Kamis, 28 April 2016

[Book Review] Unperfect Marriage ---------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Unperfect Marriage
Penulis : Merry Maeta Sari
Penerbit : Elex Media
Tebal : 232 Halaman
Terbit : November 2015

Dylan: aku berharap kamulah yang menolak perjodohan ini. Tapi kamu menerimanya. Bahkan setelah menikah berkali-kali aku menyakitimu, tak menganggapmu. Tapi kamu tak peduli. Kenapa kamu tak meninggalkanku? Mencari kebahagiaanmu sendiri, kamu berhak untuk berbahagia, Nin...!

Nina: Sebab di dekatmulah aku merasa bahagia, Mas. Dengan atau tanpa kepedulianmu kepadaku. Bahkan sekalipun pada akhirnya setiap tarikan napasku hanya untuk menghirup luka, Tak apa. Sebab aku terlebih dulu memilihmu. Memilih untuk mencintaimu. Dan semuanya bertambah ketika pernikahan kita, aku hanya perlu taat padamu, dengan atau tanpa cintamu. 

-------------------
"Sakinah itu bukan label. Tapi ia adalah proses. Proses sepanjang pernikahan itu sendiri."
Nina adalah seorang mahasiswi tingkat akhir, sekaligus juga karyawan magang di salah satu SMP Swasta. Nina hanya tinggal bersama ayahnya, ibunya telah lama meninggal. Suatu hari, Nina dilamar oleh Tante Rahma, seseorang yang cukup lama dekat dengan keluarganya. Nina tidak menolaknya sama sekali, karena Nina tahu bahwa dia telah mengenal calon mertuanya. Yang tidak disangka-sangkanya adalah sosok calon suaminya. Calon suami yang ternyata, Dylan seseorang yang sudah lama dikaguminya dalam diam.
“Bahkan setelah menikah, berkali-kali aku menyakitimu, tak menganggapmu. Tapi kenapa kamu tak peduli? Kenapa kamu tak mengadukannya pada Mama atau orangtuamu? Kenapa kamu tak meninggalkanku? Mencari kebahagiaanmu sendiri, kamu berhak untuk berbahagia, Nin…!”
Nina dan Dylan pun akhirnya menikah. Namun, jangan bayangkan setelah menikah mereka akan menjalani pernikahan yang bahagia, sayangnya itu hanyalah sekedar angan-angan saja. Dylan bersikap dingin terhadap Nina. Bahkan Nina mendapatkan suaminya telah berselingkuh dengan Winda. Walau mengetahui suaminya berselingkuh, Nina diam saja dan tetap mengabdi seperti biasa. Namun, semua berbeda ketika Nino, adiknya secara tidak sengaja melihat Dylan dan Winda.
“Sebab didekatmulah aku merasa bahagia, Mas. Dengan atau tanpa kepedulianmu kepadaku. Bahkan sekalipun pada akhirnya setiap tarikan napasku hanya untuk menghirup luka. Tak apa. Sebab aku terlebih dulu memilihmu. Memilih untuk mencintaimu. Dan semuanya bertambah ketika pernikahan kita, aku hanya perlu taat kepadamu, dengan atau tanpa cintamu.”
Di lain sisi, ada sosok Andika, guru baru di sekolah Nina yang gencar mendekatinya. Andika tidak pernah tahu mengenai status pernikahan Nina dan Dylan. Andika mengira bahwa Nina masih single dan bisa didekati. Andika yang dulunya playboy, berubah menjadi pria yang lebih baik setelah mengenal Nina. Nina sama sekali tidak tahu bahwa Andika menyukainya, sebaliknya Rara sahabatnya dengan jelas bisa menebak perasaan Andika. 

Bagaimana akhir kisah pernikahan Dylan dan Nina? Bagaimana juga dengan Andika, Rara maupun Winda?

Ini bukan pertama kalinya aku membaca karya Merry Maeta Sari. Setelah membaca A Wedding After Story, aku cukup menikmati saat membaca Unperfect Marriage. Masih dalam label yang sama, Le Mariage kali ini penulis ingin mencoba mengisahkan kehidupan pernikahan Nina dan Dylan yang tidak sempurna. Perjodohan di antara keduanya, membuat mereka akhirnya terikat dalam sebuah ikatan pernikahan.

Awalnya pernikahan Dylan dan Nina hanya cinta sepihak saja. Nina sudah jatuh cinta terhadap Dylan sejak lama, sedangkan Dylan mencintai wanita lain. Klise sebenarnya, hadir juga Winda sebagai orang ketiga. Salut sekali dengan Nina, yang dengan sabar dan tabah menghadapi sosok suaminya yang begitu dingin, bahkan di depan matanya melihat Dylan berselingkuh. Pasti sakit rasanya, namun Nina memilih untuk tetap menjaga pernikahannya, berharap Dylan akan berubah. Bagi Nina, dia telah memilih Dylan dengan semua konsekuensi yang ada, termasuk disakiti lahir dan batin.

Jujur rasanya pengen marah bahkan teriak di kuping Dylan, kenapa sudah menyia-nyiakan istri yang ada di dekatnya. Sejak awal harusnya Dylan bisa menolak, bukannya malah menerima perjodohan mereka bahkan akhirnya menikah. Bagaimana pun pernikahan itu sakral dan sah. 

Kehadiran Andika dan Rara juga menjadikan kisah pernikahan Dylan dan Nina lebih berwarna. Andika yang tidak tahu mengenai status Nina yang telah menikah. Semua trik pedekatenya yang tidak pernah digubris oleh Nina. Nina juga begitu pandai menyimpan masalah pernikahannya, tidak begitu saja cerita ke sembarang orang, bahkan sahabatnya sendiri, Rara.

Awalnya aku pikir ini hanya tentang kisah Dylan dan Nina saja, bagaimana mereka menghadapi pernikahan mereka karena perjodohan mereka, hingga hadirnya orang ketiga, Winda. Namun, aku salah, penulis seakan tidak ingin memfokuskan kisah Dylan dan Nina saja, kita akan disuguhkan kisah Andika, Rara dan Winda yang membuat novel ini menjadi kompleks dan seakan tidak fokus. 

Di antara ke-5 tokoh yang ada, aku jatuh cinta dengan sosok Nina dan Andika, si playboy tengil. Sosok Nina yang begitu tulus mencintai dan menerima Dylan apa adanya. Juga sosok Andika, si playboy yang kelakuannya kadang-kadang bikin senyum-senyum sendiri, apalagi saat momen patah hatinya ketika tahu Nina telah menikah.

Overall, kalau kamu mencari sebuah kisah pernikahan dibalut religi, kamu bisa mencoba membaca novel ini. Semoga jatuh cinta dengan kisahnya....
"Hakikat pernikahan adalah menggenapkan yang belum genap dan menyempurnakan yang kurang sempurna."
----------GIVEAWAY TIME----------- 


Saatnya aku dan Mba Merry Maeta Sari mau berbagi 1 buku Unperfect Marriage untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget kok: 

1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia. 

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @Meta_Mine. Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #UnperfectMarriage ya 

3. Jawab pertanyaan di kolom komentar dengan format nama, akun twitter, domisili, link share dan jawabanmu:

"Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

4. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email 

5. Giveaway ini dimulai hari ini sampai tanggal 3 Mei 2016. 

Semoga beruntung!!!!!!

42 komentar:

  1. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Domisili : Cimahi, bandung
    Link Share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/725499305247707136
    Jawaban : Pengen banget baca buku ini karena Penasaran banget sama sosok Neng Nina itu gimana bisa dia chinchai sementara suaminya selingkuh dan cintanya bertepuk sebelah tangan, saat ini saya sebagai istri baca ringkasan yang mba Rizki tulis uda pengen banget nampol si Dylan kalau dia jadi suami (amit2 jgn sampe misua kayak si Dylan hehehe). Dan pengen tau hepi endingnya buat neng Nina kyk gimana, apa si dylan berubah atau gimana. Kayaknya seru banget endingnya secara ada Andika juga.

    BalasHapus
  2. Nama: Arfidiah fitri

    Akun Twitter: @arfidiahfitri

    Link share: https://mobile.twitter.com/arfidiahfitri/status/725524524834250752?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5786874310

    Dom: Malang

    Karna ingin tahu bagaimana akhir kisah Nina. Jujur aku seorang yg sangat suka membaca novel yg 'berbau' pernikahan, karna menurutku pernikahan itu sakral, Tuhan juga telah menjadi saksi atas bersatunya dua insan yg telah ditakdirkan terikat.
    Aku suka mengetahui jalannya cerita pernikahan yg kadang baik ,kadang tidak, tp di cerita Nina ini aku seakan dapat melihat bahwa dr awal cuma Nina yg berjuang untuk pernikahan dan cintanya, menurutku itu sangat sangat sakit. Jauh dr kata bahagia dlm pernikahan seperti yg diimpikan semua wanita, Setia disaat satu pihak tdk ingin berjuang bersama. Dan ketika aku tahu akan hadir tokoh, Andika aku sangat seneng, aku berpikir bahwa inilah jalan keluar untuk Nina.
    Biasanya dlm cerita pernikahan yg aku baca ,aku hanya ingin tokoh sprt andika hanya ada untuk membuat cemburu si suami, tp disini aku seperti memiliki pandangan lain ketika ku tahu Nina menderita dgn cintanya,aku sangat ingin Andika yg akan membalut luka Nina. Bukankah judulnya Unperfect Marriage? semua bisa terjadi dlm pernikahan yg tdk sempurna. Aku berandai andai endingnya sprt yg aku pikirkan. Karna lbh dr apapun seorang wanita ,menurutku akan sangat baik, apabila kitalah yg dicintai bukan kita yg mencintai walaupun di saat kita mencintainya,anggaplah itu sbg bonus, timbal balik dr cintanya untuk kita.:))

    Miris aku baca review cerita Nina, jd pengen ada disana, meluk Nina,nyadarin Nina bahwa lukanya bisa diobatin dengan ngelepasin cintanya.
    Cinta satu pihak dimana hanya Nina yg berjuang,sekalipun dlm diam. :( good job buat mbk meta yg mungkin udah ngebuat ceritanya buat dilihat dr banyak sudut pandang..:)

    BalasHapus
  3. Nama: Diah P
    Alamat: Bekasi
    Twitter: @She_Spica
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/725533915104960512

    Apa alasan ingin buku ini?
    Bagi saya yg belum menikah, buku tntg pernikahan apapun menarik prhatian saya dan bagi saya wajib untuk dilahap sbgai bahan pembelajaran sblum menuju pelaminan.
    Ad banyk tipe prnikahan yg trjadi zaman skrg. Krna pacaran lah, ta'arufan, smpai perjodohan. Buku Unperfect Marriage ini menawarkan sebuah prnikahan yg dilandasi perjodohan yg syang untuk dilewatkan karena sya ingin melihat, membaca, menggambarkan dan yg pasti mempelajari salah satu perjlanan hidup pasangan pasutri yg menikah krna prjodohan krna mngkin saja hal yg dialami Dylan dan Nina trjadi jg d kehidupan nyata dan sbgai orng yg blum menikah saya wajib mengantisipasi kemnungkinan2 trsebut agar saya bisa lebih yakin dan mantap lagi ketika ingin mengambil keputusan untuk menikah nnti. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Ten | @ten_alten | Yogyakarta
    https://twitter.com/ten_alten/status/725548451669274624

    "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"
    >> soalnya pas baca review, langsung suka sama karakter Andika, jadi pengen baca sampai kelar, ahaha :3 *dilempar bata*

    soalnya, masalah perjodohan, pernikahan, dan perselingkuhan itu pada dasarnya ada di kehidupan kita, bahkan sudah nggak asing lagi di lingkungan kita tinggal.. suka aja baca yang kayak gini, kemudian tanpa sadar 'tengok kiri dan kanan', hehe

    BalasHapus
  5. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta - Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/725540936453754880?p=v

    "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

    Aku belum penah baca novel karya ka Meta, ditambah ini tentang pernikahan. Aku suka sekali novel berbau Le Marriage yang ga pernah ada habisnya buat diulik. Baca judulnya udah bikin aku ngebayangin gimana jalannya pernikahan yang pastinya berbeda dengan pernikahan pada umumnya.

    Jujur banget, aku penasaran sekali dengan jalan ceritanya. Mau dibawa kemana pernikahan Nina dan Dylan ini pada akhirnya. Bagaimana reaksi keluarga besar mereka setelah tahu tingkah Dylan setelah menikah, dan juga ketegaran Nina. Bagaimana dengan Dylan, apa akhirnya dia berubah. Juga ditambah ceritanya yang sangat kompleks, tidak hanya fokus pada dua tokoh utamanya saja.

    Ah aku jadi makin benar-benar penasaran >_<

    BalasHapus
  6. | Gita Nurladikasari|@oneonlygzb | Batam | https://twitter.com/oneonlygzb/status/725588994084335616 |

    Aku suka novel berbau pernikahan, meskipun cerita fiksi pasti ada yang bisa di petik didalamnya. Baru baca reviewnya udah greget duluan aku-nya, jadi penasaran gimana jalan cerita-nya. Bagaimana Dylan meruntuhkan dindingnya dan mulai mencintai Nina. Kalau menurut aku sih mending Nina smaa Andika aja udah gak perlu makan hati, hehhe. Eh, tapi udah terikat pernikahan. Aku belum baca loh ceritanya tapi udah baper duluan. Bagaimana Nina bisa sekuat dengan segala rasa sakit yang ia tahan apalagi dia pendam sendiri, dan itu tak mudah.
    Dan oh, aku juga suka jalan cerita yang complicated story. Permasalahan yang dari banyak sisi, membuat kita berpikir keras, bingung, dan rasa campur aduk.

    BalasHapus
  7. Nama : Salwa Balfas
    Twitter : @Safaira01
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Link share : Lihat Tweet @Safaira01: https://twitter.com/Safaira01/status/725620354434011136?s=09

    - "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

    》1. Karena ini label Le Mariage, aku suka dengan kisah-kisah seputar pernikahan, ada rasa tersendiri saat membaca kisah tentang pernikahan. Apalagi berbalut religi. Aku juga pernah membaca novel label Le Mariage yang berbalut religi dan aku sangat suka. ♡

    2. Karena abis baca reviewnya kak rizky aku penasaran tentang kehidupan para tokohnya, tentang Nina yang diam-diam memang mengagumi Dylan sejak lama, tentang Dylan yang tetap bersikap dingin pada Nina juga selingkuh dengan Winda tapi Nina tetap tegar, setia dan tulus. Tak luput tentang Andika juga Rara. Aku penasaran bagaimana Nina bisa menyimpan dengan rapat status pernikahannya, terutama dari Rara sahabatnya sendiri. Aku juga ingin tahu dan ikut serta pada bagian momen patah hatinya Andika ketika tahu Nina sudah menikah. Kira-kira gimana ya playboy pas patah hati? Biasanya kan dia yang suka bikin patah hati orang. Hehee xD

    3. Aku belum pernah baca bukunya kak meta, aku penasaran bagaimana gaya bercerita kak meta yang sudah memikat para pembaca lain. Termasuk aku, yang baca reviewnya aja udah terpikat.

    4. Aku penasaran dengan keseluruhan isi novel ini, bagaimana ending kehidupan para tokohnya? dan yang pasti penasaran dengan hubungan Nina dan Dylan apakah akan ber-ending manis dan romantis seperti covernya?

    Bismillah, semoga aku beruntung. Aamiin. :D makasih GA nya kak.

    BalasHapus
  8. Nama : Markhamah
    Twitter : @ivedvedi
    Domisili : Kediri
    Link Share : https://twitter.com/ivedvedi/status/725839743955570688

    Jawaban : "Unperfect Marriage" karya Merry Maeta Sari. Mengenai gaya kepenulisan nya pula, saya tertarik ingin membaca karyanya. Disamping sebagai bahan bacaan, saya juga ingin mempelajari bagaimana awal kisah ini dibuka. Sekilas tadi, memang sudah diterangkan bahwasanya.nina ini menikah dengan Dylan. Lantas, yg menjadii ketidak sempurnaan hubungan rumah tangga mereka disebabkan oleh apa? Kemenarikan nya.dari sisi ini. Disamping itu, novel ini begitu lucu cover nya. Jujur, ini begitu mengensankan. Untuk itu, saya ingin mengetahui proses penceritaan nya sampai tuntas. Dengan begitu, saya jadi tahu, oh.. ternyata begini toh. Gaya kepenulisan dari seorang Merry. Pasalnya setiap penulis memiliki ciri khas nya masing-masing.
    Saya terkesan dengan kak Merry, judul nya saja "Unperfect Marriage" nah. kira-kira penulis nya sendiri mendapatkan ide cerita.dari mana pula? Apa yang mendasari nya untuk menulis novel.tersebut.
    Saya pula ingin menangkap pesan moral pada novel itu, lantas apa amanat yang hendak disampaikan kak Merry melalui novel nya "Unperfect Marriage"

    BalasHapus
  9. Arie Pradianita | @APradianita | Sukabumi

    https://twitter.com/APradianita/status/725983535606075392

    Yang baca ini, kalo udah nikah bisa peluk pasangan, yang LDR-an bisa peluk guling, yang single bisa pengen taaruf. TAARUF!! X)) #CulikAndika #SeretKePenghulu #NikahinDedekBang #TaarufAmaAkuDonkKakak

    Yup, dibandingkan tokoh Dylan si cowok kulkas itu, saya malah kepincut Andika si guru olahraga ini. Coba ya di kampus ada dosen unyu macam ini, sayangnya di kampus nggak ada dosen single, bapak-bapak semua x)) #Nasib oya, saya juga lebih menyukai tokoh Rara, karena Rara ini mirip saya banget; labil-labil gimana gitu. Nina di buku ini mirip seorang teman. Bedanya, kalo Nina yang udah nikah ditaksir ama seorang cowok, kalo teman saya ini bentar lagi janur kuning mau melengkung malah ada cowok yang naksir. Si cowok ini ngebet banget dan justru merepotkan saya sebagai teman dekatnya, nanya-nanya mulu padahal jelas-jelas teman saya ini udah mau nikah. Bedanya nasib akhir saya nggak kayak Rara. Saya ngarep ama temennya si cowok, tapi temannya si cowok nggak peka-peka macam Dylan x)) #IniKenapaMalahCurhat. Ngarep saya-nya bisa membuat cerita dari sisi Andika dan Rara 😉 #NodongSekuel

    BalasHapus
  10. Nama : Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Domisili : Kediri, Jawa Timur.
    Link share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/726081945579327488?p=v
    Pertanyaan : "Mengapa kamu ingin membaca novel ini?"
    Jawabanmu: Karena novelnya bergenre Romance, Marriage yang bikin baper ngebacanya. Sekaligus mengambil tema pernikahan yang dilandasi cinta bertepuk sebelah tangan, wah..wah..aku makin penasaran sama cinta sebelah pihak ini. Semoga berhasil dapat bukunya, sehingga bisa ngobatin rasa kepo ku.

    BalasHapus
  11. nama : Dhita Ayu Pramesti
    twitter : @dditayp
    domisili : Cimahi
    link share : https://twitter.com/dditayp/status/726178378135412736

    Kenapa kamu ingin membaca novel ini?

    sederhana aja, saya ingin nikah. *18 tahun aja belum*

    dari 5 tahun yang lalu saya addict banget sama yg cerita yang mengusung tema marriage life. Memang euforia ketika membaca hal yg sama berulang kali membuat saya bosan, tapi seringkali banyak penulis yang mengusung tema ini dan berhasil membuat saya terdiam karena ceritanya ada yang "berbeda", semoga saja hal ini saya temukan pada novel ini. Penghayal yang emang suka ngebayangin verita seputar marriage life pas banget buat diaduk perasaannya sama alur cerita kehidupan pernikahan yg suka godok hati, bikin kembang kempis paru-paru. saya rasa novel ini bekal ngebuat saya gregetan

    BalasHapus
  12. Nama : Lintang Irnawati
    Twitter : @Lintang_Ns
    Domisili : Sukabumi
    Link Share : https://twitter.com/Lintang_Ns/status/726202741253529600

    Kenapa kamu ingin membaca novel ini?

    1. Penasaran .
    Walaupun ini adalah alasan paling mainstream seantero giveaway, ini adalah alasan terkuat kenapa aku pengen membaca novel ini. Sinopsis Mbak Rizky dipenggal pas ketika aku ingin terus membaca ceritanya. Huft, bagaimana aku tidak penasaran, Hehehe

    2. Covernya bikin gak nahan . wkwkwk
    Cover yang menggunakan brush (kuas) paling kusukai. Sangat artistik,indah, dan menawan. Suka mupeng kalau ngelihat cover novel se kece ini. Setelah baca review ini, terus ngeihat covernya lagi. Jadi kelihatan jelas alur ceritanya. Lihat dari kaki mereka, yang lelaki hanya diam sedangkan yang wanita perlahan mendekat. Arrrgh, pengen novel ini pokoknya ...

    3. Le Marriage
    Baru beberapa minggu lalu, beli label Le Marriage dar penulis lain. Itu pertama kali punya novel label Le Marriage, suka banget tema yang diangkat. Pernikahan dan Perjodohan . Jadi pengen nambah novel Le Marriage. Untungnya da giveaway di blog kece Mbak Rizky :)

    Oleh karena alasan-alasan diatas, aku tidak ingin menjadi manusia yang gentayangan karena penasaran sama cerita Dylan dan Nina. Hehehe . Semoga Mbak Rizky dapat menyisakan satu Unperfect Marriage untukku. Aamiin

    BalasHapus
  13. Nama: Fitriscia Jacilia
    Twitter: @jacilpo
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/jacilpo/status/726248469111824386

    Kenapa pengen baca buku ini adalah karena lagi2 mengangkat tema pernikahan! Aku lagi addict banget sama tema yang satu ini. Karena dari beberapa buku ang mengangkat tema yang sama ini aku ga cuma mendapatkan sebuah cerita yang bagus, tapi aku juga seperti mendapat pengalaman yang baru. Pengalaman di dalam dunia pernikahan. Apa saja sih yang bisa terjadi antara suami-istri, alasan kenapa bisa ada perceraian, alasan kenapa bisa ada yang saling mencintai, dll. Aku juga banyak belajar dari setiap tokohnya. Terutama dari para karakter sang istri. Begitupun dengan novel ini. Nina yang dengan sabar menghadapi suaminya dan ingin menjaga pernikahannya. Salut dengan pemikiran Nina, dan betul sekali apa yang ingin dilakukannya. Pernikahan itu cukup satu kali aja dalam hidup. Jika sudah memilih ya harua menanggung kosekuensinya. Dan Nina mau, dan Nina ingin menjaga pernikahannya. Penasaran dengan kisah suami-istri ini. Karena ga banyak juga yang malah milih cerai dan bukan mempertahankan pernikahannya. Dan kisah Nina ini patut aku baca, karena Nina memberikan contoh seorang istri yang baik untuk para pembaca.

    BalasHapus
  14. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/726297010102517760

    Sebelumnya mau ngucapin selamat dulu nih buat kak Meta karena udah cetak ulang. Setiap pernikahan memang tidak pernah ada yang sempurna, tapi dalam pernikahan hendaknya pasangan saling melengkapi dan menyeimbangkan agar pernikahan yang diinginkan dapat terwujud. Aku punya beberapa koleksi Le Mariage, kisahnya nggak jauh-jauh dari kehidupan pernikahan yang sering terjadi. Bahkan aku sering ngerasa 'tertohok' seolah sedang mendengarkan curhatan langsung dari si tokoh dan ikut merasakan apa yang mereka lakukan.
    Pengin banget tau cerita perjodohan tak sesuai harapan ini. Gimana ya Dylan menyadari ketulusan Nina? trus gimana reaksi Andika setelah tau kalau Nina udah menikah? Apakah Nina pada akhirnya akan menyerah? Uhmm, penasaran dengan pernikahan mereka yang complicated! Sosok Nina ini jadi panutan banget. Ketika udah mengambil keputusan, kita harus konsekuensi dengan segala plus minusnya. Kalau aku seperti Nina, bisa nggak ya tetap tulus, setia dan tegar begitu? :')

    BalasHapus
  15. Nama: Dewi ayu ningsih.
    Twitter: @DewiiaeyuN
    Domisili: Riau.
    Link Share:
    https://mobile.twitter.com/DewiiaeyuN/status/726313295536246785

    Karna saya suka banget sama semua karya tulisan mba meta.
    Mba meta itu salah satu penulis paporitt saya dari dunia oranye. Semua tulisannya saya suka karna hampir semua tulisannya selalu pakai unsur pernikahan + keagamaan , dan Gaya tulisan yg sangat mudah untu disukai pembaca:-D .
    Dan buku 'Unperfect Marriage' ini juga mengenai pernikahan lagi(?) dari mba meta, dan itu bukannya memadamkan api penasaran saya akan ceritanya. Apalagi ini konfliknya lebih pedas , Woaa semoga saya bisa mencicipi cerita dari Nina& Dylan yaaa: D.

    BalasHapus
  16. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/726316141816090626

    Aku suka banget novel yg menceritakan tentang tema pernikahan. Ntah kenapa *bingung sendiri*.

    Karena novel yg mengangkat tema pernikahan menurut saya banyak memberi pelajaran tentang kehidupan yg sebenarnya di dalam sebuah pernikahan., walaupun saya belum menikah, saya bisa mengambil hikmah dan pelajaran serta makna positifnya dr sebuah novel (dr kisah nina Dylan).

    Apalagi dengan sosok nina yg tegar dan sangat2 luar biasa penyabar menghadapi sikap suaminya *rasanya pengin di cincang2 halus tu si suaminya*, ntah bagaimana rasanya kl saya sendiri ada di posisinya nina, nggak kebayang.

    Ntah kenapa juga, membaca reviewnya membuat saya sangat tertarik, banyak pesan2 yg di sampaikan oleh penulis melalui kisah di dalam novel ini. Dan membuat saya penasaran bagaimana cara penulis membuat dan menulis cerita yg sangat menguras emosi seperti novel ini, apalagi dgn sosok Dylan yg tegaan dan nina yg penyabarnya luar biasa.

    Sekian alasan kenapa saya ingin membaca novel ini.

    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  17. nama: famia
    twitter; @amifamia
    link share: https://mobile.twitter.com/amifamia/status/726365843878092801?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2364431810
    domisli: bangkalan, madura

    jawaban:
    karena aku dari dulu udah penasaran sejak liat ada di wattpad, tapi gak sempet baca karena udah di hapus. apalagi buku ini waktu ada di wattpad banyak yang rekomendasiin, jadi pas aku mau baca buku ini, ternyata udah dihapus dan mau dicetak, makanya aku pengen BGT ama buku ini.

    BalasHapus
  18. Kurnia Dwi Pertiwi
    @KDP264
    Bekasi, jawa barat
    https://mobile.twitter.com/KDP264/status/726372182973009920

    Di wattpad genre pernikahan menjadi trend. Karena jujur aja feelnya lebih dapet ketimbang cerita anak ABG. Bisa bikin aliran sungai di pipi. Bisa bikin aku ketawa sendiri. Entah bagaimana penulisnya ini bisa bikin pembaca terbawa suasana. Aku selalu salut sama penulis yang bisa bikin pembaca kebawah suasana. Aku pengen punya buku ini, karena emang belum punya novel genre pernikahan dalam versi cetak *biasanya baca di wattpad* dari review-nya aku langsung baper. Ngebayangin gimana kalau jadi nina :D terus apa aku bisa kaya nina yang sabar banget. Mungkin aku udah mencak-mencak teriak di telinga dilan 'aku nggak bisa giniin, aku hanya perempuan biasa yang punya cinta, aku emang nggak secantik winda, tapi tapi.. aku bisa jadi istri yang taat sama kamu. Suatu saat kamu akan sadar cinta mana yang lebih kuat, AKU ATAU WINDI?" Sambil teriak di depan mukanya. Biarin dah bau jigong yang penting gue plong. Hahaha..
    Si penulis sabar banget yah bikin cerita kaya gini, yang baca aja udah gregetan jadi pengen kenalan sama bukunya. Semoga....

    BalasHapus
  19. Nama: Maria Elsa
    Twitter : @xoxoelsa
    Domisili: Bekasi
    Link Share: https://twitter.com/xoxoelsa/status/726363531356950530

    Aku suka baca Novel atau fanfiction yg bergenre Married Life ( padahal aku sendiri belum nikah xD ) Terlebih setelah baca sinopsis dan Reviewnya ini aku makin penasaran gimana kelanjutannya apalagi pengen tau gimana sabarnya nina menjalani kehidupan baru yg harusnya bahagia tapi dia malah merasakan pedih. Aku aja yg baru baca Sinopsis & Reviewnya ngerasain nyesek bgt T_T Semoga Novel ini berjodoh dengan akuuuu dan aku bisa ambil makna dalam cerita ini >_<

    Wish Me Luck :)

    BalasHapus
  20. Novi Andriyani30/04/16 19.00

    Nama: Novi Andriyani
    Twitter: @nvandryn
    Link Share: https://twitter.com/nvandryn/status/726376830760939526
    Domisili: Bandung
    Jawaban:

    Aduh baru baca Reviewnya aja udah baper nih kak, beneran loh. Dan quotesnya nyentuh banget. Judulnya pas juga pula.

    Nina ini wanita yang kuat, suka banget sama katakternya. Salut sama Nina yang masih tetep kuat walaupun suaminya bersikap dingin dan bahkan berselingkuh tapi Nina masih tetep menjalankan kewajibanya sebagai seorang istri yang katanya "hanya perlu taat padamu, dengan atau tanpa cintamu."

    Aku pengen mengenal sosok Nina lebih jauh di novel ini, pengen belajar dari Nina, gimana sih biar bisa tetep kuat dan sabar walaupun disakiti terus? :"")

    BalasHapus
  21. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Domisili: Kota Bengkulu
    Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/726462813422522368

    "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

    Entahlah, belakangan ini kalo liat judul novel yang ada embel-embel "Marriage"-nya pasti geli-geli pengen baca. Apa karena usia udah dua puluh tiga? Hahaha masih mudah padahal, ya? Tapi, nggak apa-apa dong sudah mikirin nikah-nikahan, itung-itung nyiapin masa depan. Jadi, pengen jadiin novel ini sebagai salah satu pembelajaran untuk kehidupan "Marriage"-ku nanti *aww aww >.<

    BalasHapus
  22. Khoyul
    @Jkhoyul
    Blitar Jatim
    https://twitter.com/JKhoyul/status/726633123425869824

    Akhir-akhir ini aku banyak membaca buku tentang pernikahan. Untuk seseorang yang sering dapat pertanyaan "kapan kawin?" seperti aku, buku seperti ini banyak bermanfaat. Untuk ujian kalau sudah beneran nikah nanti. Karena selalu ada hal yang bisa diambil dari sebuah cerita. Untuk mengalihkan kegondokanku dari pertanyaan "kapan kawin?" tadi juga.

    BalasHapus
  23. Nama: Farikhatun Nisa'
    Twitter: @littlepaper93
    Domisili: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Littlepaper93/status/726571676779974656?p=v

    Jawaban: Aku pengin baca novel ini sudah dari bulan Maret. Karena aku sudah mulai tertarik saat membaca sinopsisnya. Aku penasaran dengan tokoh Nina yang digambarkan begitu mencintai Dylan, meski lebih sering disakiti. Apalagi setelah membaca review-an Kak Rizky kalau ada tokoh-tokoh lain yang menarik. Aku jadi semakin ingin membaca novel ini. Dan, aku penasaran dengan karakter Kak Meta dalam bercerita. :)

    BalasHapus
  24. Nama : Heni Susanti
    Akun : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link Share : https://twitter.com/hensus91/status/726628503114780672

    Alasan kenapa aku ingin membaca novel ini?

    Pertama, tema pernikahan karena perjodohan sudah banyak diangkat dalam sebuah novel, terutama yang asal usulnya dari Wattpad, tapi tetap saja aku selalu suka menikmati proses perkenalan dua orang dalam keadaan sudah halal. Rasanya lebih indah. Begitupun dengan Dylan dan Nina. Penasaran bagaimana kehidupan pernikahan mereka.
    Kedua, dengan kesalahan fatal yang sudah dilakukan Dylan aku tidak bisa memahami bagaimana dia bisa tutup mata dan menerima itu. Karena itu aku mau membaca buku ini agar bisa memahami jalan pikiran Nina. Karena seandainya aku (amit-amit) pasti bakalan marah, kecewa dan sakit hati berkelanjutan tuh. Tapi Nina kok bisa seikhlas itu sih? Gak paham deh.
    Ketiga, aku penasaran sama Andika. Playboy yang jadi guru itu....hhhmmm, baru kan ya? Aku selalu suka sama penggambaran playboy tengil yang insyaf setelah jatuh cinta sama gadis baik-baik.
    Keempat, dulu belum sempat baca di Wattpad jadi merasa ini kesempatan emas untuk mengenal Dylan, Nina, Andika dan juga Rara. :)

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  25. nama : Eny
    akun twitter : @Enythxz
    domisili : jogja
    link share : https://mobile.twitter.com/Enythxz/status/726721661773303812?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7126453592

    Aku pencinta novel romance, duh bukunya bikin ngiler. Haus bacaan. Penasaran banget kan Nina dijodohin Dylan seseorang yang sudah lama dikaguminya dalam diam. jiah, kalo aku jadi Nina pasti seneng banget hehe .Aku yakin Nina bakal mati-matian menjaga hubungannya sama Dylan dan menganggap Andika cuma teman biasa yang gak mungkin bisa memiliki hubungan dg Nina. Andika mungkin kecewa bahwa wanita yang diidamkan ternyata sudah menikah. Saya pernah baca buku romance gtu seorang suami istri tapi suaminya selingkuh, dan akhirnya mereka bercerai. Si mantan suami akhirnya menikah dg yang lain dan selingkuh lagi. Memang seorang pria yang pernah selingkuh memiliki kecenderungan akan selingkuh dalam hubungan. Kenapa saya penasaran? jelas apakah Dylan akan berubah atau bahkan penyakit selingkuhnya yang membuat hubungan mereka hancur, apakah Nina akan tegar? sesabar-sabarnya wanita pasti ada batasannya bukan?

    BalasHapus
  26. nama: Ella Kurnia Oktaverina

    akun twitter: @ellaverina_

    domisili: Bangkalan, Madura

    link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/726739381730471936

    jawaban:

    Saya ingin kembaca novel ini karena sekarang saya sedang dalam mood untuk membaca fiksi bertema pernikahan yang dibumbui dengan aroma relijius di dalamnya. Kalau dilihat dari ulasan singkat Mbak Rizky di atas, saya pikir secara garis besar novel ini punya tema yang klise di mana ada sepasang suami istri yang berada dalam pernikahan yang tak sempurna lantas ada orang ketiga di antara mereka berdua. Tapi, saya harap novel ini tidak sebegitu mudah ditebak dari hipotesa saya.

    Oh iya, saya juga sedang berminat dengan melodrama dalam kisah pernikahan dan semoga novel ini sesuai ekspektasi saya bisa membuat saya tenggelam dalam lautan kesedihan :""""")))

    BalasHapus
  27. Tri
    @tewtri
    Ciamis
    https://mobile.twitter.com/tewtri/status/726741446150123524

    Sebenarnya ketika saya mencintai sesuatu saya tidak punya alasan buat hal itu. Saya cinta buku begitu saja. Cuma yah kalau ditanya kenapa ingin baca? Selain karena memang cinta karena buku ini menceritakan soal cinta juga. Pernikahan dengan cinta sepihak. Bagaimana pun juga namanya cinta bertepuk sebelah tangan pasti nyelekit sih, saya paham konsekuensi ketika baca mungkin saya bakal nangis. Tapi, sudah begitu lama dari terakhir kali saya meneteskan air mata gara-gara novel. Kangen bacaan yang mengaduk emosi. Berdasarkan review-nya mbak sepertinya buku ini berpotensi buat bikin nangis. Alasan yang aneh memang, ingin menangis karena buku tapi yah saya kerap menikmatinya sih 😁

    BalasHapus
  28. Nama: Agnes Budianto
    Akun twitter: @agnesb0702
    Domisili: Jakarta Barat
    Link share: https://twitter.com/agnesb0702/status/726782353188622336
    Jawaban:
    Aku pengen banget baca buku ini karena sekarang lagi susah carinya di toko buku offline. Kurang suka toko buku online karena gak bisa tambahin poin di KGVC #promo. Selain itu, aku juga suka dengan karya Kak Maeta yang sering ditambah-tambahin komedi, jadi gak sebatas romansa aja. Aku juga ingin mengoleksi buku-buku karya seorang Merry Maeta Sari, apalagi yang lininya Le Mariage. Selain itu, melihat review Kak Iky yang menceritakan 'Unperfect Marriage' bikin penasaran sama endingnya. Mau lihat juga bagaimana Kak Maeta mencampuradukkan 'perselingkuhan' dengan komedi yang biasanya menjadi "trademark" Kak Maeta. Lalu, aku juga lebih suka cerita yang mendalami unsur pernikahan dan menunjukkan bahwa pernikahan bukan sekedar permainan. Hehehe..

    BalasHapus
  29. Nama:Arien Prakasari
    Twitter:@Arrinn_Kka
    Domisili:Mojokerto
    LinkShare: https://twitter.com/Arrinn_Kka/status/726939243277250561

    Aku pengen baca buku ini karena aku ingin tau apa alasan sebenarnya seorang Nina dapat bertahan disamping Dylan yang selalu menyakitinya, karena cintakah? Juga apa alasan Dylan tidak menerima Nina dan lebih memilih wanita lain, apa karena dijodohkan dan tidak berani menolak? Selebihnya pengen banget tau endingnya gara-gara baca review kak Rizky diatas :)

    BalasHapus
  30. Nama : Ratnani Latifah
    Domisili : Jepara
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/726983137394225157

    "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

    Karena penasaran dengan eksekusi cerita ini pada akhrinya. Dan alasan di balik Dylan yang tak menolak pernikahan dengan Nina padahal dia tak ingin menikah. Kenapa dia harus menodai ikatan sakral dengan perselingkuhan? Dan kenapa dia tak mencoba menceraikan Nina? Banyak kenapa. Intinya aku memang sangat penasaran dengan buku ini. Ada apa sih di balik kisah mereka juga dengan hadirnya tokoh-tokoh lain yang juga menimbulkan banyak tanya.

    BalasHapus
  31. Nama: Sani Irliza
    Akun Twitter: @dewi_irliza
    Domisili: Cimahi
    Link share: https://twitter.com/dewi_irliza/status/727045863348924416?s=09

    Jawaban: Karna setelah membaca review kakak diatas, aku sungguh penasaran dengan Nina. Karna mungkin sikap Nina ini bisa menjadi pelajaran bagiku buat dimasa depan nanti ketika menjalani pernikahan. Yang jelas aku penasaran apakah sikap Nina yang seperti itu, sekali dia memilih akan siap menerima segala konsekuensi dari pilihannya *yang ini mirip aku* itu apakah dapat mengubah perilaku dan rasa yang Dylan punya untuk Nina? Dan seperti apa perubahannya? Hal apa yang akhirnya menyadarkannya bahwa selama ini dia telah menyia-nyiakan istri yang telah dimilikinya itu? Bagaimana pula nasib Andika, Rara, dan juga Winda? Seperti apa sih kelakuan Andika yang kata kakak bikin senyum-senyum sendiri. Seperti apa sih sebenernya Rara itu? Seperti apa sih si Winda itu? Cocokkah ia dikatakan sebagai perusak rumah tangga *bukan hubungan lagi* orang? Ah. Itu kan hanya judge orang pada awalnya saja bukan? Kita tak akan pernah tahu yang sebenarnya sebelum membaca cerita ini hingga tuntas. Karna itulah aku sangat berharap mendapatkan novel yang satu ini.

    BalasHapus
  32. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/727054554898952193

    "Kenapa kamu ingin membaca novel ini?"

    Duh, baca reviewnya udah nyesek banget tapi penasaran.
    Geregetan sama Nina yg nrimo aja tapi juga salut karena bisa begitu sabar dan setia meski berkali-kali disakiti.
    Gondok dan -sama kayak Mba Ky- pengen nonjok Dylan yg batu banget dan nggak punya perasaan plus pengecut krn nggak nolak perjodohan dari awal padahal cinta sama perempuan lain!!
    Lalu kepo sama aksi playboy tobat Andika yg pedekate sama Nina tapi akhirnya patah hati wkwkwkkk.

    Kisah tentang pernikahan memang selalu menarik dengan segala suka-dukanya, apalagi pernikahan karena perjodohan yg biasanya mengandung unsur cinta sepihak, menyesakkan sih... tapi akan ada banyak pelajaran yg bisa diambil dari kisahnya.
    Jadi mau banget baca novel ini untuk nambah bekal persiapan diri jika nanti menghadapi pernikahan :D

    BalasHapus
  33. Putri Prama A.
    @putripramaa
    Probolinggo
    https://twitter.com/PutriPramaa/status/727117737282011136
    Saya ingin membaca novel ini karena saya ingin merasakan bagaimana rasanya diselingkuhi melalui Nina (saya tidak ingin merasakannya sendiri). Saya ingin membca novel ini karena saya pengin gebukin Dylan, saya ingin merasakan feelnya yang menyebalkan. Dari review Mbak Kiky aja saya udah sebel sama Dylan.
    Yang terpenting, saya ingin membaca novel ini karena saya ingin belajar tentang kesetiaan pada Nina. Kak Nina, tolong suntikkan kesabaran ke diriku yang sering mengeluh ini.
    Terima kasih untuk giveawaynya. Terima kasih....

    BalasHapus
  34. Nama : Sifa Fauziah
    Twitter : @sifazn
    Domisili : Yogyakarta
    Link Share : https://twitter.com/sifazn/status/727157348205137920

    "Kenapa Pengen Baca Novel ini?"

    Sebenarnya ini alasan klise sih, kebetulan saya memang penggemar cerita roman, tapi novel mbak Merry ini saya rasa akan menjadi 'genre' baru dari kebanyakan cerita roman yang pernah saya baca (karena sepertinya memasukkan unsur religius) hehe ini cuman tebakan. Setelah membaca sinopsis dan spoiler beberapa cerita sebelumnya di wattpad, saya yakin novel ini juga akan diceritakan dengan cara yang apik dan unik olehnya, terlepas dari ide pokok tentang pernikahan dan perselingkuhan yang mungkin terkesan mainstream, tapi saya rasa penulis punya gaya tulisan sendiri yang bisa membawa cerita dengan cara yang antimainstream.

    Selain itu saya juga penasaran dengan tingkah Dylan dan Winda yang bisa bikin Nina sakit hati abis itu seperti apasih? apa iya Nina bisa kebal banget sama Dylan? terus Dylan itu so sweet apa dingin yang bikin makan ati gitu ya? soalnya biasanya cewek kan mau bertahan kalau cowoknya pernah -sedikit- baik atau paling tidak sopan ke dia hehe. Udah gitu karena diatas udah disebutin Andhika patah hati karena Nina, saya juga mau tahu bagaimana cara Andhika tahu status Nina, padahalkan dia sendiri merahasiakan status sosialnya termasuk pada sahabatnya sendiri, gimana juga tingkah playboy kalau sedang patah hati? dan, apa Dylan tahu kalau Andhika mengincar Nina? jeles nggak tuh die kalau udah ada yang mau rebut istrinya? :D

    Intinya sinopsis novel ini membuat saya bertanya-tanya dan menebak, karena keinginan membaca itu berawal dari rasa penasaran dan keingintahuan terhadap kelanjutan cerita, itu yang membuat saya ingin membaca dan memiliki novel ini. Dan well, semoga saya cukup beruntung. :)

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama : Andreazs Yuza
    Twitter : @veaterasz
    Domisili : Depok
    Link Share : https://twitter.com/veatearsz/status/727235657974734848

    Jawaban :

    Karena saya penasaran bagaimana sikap Nina digambarkan oleh penulis ketika menghadapi tindakan suaminya Dylan, bagaimana pula sikap Nina saat menanggapi Andhika, walau sudah sedikit tergambar dari reviewnya dan bagaimana pula ending dari kisah Nina ini akan dibawakan oleh penulis. Saya pengen tahu, hikmah apa yang ada dibalik cerita ini yang ingin disampaikan oleh mbak Merry, apalagi tema yang diusung adalah pernikahan.

    Jujur, saya belum pernah membaca karya mbak Merry, dan saya tertarik mengenal gaya tulisannya.

    BalasHapus
  37. Nama : Nova Indah Putri
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/727362606789328897

    Saya sudah pernah membaca karya mbak Metta yang Cinta rasa Mie Instan dan saya suka dengan bagaimana mbak Metta menulis ceritanya. Ringan, mudah dimengerti dan banyak pelajaran didalamnya terutama bagi wanita. Nah, saya melihat hal itu juga pada review novel nya yang ini. Sepertinya akan ada pelajaran baru seputar dunia pernikahan yang bisa saya peroleh dari novel ini. Memang dari reviewnya saya sudah dibuat kesal dengan karakter utamanya. Kok ya masih ada perempuan seperti Nina ini dijaman sekarang? Tapi itu juga yang menjadi penarik saya untuk membaca buku ini. Ingin tahu bagaimana akhir dari perjuangan Nina untuk suaminya yang *** :D. Saya sih berharap si Nina ninggalin Dylan... haha. Hastagahhh mbak, saya penasaran banget... Pilih saya... Pilih saya... *kedip-kedip*

    Terima kasih kak Ky... ^^

    BalasHapus
  38. Nama : Ratih M
    Twitter : Jju_naa
    Domisili: Palembang
    Link : https://twitter.com/Jju_naa/status/727484129399308289

    Pertama dan yang paling utama *Adoh -_- * aku penggemar Le Mariage (perjodohan,religi, sakit-sakitan karena cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, cowok misterius nan dingin :D, dll. Aku hobiii >.< )

    Dan ujung-ujungnya alasan ku tetap bermuara ke "Penasaran". Yup! ketimbang Andhika, aku lebih penasaran dengan sosok Dylan. Aku penasaran alasan Dylan bersikap demikian, karena aku percaya pasti ada alasan di balik sikap jelek seorang cowok *eaa~. Dan pasti ada akhir yang manis (ngarep) untuk Nina yang setegar batu karang.

    Sejujurnya, aku (sangat tertarik) mau belajar banyak dari kisah ini. Setiap tulisan pasti mempunyai hikmah/pesan yang sengaja disisipka si penulis untuk pembacanya.
    Dan entah kenapa aku begitu tertarik dengan pesan dari Le Mariage (dan yg dalam kurung :D)apalagi yang diselimuti religi. Berasa lebih 'klik' (karena cewek)ya semacam jadi bahan pembelajran untuk aku sendiri kedepannya(biar lebih baik lagi). Apalah aku yang masih nol dalam hal beginian(cinta-cintaan), jadi masih butuh banyak pencerahan.

    BalasHapus
  39. Nama : Riza Nugraheni
    Twitter : @margheritabbey
    Domisili : Surabaya
    Link Share : https://mobile.twitter.com/margheritabbey/status/727478963082158080

    Kenapa aku mau novel ini? Aku pernah mencintai seseorang, tapi yang terjadi adalah orang itu tidak mencintaiku. Aku tetap bertahan dan banyak yang mengganggap aku bodoh. Sungguh. Meski tahapnya tidak sampai pernikahan, tapi aku merasa bahwa ya aku bodoh. Aku hanya ingin tahu apakah hanya aku yang bodoh dengan tetap menaruh hati pada orang yang (mungkin) tidak ada perasaan ke aku? Aku hanya kepingin tahu apa yang bodoh cuma aku? Apa aku salah? Apa Nina sama denganku? Dan aku ingin tahu bagaimana Nina bisa bertahan dan menyelesaikan ini. Serta belajar ketulusan dari Nina.

    Terima kasih kak 😊

    BalasHapus
  40. Nama: Siti Ismaya
    Akun twitter: @sitiismayaaa
    Domisili: Jombang, Jawa Timur
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/sitiismayaaa/status/727502904001622016?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3880495175

    Alasan kenapa aku pengen banget baca buku ini adalah karena aku suka sama hal-hal yang berbau pernikahan, apalagi cerita nya mbak meta yang satu ini ada unsur religinya pula, jadi nggak sekedar membaca tapi juga bisa menambah pengetahuan tenteng kehidupan berumah tangga. Penasaran sama kehidupan pernikahan Nina dan Dylan yang sepertinya sangat rumit. Penasaran juga sama kisah segitiga antara Nina, Dylan dan si playboy tengil Andika :D wkwkw penasaran buanget gimana caranya playboy bisa patah hati gegara cinta nya bertepuk sebelah tangan, haha gak kebayang, si Andika bakalan tobat atau gimana yaaa?? Serius penasaran pengen baca cerita mereka sampai ending, intinya sungguh mati aku jadi penasaran *jiah malah nyanyi* gubrak

    BalasHapus
  41. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lenny1785
    domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Link share: https://twitter.com/Lenny1785/status/727532443406749697
    Jawaban: Aku ingin membaca karena novel ini sangatlah menarik. Apalagi tentang pernikahan. Aku suka banget novel dengan tema pernikahan seperti ini. Ditambah lagi aku belum pernah baca novel karya kak Meta ini sebelumnya. Jadi aku sangat penasaran sekali. Wish me luck :)

    BalasHapus
  42. sore semua orang baik aku LAURA dari Indonesia, saya ingin Anda semua untuk membantu saya terima kasih Mr George Jackson, dia membantu saya dengan jumlah pinjaman dari $ 67,000,00 saya cadangan dalam posisi keuangan pada minggu lalu, putri saya sangat sakit pada titik kematian dan saya butuh uang untuk membawanya ke rumah sakit, sampai aku bertemu dengannya dan dia membantu saya dengan jumlah $ 67,000,00, saya berdoa agar Tuhan akan mendukung semua seluruh generasi nya.

    Aku ingin kau tahu bahwa ia adalah dari Spanyol tidak Nigeria yang penipuan .....

    Anda dapat kirim dalam georgejacksoninvestment2016@gmail.com

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design