Senin, 01 Agustus 2016

[Book Review] The Chronicles of Audy : 4R

Judul Buku : The Chronicles of Audy 4R
Penulis : Orizuka
Penerbit : Haru
Tebal : 320 Halaman
Terbit : Juli 2013
Available @bukupedia

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy. 

-----------------------

Novel ini mengisahkan tentang kehidupan Audy Nagisa. Audy adalah mahasiswi tingkat akhir, 22 tahun yang baru pertama kali sepanjang kuliahnya meraih nilai yang sangat memuaskan. Hal ini membuat IPKnya naik, sehingga tidak perlu lagi mengulang mata kuliah dan bisa fokus ke skripsinya.

Namun, semua kebahagiaan itu hanya sekejap saja, Audy harus menerima kenyataan bahwa orangtuanya tidak sanggup membayar uang kos bahkan kuliahnya. Audy harus memutar otak untuk mencari tambahan uang dengan mencari lowongan pekerjaan. Akhirnya, Audy yang merasa tidak punya keahlian khusus yang berarti memutuskan untuk mencoba melamar sebagai "babysitter". Hal inilah yang membawa Audy ke dalam kehidupan keluarga 4R yang berisi 4 cowok tampan yang "ajaib" dengan karakter yang berbeda-beda.

Karena tergiur gaji dimuka, tanpa ragu-ragu Audy pun langsung menandatangani kontrak kerjanya. Dibayangan Audy, dia akan menjadi "babysitter", ternyata dia harus menerima kenyataan untuk menjadi pengasuh Rafael, anak bungsu yang berusia 4.5 tahun. Sayangnya, Rafael bukanlah anak kecil biasa, selain itu Audy pun harus pasrah menjadi pembantu di keluarga 4R
"Baru beberapa hari tinggal bersama empat cowok ini, aku sudah bisa merangkum sifat masing-masing dalam satu kalimat. Regan, nama kode R1, adalah sosok yang nyaris sempurna, pekerja keras, tapi perhitungan. Romeo, R2, adalah sosok pemalas yang takut air, senang bermain, walaupun paling ramah. Rex, R3, adalah sosok terpelajar yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk prestasi akademis, tapi tertutup dan sensitif. Sedangkan Rafael, si bungsu, R4, adalah sosok balita gadungan yang memiliki semua sifat-sifat kakaknya."
Akhirnya, menemukan satu lagi novel yang membuatku jatuh cinta saat membacanya. Aku suka sekali bagaimana Orizuka mampu meramu kisah Audy dan 4R ini menjadi suatu kisah yang istimewa dan sulit untuk dilupakan. 

Karakter Audy dan anggota 4R, Regan Romeo Rex dan Rafael begitu hidup, sehingga membuatku begitu larut dengan kisah mereka. Audy yang awalnya merasa ditipu dan terjebak harus menjadi pembantu di keluarga 4R, akhirnya malah bisa menjalin chemistry yang begitu kuat dengan keempat cowok ini.

Suka sekali bagaimana awalnya Audy yang setengah terpaksa menjadi pembantu di keluarga 4R malah terlibat lebih dalam dengan keempat anggotanya. Pekerjaan membersihkan rumah pun tidak terlalu terasa berat, yang ada Audy harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan Regan, Romeo, Rex dan Rafael. Tidak hanya itu, Audy pun harus menghadapi persoalan serius dengan skripsi dan hatinya yang ternyata tertarik dengan salah satu anggota 4R.

Regan, Romeo, Rex dan Rafael membuktikan bahwa walaupun dari segi sifat dan karakter mereka berbeda, tetapi mereka tetap keluarga. Mereka mendukung dengan caranya masing-masing. Mereka yang sudah lama hidup tanpa orang tua, bisa saling bahu membahu membangun keluarga mereka. Walaupun keluarga mereka bukanlah keluarga yang sempurna, ada saja kekurangan yang tampak, tetapi rasa sayang satu lama lain itu begitu terpancar kuat.

Membaca novel ini mengalir banget, Orizuka seperti biasa mampu membuat cerita yang biasa menjadi istimewa, membuat pembaca bisa larut dengan kisah yang disajikan. Walau temanya lebih ke keluarga, tapi aku benar-benar merasakan feelnya saat membaca novel ini, seakan aku berada bersama Audy dan 4R. 

Ada banyak sekali adegan favoritku dalam novel ini, tetapi yang paling berkesan adalah saat Rafael mengikuti lomba di sekolahnya dan ketiga kakaknya sudah berjanji datang, tetapi ternyata di hari H sama sekali tidak ada yang datang, hanya ada Audy saja. Terasa sekali betapa kecewanya Rafael, ternyata Rafael tetaplah anak kecil biasa, walau selama ini sikapnya layaknya orang dewasa, ternyata dia juga butuh perhatian dan kasih sayang kakak-kakaknya. Terharu sekali.

Overall, sebagai pembuka seri Chronicles of Audy, novel ini sungguh menarik sekali. Karakter yang kuat, chemistry yang dibangun secara perlahan, cerita dan kemasan yang menarik membuat novel ini sungguh layak dinikmati. Membuatku penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya dengan 4R dan Audy :)

Kamu membutuhkan novel bertemakan keluarga yang bisa menghibur dan menghangatkan hati, aku rekomendasikan novel ini untukmu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design