak Kezia, yang berkenan untuk menjawab semua pertanyaan di atas. Semoga tidak kapok ya, karena ternyata awalnya hanya untuk beberapa pertanyaan saja, ternyata melihat antusiasme peserta "Ask Author" jadi membludak dey.^^

Saatnya, aku memilih 1 penanya beruntung yang mendapatkan 1 eksemplar gratis bertandatangan "Perfect Scenario":
@ruth_shiela
Kamu yang belum beruntung, jangan khawatir setelah ini akan ada Giveaway "Perfect Scenario" juga loh, ada 2buku yang akan dibagikan. Siapa tahu kamu yang beruntung berikutnya!!!!!
Senin, 21 September 2015

[Book Review] A Presents from The Past --------------- Giveaway!!!!

Judul Buku : A Presents from The Past
Penulis : Leonna Amorette
Penerbit : Elex Media
Tebal : 304 Halaman
Terbit : Agustus 2015
“Lo beneran nggak mau balikan sama Adrian lagi?”

“Nggak,” sambarku tanpa pikir panjang.

“Kenapa?” “Lo kan pernah bilang sama gue, Laura, sama Emily kalau lo cuma mau nikah sama Adrian.”

“Itu dulu,” Aku mengingatkan.

“Tapi, cinta mati lo?”

“Ralat. Cinta yang udah mati. Oke?”

Adrian datang lagi dari masa lalu. Setelah meninggalkan luka yang mendera bagi Aira. Seperti hadiah, ia memberi kejutan bagi wanita itu.

Harusnya Aira senang.

Bagaimana Adrian memperbaiki keadaan di saat semua tak lagi sama?

-----------------------

Ini novel pertama Kak Leonna yang kubaca dan novel pertamanya juga yang terbit di salah satu penerbit mayor. Kalau kamu pembaca setia wattpad, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kak Leonna.

"Aku berpikir kalau seandainya kita bisa memulai hubungan kita dari sebuah kata. FORTUNA."
Novel ini mengisahkan mengenai Aira dan Adrian, sepasang kekasih yang dulunya pernah bersama tetapi akhirnya putus karena sesuatu kejadian di masa lalu. Aira yang selalu bermimpi akan menikah dan hidup bersama dengan Adrian, kekasihnya itu harus menelan kenyataan pahit, di hari yang ditunggu-tunggunya dan seharusnya menjadi hari paling membahagiakan untuknya, Adrian tidak pernah muncul. Aira kecewa dengan ketidakhadiran Adrian, Aira menganggap Adrian tidak serius dengan hubungan mereka. Aira pun malah memutuskan hubungannya dengan Adrian secara sepihak, tanpa meminta penjelasan kepada Adrian sebelumnya.

Hubungan mereka begitu saja berakhir, tanpa penjelasan, Aira yang terlalu egois dan Adrian yang terlalu pasrah tidak mencoba untuk membereskan semua yang terjadi diantara mereka. Hingga tiga tahun kemudian, mereka bertemu kembali...

Adrian hadir kembali sebagai bartender Cafe "Fortuna" milik Aira. Betapa kagetnya Aira bahwa Adrian, mantan kekasihnya itu berani muncul kembali setelah hari itu. Tetapi Aira pun tak kuasa membendung perasaannya yang ternyata masih menyimpan rasa, tetapi kekecewaan dan hatinya yang terluka membuat dia sulit untuk memaafkan Adrian.

Adrian pun seakan menutup diri, tidak ingin memberikan penjelasan apapun. Dilain sisi hadir kembali, Kieran mantan pacar Aira saat SMA yang malah lebih berani untuk melamarnya. Ketika semua menjadi tidak terkendali, apa yang selanjutnya terjadi?

"Cinta? Aku tidak percaya menyangka akan serumit ini."
Aaaaaaah, jujur baca novel ini aku dibuat gemas setengah mati dengan Aira, Adrian dan Kieran.

Aira yang ya ampun super duper egois, yang selalu merasa bahwa dia adalah pihak yang telah tersakiti tanpa mau tahu alasan sesungguhnya ketidakhadiran Adrian. Aira juga wanita dewasa yang labil, dan sulit berkomitmen.

Kemudian ada Adrian, ah ini cowok benar-benar dey. Terlalu pasrah banget dengan keadaan, kenapa sey gak jujur saja sama semuanya, malah memilih diam dan membiarkan semuanya berlarut-larut.

Eh, kemudian ada si Kieran pula, yang benar-benar suka maksain kehendaknya, tetapi aku malah kasihan kepadanya. Karena cinta, Kieran menjadi seperti itu.

Kak Leonna mampu mengaduk emosiku, aku benar-benar dibuat gregetan sama ketiga tokoh ini. Novel ini membuatku tahu bahwa cinta juga butuh keterbukaan, jangan sampai kesalahpahaman malah menggerogoti hati. Berawal dari ketidakjujuran semua konflik ini bermula dan pada akhirnya memang cinta tidak bisa dipaksakan. Cinta akan memilih kepada siapa dia akan berlabuh. Nice story, Kak!!!!

Kamu penasaran ingin membaca "A Presents from The Past", yuk ikuti Giveaway dibawah ini:

------------------GIVEAWAY TIME-------------------

Saatnya aku dan Kak Leonna mau berbagi 1 eksemplar gratis untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget kok:
1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2. Share info Giveaway ini di media sosialmu, terserah mau twitter atau facebook:

a. Via twitter, mention @RizkyMirgawati gunakan hastag #GAAPfTP

b. Via facebook, tag Leonna Amorette Ferdinand 

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+

4. Isi datamu di kolom komentar, format nama, akun twitter/facebook, link share, domisili dan jawabanmu ya:
"Apa sih arti mantan buat kamu?"
5. Periode Giveaway ini mulai hari ini sampai tanggal 27 September 2015 Pukul 23.59 WIB, pengumuman pemenang diblog ini tanggal 28 September 2015.

6. Kamu bisa juga loh ajak teman-temanmu untuk ikutan GA ini biar rame!!!

Semoga beruntung!!!!!

*****UPDATE****

Hai, terima kasih buat semua teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam GA "A Presents from The Past". Sekarang saatnya memilih pemenang untuk GA ini, dan selalu jadi bagian paling susah karena pengen semua jadi pemenangnya. Akhirnya, setelah melihat komen teman-teman semua yang masuk dan melihat syarat-syarat yang sudah dipenuhi, pemenang GA kali ini adalah:

Aurelia Exposto (@aurelleys)

Selamat ya buat pemenang, harap kirim data lengkapmu ke emailku ya kikyavis@gmail.com kutunggu ya.

Bagi yang belum beruntung, tenang saja, masih akan ada Blog Tour dan Giveaway lainnya selama September-Oktober ini. Jadi, jangan sampai kelewatan dan gak ikutan ya. Oiya, bakal ada hadiah kejutan untukmu yang paling rajin ramaikan GAku loh =D
Minggu, 20 September 2015

New Author Reading Challenge 2015

Ini tahun kedua aku mengikuti "New Author Reading Challenge" yang dihost oleh Mba Ren dan saat Mba Ren membuat lagi RC ini di tahun 2015 aku dengan senang hati ikut berpartisipasi, apalagi tahun 2014 alhamdulilah aku berhasil sampai ke Level "Maniac". Tahun 2015 ini tentunya NARC hadir dengan rules yang lebih menarik lagi.

Nah, kamu tertarik ikutan, cek saja rulesnya disini ya New Author Reading Challenge 2015

Tahun 2015, aku tetap mengambil Level:

MANIAC

Dan mau mencoba untuk ikut semua kategori tambahan, yaitu:
1. What's In a Name
2. Genre 101
3. Girl Power!
4. E Book Lover!
5. Series Addict
6. Support Local Author

Nah, untuk memudahkan berikut update buku yang kubaca ya dan akan terus diperbaharui di post ini:

Januari:
1. The Food of Love - Anthony Capella
2. The Proposition (The Proposition #1) - Katie Ashley
3. To Taste Temptation ( Legend of the Four Soldiers #1) - Elizabeth Hoyt
4. Damn, Lebih Indah dari Cinta - Sari Narulita
5. Bingkai Memori - Petronela Putri
6. Pasangan Labil - Paramita Swasti Buwana
7. Everlasting - Ayu Gabriel

Februari:
8. Miraculin - Didi Almeyda
9. Dua Masa di Mata Fe - Dyah Prameswarie
10. The Heritage - Ghyna Amanda Putri
11. Eiffel, Tolong! - Clio Freya
12. Picture Perfect - Pradnya Paramitha
13. Riana: I'm the Other Woman - Fifi Mardhi
14. Sirius Secret - Dita Safitri
15. Akar Hati - Rosa Amanda Salim
16. Finally You - Dian Mariani
17. The Hearts Buffet - Tita Rosianti
18. Tiga Cara Mencinta - Irene Dyah Respati
19. Yozakura - Primadonna Angela
20. Perfect Wedding - Putu Felisia, Catz Link Tristan, Astrid Nurhasanah
21. Romansick - Emilya Kusnaidi
22. Almost 10 Years Ago - Trini

Maret:
23. Maharesa - Maureen Theodora
24. Love You Till I Die - Teresa Bertha
25. A Week Long Journey - Altami N.D
26. Februari : Ecstacy - Devania Annesya, Ari Keling, Ayu Welirang
27. A Beautiful Mess - Rosi L Simamora
28. Eleanor - Arumi E
29. Finding You - Yudith Fabiola
30. Pre Wedding in Chaos - Elsa Puspita
31. Ally : All These Lives - Arleen A
32. A Painting of Pains - Hanna Natasha

April:
33. The Wind Leading to Love - Yuki Ibuki
34. Bastian dan Jamur Ajaib - Ratih Kumala
35. Lara - Sybill Affiat
36. Haru no Sora - Laili Muttamimah
37. Sylvia's Letters - Miranda Malonka
38. Pay It Forward - Emma Grace
39. Alpha - Nathalia Theodora
40. Remedy - Biondy Alfian
41.  Not A Perfect Wedding - Asri Tahir
42. Misteri Buku Harian Johanna - Aulia Hazuki

Mei:
43. Glamo Girls - Ragil Kuning, dkk
44. Endless Love - Wu Xia Yue
45. Intertwine - F.L.O.C.K
46. Wedding Rush - Jenny Thalia Faurine
47. To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han
48. Istana di Atas Pasir - Bey Tobing
49. Between Shades of Gray - Ruta Sepetys

Juni:
50. New York After Rain - Vita Safitri
51. My Fiancee is A Secret Agent - Mayya Adnan
52.  (S)he is My Girl - Chyntia Yanetha
53. Haute Heart - Regina Alexandra
54. Singapore Begins - Agata Barbara
55. Rust in Pieces - Nel Falisha
56. Stay with Me Tonight - Sofi Meloni
57. All You Need is Love - Fakhrisina Amalia
58. Bitter Winner - Mita Miranti
59. Dosa Terindah - Monica Petra
60. Summit - Peringga Ancala
61. 3 Women & A Guy - Ana Westy
62. Reva's Tale - Ruby Astari

Juli
63. Above The Stars - D. Wijaya
64. By The Time You Read This I'll Be Dead - Julie Anne Peters
65. Kota Lama & Sepotong Cerita Cinta - Herdiana Hakim
66. Dangerous Love - Christina Tirta 
67. Di Bawah Langit yang Sama - Helga Rif
68. Gerimis Bumi - Catz Link Tristan
69. Marriage of Convenience - Shanti

Agustus
70. 3 - Alicia Lidwina
71. Jake & Melly - Anna Anderson
72. Segenggam Daun di Tepi La Seine - Wuwun Wiati
73. Lelaki Tua dan Laut - Ernest Hemingway
74. Beautiful Bastard - Christina Lauren
75. Ocean Breeze - Cepi R. Dini
76. Menari di Atas Awan - Maria A Sardjono
77. I Got Switched - RisTee
78. Love Fate - Sari Agustia
79. Perfection - Farrahnanda
80. Zero Class - Pricillia A.W
81. Brink of Senses - Mertha Sanjaya

Kategori Tambahan:

 What's In a Name
1Miraculin - Didi Almeyda
2. Dua Masa di Mata Fe - Dyah Prameswarie
3. Sirius Secret - Dita Safitri
4. Maharesa - Maureen Theodora
5. Eleanor - Arumi E
6. Bastian dan Jamur Ajaib - Ratih Kumala
7. Lara - Sybill Affiat
8. Sylvia's Letters - Miranda Malonka
9. Haru no Sora - Laili Muttamimah
10.Reva's Tale - Ruby Astari

Genre 101

1) Asian Lit
The Wind Leading to Love - Yuki Ibuki 
Endless Love - Wu Xia Yue

2) Humor
Pasangan Labil - Paramita Swasti Buwana

3) Mystery
Misteri Buku Harian Johanna - Aulia Hazuki

4) Thriller
Februari : Ecstacy - Devania Annesya, Ari Keling, Ayu Welirang

5) Travel
A Week Long Journey - Altami N.D

6) Fantasy
Ally : All These Lives - Arleen A

7) Young Adult
Remedy - Biondy Alfian (Young Adult)
Summit - Peringga Ancala

8) Erotica
The Food of Love - Anthony Capella (Erotica)

9) History
Between Shades of Gray - Ruta Sepetys (History)

Girl Power!
1Damn, Lebih Indah dari Cinta - Sari Narulita
2. Riana: I'm the Other Woman - Fifi Mardhi
3. Tiga Cara Mencinta - Irene Dyah Respati
4.  Yozakura - Primadonna Angela
5. Perfect Wedding - Putu Felisia, Catz Link Tristan, Astrid Nurhasanah
6. A Beautiful Mess - Rosi L Simamora
7. Intertwine - F.L.O.C.K
8. My Fiancee is A Secret Agent - Mayya Adnan
9. 3 Women & A Guy - Ana Westy

E Book Lover!
1Akar Hati - Rosa Amanda Salim
2. The Heritage - Ghyna Amanda Putri
3. Romansick - Emilya Kusnaidi
4. Finding You - Yudith Fabiola
5. Pre Wedding in Chaos - Elsa Puspita
6. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas - Eka Kurniawan
7. Pay It Forward - Emma Grace
8. Haute Heart - Regina Alexandra
9. Stay with Me Tonight - Sofi Meloni
10.All You Need is Love - Fakhrisina Amalia
11. Istana di Atas Pasir - Bey Tobing
12.New York After Rain - Vita Safitri
13. Dosa Terindah - Monica Petra

Series Addict
1 The Proposition (The Proposition #1) - Katie Ashley
2. To Taste Temptation ( Legend of the Four Soldiers #1) - Elizabeth Hoyt
3. To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han (To All The Boys I've Loved Before #1)

Support Local Author
1Everlasting - Ayu Gabriel
2. Eiffel, Tolong! - Clio Freya
3. Picture Perfect - Pradnya Paramitha
4. Finally You - Dian Mariani
5. The Hearts Buffet - Tita Rosianti
6. Almost 10 Years Ago - Trini
7. Love You Till I Die - Teresa Bertha
8. A Painting of Pains - Hanna Natasha
9. Alpha - Nathalia Theodora
10. Not A Perfect Wedding - Asri Tahir
11. Glamo Girls - Ragil Kuning, dkk
12. Wedding Rush - Jenny Thalia Faurine
13. (S)he is My Girl - Chyntia Yanetha
14. Singapore Begins - Agata Barbara
15. Rust in Pieces - Nel Falisha
16. Bitter Winner - Mita Miranti
Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design