Selasa, 23 Februari 2016

[Book Review] Yesterday In Bandung --------------- GIVEAWAY !!!!!!

Judul Buku : Yesterday In Bandung
Penulis : Rinrin Indrianie, Ariestanabirah,
Delisa Novarina, Puji P Rahayu dan
NR Ristianti
Penerbit : Elex Media
Tebal : 264 Halaman
Terbit : Januari 2016

Yesterday, all my troubles seemed so far away (Yesterday, The Beatles) 



Seperti lima nada membentuk satu harmoni lagu, mereka memiliki masalah dan masa lalu yang bersinggungan. 



Shaki, gadis Palembang dengan masalah korupsi sang ayah. 



Zain, pemuda desa yang gila harta dan terjebak pergaulan hitam. 

Tania, gadis riang yang masa lalunya kelam. 

Dandi, Pemuda tampan yang lari dari bayang-bayang masa lalu.

Aline, pemilik kos yang menyimpan banyak misteri.

Hidup di tempat tinggal yang sama membuat mereka menyadari bahwa semua punya cerita di hari kemarin, untuk dibagi di hari ini. 

-------------------------
"Terkadang memang, kemarin selalu tampak baik-baik saja."
Setelah sebelumnya aku membaca Eternal Flame, kali ini aku berkesempatan membaca "Yesterday in Bandung". Seperti Eternal Flame, Yesterday in Bandung merupakan salah 1 Outline Naskah Terbaik Workshop "Berbagi Cinta Lewat Kata". Jika sebelumnya, Eternal Flame mengambil setting Bekasi, sekarang melalui Yesterday in Bandung, kita diajak menyusuri kota Bandung yang eksotis.

Novel ini mengangkat kisah 4 orang yang kebetulan tinggal dalam 1 tempat kos yang sama, yang dimiliki oleh Aline, sang pemilik kos. 5 orang dengan kepribadian berbeda dengan masalah masing-masing yang akhirnya bersinggungan satu sama lain.

Aline, sang pemilik kos, wanita cantik, mandiri, yang bekerja sebagai penerjemah. Masa lalu yang pahit terkait keluarganya, membuat dirinya betah menjadi wanita single di usianya yang tergolong sudah tidak muda lagi. Namun, Aline pun tetap harus mengakui ada kalanya cinta hadir di saat yang tak terduga. Salah 1 anak kosannya menaruh perhatian lebih kepadanya, sedangkan perhatiannya sudah tercuri kepada sosok lainnya. Aline dengan hidupnya yang begitu kompleks, belum lagi kenyataan yang hadir membuat dirinya harus menerima dan tetap berusaha bahagia.

Shaki, remaja dengan masalah keluarga yang berantakan. Ayahnya yang sedang menjadi buronan karena kasus dugaan korupsi, belum lagi gangguan "panik" yang senantiasa hadir membuat Shaki hanya bisa melarikan diri kepada memasak, dan membuatnya lupa akan masalahnya.

Tania, gadis periang dan ramah. Tanpa diduga, Tania punya masa lalu yang kelam terkait cinta. Membuat dirinya sulit untuk jatuh cinta lagi dan percaya akan cinta, padahal ada laki-laki yang begitu dekat yang mencintainya.

Zain, remaja yang berasal dari desa, mempunyai mimpi untuk memperbaiki kehidupan ekonomi keluarganya. Menaruh hati kepada Aline, pemilik kosannya. Kebutuhan ekonomi yang sungguh mendesak, membuat dirinya harus bersinggungan dengan dunia hitam dan mempertaruhkan kehidupannya selamanya.

Dandi, seorang pemuda yang tertutup dan jarang berada di kosan, karena satu-satunya yang bekerja. Melarikan diri dari kisah cintanya yang pahit, namun ternyata cinta hadir karena terbiasa dalam interaksi sesama penghuni kos. Cinta yang kembali mempertaruhkan perasaannya, siapkah dia terluka lagi?

Makin penasaran khan? Bagaimana 5 orang tersebut akhirnya saling bersinggungan satu sama lain. Salut, dengan 5 penulis yang cukup berhasil menyatukan isi kepalanya menjadi 1 novel utuh. Diceritakan secara bergantian masing-masing tokoh, membuatku sebagai pembaca bisa lebih memahami dan mengenal masing-masing karakter tokoh. Bagaimana masa lalu membentuk mereka, dan akhirnya masalah demi masalah yang hadir mengikat mereka sedemikian rupa.

Yang pernah merasakan menjadi anak kos-kosan, pasti mengerti bagaimana rasanya tinggal dengan orang lain yang tentunya "berbeda" dengan kita. Bagaimana kita harus menyesuaikan diri satu sama lain, karena tentunya ada kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Dalam novel ini, juga mencoba meleburkan perbedaan karakter satu demi satu tokoh menjadi sebuah jalinan cerita yang menarik untuk dibaca.

Dari semua karakter, aku menyukai sosok Aline, wanita dewasa yang tangguh dengan segala masalah yang mendera. Bagaimana dia menyikapi perasaan salah satu anak kosannya, berusaha menjadi pemilik kos sekaligus teman curhat anak kosannya, padahal dia sendiri punya masalah yang tak kalah berat.

Memang terasa sekali perbedaan gaya menulis antar karakter yang satu dengan yang lain, namun aku memang tidak bisa menebak sama sekali, siapa yang menulis karakter Aline, Shaki, Zain, Dandi atau Tania. Walau memang, ada perbedaan mencolok dari segi gaya penulisan, aku cukup menikmati kisah ini.

Novel ini tidak hanya berbicara tentang cinta saja, juga arti keluarga, persahabatan dan juga menerima masa lalu.
Masa lalumu adalah milikmu.
Masa laluku adalah milikku.
Kita tidak bisa menjadi bagian dari masa lalu satu sama lain,
tetapi kita bisa menjadi bagian dari masa depan satu sama lain.
Biar makin penasaran, kamu juga bisa nonton video trailernya disini ya:


------------------GIVEAWAY TIME---------------

Aku punya 1 (satu) eksemplar gratis Yesterday in Bandung ney, caranya gampang banget loh:

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia. 

2.Follow akun twitter @Ariestanabirah dan @RizkyMirgawati kemudian share info GA ini dengan mention kami sertakan hastag #YesterdayinBandung 

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect), G+ atau email 

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu. 

Apa yang kamu bayangkan, jika mendengar kata "Bandung"?

5. Giveaway ini berlangsung selama 6 hari, dimulai sejak hari ini sampai tanggal 28 Februari 2016. Pengumuman paling lambat 3 hari setelah GA ini berakhir ya.

Semoga beruntung!!!!!!

******UPDATE******

Alhamdulilah, GA Yesterday in Bandung berakhir sudah. Gak nyangka bakal seantusias ini yang mengikuti GA ini maupun sekedar membaca reviewku. Tercatat GA Yesterday in Bandung telah diikuti oleh 44 peserta dan 2500an viewers hingga saat ini.

Saatnya memilih 1 pemenang yang beruntung dan komen semua yang masuk bagus-bagus, sampai bingung sendiri milihnya. Dan pemenang yang beruntung adalah:

Asep Dandan / @DandanAsep

Selamat buat pemenang, silahkan email data alamat lengkapmu plus no.hp yang bisa dihubungi ke emailku kikyavis@gmail.com ya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design