Senin, 09 Mei 2016

[Blog Tour] Distance Blues -------------- GIVEAWAY!!!!!

Judul Buku : Distance Blues
Penulis : Agustine W
Penerbit : Ping!!!
Tebal : 288 Halaman
Terbit : Maret 2016

Memilihmu, haruskah merasa ragu?

Nyatanya, Elmi memang sedang mempertanyakan isi hatinya sendiri. Bukan maunya jauh Dirga, sang kekasih. Lagian, Dirga bekerja untuk masa depan mereka juga, kan? Tapi, Rasyad--chef pemilik restoran Timur Tengah yang ganteng banget--membuat sesuatu di dalam dada Elmi tercampur baur.

Rasyad rajin memberi Elmi kejutan. Ia juga siap jadi "sopir" kalau saja Elmi mau. Sesekali, tindakan Rasyad yang spontan malah membuat Elmi tersentak--Dirga saja belum pernah melakukannya. Apalagi, Dirga bukan tipe cowok romantis yang suka memberi Elmi surprise.

Rasyad yang hadir saat LDR-an, OCD yang butuh terapi, belum lagi Mama yang cerewet dan berputar-putar di kepala Elmi.

Tapi, urusan hati harus diurai, kan? Berarti, Elmi memang harus memutuskan ....

--------------------------
Awalnya hubungan Dirga dan Elmi baik-baik saja. Walau menjalani hubungan jarak jauh, karena tuntutan pekerjaan Dirga mereka tetap masih bisa saling berkomunikasi dan jika ada waktu untuk bertemu pasti akan mereka manfaatkan semaksimal mungkin. Selama ini, Elmi pun tahu kalau Dirga bukanlah pria romantis, dan Elmi sama sekali tidak mempermasalahkan itu.

Sayangnya, akhir-akhir ini Elmi mulai merasa ada sesuatu yang berbeda dalam dirinya, mulai merasakan kecemasan yang berlebihan, suka lupa akan sesuatu, tidak fokus, tidak suka dengan sesuatu yang tidak rapi dan kotor bahkan mulai sering mengulang-ngulang suatu pekerjaan. Elmi akan menghabiskan banyak waktu hanya sekedar untuk mencuci tangan, buang air, wudhu hingga shalat karena takut tidak sah. Perlahan-lahan Elmi sadar kalau ini bukan lagi hal biasa, Elmi harus mencari pertolongan. Setelah mencoba mencari informasi dari gejala-gejala yang dialaminya, Elmi menduga dia terkena Obsessive-Compulsive Disorder (OCD). 

Elmi pun hanya bisa memendam perasaannya sendiri dan segala keresahannya, hanya Laras sahabatnya dan Bu Nurul, dosennya dulu yang menjadi tempat keluh kesahnya. Semakin lama, OCD yang diderita Elmi makin menunjukkan jati dirinya, pekerjaan Elmi pun terganggu, rekan kerjanya mulai membicarakannya hingga mamanya menganggapnya sakit jiwa. Hal ini makin memperparah situasi Elmi. Elmi pun semakin takut Dirga akan meninggalkannya.

Di lain sisi, ada sosok Rasyad, yang dengan terang-terangan menunjukkan ketertarikannya kepada Elmi. Segala cara diupayakan Rasyad untuk mendekati Elmi, walau tahu Elmi telah memiliki Dirga. Awalnya Elmi berusaha menghindar dari Rasyad, namun lama-lama susah juga menjauhi pesona pria tampan nan menarik ini. 

Elmi pun semakin bingung, masalah demi masalah seakan terus menerus datang menghampiri Elmi. Tidak hanya OCD yang dideritanya, tapi hubungan Elmi dan Dirga pun terancam bubar. Bagaimana akhir kisah Elmi? Siapa yang dipilihnya, Dirga atau Rasyad? 

Akhirnya, aku bisa juga membaca karya debut Agustine. Aku mengenal Agustine sudah cukup lama dan aku yakin suatu hari dia pasti akan punya buku sendiri. Membaca novel ini sungguh menyenangkan sekali, Titin mampu membuatku larut dengan kisah Elmi dan segala  problematika yang mendera kehidupannya.

Aku bisa membayangkan bagaimana hidup Elmi yang dulunya baik-baik saja, tiba-tiba berubah sejak kehadiran OCD. Salut buat Agustine, yang cukup detail menjelaskan kepada pembaca mengenai gejala kejiwaan ini, yang ternyata bisa dipicu oleh pola asuh yang salah. OCD ini ternyata bisa menjadi bom waktu yang siap meledak jika tidak ditangani dengan baik. Penjelasan penyakit yang diderita oleh Elmi ini menjadi warna tersendiri buatku dan menjadi nilai plus dari novel ini, kamu akan mendapatkan banyak info dari novel ini. Novel ini juga mencoba membuka pemahaman kepada kita bahwa pentingnya keluarga dalam mendukung para penderita OCD, seperti Elmi bukan untuk dijauhi tapi didampingi.

Sayangnya, isu tentang hubungan jarak jauh Elmi dan Dirga tidak terlalu disoroti lebih jauh. Padahal ini bisa menjadi salah satu konflik yang bisa membuat novel ini menjadi jauh lebih menarik. Novel ini memang lebih banyak menyoroti kegalauan Elmi karena hubungannya dengan Dirga, OCD yang dideritanya hingga Rasyad, pria baru yang hadir dalam kehidupannya.

Dari segi porsi bercerita, memang semuanya seakan terpusat kepada Elmi dan upaya pendekatan yang dilakukan Rasyad. Sayangnya, porsi tentang Dirga sendiri kurang terlalu dieksplor lebih jauh, sehingga aku tidak terlalu merasakan chemistry di antara kedua pasangan ini. 

Jujur, aku penasaran siapa yang akan dipilih oleh Elmi, Dirga atau Rasyad, rasanya susah juga memilih 2 pria yang sama-sama punya kualitas yang sama untuk dijadikan kekasih bahkan pasangan hidup. Titin sukses mengecohku dan cukup terkejut dengan ending dari novel ini :)

Overall, aku sangat menikmati kisah Elmi ini. Aku akan selalu menanti karya Agustine lainnya dengan cerita yang jauh lebih menarik :)

------------GIVEAWAY TIME----------------


Selamat datang ke pemberhentian pertama Blog Tour "Distance Blues", aku punya 1 buku "Distance Blues" gratis untuk kamu yang beruntung:

1. Follow twitter @RizkyMirgawati dan @agustine_w jangan lupa share info GA ini dengan mention kami sertakan hastag #Distance Blues

2. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

3. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, domisili dan jawabanmu:

Jika kamu menjadi Elmi, kira-kira siapa yang akan kamu pilih? Dirga atau Rasyad, mengapa?

4. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 14 Mei 2016.

Semoga beruntung!!!!


******UPDATE******

Alhamdulilah, semua rangkaian Blog Tour Distance Blues berakhir sudah, terima kasih untuk 28 peserta yang telah berpartisipasi.

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung:

Mega Widyawati/Widy4_w

Selamat untuk pemenang, aku akan menghubungi kamu via twitter untuk konfirmasi pengiriman hadiah ya.

28 komentar:

  1. Gita Nurladikasari | @oneonlygzb | Batam

    Jawaban :

    Aku rasa itu memang masalah yang pasti di alami orang yang menjalani LDR yaa? *curhat* Tiba-tiba ada pria yang datang memberikan kenyamanan yang luar biasa dari apa yang kita miliki. Tergantung kita yang menyikapinya.

    "hubungan Elmi dan Dirga terancam bubar" berarti belum kan ya? masih ada kesempatan memperbaikinya.
    Kalau aku jadi Elmi aku tetap memilih Dirga walaupun Rasyad luar biasa perhatiannya, kenapa?
    Karena, mempertahankan sesuatu hubungan itu memang jauh lebih sulit daripada memulainya.
    Disinilah kesetiaan kita di uji, otak kita di paksa berpikir secara matang lagi.
    Masalah yang terjadi antara Elmi dan Dirga LDR dan komunikasi, perbaiki itu.
    Bicara baik-baik, apa yang Elmi mau apa yang Dirga mau bicarakan.
    Masalah dapat diseleaikan tanpa kata bubar.
    Kalau mereka sedikit lebih mengerti dan mau memahami maka jarak yang terbentang sejauh apapun pasti bisa di laluinya.
    Hubungan Elmi dan Dirga pasti baik-baik saja kalau mereka mau meluruskannya, walaupun Rasyad dengan sejuta perhatian datang menghampiri Elmi

    BalasHapus
  2. Delta Iswara / @DeltaIswara / Purwokerto

    Jawaban
    Jika saya menjadi Elmi, saya akan memilih Rasyad.
    Bukankah bohong jika saya tetap memilih Dirga, sedangkan hati saya ada pada pria lain?
    Begitu juga dengan Elmi.
    LDR adalah tentang menjaga hati dan menjaga cinta yang sudah dibangun. Bagi saya, bukankah sia-sia jika tetap mempertahankan hubungan jarak jauh namun hanya sebatas mempertahankan? Sedangkan cinta dan percaya perlahan lahan mulai memudar.
    Apalagi dengan kondisi Elmi yang menderita OCD, saya pernah mengalaminya. Kehadiran orang yang kita sayang di sekeliling kita setidaknya mampu menjadi obat tersendiri.
    Disini, Rasyadlah yang selalu berada di samping Elmi, dengan sejuta perhatian dan kasih sayang. Sedangkan Dirga, jika ia memang mencintai Elmi, seharusnya ia mampu memberi perhatian kepada Elmi meskipun hanya sebatas lewat telepon.
    Disini, saya kira cinta dan kesungguhan Dirga dipertanyakan.

    Saya memilih Rasyad. Pria itu selalu berada di samping Elmi dengan sejuta perhatian, meskipun ia tahu, hati Elmi masih berada pada Dirga.

    BalasHapus
  3. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta - Jawa Barat


    Jika kamu menjadi Elmi, kira-kira siapa yang akan kamu pilih? Dirga atau Rasyad, mengapa?


    Rasanya seperti sudah jatuh tertimpa tangga, LDR-an dan kena OCD pula.

    Mungkin aku tetap memilih Dirga. Selama aku dan dia tetap berjuang bersama untuk hubungan yang kami jalani, kenapa enggak. Hubungan kami serius dan maju untuk ke tahap yang lebih serius juga. Meski masalah hati tak bisa diganggu gugat, tapi selama kami menjaganya dengan baik dan pupuk tiada henti, cinta itu takkan mati.

    Kehadiran Rasyad hanya seperti oase di tengah hubungan kami yang rentan sekali masalah dan penuh cobaan. Disaat seperti itu, Rasyad hadir dengan segala kelebihan yang ia miliki. Pesonanya yang susah ditolak, membuat siapa saja lumpuh seketika. Aku seperti menemukan kompas yang selama ini telah rusak. Memberi petunjuk dan membangunkan diri dari keterpurukan disaat tak ada tumpuan. Mungkin aku hanya merasa tersengat sesaat di tengah hubungan kering yang sedang aku jalani ini. Merasa ada orang yang mengerti diriku dengan baik dan mengayomi, juga merasa nyaman karena kesepian. Dan saat Dirga hadir, aku jadi tau perasaanku yang sebenarnya. Perasaan untuk Rasyad hanya kembang api dikala aku kesepian, hanya selingan. Sementara Dirga adalah lampu yang akan selalu menyala karena cinta.

    Mungkin Rasyad bisa jadi pasangan yang sempurna. Tapi, dua orang yang tak sempurna bersama juga pada akhirnya menjadi komponen yang sempurna dan seimbang. Hidup itu untuk saling melengkapi, bukan tebang pilih mana yang lebih sempurna dan mana yang tidak. Perasaan itu untuk yang mampu bertahan dan mempertahankan.

    Aku tidak mempermasalahkan Dirga yang tak romantis, aku menerima dia dengan semua kekurangan dan kelebihan yang dia miliki. Aku juga berharap demikian. Untuk hubungan selanjutnya, aku ingin kami untuk selalu terbuka. Sejauh apa pun kami terpisah, masih ada jarak bernama cinta yang menyatukan kami kelak.


    *psstt ka, aku emang susah move on :D :) :)

    BalasHapus
  4. Nama : Julia Hartini
    Asal : Bandung
    Twitter : @juliahartini
    Jawaban: Aku pilih Dirga karena yang pertama adalah yang utama walau LDR. Toh Dirga juga lagi mempersiapkan masa depan untuk Elmi. Nggak mungkin kan aku (sebagai Elmi) menyia-nyiakan harapan dia. Intinya sih, aku harus setia walau badai menghadang ^^

    BalasHapus
  5. Erin | @RiienJ | Bekasi

    Pilih siapa ya?
    Hmm.... aku pilih Dirga deh. Dirga kn jauh untuk masa depan keduanya juga. yah, mau gak mau harus diterima dengan lapang dada menjalani hubungan LDR. Selama saling setia dan percaya pasti bisa menjalaninya. Dirga mungkin tak romantis, tapi setidaknya Dirga tulus dengan perasaannya. Hmm... kalau aku jadi Elmi, aku yang akan menjadi wanita romantis, biar Dirga cepat pulang membawa sebongkah berlian dan menikahiku. :)

    BalasHapus
  6. Maila'ul izza annabiila | @mailaul https://twitter.com/mailaul/status/729877607097864192 | Jakarta Barat

    Karena saya baru mengalami hal yang kurang lebih sama seperti ini beberapa bulan yang lalu, maka tentu saja saya memilih Dirga. Soalnya kemarin saya malah memilih orang baru dan menyesal karena endingnya nggak bagus, maka kalau punya kesempatan memperbaiki di masa depan atau kayak sekarang deh ya, dikasih kesempatan untuk memilih sekali lagi meskipun itu hanya dalam cerita di buku, maka saya akan meminta si tokoh utama untuk memilih orang pertama yang telah menjadi pilihannya, Dirga.

    Dirga sepertinya memang tidak romantis. Mungkin ia begitu karena memang dia sedang sungguh-sungguh bekerja keras untuk mempersiapkan masa depan bersama?
    Lagipula, Menurut saya, Elmi harusnya bisa bertahan dan setia pada Dirga,ya meskipun Dirga sempat tidak ada saat Elmi membutuhkan.

    BalasHapus
  7. Arfidiah fitri
    @arfidiahfitri
    Malang

    jawaban:
    Aku akan tetap bertahan pada Dirga, kenapa?
    karna kata SETIA saat LDR itu Mahal dan aku adalah salah satu perempuan yg sangat menjunjung Setia sekalipun terpisah jarak dan waktu.
    Disaat inilah kata Setia itu diuji.
    Se Istimewa apapun orang kedua , akan lebih baik lagi tetap dengan yg pertama. Ragu dan takut karna jarak itu wajar, tapi bukannya teknologi sekarang sudah modern,? Yah ,yg dapat sedikit mengikis rasa ragu dan takut itu yaitu Komunikasi. Komunikasi dua arah saat hubungan jarak jauh itu harus untuk sekedar mengetahui dan memberi kabar satu sama lain.
    Intinya sebuah hubungan itu agar bisa awet saat berjauhan ataupun tidak , selain kamunikasi dua arah, kejujuran,pengertian serta kepercayaan itu sangat dibutuhkan. Cinta dan setia itu mencakup semua aspek , sehingga terciptalah hubungan yg awet.
    Apalagi alasan Dirga jauh dari kita itu sudah jelas, untuk masa depan. Inilah point pentingnya, berarti sudah ada sedikit titik terang bahwa Dirga ingin kita melangkah lebih dari sekedar pacaran.Ini membuktikan juga bahwa Dirga serius berhubungan dgn kita.

    BalasHapus
  8. Khoyul
    @JKhoyul
    Blitar Jatim

    Pilih Dirga.
    Seseorang kalau mau mengorbankan waktu dan tenaga demi membangun masa depan lebih baik dengan pasangan, orang itu harus dipertahankan. Karena sudah pasti niatannya untuk berkomitmen sangatlah besar. Dialah yang pantas jadi pendamping sampai tua.

    BalasHapus
  9. Nama :Yohana Siallagan
    Akun : @MrsSiallagan
    Domisili : pematangsiantar
    Jawaban:
    Jika saya menjadi Elmi , maka saya akan memilih Rasyid . kenapa? Karna Rasyid lebih baik dibandingkan Dirga .Rasyid selalu ada untuk Elmi bahkan dia rela menjadi supir nya elmi .Rasyid menjadi sosok yang romantis dan penuh cinta .Dia akan memperlakukan elmi dengan cintanya.Apalagi elmi sedang mengalami penyakit OCD tentu dia membutuhkan sosok yang sangat sabar memperhatikannya dan selalu ada untuknya dan tentunya sosok yang paling tepat untuk Elmi adalah Rasyid .Dirga tidak mungkin bisa diharapkan, apalagi mereka sedang LDR dan sikapnya yang tidak romantis sama sekali yang akan selalu memicu pertengkaran maupun salah paham diantara mereka berdua dan hubungan keduanya sudah diambang kehancuran .Saya pernah membaca kutipan yang mengatakan ,’’Jika anda jatuh cinta tetapi sudah memiliki pasangan dan anda bingung memilih yang mana , jangan sekali-kali anda ragu ,pilih saja yang kedua .Karna jika anda benar-benar mencintai yang pertama , tidak mungkin anda jatuh cinta dengan orang kedua .

    BalasHapus
  10. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang

    Jika kamu menjadi Elmi, kira-kira siapa yang akan kamu pilih? Dirga atau Rasyad, mengapa?

    Aku akan memilih Dirga karena aku mungkin tipe orang yg ketika sudah suka/cinta sama seseorang akan terus berusaha setia, susah untuk berpaling hehee... LDR memang tidak mudah, apalagi ketika ada orang lain yg lebih perhatian dan romantis, hati mungkin akan sedikit tergoda dan terlena. Wanita mana yg tidak suka akan perhatian dan keromantisan?
    Namun cinta Elmi (aku) yg ada selama ini dengan Dirga pun tidak tumbuh secara instan dan akan mudah pudar dengan instan pula. Rasa cinta dan sayang itu pastinya sudah terpatri kuat dalam hati hingga kami sanggup berkomitmen untuk menjalani LDR dan setia satu sama lain.
    Rasa suka pada Rasyad mungkin ada atas semua perhatiannya. Tapi aku rasa itu hanya rasa sesaat karena kerinduan akan kehadiran dan perhatian Dirga yg jauh. Saat Dirga kembali aku yakin hatiku masih tetap padanya.

    BalasHapus
  11. Nama : Annisa
    Akun twitter : @annisakih
    Domisili : Batam, kep. Riau

    Ikut ngeramein ya Ky.. Kalau saya jadi Elmi yang saya pilih sebagai pendamping hidup saya adalah Rasyad. Karena terlepas dari segala plus dan minus kedua pria tersebut pertimbangan terbesar saya ialah sebagai gadis yang dirundung masalah (LDR dan OCD), saya pasti akan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Melalui doa-doa yang saya panjatkan selama ini saya yakin Rasyad adalah seseorang yang dikirimkan oleh Nya untuk saya.

    BalasHapus
  12. nama: Herva Yulyanti
    twitter: @hervayulyanti
    domisili: Cimahi Bandung

    Jawaban : Jika saya jadi Elmi, saya akan memilih Dirga. Bagi saya Dirga memilih LDR saja sudah merupakan keputusan berat ditambah itu semua karena untuk masa depan. Meski Dirga tak seromantis dan tidak berada dekat Elmi toh sebelumnya Dirga sudah hadir terlebih dahulu dalam hidup Elmi. Bagi saya kehadiran Rasyad hanya ujian untuk hubungan mereka berdua. Ujian kesetiaan bagi Elmi. Tapi jauh sebelum Rasyad hadir Dirga lah yang memberikan warna.

    BalasHapus
  13. Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah
    Jawaban :
    Jika aku jadi Elmi, aku akan memilih siapapun itu yang hatiku pilih. Antara Dirga dan Rasyad walaupun membuat bimbang tapi tentu ada satu yang memang benar-benar aku cintai dan yang lain adalah ujian yang harus dilewati untuk mencapai kebahagiaan yang sebenarnya. Hati tidak mungkin mencintai dua orang sekaligus ‘kan? Jadi, aku akan memaksa hatiku untuk berpikir keras dan meneriakkan satu nama yang benar-benar dia inginkan. Dan, untuk yang lain aku akan bilang maaf yang sebesar-besarnya. :)
    Jadi, yang aku pilih adalah yang hatiku pilih. Mari sama-sama menunggu hatiku menjawab :D

    BalasHapus
  14. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Domisili : Aceh

    Jawaban:
    Tergantung..

    Tergantung dari keseriusan keduanya Dirga dan Rasyad dalam memperlihatkan keseriusan dan sayang + cintanya ke diri aku.

    Walaupun Dirga dan aku LDR-an *misalnya*, tapi melihat keseriusan dirga dalam mempertahankan dan mengenggap serius hubungan yaa nggak masalah tetap memilih Dirga. Walaupun jarak yg jauh. Yg penting saling mepercayai satu sama lain, tetap menjaga komunikasi tidak ada yg salah memilih dirge.

    Begitu pula dgn rasyad. Walaupun aku sedang LDR-an dgn Dirga, tp dirganya malah cuek-cuek bebek dengan hubungan yg sedang kita jalani. Apa salahnya aku coba untuk melihat dr sisinya Rasyad dalam memperlihatkan/memperjuangkan keseriusannya untuk menjalin hubungan denganku. Bukan dalam artian aku berselingkuh dengan rasyad ya – tidak sama sekali-. Walaupun belum begitu mengenal sosok rasyad, tp lambat laun kita dengan sendiri nya akan mengenal sosok yg selama ini selalu menemani kita, memberi perhatian-perhatian kecil kepada kita. Waktu akan menjawab semuanya Tanya –tanya yg ada di kepala kita dengan sendirinya tanpa harus mengenalnya dengan butuh waktu yg lama.

    Karena bagiku, hubungan itu bukan hanya dilihat dr seberapa lama kita mengenal dan sudah berapa lama kita menjalin hubungan dengan si dia. Tapi seberapa jauh ia mempertahankan dan menganggap hubungan ini serius.

    Tapi itu semua balik lagi ke hati aku. akunya nyaman dengan siapa? karena suatu hubungan itu kalau tidak nyaman dengan si dia malah kita akan canggung satu sama lain. tidak bisa bercanda ria. karna suatu hubungan itu menurut ku di awali dengan keyamanan dan keyakinan akan suatu hubungan yg akan kita jalani nantinya.

    Sekian.
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  15. Nama: Diah P
    Twiiter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi

    Jika menjadi Elmi akan memilih siapa?
    Meskipun Dirga rela mnjalani hubungan LDR dgn Elmi demi mereka berdua kelak, tapi saya akan memilih Rasyad yg ada ketika masa2 paling terpuruk hidup saya. Orang yg senantiasa menemani saya menghadapi hinaan orang akan pnyakit OCD yg saya derita, orang yg selalu ada untuk brbagi pundak ketika saya menangis.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  16. nama:: Visca Apriliyanti
    akun twitter: @Visca_Apr
    domisili: Belinyu
    Jika kamu menjadi Elmi, kira-kira siapa yang akan kamu pilih? Dirga atau Rasyad, mengapa?
    emang sih kedatangan orang selalu memberikan rasa yang berbeda, tapi ga boleh lupa juga sama orang lama *ekhem*. aku akan memilih dirga, kenapa? karena aku dan dia pastinya udah lama kenal, udah tau kejelekan masing2, udah ngalamin banyak hal2 baik maupun buruk, ga mudah gitu aja lepas dan berpaling walaupun ada orang yang menjanjikan sebuah kebahagiaan yang luar biasa. soal penyakit COD, mungkin bisa dijelasin langsung sama dirga, dan semoga aja dia mau ngerti *harus*

    BalasHapus
  17. Nama : Julia dwi kartikasari
    Twitter : @juliakartika326
    Domisili : nganjuk, jatim
    Link share :
    https://twitter.com/juliakartika326/status/730663382982909952

    Saya tetap akan memilih dirga. Karena dia adalah cowok pertama yang dulu saya pilih. Bagaimanapun yang terjadi nanti, cinta tidak bisa dibuat mainan. Saat hatiku memilih satu orang. Dan orang itu juga memilihku, aku akan mempertahankannya. Saat aku diposisi akan memilih dia, pasti sudah aku perhitungkan matang matang keputusanku nanti. Dengan menerima semuuua kelemahan ataupun kelebihannya, apapun pada dia, aku sudah menerimanya. Untuk nanti mengarungi masa depan bersama, baik itu senang, sedih, penderitaan, jatuh bangunnya kehidupan, kebahagiaan akan aku lalui bersama.

    Seandainya nanti ada orang lain yang membuatku merasa nyaman dan juga membuatku sangat bahagia bersama orang itu, seperti bersama rasyad, mungkin ada pertanyaan kenapa aku bisa bahagia bersamanya? Tapi saat itu aku pasti teringat ada orang yang sedang bekerja keras untuk masa depanku bersama dia. Meskipun dengan cara LDR. Bagaimana bisa aku meninggalkan dia? Karena dari awal aku sudah siap menerima kelemahannya, seperti dirga yang tidak romantis, aku akan bahagia dengan dirga yang menyayangiku dengan tulus dan aku akan sadar keputusan untuk bertahan setia dengannya adalah yang paling benar.

    BalasHapus
  18. Nama : Julia dwi kartikasari
    Twitter : @juliakartika326
    Domisili : nganjuk, jatim
    Link share :
    https://twitter.com/juliakartika326/status/730663382982909952

    Saya tetap akan memilih dirga. Karena dia adalah cowok pertama yang dulu saya pilih. Bagaimanapun yang terjadi nanti, cinta tidak bisa dibuat mainan. Saat hatiku memilih satu orang. Dan orang itu juga memilihku, aku akan mempertahankannya. Saat aku diposisi akan memilih dia, pasti sudah aku perhitungkan matang matang keputusanku nanti. Dengan menerima semuuua kelemahan ataupun kelebihannya, apapun pada dia, aku sudah menerimanya. Untuk nanti mengarungi masa depan bersama, baik itu senang, sedih, penderitaan, jatuh bangunnya kehidupan, kebahagiaan akan aku lalui bersama.

    Seandainya nanti ada orang lain yang membuatku merasa nyaman dan juga membuatku sangat bahagia bersama orang itu, seperti bersama rasyad, mungkin ada pertanyaan kenapa aku bisa bahagia bersamanya? Tapi saat itu aku pasti teringat ada orang yang sedang bekerja keras untuk masa depanku bersama dia. Meskipun dengan cara LDR. Bagaimana bisa aku meninggalkan dia? Karena dari awal aku sudah siap menerima kelemahannya, seperti dirga yang tidak romantis, aku akan bahagia dengan dirga yang menyayangiku dengan tulus dan aku akan sadar keputusan untuk bertahan setia dengannya adalah yang paling benar.

    BalasHapus
  19. Nama : Mega Widyawati
    Akun twitter : @widy4_w
    Domisil : Nganjuk-Jawa Timur

    Dirga.
    Menjadi setia itu memang berat dan kadang banyak godaan yang menerjal. Tapi kesetiaan seseorang dapat diukur dengan cara melakukan hubungan jarak jauh (LDR). Banyak yang bilang, ini merupakan masa sulitnya orang berkomitnen pacaran atau hubungan dalam bentuk apapun. Yang namanya sudah berkomitmen, ya harus tetap menjaganya bukan. Bukannya malah mengkhianati dan berlari pergi.
    Itulah alasanku bila berada di posisi Ilma. Tetap menjaga komitmen yang sudah dibuat oleh diri sendiri. Kesetiaan dan lebih sabar aja menghadapi waktu. Namanya juga sedang diuji seberapa besar cintamu pada pasanganmu yang kini berada di tempat yang jauh. Yang penting jauh dimata, namun dekat dihati.

    BalasHapus
  20. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Dirga dong ...
    Sejak awal Dirga adalah pacar Elmi. LDR ntu banyak masalah yang harus dihadapi. Saling percaya dan membangun komunikasi yang kuat, pasti hubungan tersebut akan berlangsung lama dan langgeng. Malaikat ntu pasti bakalan datang di kala kita menghadapi persoalan yang begitu rumit dalam hidup kita. Itulah posisi Rasyad di mataku. Sebagai seorang malaikat dan sahabat yang begitu baik dalam suka maupun duka. Pasangan hidupku untuk saling berbagi seumur hidup adalah Dirga karena rasa sayang dan cinta aku dapatkan dari Dirga. Hati tidak akan pernah bisa dibohongi.

    BalasHapus
  21. Nama: Sari Rahmawati
    Twitter: rie_bundaAzka
    Domisili: Bogor

    Jika menjadi Elmi saya akan tetap memilih Dirga. Saya rela bertahan untuk LDR dengan Dirga. Saya juga siap menerima Dirga dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Dirga yang tidak romantis, Dirga yang tak bisa menemani saya untuk therapy penyakit OCD yang saya derita, Dirga yang tidak bisa memberikan pundaknya saat saya ingin berkeluh kesah karena dicereweti Mama. Ah, rasanya begitu banyak kurangnya Dirga, tapi toh sayapun punya banyak kekurangan juga kan? Jarak memang bis jadi kendala dalam sebuah hubungan, tapi dengan komunikasi saya yakin semuanya bisa diatasi, saling jujur dan terbuka pada pasangan masing-masing akan membuat jarak yang terbentang tidak jadi hambatan untuk tetap saling percaya dan menjaga rasa cinta tetap membara walaupun rasa jenuh tidak mungkin bisa dihindari, dalam suatu hubungan jangankan menjalin LDR, kekasih yang selalu dekat di depan matapun rasa jenuh akan selalu datang bukan? Namun, jika kita bersama-sama bisa mencari solusi dan meyakinkan hati masing-masing saya yakin masalah sepelik apapun bisa diatasi. Kedatangan Rasyad memang seperti oase di tengah teriknya gurun pasir. Siapapun tak akan bisa menghindari sejuta pesona Rasyad, termasuk Elmi yang tengah dilanda rindu akibat LDR dengan Dirga, karakter rasyad yang berbeda dengan Dirga membuat Elmi seperti mengalami euphoria. Apalagi dengan kondisi OCD yang diderita Elmi butuh sesorang untuk menemaninya bangkit dari keterpurukan. Rasyad yang tiba-tiba datang dan membayangi setiap langkah Elmi, kebetulan dia tahu permasalahan yang dihadapi Elmi sehingga bisa langsung pasang badan menjadi 'sopir' Elmi, tapi saya yakin refleksi perasaan yang dirasakan Elmi hanya sesaat setelah itu akan lenyap, menguap dan mengudara begitu saja saat Elmi sadar bahwa cinta dan kesetiaannya sedang diuji karena kebahagiaan yang datang dari luar tidak akan bertahan lama, kebahagiaan yang sebenarnya datang dari dalam diri. Datang dan tumbuh dari dalam hati, dari perasaan cinta yang tulus antara Dirga dan Elmi. saat Dirga dan Elmi bertanya pada hati masing-masing, saya yakin hati akan menimbang, menilai dan memberikan menjawab akan cinta yang sebenarnya dan bukan sebatas euforia belaka.

    BalasHapus
  22. Nama : ignasia ruvina
    Akun twitter : @ignasiaruvina
    Domisili : jakarta
    Jawaban : sebenarnya dari lubuk hati saya yang terdalam, saya merasa bahwa Elmi adalah orang yang setia, dan gak mungkin langsung berselingkuh karena kesepian apalagi LDR, karena LDR itu sediri biasanya merupakan tantangan bagi pasangan-pasangan kekasih untuk membuktikan kesungguhan cinta mereka dan saya merasa *banget* kalo Elmi bukanlah orang yang akan kalah dalam tantangan-tantangan tersebut. Masalah yang sebenarnya membuat Elmi galau dan memikirkan ulang hubungannya kembali dengan Dirga bukanlah Rasyad yang romantis dan mrupakan tipe kekasih bagi wanita kebanyakan melainkan OCD yang dideritanya yang sangat mengganggunya. Elmi pun memikirkan kembali hubungannya karena saya yakin dia takut kalo Dirga ga nerima dia lgi wkt Dirga tau kalo Elmi punya OCD *gangguan mental*. Hal-hal yang sangat dipikirkan Elmi inilah yang membuat saya berpikir bahwa Elmi sebenernya sayang banget ama Dirga dan gak bakal bisa lepas dari Dirga walau ada gangguan kyk Rasyad skalipun. Jadi, kalo ditanya, jika saya Elmi, saya akan pilih siapa? Tentu aja Dirga. Karena Rasyad datang di saat Elmi lgi btuh sseorang yg dampingin makanya Rasyad hampir membuat Elmi jatuh ke pelukannya, tapi begitu Dirga kembali hehehe Rasyad pasti terbang jauhh tak dipikirkan lagi oleh Elmi. Nah, sekian :))

    BalasHapus
  23. Kurnia Dwi Pertiwi
    @KDP264
    Bekasi, jawa barat

    Rasyad, kenapa?

    1. Biar beda aja sama komentar yang lain :D kadang kita perlu yang beda dan baru.

    2. Mungkin bisa di bilang rasyad datang momentnya pas banget. Tapi mari kita lihat ulasan berikut ini, andai kata Elmi nggak pacaran atau LDR sama Dirga. Rasyad pun akan tetap hadir di kehidupan elmi. Karena memang elmi butuh itu. Seperti di review mbak rizky, OCD bukan untuk dihindari tapi untuk didampingi. Si rasyad ini mendampingi. Nah, elmi cuman butuh itu. Kemana dirga? Oke, dirga bekerja untuk masa depan berdua. Kalau elmi tidak punya penyakit OCD saya jelas pilih dirga, tapi ini beda cerita. Elmi butuh dukungan penuh dari orang-orang sekitarnya, tapi dirga? Kita nggak usah muna deh, kita sakit demam aja pengen di perhatiin lebih,kan? Setidaknya ada gitu yang tanya "kenapa" biar kita ngerasa di perhatiin. Itu udah seneng, kok. Nah, LDRnya elmi sama dirga itu bikin elmi seolah-olah dirga menghindari elmi karena penyakit OCDnya. Kenapa dirga nggak tinggal satu kota sama elmi? Mungkin itu yang di fikiran elmi. Tapi, dirga kan kerja buat masa depan berdua dirgantara juga sebenarnya nggak mau di posisi ini, mungkin begitu kata meraka. Oke, Katakanlah cinta itu buta. Cinta itu mengalahkan logika. Cinta itu butuh perjuangan. Kenapa dirga nggak tinggal satu kota sama elmi, terus keluar dari pekerjaan nya itu dan mendampingi elmi melewati penyakit OCDnya itu. Uang itu bisa di cari, tapi manusia enggak. Dirga kerja buat masa depan elmi juga, sedangkan orang yang diperjuangin masa depannya sedang kena penyakit yang membutuhkan banyak sekali dukungan. Terus buat apa nyari duit banyak2 mikirin masa depan, tapi masa sekarang ditinggalkan? Kan percuma. Kalau ada dirga ini dampingi elmi mungkin elmi akan cepat sembuh dan membangun masa depan bersama-sama. Bukan begitu kan sepasang kekasih? Saling merangkul menghadapi badai yang akan datang, saling menata kehidupan bersama.

    3. Udah lah nggak ada lagi alasan ketiga, udah jelas saya pilih rasyad.
    Hidup rasyad! :D

    BalasHapus
  24. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter,: @realdianmrani93
    Domisili: Bengkulu

    "Jika kamu menjadi Elmi, kira-kira siapa yang akan kamu pilih? Dirga atau Rasyad, mengapa?"

    Aku memilih Dirga. Alasannya simple, kenapa aku mesti memilih Rasyad, yang padahal udah tau aku udah punya Dirga tapi dia masih aja ngejar-ngejar aku. Kesannya kan kayak mau merusak hubungan orang hehehe ^^v

    BalasHapus
  25. nama : wulandari
    twitter @wulanchayaank
    domisili : madiun, JATIM


    Jika aku adalah elmi, aku akan tetap setia pada Dirga, kekasihku. meskipun LDR, OCD atau apalah itu namanya. kesetiaan adalah nomor satu. tidak.peduli ada siapa yg datang memasuki hidupku. yg jelas Dirga tak lbh jelek dr Rasyad. untuk apa bingung.
    jika sejak pertama kita memutuskan untuk mencintai maka tetapkan hatimu apada keputusanmu. justru kehadiran Rasyad adalah ujian cintaku. dan yg pasti aku tidak akan berkhianat. cinta ku mungkin tak sebesar cinta Dirga padaku yg rela menungguku lama. kejenuhan pasti ada. tapi segala sesuatu itu paling sulit bukanlah mendapatkan melainkan saat kita harus menjaganya. aku akan tetap setia pada DIRGA. semoga rasyad mndapatkan gadis yg lebih baik dariku :)

    BalasHapus
  26. nama : Asep Nanang
    twitter @asepnanang59
    domisili : Bungo, Jambi
    Jawaban:
    Agak sulit menjawab pertanyaan ini, bukan karena kualitas Dirga dan Rasyad yang seimbang, tetapi karena saya seorang laki-laki tulen. Tetapi karena dituntut untuk memilih saya akan memilih siapa pun diantara keduanya yang melamar pertama kali, karena hal tersebut merupakan bukti kesungguhan seorang laki-laki. Dan saya menebak kalau Dirgalah yang melamar duluan. he

    BalasHapus
  27. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Domisili : Ciamis

    Kalau saya itu Elmi, saya akan pilih Dirga. Alasannya sederhana saja sih, saya sudah memutuskan mempercayai dia dari awal, melanjutkan apa yang sudah berjalan buat saya lebih baik daripada mulai dari nol lagi. Lagipula, apa pun keadaannya yang sudah lama saling kenal tentu bisa lebih peka harusnya. Sekali pun Dirga tidak romantis, point pentingnya kan dia pernah menerima dan mempercayai saya sebagai pasangannya. Buat saya, saling percaya dalam menjalin hubungan itu penting dan Dirga sudah membuktikan itu.

    BalasHapus
  28. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lenny1785
    Domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Jawaban: Kalau aku jadi Elmi aku akan tetap pilih Dirga. Mengapa? Karena Dirga sudah hadir dihati Elmi sejak lama dan walaupun sekarang lagi LDR, tapi kan itu demi masa depan mereka juga. Jadi aku (sebagai Elmi) aku akan tetap setia pada Dirga. Karena cinta kan butuh perjuangan untuk mencapai kebahagian selamanya.

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design