Senin, 25 Juli 2016

[Blog Tour] Somewhere Called Home ------------------ GIVEAWAY!!!!!

Judul Buku : Somewhere Called Home
Penulis : Dhamala Shobita
Penerbit : De Teens
Tebal : 260 Halaman
Terbit : Mei 2016
ISBN : 978-602-39-1178-3


Manusia adalah kumpulan dari kenangan-kenangan yang tertata menjadi satu. Isi kepala manusia mungkin memiliki lebih dari lima puluh persen kenangan. Kenangan bahagia, sedih, marah, semuanya bercampur menjadi satu dan membentuk manusia sejak ia lahir dan tumbuh menjadi dewasa. 


Menurut Benjamin Murray, seorang surfer blasteran Australia-Indonesia, hidup adalah petualangan tanpa henti. Maka dari itu, ketika dirinya mulai terlibat lebih jauh dalam kehidupan seorang gadis bernama Lila yang sedang mencari kakaknya, Ben semakin bersemangat untuk melanjutkan petualangannya. Pertemuan keduanya di Pulau Sipora, Sumatera Barat, dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan cukup untuk membentuk perasaan antara Ben dan Lila. Sayangnya, gadis berusia dua puluh satu tahun itu tidak mempunyai waktu lagi dalam hidupnya. Di sanalah perjalanan Ben dimulai.


-----------------------

"Semua orang akan menghilang pada waktunya, Ben. Seperti Dila, seperti ayahku, begitu pun aku."

Dila dan Lila adalah sepasang kakak beradik yang terpisah karena perpisahan kedua orang tuanya. Keluarga mereka yang awalnya baik-baik saja, akhirnya harus berpisah. Dila mengikuti ayahnya, sedangkan Lila mengikuti ibunya.
"Keluarga, Dil, sekalipun terpisah jauh, berdiri bersisian dengan jarak dan waktu sebagai pemisah, mereka akan tetap disebut keluarga. Aku mungkin bisa punya mantan pacar, mantan sahabat, tapi tidak pernah ada mantan kekasih, mantan adik, mantan ayah dan juga mantan ibu."
Perpisahan kakak beradik ini sungguh menyakitkan. Lila tidak pernah tahu, kenapa Dila lebih memilih ikut ayahnya daripada ibunya. Komunikasi pun terputus begitu saja. Bertahun-tahun berlalu, Lila hanya menyimpan kerinduan kepada kakaknya, Dila. Dila seakan menghilang tanpa jejak, namun tiba-tiba kembali dengan datangnya lima suratnya yang pendek. Surat yang berisi cerita perjalanannya ke beberapa tempat.
"Kita tidak bisa memilih siapa yang akan menjadi keluarga kita, Dil. Harmonis atau nggak, bahagia atau nggak, nggak ada satu orang pun yang bisa memilih akan dilahirkan di keluarga yang kaya saja, atau yang memiliki reputasi baik di masyarakat juga."
Lila pun memutuskan untuk mencari Dila. Satu keinginan Lila ingin mengajak Dila pulang bersamanya. Banyak hal yang ingin ditanyakan kepada Dila, hal-hal yang hingga saat ini belum dimengerti dan hanya Dila yang bisa menjawab semuanya.

Lila pun melakukan perjalanan demi perjalanan yang ada di surat yang Dila kirimkan. Sayangnya Lila tidak berhasil bertemu dengan Dila. Seakan Dila hilang ditelan bumi. Lila malah menemukan perjalanan baru, menemukan kehidupan baru dan menemukan sesuatu yang mungkin saja tidak akan pernah dialaminya jika ia tidak memutuskan untuk pergi. Semua cerita perjalanan dan pencariannya terhadap Dila pun akhirnya dituangkannya dalam sebuah jurnal coklat.

Lila pun tak kuasa lagi mencari Dila. Akhirnya jurnal coklat itu pun beralih ke Ben, seorang teman yang akhir-akhir ini sering menghabiskan waktu bersamanya. Ben pun berjanji akan menemukan Dila untuk Lila. Akankah Ben berhasil bertemu dengan Dila?
"Kalau lo travelling cuma buat mencari orang, lebih baik lo berhenti. You can't enjoy the trip if there's such a pressure".
Ini bukan pertama kalinya aku membaca karya Dhamala. Rasanya sungguh menyenangkan sekali membaca karya terbarunya ini yang mengharukan tentang keluarga dan perjalanan.

Membaca kisah Ben dan Lila ini, membuka pemahaman baru tentang perjalanan. Bagaimana sebuah perjalanan bisa membawa sebuah makna tersendiri. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dan temui dari perjalanan yang kita temui, hal-hal yang mungkin saja tidak akan pernah kita dapatkan seandainya kita tidak melakukan sebuah perjalanan.

Hal inilah yang dialami Ben, si tokoh utama. Berbekal sebuah jurnal coklat milik Lila, Ben pun melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang disebutkan oleh Lila, dimulai dari Pantai Mapaddegat, Teluk Meranti, Pulau Rinca, Labuan Bajo, Bukit Doa Tomohon hingga Sipora. Ben bertemu orang-orang baru, lingkungan baru hingga kebiasaan setempat. Tanpa disadari perjalanan ini mengubah Ben, menyadarkan Ben arti keluarga dan rumah.

Perjalanan Ben tidak hanya untuk mencari Dila, sesuai janjinya terhadap Lila. Tetapi perjalanan Ben ini semacam perenungan bagi dirinya, yang mengubah hidupnya sedemikian rupa.
"Kalau buat gue, doa itu seperti mengisi ulang kekuatan, meluruskan benang-benang yang sudah terlalu lama kusut di pikiran, dan melapangkan hati yang tadinya penuh, entah dipenuhi oleh apa."
Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga dan sedikit flashback kehidupan Lila dan Dila semasa kecil, kita akan dibawa memasuki kehidupan Ben dan perjalanan yang dilakukannya berbekal jurnal coklat milik Lila. Jurnal Lila inilah yang menjadi panduan bagi Ben untuk menemukan jejak Dila di tempat-tempat yang disebutkan di dalam jurnalnya. Aku cukup menikmati perjalanan Ben ini, banyak tempat yang disebutkan disini yang membuatku penasaran dan tertarik ingin berkunjung kesana. Sayangnya, setting tempat sendiri kurang dieksplor terlalu jauh.

Dari segi tokoh, aku jatuh cinta dengan sosok Ben. Sejak awal Ben digambarkan sebagai sosok pria yang tampan. Ben dengan ikhlas membantu Lila menemukan Dila padahal Ben tidak pernah bertemu dengannya bahkan kemungkinannya sangat kecil sekali. Di balik itu semua, hidup Ben ternyata tidak kalah rumit. Konflik yang mendera kehidupan Ben ternyata cukup kompleks,yang membuat Ben lebih memilih bepergian dari satu tempat ke tempat lain, bukannya pulang ke rumahnya.

Aku dibuat penasaran dengan akhir dari kisah perjalanan Ben,akankah dia berhasil memenuhi janjinya dan menemukan Dila. Walaupun twist yang hadir cukup bisa tertebak, tapi aku sangat menikmati kisah ini.

Overall, sebuah kisah perjalanan yang mengharukan dan sarat makna. Melalui novel ini, kita akan belajar untuk memaafkan, berdamai dengan masa lalu dan kembali menyadarkan kita akan arti rumah dan keluarga.
"Kita semua takut akan masa depan dan segala yang akan terjadi di dalamnya, oleh karena itu kita mulai berhenti melakukan apa yang bisa kita lakukan sekarang."



--------------GIVEAWAY TIME----------------



Aku punya 1 (satu) eksemplar gratis Somewhere Called Home ney, caranya gampang banget loh:

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia. 

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @dhamalashobita 

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect), G+ atau email 

4. Share info GA ini di akun twittermu dengan mention @RizkyMirgawati dan @dhamalashobita  sertakan hastag #SomewhereCalledHome

5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, dan jawabanmu. 

Apa arti keluarga untukmu? 

6. Giveaway ini berlangsung selama 7 hari, dimulai sejak hari ini sampai tanggal  31 Juli 2016. 



Semoga beruntung!!!!!!

*******UPDATE*******

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung yang mendapatkan Somewhere Called Home. Dan yang beruntung adalah:

Elsita F Mokodompit/@sitasiska95

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter untuk alamat lengkap dan no.hpmu yang bisa dihubungi. Yang belum beruntung, tenang saja masih akan ada beberapa giveaway lain yang tak kalah menarik ya :)

46 komentar:

  1. Nama: retno
    Twitter: @retnomauli08
    Link: https://twitter.com/retnomauli08/status/757519280170610688
    Jawaban:

    Apa arti keluarga untukmu?? Untukku keluarga yang paling istimewa..kita lahir ditengah" keluarga, kita dibesarkan di sebuah keluarga. Keluarga adalah peran penting dalam membentuk kepribadian seseorang, tanpa keluarga kita akan hidup sebantang kara, keluarga tempat kita mencurahkan isi hati kita..senang maupun sedih dan keluarga tidak akan menghianati kita, buatku keluarga adalah segala-galanya..😊

    BalasHapus
  2. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/757540677471186946?p=v


    Apa arti keluarga untukmu? 


    Rumah, sekolah dan guru terbaik.

    Keluarga adalah tempat dimana aku belajar tentang semua hal mengenai dunia ini untuk pertama kalinya. Tempat aku berbagi keluh kesah dan bercengkrama. Tempat berbagi kasih sayang, cinta, tawa, suka dan duka. Keluarga adalah tempat aku bisa berlaku sebagai diri sendiri dan sewajarnya tanpa perlu segala macam topeng kebaikan duniawi. Tempat orang-orang yang mau menerima kekuranganku dan suporter yang paling kuat mendukungku. Keluarga adalah tempat yang paling peka, mengerti dan menyadari saat aku atau anggota keluarga yang lain sedang memiliki masalah. Tempat pertama kali aku merasa dicintai dan mencintai tanpa peduli akan memikirkan balasannya, karena rasa itu pasti berbalas meski tanpa perlu diucapkan. Keluarga adalah tempat pertolongan pertama saat jatuh, tempat paling jujur saat semua orang di luar sana berlomba-lomba dalam kebohongan dan membohongimu, tempat orang-orang yang peduli tanpa embel-embel dilihat baik oleh orang banyak. Keluarga itu seperti pelukan ibu, sangat nyaman dan menenangkan. Keluarga adalah tempat teraman yang pernah ada, rumah tanpa keluarga sama dengan hampa. Keluarga itu tempat kembali dan tempat pertama yang selalu diingat saat jauh. Keluarga adalah tempat pulang, satu-satunya tempat yang mau menerimaku saat seluruh orang dan dunia ini memusuhi dan membenci aku.

    Keluarga itu segalanya, tanpa mereka aku bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa :) :)

    BalasHapus
  3. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/757545600137121793

    Keluarga bagi saya adalah anugerah paling berharga yang Tuhan berikan. Mereka adalah salah satu bukti bahwa kasih sayang yang tiada batas itu ada. Keberadaan yang mematahkan teori bahwa kasih dan cinta itu berubah bahkan bisa hilang setiap detiknya. Kelurga adalah mereka, orang-orang yang harus senantiasa saya jaga. lindungi dan saya sebisa mungkin harus membuat mereka bangga. Bukan karena mereka meminta hal demikian, tapi itu adalah salah satu tanggung jawab yang harus saya lakukan. Karena hanya merekalah orang-orang yang mengasihi saya tanpa memandang warna kulit, kondisi fisik atau hal-hal yang dapat dinilai dengan materi. Mereka adalah orang-orang terbaik dalam hidup yang akan selalu mencintai saya, bagaimana adaya saya. Mereka adalah tempat kita pulang, menumpahkan seluruh keluh, kesah, lelah dan cinta di saat yang bersamaan. Mereka adalah penyemangat yang terus memotivasi saya untuk bertahan dan berjuang di tengah kerasnya arus kehidupan.

    BalasHapus
  4. Kak caranya dapat link dari tweet yang kita share itu gimana ya kak? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, bantu jawab ya.. Kamu online dari mana? Kalau dari pc/laptop kelihatan di bagian bawah setiap tweet kamu, ada icon titik tiga "selengkapnya", klik disana, nanti ada pilihan "salin tautan tweet". klik nanti akan keluar box URL tweet tersebut. Tinggal di copy /paste aja.

      Hapus
  5. Nama : Yohana
    Twitter :@MrsSiallagan
    Link Share : https://twitter.com/MrsSiallagan/status/757547832823820289
    Jawaban : Arti keluarga adalah sosok yang selalu ada untuk menyemangati, mengingatkan saya ketika saya sedang jauh dari mereka semuanya. Keluarga sebagai tumpuan harapan kebahagiaan dan juga kerinduan. Keluarga menjadi alaram untuk tetap berada dijalan yang benar. Kita senantiasa ingin memberikan yang terbaik dan untuk keluarga. Keluarga itu bukan hanya orang yang baik saja tetapi ada juga yang kurang baik dalam perilaku walaupun kita sudah satu darah dengan orang tersebut, tetapi jika kita berbuat baik terhadap dia, itulah namanya keluarga. keluarga itu saling tolong-menolong dan tidak saling membenci.

    BalasHapus
  6. Nama : Indriyas Wahyuni
    Akun Twitter : @zeredaE
    Link Share : https://twitter.com/ZeredaE/status/757548507146309632
    Jawaban:
    Keluarga adalah tempat di mana aku bisa dan bebas melakukan berbagai macam kesalahan, berbuat berbagai macam kebaikan, tempat di mana air mataku terjatuh dan tempat di mana aku mendapatkan dukungan, selalu. Tak perduli saat-saat bahagia atau kacau, keluarga adalah tempatku untuk berbagi dan tempatku untuk pulang kembali.

    BalasHapus
  7. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/757645802072215552
    Jawaban:
    Arti keluarga buat aku adalah malaikat tanpa sayap yang akan selalu ada untukku. Mendukung apapun yang baik untukku. Menasehatiku ketika aku salah. Memarahiku lalu membelikanku es krim ketika aku melakukan sesuatu yang kelewat batas. Tertawa dan menangis. Yang memasakanku makanan. Menurutku keluarga itu bukan mereka yang terikat oleh golongan darah dan DNA, tapi mereka yang mencintai kita dan kita cintai. Mereka yang selalu memikirkan kita dan kita pikirkan. Mereka yang membuat kita berpikir: AKU BISA MENAKLUKAN DUNIA KARENA MEREKA ADA BERSAMAKU.:)

    BalasHapus
  8. Nama: Yussi Maudina Ulfhi
    Twitter: @yussimaudina
    LinkShare: https://twitter.com/yussimaudina/status/757710958542200832

    Jawabanku:
    Keluarga menurutku bagaikan udara, tanpa udara takkan bisa bernapas. Keluarga menurutku bagaikan organ tubuh, ketika salah satunya sakit bagian lain ikut sakit. Keluarga itu kehangatan, kehangatan yang tak bisa didapatkan dari manapun kecuali dari keluargamu sendiri. Keluarga itu bukan hanya tentang keharmonisan, keutuhan, dan kebersamaan. Keluarga itu, selalu ada disaat senang, susah, sedih, apapun keadaanku. Ketika berada diperantauan, hal yang selalu diinginkan adalah kembali kepada keluarga, kembali berkumpul bersama orang-orang terkasih. Dan ketika memiliki masalah dengan keluarga, dan malah memilih pergi. Suatu saat pasti akan kembali, kembali pada keluarga. Aku jamin, ini belajar dari pengalaman. Keluarga yang akan menopang tubuhku, ketika dunia tak lagi mau menerimaku. Ketika aku berada dalam titik terendahku, keluargaku tidak akan pergi menjauhiku, justru menguatkan aku dan memberikan dukungan untukku, selalu. Aku tak bisa dan tak mau membayangkan, bagaimana rasanya kehilangan anggota keluarga. Pasti rasanya hampa, kosong. Keluarga bagiku sangat berarti, sangat berharga. Dan keluarga-lah alasan utamaku tetap bertahan hidup hingga kini, demi membahagiakan mereka. Membuat mereka bangga, dan membuat mereka selalu tersenyum.😊😊😊

    BalasHapus
  9. Nama: Reyza Zamzamy
    Akun twitter: @reyzamzamy
    Link share: https://twitter.com/reyzamzamy/status/757755892985057280

    "Apa arti keluarga untukmu?"

    Cukup satu kata untuk menggambarkan arti sebuah keluarga bagiku, SEGALANYA. Ya, keluarga adalah segalanya bagiku.

    Mereka itu ibarat malaikat yang memiliki rupa manusia yang Tuhan titipkan padaku. Mereka selalu menolong ketika aku merasa kesusahan, mereka selalu mengajarkan hal-hal baru kepadaku, mereka selalu tidak keberatan memberiku sesuatu yang aku inginkan.
    Pernah dulu ketika aku dilanda penyakit demam berdarah dan mengharuskan aku untuk rawat inap di rumah sakit, mereka keluargaku tidak kenal lelah untuk menjagaku. Bahkan mereka sendiri yang menawarkan diri kepada orang tuaku untuk bergantian menjagaku. Mereka menyuapiku, membantuku membersihkan diri, memberikan apa yang aku butuhkan waktu itu. Mereka juga turut khawatir ketika kondisi tubuhku kian melemah.
    Ibuku juga pernah bilang bahwa ketika aku balita dulu, keluarga terdekatku lah yang juga ikut turut bahagia dengan kehadiranku. Mereka bahkan ingin menimangku lebih lama. Ketika ibuku sibuk dan aku menangis, mereka yang berusaha agar membuatku diam dan tersenyum kembali.
    Ya, itulah keluargaku. Aku bingung, entah kata-kata romantis dan spesial apa yang tepat untuk menggambarkan mereka. Yang pasti, mereka adalah SEGALANYA bagiku.

    BalasHapus
  10. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/757788905907236866

    Apa arti keluarga untukmu?

    Arti keluarga untukku adalah kehidupan. Dari keluarga aku hidup, dan hidupku untuk keluarga. Keluarga tempatku berasal dan keluarga akan selalu menjadi tempat untukku pulang. Keluarga juga menjadi sekolah pertama tempatku belajar tentang agama, tentang kasih sayang, dan tentang kehidupan. Keluarga akan selalu ada untukku dan selalu melindungiku. Dan aku pun akan berkorban demi keluargaku.

    BalasHapus
  11. Nama : Wahyu Firmansyah
    Twitter : @wahyufears
    Link share : https://mobile.twitter.com/wahyufears/status/757862673866379264?p=v

    Jawaban :

    Sejak kecil saya hidup dengan ke dua orangtua, dan 4 orang kakak. Ketika saya beranjak SMP, keadaan yang dulunya harmonis perlahan berubah agak kritis (sekarat). Kakak-kakak sudah pada kerja, juga menikah. Tinggal saya sendiri di rumah, merawat ayah yang sedang sakit stroke. Oh iya hampir lupa, pada waktu itu Ibu juga sedang pergi kerja ke luar negeri a.k.a menjadi TKI.

    Di umur yang sebenarnya belum cukup mampu untuk merawat ayah seorang diri, akhirnya bulek menawarkan bantuan untuk merawat kakaknya (ayah saya). Singkat kata, sekolah saya jadi terbengkalai. Kurang bisa membagi waktu, antara fokus mata pelajaran dan concern dengan kondisi ayah. Pada saat saya kelas 3 SMP, dengan sedihnya ayah harus memenuhi panggilan Yang Maha Kuasa.

    Jadi intinya, arti keluarga bagi saya adalah bagaimana mengikhlaskan seseorang yang kita sayangi. Meskipun bahtera keluarga saya tidak dilengkapi dengan anggota lengkapnya, saya tetap menyayangi kakak-kakak saya. Toh pada akhirnya, hanya waktu yang bisa menyembuhkan luka. Karena sebelumnya, menurut saya. Kakak-kakak saya kurang memperhatikan kondisi ayahnya, karena terlanjur tenggelam dalam rutinitas pekerjaannya masing-masing.

    Keluarga bagi saya ialah, bagaimana menikmati sepi seorang diri. Jikalau sepi orang lain terlihat megah, mungkin karena mereka merayakannya dengan mewah.

    BalasHapus
  12. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/757957816283869186

    Jawaban : Arti keluarga bagiku adalah segalanya. Keluargaku sangat berarti dalam setiap langkah yang aku tempuh dalam hidup ini. Kalo sekiranya aku mengambil jalan yang salah, mereka akan menarikku ke jalan yang benar. Kalo sekiranya aku merasa kesepian, mereka akan hadir menemani. Kalo aku sedih, mereka akan ada untuk menghiburku. Mereka akan selalu ada dibelakang untuk mendukungku dan akan selalu mananti didepan untuk menyambut kesuksesanku. Mereka menguatkan dan mendampingi. Mereka tempat aku kembali, dimana-mana, bawaannya kangen. Mereka memotivasi aku untuk berubah menjadi lebih baik, untuk selalu memberikan yang terbaik. Mereka pembentuk kepribadianku. Meskipun begitu, mereka engga memaksakan sebagai siapa aku nantinya. Mereka selalu menerima aku apa adanya, menyayangi tanpa pamrih. Sebenernya, aku engga tau mau jawab apa. Pertanyaan ini susah dijawab. Bisanya kerasa dihati. Kalo disatuin sama pertanyaan-pertanyaan malahan muncul spekulasi yang membingungkan, engga bisa dipecahkan. Pokoknya, merasakan dan tidak bisa dijelaskan. Intinya, terima kasih banyak untuk keluargaku yang telah membiarkanku menempati rumah dengan begitu banyak lengan dan hati yang terbuka untukku. Terima kasih karena telah membiarkanku tumbuh dan berkembang tanpa merasakan retaknya ikatan diantara kami. Alhamdulillah, karena engga semua anak merasakan hal yang sama. Hehe^^

    BalasHapus
  13. Nama : puji hapsari
    Nama twitter : @airyuel
    Link share : Lihat Tweet @Airyuel: https://twitter.com/Airyuel/status/757961187015262208?s=09

    Apa arti keluarga buat aku?

    Keluarga bagi aku punya banyak makna. Beberapa diantaranya :

    Keluarga itu bukan hanya tentang mereka yg punya ikatan satu darah. Tapi keluarga itu, mereka yg selalu menegur dan menuntun kita kepada kebaikan ketika kita salah melangkah, memberikan dukungan pada kita ketika kita melemah, dan mereka yang selalu merangkul kita untuk memberikan kita rasa nyaman.

    Dan keluarga itu seperti sekolah kehidupan gratis. Karena dikelurga kita bisa dapat pelajaran dan pengalaman, banyak hal yg bisa diketahui dari keluarga, hal yg belum tentu akan kita dapatkan diluar keluarga. Entah apapun hal itu. Dan banyak pengalaman yg bisa kita ambil dari keluarga untuk dijadikan pembelajaran untuk membentuk keluarga baru dimasa depan ;)

    BalasHapus
  14. Fatimah
    @Imah_Fatma29
    https://twitter.com/Imah_Fatma29/status/758125186142965760

    Arti sebuah keluarga adalah saling memiliki, saling percaya, saling menghormati, saling melindungi dan saling berbagi rasa, saling menjaga kehormatan serta saling menjaga rahasia diantara ayah, ibu, kakak dan adik. Komposisinya tidak bisa digantikan oleh yang lain. Keluarga adalah permata yang sangat berharga bagi hidup saya, dalam keluarga kasih sayang, cinta, kebersamaan dapat saya peroleh di dalam keluarga. Tidak bisa di bayangkan jika saya hidup tanpa keluarga, mungkin saya sudah terlantar dalam kehidupan diluar sana dan merasa kesepian.
    Buat aku keluarga begitu penting ibarat harta yang tak ternilai harganya. dengan adanya keluarga kita semua bisa merasakan kasih sayang dan kedamaian didalam menjalani kehidupan.
    Didalam menjalani kehidupan tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki keluarga, hidup terasa hampa. Tidak ada yang memperhatikan kita, tidak ada senyuman bahkan derai air mata.
    Setiap manusia pasti menginginkan keluarga yang bahagia, kebahagiaan keluarga sangat terasa jika satu sama lain saling menghargai dan mengerti.
    Sesekali saya pernah merasa kesepian ketika kakak, dan orangtua saya semua telah tertidur pada saat malam hari, saat itu suasana sangat sepi dan akupun merasa sedikit takut, sehingga membuat ku sulit untuk tertidur, ingin rasanya untuk membangunkan mereka semua agar suasana menjadi ramai kembali. Itu sedikit contoh betapa berharganya keluarga itu.
    Tanpa keluarga saya mungkin saya tidak akan seperti ini hidup enak, bisa sekolah, hidup senang, dan saya merasa sangat beruntung dan bersyukur masih bisa hidup dengan keluarga yang lengkap, sedangkan banyak diluar sana yang hidup tanpa berdampingan dengan keluarganya, bahkan ada dari mereka yang dari kecil sudah di tinggal oleh keluarganya, mereka yang hidup tanpa keluarga belum tentu hidup bahagia seperti saya saat ini.
    Dalam keluarga terdapat orangtua yang dengan ikhlas merawat saya dari kecil sampai saya beranjak remaja, orang tua saya membiayai saya sekolah agar saya bisa menjadi orang yang bermanfaat dan menjadi orang yang sukses kelak nanti.
    Saya mempunyai kakak, walaupun saya sering bertengkar kakak saya sering menolong saya saat saya sedang mengalami masalah. Jadi keluarga yang terdiri dari Ayah, ibu, kakak, adik dan serta bebarapa orang lain yang masih terikat dalam hubungan darah dan saling ketergantungan akan selalu membutuhkan satu sama lain.
    Begitu besar peran keluarga dalam kehidupan kita ini, oleh karena bersyukurlah kalian yang masih memiliki keluarga yang lengkap, dan bahagiakan lah orangtua kalian sampai akhir hayat mereka.
    "Pepatah Tiongkok lama" mengatakan keluarga adalah mutiara. Begitu berharganya nilai sebuah keluarga sehingga dia disamakan dengan mutiara. Karena dari sebuah keluargalah kita lahir, tumbuh dan dewasa. Sehingga begitu dalam makna keluarga yang harus kita patrikan didalam hati kita kelak dan selamanya. Kadangkala kita dengan alasan kerja mengabaikan keluarga kita, suami, istri, orang tua ataupun anak-anak kita.
    Namun kita lupa bahwa sesungguhnya kebahagiaan sejati bukan hanya diukur dari materi namun dari kehangatan sejati yang kita peroleh dari saling berbagi dalam kebersamaan sebuah keluarga. Kita boleh bersosialisasi dengan orang diluar keluarga kita namun alangkah bijaknya jika kita juga bisa meluangkan sedikit waktu kita yang berharga untuk memberikan curah kasih pada keluarga kita.
    Dalam keluarga pentingnya komunikasi dan saling mengerti satu sama lain merupakan faktor terpenting agar terhindar dari perceraian atau perselisihan.

    BalasHapus
  15. Nama: Alyani Shabrina
    Akun: @alyanishab
    Link:https://twitter.com/alyanishab/status/758161894188482561
    Jawaban:

    Arti keluarga bagiku, mereka adalah orang-orang yang akan selalu ada kapanpun dan dimanapun. mereka adalah orang-orang yang akan senantiasa disisimu dalam suka maupun duka. mereka akan selalu menolongmu saat kamu jatuh, mengenggam erat tanganmu saat orang lain enggan untuk melakukannya. memberikan semangat dan dukungannya untukmu saat kamu mulai bangkit dari keterpurukan disaat yang lain justru meremehkanmu. mereka adalah orang-orang yang akan menjadi sumber kebahagiaan dan sumber semangatmu ketika kamu hampir menyerah dan putus asa dalam menjalani apa yang sedang kamu jalani. bagiku arti keluarga hanya bisa kamu temukan ketika kamu berada disaat terberat dalam hidup kamu. disaat kamu hampir kehilangan semangat dan harapan mereka akan selalu ada, membantu, memberi semangat dan secercah harapan bahwa di dunia ini kamu tidak hidup sendirian, kamu tidak berjuang sendirian, di belakang kesuksesan seseorang, ada peran keluarga yang tidak akan bisa terpisahkan dan tergantikan :) Buat kalian yang juga lagi mungkin membaca komentar ini, ingat selalu bahwa keluarga adalah tempat berlindung dan tempat yang paling bisa kamu percaya dibandingkan siapapun. karena mereka tidak akan pernah membuatmu kesusahan dan akan selalu menyayangi dan menjagamu.
    terakhir semoga aku punya kesempatan untuk bisa membaca novel kece ini, karena sepertinya aku baru menemukan kisah unik seperti ini, tentang perjuangan seorang gadis menemukan saudaranya sendiri, membayangkan aku yang berada di posisi itu dan harus bekerja keras untuk sekedar bisa berbicara santai dengan saudara sendiri, membuat hatiku sakit juga, padahal kalau aku yang sering ketemu dengan adikku sendiri masih suka berantem-berantem ga jelas hahaha *eh curhat. semoga novelnya laris manis ya kak, sukses juga buat kak rizky! <3

    BalasHapus
  16. Nama: Ririn S
    Tweeter: @perinduaurora
    Link Share: https://mobile.twitter.com/PerinduAurora/status/758184404292284417?p=v


    Keluarga bagiku adalah ketika semua perbedaan dapat menjadi suatu keutuhan. Tanpa keutuhan maka keluarga itu tidak akan tercipta. Karena keutuhan dan kepercayaan merupakan komposisi yang pas. Begitulah arti sebuah keluarga.

    BalasHapus
  17. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter :@ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/758203497108033536

    Keluarga bagiku adalah temapt berpulang, tempat berbagi dan tempat yang bisa menerima aku apa adanya. Keluarga itu seperti udara yang membantuku selalu bisa bernaps untuk hidup. Karena tanpa keluarga aku bukanlah apa-apa

    BalasHapus
  18. Putu Wiriastini

    @wirias3

    https://mobile.twitter.com/home?login=1468859334673


    Apa arti sebuah keluarga?

    Kata buku sih keluarga itu adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
    Tapi jauh dari materi atau persepsi mereka, aku akan mengatakan jika keluarga adalah
    harta yang tak ternilai harganya. dengan adanya keluarga kita semua bisa merasakan kasih sayang dan kedamaian didalam menjalani kehidupan.

    Kapan pertama kita mengenal warna? Di dalam keluarga, kapan pertama kita bisa berbicara? Di dalam keluarga, siapa orang yang berada di depan untuk menuntun dan ada di belakang untuk mendorong kita? Ya bagian dari keluarga. Semua di awali dengan keluarga, hidup akan kacau bila keluarga kita juga kacau. So, Family Is Number One

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama: Ellisa Rachmawati
    Nama twitter: @ellisarachma01
    Link share: https://mobile.twitter.com/Ellisarachma01/status/758241334947741696

    Apa arti keluarga untukmu?
    Untuk saya, keluarga is everything for me. Gk akan ada yg bs menggantikan. Karna kita pasti udh merasakan suka duka bareng" Walaupun gk berada di rmh atau lg di luar kota tp bareng keluarga yaa pasti berasanya udh kaya di rmh. Gk ada yg ngalahin deh pokonya. Keluarga jg adalah org" pertama yg bakal support kita selalu dan berada di pihak kita walaupun semua temen kita pada ngejauh tp keluarga ttp ada dan gk pernah berpaling. Kadang di keluarga pasti bakal terjadi masalah, tp kita gk akan renggang karna itu semua cuma ujian aja utk menguji kesabaran&kesetiaan kita. Dan gk ada tpt pulang lain selain keluarga.

    BalasHapus
  21. Eni Lestari
    @dust_pain
    https://twitter.com/dust_pain/status/758246563466489856

    Apa arti keluarga untukmu?
    bagiku keluarga adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan untukku. Bersama keluarga, aku merasa lengkap dan nyaman. Saking berharganya keluarga untukku, aku tak mau menukarnya dengan apapun, meski uang bermilyar2 sekali pun. Seberharga itulah arti keluarga bagiku 😃

    BalasHapus
  22. Nama: Asep Nanang
    Nama twitter: @asepnanang59
    Link share: https://twitter.com/asepnanang59/status/758289338312503297
    Jawaban:
    Keluarga bisa diartikan sebagai tempat untuk pulang. Tempat dimana orang-orang yang peduli dan mencintai saya berdoa dan mendukung saya untuk terus maju dan menghadapi dunia. Tempat yang menjadi awal dan akhir bagi kehidupan yang saya jalani. Tempat dimana orang-orang yang merindui dan saya rindukan tersenyum memberikan secuil cinta untuk bekal saya menghadapi padang kehidupan yang gersang. Tempat paling nyaman untuk berhenti sejenak dari kesibukan, dan keluarga merupakan satu kata paling indah yang terucap dari bibir-bibir manusia.

    BalasHapus
  23. Nama : Lendy K. Reny
    Twitter : @lendymut

    Link : https://twitter.com/lendymut/status/758310748250476544



    "Darah lebih kental daripada air"

    Ibarat hubungan manusia, keluarga adalah hubungan yang tidak mudah untuk dipisahkan.
    Tidak mudah bercerai.

    Ibarat anggota tubuh, salah satu bagian tubuh ada yang merasakan sakit, maka bagian tubuh lainnya pun ikut merasakan ketidaknyamanan tersebut.

    Ibarat sebuah team,
    keluarga adalah tempat pertama kita untuk melatih sosialisasi, kerjasama dan kekompakan.

    Maka dari itu dalam Al-Qur'an pun dijelaskan bahwa
    "Lindungilah anak dan istrimu (keluarga) dari api neraka"



    Dan itulah makna keluarga bagi saya.

    BalasHapus
  24. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Akun Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/758515661186281472

    Keluarga menurutku harta yang paling berharga di dunia, tidak bisa dibeli, tidak ternilai, karena apapun masalahmu yang sedang kamu alami hari ini merekalah yang akan ada di barisan terdepan selalu siap sedia membantumu dengan ikhlas tanpa pamrih.

    BalasHapus
  25. Nama : Tsary Aristawati
    Twitter : Tsary_Arista

    https://twitter.com/Tsary_Arista/status/758522187057889282

    Apa arti keluarga untukmu?

    Apa arti keluarga untukku??
    Mmm... sebenarnya ini pertama kalinya aku tidak tahu harus menjawab mulai dari mana, Keluarga itu.. Segalanya..

    Kenyamanan, Keceriaan, Ketenangan, dan segala rasa menakjubkan lain yang tidak akan aku temukan di tempat lain. Keluarga seperti rumah, tempat di mana aku tinggal dan berlindung. Keluarga adalah sosok yang selalu dan berdiri tepat di belakangku, memberikan support yang tidak akan aku dapatkan di tempat lain ketika aku gagal.. Keluarga adalah hal yang paling berharga.

    Berada di tengah keluarga adalah hal yang paling di tunggu setiap orang, tinggal di rumah yang "Mahal" tidak akan membuat sosok itu nyaman jika ia jauh dari keluarga. Sejauh apapun kita pergi mencari tempat nyaman, tempat itu akan tetap terasa kosong dan hampa tanpa keluarga.

    Keluarga adalah sosok pertama yang menerima kehadiran kita di dunia, memberikan senyuman dan kasih sayang yang tidak akan tergantikan. Dan setiap orang mengharapkan bahwa keluarga adalah tempat terakhir ia bernafas.

    BalasHapus
  26. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/758525808243769348

    Keluarga bagiku adlah dimana aku berasal. Tanpa mereka aku tidak akan tercipta. Dan keluarga pula alasan untuk semua perjuangan yg kulalui dalam hidup ini. Semua cita2, harapan dan pencapaian hdup ini semata2 untuk mereka. Krna hnya dgn mengingat keluarga pulalah aku bisa bertahan melalui kehidupan yg keras, kejam dan melelahkan ini. Merekalah pula yg slalu terdepan hadir dikala aku terpuruk, dan mnjdi orang pertma yg pling bahgia smpai menangis dgn amat tulus ketika moment2 pencapaianku tiba.
    Itulah mereka. Keluarga bagiku.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  27. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/758575674370117632

    Jawaban:
    Keluarga itu orang-orang yang memang selalu ada di saat kita susah dan senang. saling mendukung, tidak saling menyalahkan dan saling memberi semangat satu sama lain.

    BalasHapus
  28. Nama; Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link Share: https://twitter.com/adindilla/status/758609236758626304
    Jawaban: Keluarga itu rumah. Percaya atau tidak percaya, 2 minggu tanpa berkomunikasi dengan orang rumah, rasanya sangat resah dan kangen berat. Itu yang kerap saya rasakan di kosan. Kalau saya bilang keluarga itu penuh magic, rasanya tidak berlebihan. Sebab hanya bersama keluarga kita bisa merasakan ketenangan, bisa menjadi diri sendiri tanpa harus pura-pura atau malu, bisa tersenyum dengan ringan tanpa dipaksa, dan masih banyak bisa-bisa lainnya yang menurut saya sangat meringankan hati. Jadi kembali ke rumah dan bercengkramalah bersama keluarga, lalu sebutkan dengan lantang; "Ini keluargaku, inilah rumahku."

    BalasHapus
  29. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Link share : https://twitter.com/LelyNurvita/status/757529696867274752

    Jawaban :
    Bagiku, keluarga itu mempunyai banyak arti. Keluarga adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Allah. Mungkin hidup keluargaku gak semewah keluarga orang lain, tapi aku sangat bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk bisa berkumpul dgn keluarga sederhanaku. Keluarga adalah hal utama yg membuatku bangkit, mendukung dan memotivasi diriku utk terus maju. Aku ingin selalu membahagiakan mereka dgn caraku sendiri karena bagiku mereka terlalu berharga untuk dikecewakan. Keluarga adalah hal pertama yang bisa membuatku menangis baik tangisan bahagia maupun tidak. Terkadang aku merasa kecewa pada diriku sendiri disaat prestasiku menurun. Kenapa? Karena aku sadar aku cuma bisa membahagiakan dan menyenangkan mereka dgn prestasiku. Tapi perlahan perjalanan hidup mengajarkanku, bukan prestasi yg mampu membahagiakan keluarga. Tetapi kebersamaanlah yg membuat keluarga itu merasa bahagia. Berkumpul, saling bertukar cerita, bersenda gurau, bersama papa dan mama beserta adik-adikku. Itulah kebahagiaan keluarga yg sesungguhnya.

    Mungkin suatu saat aku akan terpisah dari keluargaku, baik karena suatu pekerjaan ataupun hal lain. Tapi bagiku keluarga tetaplah keluarga, tak ada yg mampu memisahkan hubungan keluarga walaupun jarak yang menghalanginya. Keluarga adalah hatiku. Keluarga adalah orang pertama yg akan tau keberadaanku. Keluarga adalah alasanku utk terus hidup. Tanpa keluarga, mungkin aku masih bisa berdiri dan berlari tetapi hatiku mati. Keluarga adalah segalanya bagiku. :)

    BalasHapus
  30. Nama: Ana Bahtera
    Akun: @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/758809041070022657
    Keluarga?
    Keluarga tempat kita bisa menjadi sebebas-bebasnya diri, tak akan pernah ada dendam dalam hati walaupn saling tak tegur sapa beberapa hari. Tempat kita mengadu dan menagis tersedu tanpa harus malu, tempat kita berbagi kebahagiaan tanpa ada yang ditutupi, tempat kita bisa mengerti hanya dalam diam, tempat kita bisa merasakan sakit yang dialami sesama keluarga, tempat kita pulang dari belahan dunia mana pun, tempat yang menerima kita dengan penuh kekurangan, tempat yang selalu membanggakan segala kelebihan, tempat yang selalu membela kita dalam kebenaran dan tempat yang mengkritik kita dengan pedas ketika melakukan kesalahan. Keluarga akan tetap menajdi keluarga walaupun tak satu atap tinggalnya.

    BalasHapus
  31. Nama : Iif Dwi Lestari
    Akun : @Iif_Lestari
    Link : https://twitter.com/Iif_Lestari/status/759154563437858816

    Bagiku keluarga adalah segala-galanya. Keluarga adalah tempat dimana kita pulang/kembali. Keluarga tak harus bermakna ayah, ibu, saudara, dll tetapi sahabat bisa menjadi keluarga. Dimana kita bisa merasa nyaman dan tampil adanya adalah keluarga. Keluarga adalah dimana kita bisa makan makanan sederhana serasa bintang lima. :)

    BalasHapus
  32. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @derxreads
    Link share : https://mobile.twitter.com/derxreads/status/759206499046436864?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3917914330

    Jawaban :
    Sulit untuk mengungkapkan arti keluarga menggunakan kata2. Yg aku tau keluarga itu org2 yg akan terus kita cintai dan cintai, nggak peduli seberapa sering masalah yg timbul diantara satu anggota keluarga dgn yg lainnya. Rasa cinta itu nggak akan pernah hilang. Dari keluarga lah aku belajar akan kasih sayang, rasa cinta, kehangatan sebuah keluarga, dan rasa bersyukur karena masih memiliki mereka untuk dicintai. Keluargaku segalanya untukku. Keluargaku merupakan hal yg paling berharga yg kumiliki, hal terindah yg pernah diberikan Tuhan padaku. Keluarga merupakan sumber kekuatan dlm hidup ini, sumber inspirasi dan motivasi untukku menjalani kehidupan.

    BalasHapus
  33. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91r
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/759209589439139845

    Keluarga bagiku adalah teman hidup, sumber kebahagiaan, korektor bagi sikap dan tingkah laku, pendukung dan ladang pahala.

    Mereka yang selalu berdiri di sampingku, menerima keberadaanku apa adanya, mengoreksi kesalahanku, mendukung dan siap menopang saat aku rapuh. Mereka adalah semua orang yang menyayangiku dan menjadi tempat berbagi suka duka bersama. Mereka segalanya.

    BalasHapus
  34. wening | @dabelyuphi |
    https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/759261935837835264

    bagiku, keluarga itu seperti rumah. tempat dimana aku bisa mendapatkan kenyamanan yang tidak bisa aku temukan di tempat lain. tempat yang akan selalu memberiku perlindungan saat aku terlalu takut mengahadapi dunia. tempat yang akan selalu menguatkanku dan selalu mendukungku saat aku berada di titik terlemahku. tempat untuk berbagi kesedihan dan kebahagiaanku. tempat yang mengajarkanku mana hal yang baik dan yang buruk pertama kalinya. tempat dimana aku bisa "pulang".

    selain itu, bagiku keluarga itu bukan hanya orang-orang yang mempunyai hubungan darah dengan kita. keluarga bisa kita dapatkan darimana saja, entah teman-teman yang sangat dekat dengan kita, ataupun orang yang baru pertama kali kita temui tapi langsung mempunyai tempat khusus di hati kita :)

    BalasHapus
  35. nama: visca a
    akun : @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/759333043261714432
    keluarga? keluarga adalah alasan untuk saya kembali kerumah, yah meskipun bukan rumah orang tua, karena sejak smk saya ikut nenek dan kakek. meskipun begitu saja tetap mengunjungi rumah orang tua saya setiap hari, jaraknya pun tidak jauh.
    kembali ke topik keluarga tadi, keluarga segalanya bagi saya. mereka mengajarkan banyak hal betapa kerasnya kehidupan yang harus saya lalui dan bagaimana cara agar bisa melewatinya, mereka mengajarkan untuk tetap tersenyum meskipun hati sedih. dan masih banyak lagi. tanpa keluarga saya tidak akan bisa seperti ini. tidak akan bisa menjadi apa-apa. keluarga bukan hanya sekedar mama, ayah, kakak ataupun adek, keluara mencakup semua yang masih berhubungan darah dengan saya ataupun tidak.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. nama: hani kartika sari
    twitter: @haniktsr
    link: https://twitter.com/haniktsr/status/759338390605082624

    jawaban: arti keluarga menurutku adalah oksigen. semua orang pasti tau apa itu oksigen dan seberapa besar manfaatnya, dan tentu siapapun tidak akan bisa hidup tanpa oksigen. begitu juga aku, aku tak tau bagaimana aku jadinya kalau tanpa keluargaku. terasa tak nyaman jika berjauhan dan terasa sangat aman saat bersama. mereka tak akan meninggalkanku bagaimanapun aku, kan? mereka penyemangatku, sumber kekuatanku, dan alasanku untuk selalu melakukan apapun yang membuat mereka bangga selalu berada disekitarku. mereka segalanya bagiku.

    BalasHapus
  38. Nama: Yunika Anwar
    Twitter : @yunikaanwar1
    Link : https://mobile.twitter.com/yunikaanwar1/status/759394105231376385?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5147049391


    Arti keluarga buat aku itu sebagai panutan, karena dari keluarga aku bisa belajar yg mana yg baik yg mana yg buruk, keluarga juga tempat sosialisasi aku yg pertama, keluarga adalah orang-orang yg selalu siap ngelindungi dan ngebela aku dibarisan paling depan dan keluarga juga tempat aku kembali untuk pulang sejauh apapun aku pergi. Karena keluarga gk pernah bisa diganti oleh apapun didunia ini

    BalasHapus
  39. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/759574195214745600

    Bautku keluarga itu sangat penting ibaratnya seperti sebuah harta yang tak ternilai harganya (yang tidak bisa dibeli dan juga diperjualbelikan). dengan adanya keluarga kita semua bisa merasakan kasih sayang dan kedamaian didalam menjalani kehidupan. Cinta kasih yang diberikan oleh sebuah keluarga merupakan sebuah dukungan untuk kita dalam menjalankan semua liku-liku kehidupan.

    Keluarga bagiku itu udah seperti rumah tempatku berpulang ketika aku tersesat, guru yg menuntutku untuk menjadi seseorang yg lebih baik, sekolah tempat aku menuntut ilmu dari sebelum aku dilahirkan, keluarga yang selalu dan setiap waktu mau menerima ku apa adanya tanpa memandang atau membandingkan dgn orang lain.
    Dan mereka semua adalah keluargaku.
    Sekain.
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  40. Nama: Ummi Haniefa Dharmayanti
    Twitter: @ummi_hnf
    Link share: https://twitter.com/ummi_hnf/status/759675233355771904
    Jawaban:
    Apa arti keluarga untukmu?
    Buatku, keluarga itu segalanya. Sebuah tempat untuk pulang di dunia.
    Buatku, keluarga itu hal yang paling aku cintai melebihi dunia. Sebuah tempat yang bisa menerima dan memberi.
    Buatku, keluarga itu tidak bisa digantikan dengan apapun. Sampai-sampai luka karena kehilangan salah satu anggota keluarga pun tidak bisa sembuh, tetap menganga sampai kapan pun.
    Buatku, keluarga itu suatu hal yang aku pun nggak mau pisah dengan mereka. Sampai diakhirat pun, aku ingin tetap bersama keluargaku.

    BalasHapus
  41. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @larasta_
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/758563635949998080?p=v

    Keluarga? Mereka adalah darah ku. Kita berbagi tempat bersama di satu rumah mungil. Ayah, Ibu, dan Kakak, mereka adalah malaikat-malaikat ku. Aku hidup dan mengabdi dengan mereka selama setengah hidupku tapi mereka selalu ada dan mengasihi aku selama seumur hidupku. Mungkin aku selalu membuat mereka kesal dan marah, mungkin aku selalu kekanakkan di hadapan mereka, mungkin juga aku selalu tampil sok kuat dihadapan mereka. Tapi di balik itu semua aku lemah, aku marah dan kekanakkan karena aku selalu merasa mereka kurang memperhatikan aku. Padahal aku sendiri tahu kalau mereka selalu ada dan memperhatikan aku. Aku akan merasa hampa jika tanpa mereka! Tanpa Darahku! Buat apa aku menghirup oksigen jika aku hidup tanpa darahku?

    BalasHapus
  42. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Link share : https://mobile.twitter.com/lailiyah_anis/status/759740730973696005?p=v

    Selalu kesulitan menjawab, setiap ada pertanyaan, apa arti keluarga untukmu? Tapi jangan salah faham, bukan berarti keluarga tidak penting untuk saya tapi lebih ke... apa yaa... susah sekali untuk mendeskripsikan dengan kata-kata bagaimana sangat berharganya keluarga dalam kehidupan saya.

    Definisi keluarga sendiri menurut saya adalah mereka yang tahu sejelek-jeleknya sifat saya, seburuk-buruknya kelakuan saya, dan satu lagi sekonyol-konyolnya tingkah saya wkwkwk misalnya aja nih kalo di rumah saya suka nyanyi + nari-nari India nggak karu-karuan gitu (saya kan pecinta film-film Bollywood :D ) tapi di rumah nggak ada yang ngetawain saya tuh coba aja kalo narinya di luar pasti saya udah langsung dimasukin ke rumah sakit jiwa, misalnya lagi kalo di rumah saya orangnya suka ngambek, sensitif, suka marah-marah juga kalo ada sesuatu yang nggak sesuai (tapi sekarang udah dikurangi kok sifat-sifat buruk seperti itu :) ) tapi mereka nganggap ini bukan sebuah hal yang serius karena mereka faham saya akan normal kembali beberapa menit kemudian :D sepele memang tapi bagaimana kalo saya melakukan itu dengan orang lain, beuuhh bisa berabe, bisa langsung nggak saling sapa selamanya. Intinya sih, keluarga adalah mereka yang mau menerima kita kembali setelah kita melakukan sebuah kesalahan yang fatal sekalipun karena cinta dan kasih sayang yang mereka berikan untuk kita itu abadi, selamanya, tak akan pernah lekang oleh waktu (kayak lagunya Kerispatih wkwkw)

    Oke, kembali ke pertanyaan, apa arti keluarga untukmu?
    Ibu saya pernah bilang, "Nak, sholatnya yang rajin ya, jangan jauh-jauh sama Gusti Allah, biar di surga nanti kita masih bisa berkumpul seperti ini, lengkap, tidak ada yang kurang satupun"
    Dan saya selalu berusaha melakukan apa yang diucapkan ibu saya tadi karena saya sangat ingin di surga nanti saya masih bisa berkumpul bersama keluarga saya, lengkap, tidak ada yang kurang satupun. Aamiin.
    Mungkin ilustrasi di atas bisa sedikit mewakili betapa berharganya keluarga dalam kehidupan saya, mereka itu numero uno :)

    Terimakasih banyak atas kesempatannya :)

    BalasHapus
  43. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/759762781117689862
    Jawaban: Bagiku keluargaku adalah bintangku. Bintang yang selalu ada untukku yang selalu menerangi malam-malamku. Bintang yang selalu menerangi hidupku. Bintang yang selalu setia menemaniku dalam suka maupun duka, yang tidak akan pernah memancarkan sinar yang redup. Keluargaku, ayah dan ibuku selalu ada untukku, mereka yang selalu mendukungku untuk meraih impian dan cita-citaku. Mereka jugalah yang selalu mengingatkanku dikala aku salah melangkah, yang selalu menerangi jalanku layaknya bintang agar aku tidak tersesat dan merekalah yang pertama kali menyambutku disaat aku sampai ditujuanku.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  44. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/759765495100821504

    Bagiku, keluarga itu seperti darah. Filosofi yang aku pahami dari ungkapan darah lebih kental dari air. Darah adalah cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Selain itu, darah punya banyak fungsi lainnya seperti memberikan nutrisi, mengangkut hasil metabolisme dan sebagainya. Kehilangan darah dapat mengakibatkan kematian.
    Sama halnya dengan keluarga, mereka adalah orang-orang pilihan Tuhan yang dipercaya mendampingiku selama berada di dunia. Mereka merawatku, memberikan kasih sayang yang akhirnya membentuk diri dan karakterku seperti sekarang. Tanpa darah, manusia tidak bisa hidup. Tanpa keluarga juga, aku nggak bisa bertahan hingga sejauh ini :')

    BalasHapus
  45. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Link share : https://mobile.twitter.com/ruth_shiela/status/759776842114928642?p=v
    Jawaban :
    Ketika ditanya tentang arti dan makna keluarga bagimu, aku selalu teringat sebuah quotes dari film Lilo and Stitch. Quotes itu adalah : Ohana means family. Family means nobody gets left behind or forgotten (Ohana berarti keluarga. Keluarga artinya tidak ada seorang pun yang akan ditinggalkan atau dilupakan).
    Bagiku quotes ini begitu berkesan.
    Ya, di dalam keluarga, kita akan selalu diterima dengan hangat.
    Mereka akan selalu ada untuk kita di saat suka maupun duka.
    Ketika kita sedang berada dalam masa-masa sulit dan merasa bahwa orang disekitar kita pergi meninggalkan, keluarga akan selalu siap menerima dan berada disisi kita memberikan dukungan.
    Ketika kita berada jauh pun, keluarga tidak akan pernah bosan menanyakan kabar kita.
    Ikatan kita dengan keluarga sangatlah besar. Pasti akan selalu ada momen-momen kita merindukan mereka. Maka tidak heran ketika tiba saatnya mudik, kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu untuk pulang dan bersilahturahmi dengan keluarga.
    Jadi ketika ditanya arti keluarga bagiku, jawabanku adalah segala-galanya.

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design