Senin, 15 Agustus 2016

[Book Review] Istanbul --------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Istanbul
Penulis : Retni SB
Penerbit : Grasindo
Tebal : 248 Halaman
Terbit : Agustus 2016
Hanis telah jatuh cinta dengan Istanbul sejak sebelum mengunjunginya. Bahkan, Hanis menjadikan Istanbul sebagai tempat honeymoon-nya dengan Edhu, tunangannya. Namun, rencana pernikahan Hanis dan Edhu batal hanya satu hari sebelum hari H. Istanbul pun menjadi ingatan tentang luka.

Akan tetapi, Hanis tetap mengunjungi Istanbul bersama adik dan sahabatnya. Ia ingin menghadapi langsung luka hatinya. Ternyata Istanbul bukan hanya tentang luka. Ketika di sana Hanis menemukan banyak hal, kisah-kisah, dan juga sebuah nama. Garu.

-------------------------
Istanbul adalah salah satu novel dari seri terbaru Penerbit Grasindo "A Love Story : City" yang mengangkat kisah cinta dari kota-kota cantik di dunia. Istanbul mengisahkan tentang Hanis, anak kedua dari tiga bersaudara. Hanis berasal dari keluarga broken home, orang tuanya bercerai karena papanya memilih untuk menikah dengan wanita lain dan mencampakkan mamanya begitu saja.
"Perempuan, jika sudah tersakiti hatinya, memang mampu melakukan apa saja. Dia dapat menjadikan lukanya sebagai energi dalam menghadapi dunia. Amarah dalam dada dapat menjadi api bagi semangatnya. Cibiran dan tatapan iba dari orang lain justru dapat dijadikannya baju zirah bagi kerapuhan."(hlm.2)
Setelah perceraian kedua orang tuanya, keluarga Hanis yang dulunya hangat menjadi kelam. Mamanya memilih untuk menyibukkan diri dengan pekerjaan, Banu abangnya memilih untuk menjadi relawan di daerah konflik, adiknya Irsa malah lebih menutup diri dan tenggelam dalam kesedihan sedangkan Hanis memilih untuk sibuk dengan bisnis online. Untungnya Hanis punya Edhu, kekasih yang sudah 3 tahun menjalin hubungan dengannya dan Unay, sahabatnya yang selalu menjadi tempat curhatnya atas segala kemelut hidupnya.

Singkat kata, Hanis pun semakin mantap untuk serius dengan Edhu. Hanis pikir jika dia butuh teman hidup yang bisa bantu menguatkan hatinya dan siapa tahu bisa menghangatkan kembali keluarganya. Sayangnya, rencana ini tidak didukung penuh oleh Edhu. Edhu belum berpikir untuk menikah dalam waktu dekat karena alasan pekerjaan. 
"Masih ada banyak target yang harus kucapai sebelum umur 30. Aku juga belum berada pada satu titik aman yang membuatku yakin untuk berkeluarga, yakin bisa kasih segala hal yang terbaik untuk anak istriku. " (hlm.21)
Namun, setelah Edhu melihat Hanis semakin dekat dengan Andri, Edhu cemburu. Edhu yang awalnya biasa saja soal pernikahan, malah berani untuk mengajak Hanis menikah. Tidak menunggu lama, segala persiapan pernikahan pun digelar. Sayangnya, 1 hari sebelum hari pernikahan Edhu dan Hanis, Edhu memutuskan membatalkan pernikahan mereka. Hanis patah hati sedalam-dalamnya, semua rencana bahagia hancur sudah. Belum lagi harus menanggung malu dan pertanyaan yang datang dari keluarga maupun para undangan tentang pembatalan pernikahannya.
"Kenapa orang-orang tidak bisa membiarkan sebuah peristiwa buruk segera lenyap dari keseharian? Kenapa harus selalu diingatkan? Kenapa gemar menaburkan garam di atas luka-lukanya? Kenapa dia tak dibiarkan menata kembali hidupnya dengan tenang?" (hlm.60)
Hanis hampir melupakan rencana honeymoon ke Istanbul sampai Unay mengingatkannya. Unay pun malah mengajak Hanis untuk tetap pergi ke Istanbul bersama Irsa, adiknya untuk berlibur. Bagaimana kelanjutan kisah Hanis? Akankah Hanis bisa menyembuhkan luka hatinya dan menemukan kebahagiaannya di Istanbul?

Membaca novel ini sungguh menyenangkan sekali. Mengambil setting Bandung dan Istanbul, kali ini Mba Retni Sb mengajakku menemani Hanis menyembuhkan luka hatinya. Rasanya sungguh tidak mudah, keluarga berantakan kemudian pernikahan gagal hanya 1 hari sebelum hari bahagia itu pastinya sungguh menyakitkan sekali. Untungnya Hanis punya keluarga dan sahabat seperti Unay yang selalu berada di sisinya. 

Aku suka bagaimana Mba Retni Sb secara perlahan mengubah kehidupan Hanis yang berantakan karena cinta, kembali ada secercah harapan ke Istanbul. Perjalanan ke Istanbul mengubah hidup Hanis, termasuk perasaannya terhadap Edhu. Hanis tak menyangka perjalanan ke Istanbul akan mempertemukannya dengan orang-orang yang mengubah hidupnya. Pertemuannya dengan Shahed dan Garu memberikan warna tersendiri dalam hidupnya. 

Setting Istanbul benar-benar memanjakanku sekali, tidak sekedar tempelan saja. Aku seperti diajak berwisata mengelilingi Istanbul, mulai dari Istana Topkapi, Blue Mosque, Jembatan Galata, Polmabahce Palace, Hagia Sophia. Kemudian jalan-jalan ke Coppadocia naik balon udara dan menikmati matahari terbit. Hingga terakhir ke Konya, melihat Museum Melvana dan mengunjungi peristirahatan terakhir penyair terkenal, Jalaluddin Rumi serta menonton pertunjukan Whirling Dervishes, tarian sufi yang terkenal. Baru membaca saja, aku bisa membayangkan betapa menyenangkannya perjalanan ke Istanbul, bisa jadi referensi buat kamu yang ingin berkunjung kesana nih.

Selain itu, ada banyak kuliner Istanbul yang juga wajib dicicipi loh, ada pide, simit, elti pilav, dolma, baklava, cacik, balik ekmek yang baru membacanya saja sudah bikin aku kelaparan dan meneteskan air liur.

Aku suka sekali bagaimana Mba Retni Sb membuat perjalanan ke Istanbul sebagai perjalanan penyembuhan hati bagi Hanis. Pertemuan dengan Garu, pria yang dingin namun ternyata bisa berubah menjadi hangat. Suka sekali dengan momen berdua Hanis dan Garu saat mereka melakukan perjalanan ke Konya, apalagi saat mengunjungi Museum Melvana.
"Apa pun yang kau dengar dan katakan (tentang cinta), Itu semua hanyalah kulit. Sebab, inti dari cinta adalah sebuah rahasia yang tak terungkapkan." (hlm.136)
Membaca novel ini mengingatkan kita bahwa di balik semua kesedihan pasti akan terselip kebahagiaan. Seperti Hanis, yang harus menjalani patah dan sakit hati terlebih dahulu sebelum menemukan kebahagiaannya.
"Hidup adalah sebuah penjelajahan, dengan pernikahan sebagai bahtera dan cinta sebagai bahan bakar. Dalam perjalanannya akan dijumpai banyak kejadian, kesadaran, keyakinan, ketangguhan, kepasrahan, selain juga keraguan, ketidakpastian, dan mungkin juga kegagalan ...yang tak mudah diprediksi sejak awal. Tapi, bukankah memang demikian hakikat kehidupan?"(hlm.244)
---------------GIVEAWAY TIME--------------


Aku punya 2 (dua) eksemplar gratis Istanbul, caranya gampang banget loh:

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia. 

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan@grasindo_id

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect), G+ atau email 

4. Share info GA ini di akun twittermu dengan mention @RizkyMirgawati dan @grasindo_id sertakan hastag #Istanbul

5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu. 

Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi? 

6. Giveaway ini berlangsung selama 7 hari, dimulai sejak hari ini sampai tanggal 21 Agustus 2016.

Semoga beruntung!!!!!!

50 komentar:

  1. Nama: Sharie
    Twitter: @nAshari3
    Link Share: https://twitter.com/nAshari3/status/765101702257278976
    Domisili: Cikampek
    Jawaban: Tempat yang pertama kali akan aku kunjungi adalah Miniaturk, TMII'nya Turki. Disana ada 122 model replika bangunan terkenal di Turki. Jadi, dalam satu tempat saja aku sudah dapat melihat semua bangunan yang ada di Turki, walaupun hanya miniaturnya saja. Setelah ke tempat ini, siapa tau aku bisa dapat "ilham" untuk destinasi tujuan berikutnya.

    BalasHapus
  2. Nama: Tiana Yuthi Musadad
    Akun twitter: @yuthi_tiana
    Link share: https://twitter.com/yuthi_tiana/status/765106948085657600
    Domisili: Prabumulih, Sumatera Selatan
    Jawaban:Ke Hagia Sophia

    BalasHapus
  3. Nama : della salsabila
    Twitter : @dellasalsbl
    Link share:
    https://twitter.com/dellasalsbl/status/765105567702487041
    Domisili : jakarta selatan

    Jika punya kesempatan untuk pergi ke istanbul?? Hoaaa of course firstly aku akan mengunjungi hagia sophia!!๐Ÿ˜๐Ÿ˜ omg hagia sophia termasuk salah satu masjid yg masuk kedalam list keduaku setelah masjid nabawi jika aku punya kesempatan keliling dunia!๐Ÿ˜ how beautiful that mosque!๐Ÿ˜ setiap aku ngeliat fotonya aku selalu terkagum kagum dengan arsitekturnya dan kemegahannya kok bisa sih arsiteknya bikin bangunan seindah itu?๐Ÿ˜ aku sampai berfikir, butuh berapa lama hagia sophia dibangun saking besarnya?? Baru liat difoto aja udah amazing banget, apalagi lihat langsungnya?? Pasti berkalikali lipat lebih indah๐Ÿ˜ yahh awalnya sihh memang hagia sophia itu dipakai sebagai gereja, tapi udah beralih kok jadi masjid. (Of course karna banyak muslim disana) aku sempat berangan angan suatu hari aku akan merantau ke turki kali aja aku ketemu jodohku disana wkwk kakak tau kan gimana paras nan rupawan orang2 turki?? Kaya diserial film turki di tv2 tuh pada mancung2 hihihi, nanti (insyaallah) kalo bener2 bisa ke turki dan mampu biayanya aku mau menikah di masjid hagia sophia bersama calonku uwwwww๐Ÿ˜ aminnn! Hehe

    BalasHapus
  4. Wardah
    @missfiore_
    https://twitter.com/missfiore_/status/765110567249940480
    Jogja

    Kurkcu Han! Ketimbang destinasi wisata atau tempat-tempat turis, saya lebih pengen ke Kurkcu Han. Kurkcu Han ini nama toko benang yang direkomendasikan banyak orang untuk dikunjungi kalau lagi di Istanbul. Letaknya di antara Grand Bazaar dan Spice Bazaar (kalau aku cari di internet hehe). Kabarnya banyak toko-toko lain juga di sekitar sana. PASTI DI SANA SURGAAA!! Benang di mana-mana bo! Bayanginnya aja udah bikin ngiler.
    Turki ini terkenal sama benangnya yang baguuuuuuuuus banget. Sebagai seorang perajut--juga penimbun benang--tempat yang harus saya kunjungi pertama kalau ke Turki jelas toko benang! Pas googling, ketemulah Kuckcu Han. Lihat fotonya aja udah bikin mupeng cobaaaa. Pengen banget belanja benang turki langsung di turki. Duh jadi pengen beneran. ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii mba Wardah, salam kenal.
      Jaaahh,, tetep yah bubu rajut mah dimana2 nyarinya benang. Wkwk..
      Saya juga mupeng bener mba lihat itu benang "pabalatak" kalau kata orang Sunda tuh. Ahhh,,, pengen ke sanaaa juga. ^^

      Hapus
  5. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Link Share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/765117846821019648
    Domisili : Cimahi Bandung
    Jawabannya : JIka mengunjungi Istanbul maka saya pengen ke Emirgan Park alasannya karena di musim festival sekitar bulan April dimana bunga Tulip bermekaran. Kebetulan sedari dulu saya suka banget sama bunga Tulip. Yang konon katanya memang berasal dari Istanbul Turki bukan dari Belanda.

    BalasHapus
  6. Nama : Prisma Winda
    Twitter : prisma_30
    Link Share : https://twitter.com/Prisma_30/status/765129973095014400
    Domisili : Jakarta Selatan

    Jawaban : Jika bisa dapat kesempatan untuk pergi ke Istanbul,Turki saya memilih pertama kali untuk mengunjungi Galata Tower dan Maiden's Tower karena sering banget liat drama-drama Turki yang scene nya lagi disana dan itu bagus banget.Trus aku pengen ke Galata Bridge sambil makan dan minum di restauran sepanjang jembatan sambil liatin sungainya yang jernih banget.Trus aku mau ke Aya Sofya yang menjadi bangunan ikonik di Istanbul.Trus yang terakhir aku mau ke Istiklal Street karena disana banyak banget berbagai macam jenis toko dan restauran dan disana juga padat banget sama pejalan kaki.

    BalasHapus
  7. Nama: hakimah putri
    Twitter: @kimah_khimah
    Link share: https://mobile.twitter.com/kimah_khimah/status/765141494671880192?p=v
    Domisili: Bekasi

    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi?

    Banyak tempat yg ingin dikunjungi di Istanbul ada maiden's tower, hagia sophia, emirgan park dibulan april. tapi yg pertama ingin dikunjungi itu basilica cistern. Kerena Ruang bawah tanah ini punya atsmosfer yg agak sedikit seram, tempatnya agak sedikit gelap dengan penerangan minim, jadi berasa berada di film-film thriller menegangkan gitu :) bangunan ini arsitekturnya juga menarik karena memang dulu ini adalah sebuah gereja.

    BalasHapus
  8. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/765193180128026624
    Domisili : Aceh

    Dari dulu aku paling suka dengan keindahan dan keunikan tersendiri dari monumen2 tiap masjid yang ada di daerah-daerah tertentu.
    Jadi, jika aku berkesempatan pergi ke Istanbul, hal yang paling pertama kaki ku melangkah adalah ke Masjid Biru yang ada di Istanbul.
    Aku ingin sekali melihat keindahan dan bukti kecintaan umat islam di istanbul terhadap pembangunan rumah Allah. Karena kau percaya, semakin besar kecintaan suatu kaum terhadap islam, maka semakin besarlah bangunan rumah Allah. Bukan maksud untuk dipamerkan dan tergantung juga dari perekonomian daerah tsb.

    Nah, di masjid Biru ini tidak hanya pemandangan dan keunikan ukiran2 yang ada didalam masjid saja yang dapat aku nikmati nantinya, tapi halamannya juga penuh dengan tanaman2 yang mengelilingi setiap pohon yang ada dipekarangan. sehingga menambah keindahan dan kesejukan juga rasa nyaman bagi orang2 yang datang ke masjid Biru ini.

    Rasanya seperti berada di surga versi dunia jika aku berkempatan bisa menjejakkan kakiku di masjid indah istanbul yang satu ini.

    Sekian.
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  9. Nama : Evita Yudistianti
    Twitter : @mnot1004
    Link share : https://twitter.com/mnot1004/status/765217643041128449
    Domisili : Malang

    Aku jarang dengar "Istanbul" sebagai destinasi wisata. Istanbul, Turki...sepertinya tempat yang indah seperti di telenovela-telenovela, gereja Chora? Karena yang aku tau dari sebuah jurnal, disana merupakan museum dengan seni Kristiani dan Islami. Mari bayangkan sejenak how beautifully-odd is that!

    BalasHapus
  10. Nama : YENI RAHMAYANTI
    Akun Twitter : @yennyrahma_13
    Domisili : Garut,Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/yennyrahma_13/status/765337399442313217?p=v

    Tempat pertama yang ingin aku kunjungi saat berkunjung ke Istanbul adalah Hippodrome yang menjadi pusat aktivitas olahraga dan bertemunya warga kota (mungkin mirip seperti GBK kalau di Indonesia).Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia atau juga basilica cistern.Jadi setelah puas di Hippodrome,bisa sekalian juga berkunjung kesana :-)

    BalasHapus
  11. Nama: Alyani Shabrina
    akun twitter: @alyanishab
    link share: https://twitter.com/alyanishab/status/765388362685435905
    Domisili: Semarang, jawa tengah
    jawaban:

    jika aku punya kesempatan untuk pergi ke istanbul, tempat pertama yang aku akan kunjungi adalah blue mosque!!! aku baca dari beberapa artikel di internet bangunan ini sangat megah dan sudah dibangun beberapa abad yang lalu, dan sampai sekarang masih berdiri kokoh. kalau aku bisa memilih waktunya juga aku akan memilih untuk datang pada sore hari dan akan berada disana hingga malam hari. karena katanya saat malam masjid ini akan dipenuhi dengan hiasan lampu yang berwara biru, pastinya pemandangan yang akan sangat memanjakan mata. <3 pastinya setelah itu aku akan berkeliling istanbul untuk mencicipi beraneka ragam masakan khas istanbul! sungguh jalan-jalan yang mengasyikkan walau hanya sekedar dibayangkan :)

    BalasHapus
  12. Putu Wiriastini

    @wirias3

    https://twitter.com/wirias3/status/765388610690437121

    Domisili di Bali.. Emng sih bukan agama islam, karena tukri kan mayoritas muslim, tapi kalok ada kesempatan kenapa enggak. Aku akan cari wisata disana yang indah di jembatan Bosporus.. Kebetulan ayah kerja di kapal pesiar dan dia dapet kesempatan berlayar di turki dan katanya dia sempet ke jembatan itu.. Jd pengen, disana indah, nuansa romancenya dapet gak kalah sama Paris pokoknya the best deh..

    BalasHapus
  13. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/765388843507863552
    Domisili : Gresik - Jatim

    Tempat apa yang pertama kali ingin saya kunjungi tentu saja Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmet, Masjid yg dulu sering banget saya lihat di kalender-kalender sebelum mengenal internet, jadi saya ingin memastikan seberapa megahnya Masjid Biru ini. Tempat kedua yaitu Hagia Sophia, salah satu landmark paling terkenal dengan sejarahnya yg luar biasa dari bangunan bekas gereja & juga masjid yang sekarang menjadi museum, wajib dukunjungi. Tempat ketiga yang saya tuju yaitu Grand Bazaar, tak lengkap kalau ke Istambul lalu pulangnya tak membawa oleh-oleh khas, nah disini banyak banget mulai dari pecinta fashion, barang antik, kerajinan kulit, aneka furniture, segala macam kebutuhan ada disini, siap-siap bawa uang banyak untuk belanja di pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia ini.

    BalasHapus
  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/765417114345742337
    kota tinggal: Serang

    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi?

    Sultan Ahmed Mosque (Blue Mosque)yg merupakan masjid bersejarah di Istanbul dan menjadi tempat wisata populer di Turki. Masjid Biru ini megah banget, dan interiornya di lukis dengan tangan, cantiq deh. Pada malam hari masjid ini bermandikan cahaya biru sebagai lampu yg membingkai lima kubah utama masjid, enam menara dan delapan kubah sekunder.
    Melihat di gambar aja udah terpukau, apalagi kalo melihat langusng dgn mata kepala sendiri.
    Mudah-mudahan aja bisa punya kesempatan ke sana :D

    BalasHapus
  15. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/765431271761686528
    Gorontalo

    Kalau saya berkesempatan ke Istanbul, tempat pertama yang ingin saya kunjungi adalah Topkapi Palace atau yang dulunya adalah tempat tinggal Sultan Ottoman. Arsitekturnya yang klasik dan megah ala negeri dongeng, plus cerobong asap yang sangat tinggi benar-benar menggugah rasa penasaran saya untuk menikmati keindahan tempat tinggal kekaisaran Islam disana. Pasti ada banyak sekali goresan-goresan sejarah kehidupan para sultan dan keluarganya dan juga fakta-fakta sejarah Islam yang belum saya pernah peljari sebelumnya

    BalasHapus
  16. Nama : Neni Arwanda
    Twitter : @NeniArwanda95
    Link Share : https://twitter.com/NeniArwanda95/status/765439218923384833
    Kota Tinggal : Jakarta Pusat

    jawaban : Topkapi Palace (Istana Topkapi), dari dulu penasaran banget sama yang namanya istana. Kadang cuma bisa mengimajinasikan sebuah istana cuma didalam pikiran. Jadi, kalau diberi kesempatan ke Istanbul, aku mau banget pergi ke Istana Topkapi. hehehe.

    BalasHapus
  17. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/765467137544638464
    Domisili : Jepara

    Tempat yang ingin saya datangi pertama kali jika berkesempatan ke Isntanbul adalah Blue Mosque. Selain karen masjid ini sebagai icon negara dan sangat terkenal dengan keindahan arsitekturnya, menurut saya di mana pun saya pergi hal pertama yang harus saya ketahui adalah lokasi shalat. Entahlah mungkin karena kebiasaan kalau bepergian. Itulah kenapa Blue Mosque harus menjadi tujuan utama agar saya tahu tempat di mana saya bisa bertemu Tuhan.

    BalasHapus
  18. nama :indriyas
    akun twitter :@zeredaE
    link share :https://twitter.com/ZeredaE/status/765487790196797441
    kota tempat tinggal:palangkaraya
    jawaban :tempat yang ingin saya kunjungi di Istanbul adalah Grand Bazaar. Ingin membandingkan pasar Istanbul dengan pasar di Indonesia bedanya apa saja. Terutama berburu barang-barang istimewa buatan Istanbul

    BalasHapus
  19. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/765577113130770436
    Kota: Surakarta
    Jawaban: Coppadocia. Karena aku belum pernah ke sana dan belum ada semacam keingunan jesana. Jadi aku belum tau banyak. Tapi karena juka diberu kesempatan, maka aku akab milih satu dari tempat yg dijelasin yaitu coppadocia. Naik balon udara sambil lihat mataharu terbit itu pasti amazing. Pasti bakal ada suatu perasaan yg enggak bisa diungkapin. Yang keluar cuman kata wow..

    BalasHapus
  20. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/765577113130770436
    Kota: Surakarta
    Jawaban: Coppadocia. Karena aku belum pernah ke sana dan belum ada semacam keingunan jesana. Jadi aku belum tau banyak. Tapi karena juka diberu kesempatan, maka aku akab milih satu dari tempat yg dijelasin yaitu coppadocia. Naik balon udara sambil lihat mataharu terbit itu pasti amazing. Pasti bakal ada suatu perasaan yg enggak bisa diungkapin. Yang keluar cuman kata wow..

    BalasHapus
  21. Nama : Nurhayati
    Twitter : @nur_hayati12345
    Link Share : https://twitter.com/nur_hayati12345/status/765856290350374912
    Domisili : Jakarta Selatan

    Jika punya kesempatan pergi ke Istanbul saya akan pergi ke Aya Sofya dan ke Blue Mosque karena itu adalah salah satu masjid yang menakjubkan menurut saya .Dan setelah itu saya akan pergi ke Galata Tower karena dari sana saya bisa melihat pemandangan kota Istanbul yang spektakuler dari atas balkon menara Galata.Dan yang terakhir saya akan pergi ke kawasan Grand Bazaar karena itu adalah tempat yang wajib dikunjungi kalo mau berbelanja,apalagi itu adalah salah satu tempat wisata teramai di Istanbul.

    BalasHapus
  22. NAMA: Silvi Fatin Nabilah
    Akun: @silvi_fatin1527
    Link: https://mobile.twitter.com/silvi_fatin1527/status/765509990903795713?p=v
    Domisili: Tegal,Jawa tengah

    Aku pengin naik balon udara di cappodia disana Indah banget pemandangannya.. dan cocok buat liburan. Kebetulan aku jg belum pernah naik balom udara. Aku juga pengin kuliah di Ankara Univ :v

    BalasHapus
  23. Nama : Siti Maisyaroh
    Akun Twitter : @siti_maisyaroh
    Link Share : https://twitter.com/Siti_Maisyaroh/status/765577817987788800
    Kota Tempat Tinggal : Bandung

    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi?

    Gak pernah kebayang sih bakal pergi ke Istanbul. Jadi agak bingung jawabnya!! Tapi setelah baca salah satu Novel yang nerangin tentang Eropa... kayaknya tempat pertama yang bakal aku kunjungin kalo ke Istanbul itu Hagia Sophia.
    Buat aku yang suka banget sama sejarah....Hagia Sophia, bukan hanya gereja termegah di zamannya tapi juga merupakan masjid raya yang jadi ikon kemenangan Dinasti Usmaniyah atas Byzantium Romawi... Ya, walaupun sekarang udah berubah fungsi jadi museum, tapi sejarah yang ada di dalamnya gak akan pernah mati. Gak kebayang aja di abad ke 4 Masehi ada tempat se spektakuler ini. Di tambah 4 medalion raksasa berwarna hitam dengan tulisan Allah, Muhammad dan Allahu Akbar berwarna emas yang menggantung di empat sudut medalion tersebut bikin aku takjub dan pengen banget lihat secara langsung ke sana. Medalion-medalion ini juga mengapit gambar Bunda Maria yang tengah memangku bayi Yesus makin bikin hati aku yakin kalau tempat ini sangat di hormati baik oleh umat islam ataupun umat kristen.
    Pokoknya kalau ke Istanbul, harus banget ngunjungin tempat ini, selain aku bakal terpesona sama arsitektur tempatnya aku juga bisa sangat menghargai sejarah dan semangat yang ada di dalamnya.

    BalasHapus
  24. Nama : Fita
    Twitter : @fitania09
    Link : https://twitter.com/fitania09/status/765918410316275713?s=09
    Domisili : Malang

    Setibanya di Istanbul aku pengen banget ke Sultan Ahmed Square, kebetulan SAS berada satu kompleks dg Hagia Sophia, Blue mosque dan Basilica cistern jadi bisa langsung ngeborong sekali jalan....hehe. Aku memilih tempat ini sebagai singgahan pertama karena terdapat sisa sejarah saat istanbul/konstatinopel tengah dikuasai bangsa romawi. Dimana di tempat bekas pacuan kuda ini masih tersisa 2 obelisk & 1 pilar yg bisa dilihat sampai sekarang selain itu suasana taman yang indah ditambah deretan bangku yg berjajar rapi dan pemandangan German Fountain bikin betah berlama-lama disana. Ngeliat gambarnya uda ngiler apalagi uda nyampek sana beneran bisa-bisa gak pengen balik ��

    BalasHapus
  25. Nama: Febie Melly
    Twitter: @febiemel
    Link Share: https://mobile.twitter.com/febiemel/status/766131491017330689
    Domisili: Jakarta Utara
    Jawaban: Tujuan utamanya mau ke Masjid Sultan Ahmed sama ke kolam air panas Pamukkale terus nanti pas waktunya makan siang aku mau ke Kebabci Iskender mau cobain kebab asli turki๐Ÿ˜ *hehe* (dan masih banyak lagi)

    BalasHapus
  26. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/765205922058686464?p=v

    Kota Tempat Tinggal : Purwakarta



    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi? 


    Aya Sophia atau Hagia Sophia

    Bangunan bersejarah bekas gereja dan masjid yang kini dijadikan museum. Jadi selain sebagai tempat wisata, berkunjung ke Hagia Sophia juga aku bisa belajar mengenai sejarah Turki dan bukti peninggalan sejarahnya. Terus kalo berkunjung ke Hagia Sophia, ga usah pusing-pusing cari tempat ibadah. Kalo mau sholat tinggal keluar dan menuju Masjid Biru yang berada di depan Hagia Sophia. Meski bangunannya lebih besar, tapi Masjid Biru ini sebenarnya terinspirasi dari Hagia Sophia.

    Sebenernya masih banyak yang pengen dikunjungi dari negara Turki ini, apalagi kalo bisa terealisasikan :D :D

    BalasHapus
  27. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/766156499487817728

    Kalau berkesempatan datang ke Istanbul, saya pingin pake banget mengunjungi universitas trtua disana yg katanya sudah ada sejak sebelum masa penaklukan konstantinopel, yaitu Istanbul University.
    Dosen saya pernah bilang katanya kuliah di sana itu kuliah rasa Eropa tapi tetap berbudaya Asia. Awalnya sya bngung knpa dosen saya yg prnah brkesempatan kuliah di sana itu bilang begtu. Setelah dlu searching, trnyata Turki itu satu2nya negara Eropa yg mash kental memegang nilai2 islami. Karena ucapan beliaulah, saya yg pecinta tour kampus ini jd berkeinginan prgi ke sana, dan mudah2an bisa dapet beasiswa s2 disna ๐Ÿ˜
    Lebih jauh lg ke dalam Turki, saya jg pingin bertubi2 mengunjungi makam penyair super favorit saya di Konya, Maulana Jalaludin Rumi, yg syairnya sedikit bnyak saya pelajari sewaktu kuliah dan saya kagum dgn karya fenomenal beliau yaitu tarian sufi yg mndunia krena mnjadi tarian khas Turki. Gegara penyair kecintaan saya ini, saya jd ngefans sama Jalaludin Rumi anak Ahmad Dhani ๐Ÿ˜‚ krena ya, saya sedikit trobsesi untuk menamai anak saya seperti nama beliau yg tiap saya sebut namanya di bibir, rasanya hati saya mndadak berdesir2.
    Terima kasih ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  28. Nama : Syarlaili Humairoh
    Akun Twitter : @elyhumairoh
    Link Share : https://twitter.com/elyhumairoh/status/766160476979859456
    Kota Tempat Tinggal : Mataram, NTB

    Tempat yang ingin saya kunjungi adalah Maiden's Tower, tempat ini yang dulunya berfungsi sebagai menara pengawas, kemudian dialih fungsikan menjadi sebagai mercusuar, dan sekarang menjadi restauran dan cafe.
    suatu saat aku ingin mengajak pasangan halalku kesana, menikmati pemandangan menara yang berdiri bak mengapung disana. sederhana saja, tempat ini akanku jadikan sejarah antara aku dan pasangan halalku nantinya.

    BalasHapus
  29. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/766217091573616641
    Kota Tempat Tinggal : Bekasi, kota yang katanya diluar planet Bumi<3

    "Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi?"

    Wah jawaban aku sudah tertulis di review Kakak xD Aku pengen banget ke Hagia Sophia dan Blue Mosque! Omegle omegle, penasaran sama sejarah lengkap Hagia Sophia yang berawal dari Gereja, Masjid sampai sekarang jadi Museum dan pengen ke Blue Mosque! Pengen ngerasain Sholat dan Sujud di MAsjid semegah dan seindah itu T,T Satu lagi, pengen juga ke Rรผstem PaลŸa Mosque! Terus mau juga ke Darica Zoo! Disana ada lebih dari 200 spesies hewan yaampun! Ke Bhosporus Zoo juga mau. Ah mau semuanya ini mah wkwk xD

    Intinya aku mau ke :
    - Hagia Sophia
    - Blue Mosque
    - Rรผstem PaลŸa Mosque
    - Darica Zoo
    - Bhosporus Zoo

    Hehe, sekian dari aku. Salam dari luar Bumi wkwkwk xD

    BalasHapus
  30. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/766435251585363968
    Kota tinggal : Pati - Jawa Tengah

    Kalau ada rejeki ke Istanbul tempat pertama yang ingin aku kunjungi adalah Masjid Biru. Rumah Allah yang dibangun begitu indah, unik dengan 6 pilarnya. Penggabungan nilai agama dan estetika tentu akan semakin meningkatkan kekaguman kita pada keagungan Allah. Terlebih lagi aku sangat suka warna biru. Tentu saja hal ini akan semakin tak tergantikan kalau aku bisa kesana. Aamiiin.

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  31. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/766539081878679553
    Karangasem, Bali

    Kalau ke Turki, sebenarnya pengin banget ke Cappadocia. Tapi nggak ada salahnya, eksplor Istanbul dulu sebelum kesana. Tempat yang pertama kali akan ku kunjungi adalah Bosphorus Bridge. Dari tempat ini aku bisa berada di dua benua yang berbeda, Asia dan Eropa. Makin eksotik kalau datang kesini pada pagi hari saat sunrise atau malam hari saat gemerlap cahaya mewarnai Selat Bosphorus ini. Waah.. pemandangannya sangat menakjubkan! Jembatan ini identik sebagai 'pintu gerbang' menuju Istanbul, jadi sebagai balasan ucapan selamat datang aku akan ke jembatan ini dulu sebelum melanjutkan perjalanan :)

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama: Melisa
    Akun twitter: @ApriliMelissa
    https://twitter.com/ApriliMelissa/status/766566964542201856
    https://twitter.com/ApriliMelissa/status/766569170498650112

    Domisi:https://twitter.com/ApriliMelissa/status/766569170498650112li: Duren Sawit, Domisili: Duren Sawit, Jakarta Timur

    Tempat yang paling ingin aku datangi di Istanbul adalah Galata Bridge yang terletak di teluk Garden Horn. Tempatnya bagus dan strategis dan punya pemandangan yang bagusssss banget. Walaupun cuma pernah lihat di majalah-majalah dan acara TV, tempat ini 'aku' banget yang hobinya ngeliatin laut dan pernnak-perniknya. Mulai dari air lautnya sampai nelayan-nelayan lautnya. Nah, karena di tempat ini banyak nelayan dan lautnya juga lumayan bagus, diriku tertarik sekali ke sini. Selain itu tempat ini terkenal dengan sandwich ikannya, makanya GGalata Bridge salah satu tempat wisata yang lengkap, pemandangan ada, kuliner ada, ramai pula dan strategis. Moga-moga bisa ke sana dan kalau bisa sekalian foto di sana sambil megang novel #Istanbul. Amminnnnn

    BalasHapus
  34. Nama : Asri Yantika
    Twitter : @AsriYantika
    Link share :https://twitter.com/AsriYantika/status/766568843028275200
    Kota Tinggal : Tasikmalaya

    Dari sekian banyak tempat indah dan bersejarah di Istanbul Turki, Topkopi Palace adalah tempat yang paling ingin saya kunjungi. Kenapa? karena Topkopi Palace dulunya adalah istana dan Pusat Pemerintahan Turki yang tentunya adalah peninggalan Turki Ustmani. Tempat ini adalah tempat tinggal Sultan semenjak Sultan Mehmet II menaklukkan Konstantinopel. Disana pasti kita bisa membayangkan bagaimana Sultan hidup pada zamannya di tempat tersebut, dengan berbagai peninggalan dan pemandangan yang indah. Tentu akan menambah khazanah Ilmu Pengetahuan dan kecintaan terhadap Islam dan budayanya.

    BalasHapus
  35. Nama : Noer Anggadila
    Twitter : @noeranggadila
    Link share :https://twitter.com/NoerAnggadila/status/766668825920024577
    Kota Tinggal : Probolinggo

    Blue Mosque

    takjub dengan arsitekturnya, karena biasanya cuma bisa liat gambarnya aja. Mungkin suatu hari nanti bisa liat langsung bagunannya, aminnn

    BalasHapus
  36. Nama : Asep Nanang
    Twitter : @asepnanang59
    Link share : https://twitter.com/asepnanang59/status/766674801188409345
    Kota Tinggal : Bungo, Jambi

    Tempat pertama yang akan saya kunjungi jika berkesempatan ke Instanbul adalah Selat Bosporus. Selat yang mempertemukan Laut Marmara dengan Laut Hitam ini merupakan pertemuan antara dua benua, yakni keindahan Asia serta kemegahan Eropa. Selat Bosporus menawarkan pemandangan yang beragam dan tidak ada duanya di dunia. Bayangkan saja dalam satu tempat kita bisa melihat pemandangan Asia dan Eropa sekaligus. Saya ingin melihat pemandangan yang luar biasa ini secara langsung dengan menaiki sebuah perahu yang katanya banyak disewakan. Aamiin

    BalasHapus
  37. Nama: Nurul Ramadhaniah
    Twitter: @nurullram
    Link share: https://twitter.com/nurullram/status/766768754080440320
    Kota: Soreang, Jabar
    Jawaban: Hagia Shopia, alasannya: karena buku pertama yang saya baca terkait dengan Istanbul adalah Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Siauw. Nah, di buku ini dituturkan bagaimana perjuangan pasukan yang dipimpin Sultan Muhammad Al-Fatih untuk menaklukan salah satu dari dua kota yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW akan ditaklukan oleh pasukan Islam dan Hagia Shopia sendiri yang awalnya merupakan gereja kemudian dialihpungsikan menjadi masjid sehingga adzan mulai dikumandangkan di bumi yang dulu bernama Konstantinopel. Nah karena bagian dari sejarah bukan hanya kisah, tapi ada juga bukti nyata alias peninggalannya, maka saya sangat ingin menjadikan Hagia Shopia sebagai destinasi wisata pertama di Istanbul ketika saya berkunjung disana hehe biar lebih lengkap pengetahuan sejarahnya.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Eni Lestari
    @dust_pain
    https://twitter.com/dust_pain/status/766805995670474752
    Malang

    Tempat di Istanbul yang mau aku kunjungi adalah Masjid Biru a.k.a Blue Mosque. Aku pernah liat foto masjid ini di artikel2. Masjidnya indaaah banget. Makanya kalo ke Istanbul pengin langsung ke sana dan salat di sana ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
  40. Eni Lestari
    @dust_pain
    https://twitter.com/dust_pain/status/766805995670474752
    Malang

    Tempat di Istanbul yang mau aku kunjungi adalah Masjid Biru a.k.a Blue Mosque. Aku pernah liat foto masjid ini di artikel2. Masjidnya indaaah banget. Makanya kalo ke Istanbul pengin langsung ke sana dan salat di sana ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
  41. Nama : Shelly Ferawati
    Akun twitter : @shelly_fw
    Link share: https://twitter.com/shelly_fw/status/766841347516932096
    Domisili : Bandung
    Jawaban :
    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali kukunjungi adalah Suleymaniye Mosque. Di dekat sana juga ada Selat Tanduk Mas, jadi sekalian bisa berwisata ke selat juga. Habis dari Suleymaniye Mosque lalu melihat perairan selat setelah berjam-jam menempuh perjalanan dengan pesawat menuju Turki sepertinya akan menenangkan sekaligus menghilangkan penat :) Semoga kesampaian. Aamiin hehe

    BalasHapus
  42. Nama. : Ratih M
    Twitter : @Jju_naa
    Link. : https://mobile.twitter.com/Jju_naa/status/766862350704082944?p=v
    Domisili : Palembang

    Masjid Biru.
    Kalau Mba Kiky sempet melek (ditabok) sama sinetron, pasti tau ada salah satu sinetron kita yang syuting di Istanbul (2 episod awal, kalo ga salah).
    Nah, di sinet itu ada scane di depan masjid biru (ya meski agak jauhan sih) sambil di kerumunin burung²... jadi pengen juga, envy hayati >.<
    Apalagi liat gambar-gambar di kalender, dududu~ pegen liat langsung

    BalasHapus
  43. Nama: Ulva Novitasari
    Twitter: @ulvanov
    Link : twitter.com/ulvanov/status/766992462879436800
    Domisili : Blitar - Jawa Timur

    Tempat pertama yg mau saya kunjungi kalau ke Istanbul?

    Yang pasti Aya Sofya atau yg lebih dikenal dengan Hagia Sophia. Kenapa? Karena pertama mendengar Istanbul yg muncul pertama adalah bangun sejarah bangsa Turki yang awalnya berupa sebuah gereja ketika kekaisaran Ottoman berkuasa dialih fungsikan sebagai masjid yang sekarang dijadikan sebuah musium dengan bangunannya yg penuh nilai sejarah dan artistik. Dan ternyata setelah searching di google, Hagia Sophia letaknya berdekatan dengan Blue Mosque, Hippodrome (Sultan Ahmed Square), Basilica Cistern dan Topkapi Palace. Jadi kapan lagi bisa menngunjungi (awalnya) satu destinasi sejarah yg kemudian diikuti denstinasi" yang lain ☺

    BalasHapus
  44. Nama : Ratih Ramadhanti
    Twitter : @rratihsr
    Link : https://twitter.com/rratihsr/status/767069370392518656
    Domisili : Tangerang Selatan

    Tempat yang pertama kali akan saya kunjungi kalau diberi kesempatan ke Instanbul adalah Hagia Sophia. Masjid berlatar belakang gereja bagi saya sungguh menarik untuk dilihat. Memiliki kesempatan untuk beribadah disana pasti adalah suatu pengalaman yang sangat berharga dalam hidup. Menyelami kejayaan Turki Utsmani juga membayangkan kejayaan Islam era Cordoba. Kita bisa berwisata religi disana. Sungguh berkesan!

    BalasHapus
  45. Nama : Dyana
    Twitter @prstyo_dyanaeka
    Link https://twitter.com/prstyo_dyanae…/status/766266061012414464
    Domisili Samarinda

    Tempat pertamakali yg bakal aku kunjungi adalahhh 'Bandara Internasional Ataturk' bakal hentakin kaki dan ngeyakinin diri bahwa itu bukan mimpi Turki woyyy Turki aku di Istambul Turki, mastiin bener2 d bandara Ataturk bukan di bndra Soeta. abis itu teserah deh kemana2. Kemana angin mood membawa wkwkw

    BalasHapus
  46. nama : Princessa Ayudha
    akun twitter : cheesychesa
    link share : https://mobile.twitter.com/cheesychesa/status/767186859378081792?p=v
    kota tempat tinggal : Pekanbaru


    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin kamu kunjungi? 

    Jawabannya Hagia Sophia Alasannya karena bagiku Hagia Sophia adalah yang teristimewa. Ia adalah simbol dari 3 kota, 3 peradaban, dan 3 kejayaan. Mulai dari Byzantium, Konstatinopel, dan Istanbul. Memasuki Hagia Sophia berarti mengijinkan pikiran kita untuk terbang melintasi waktu, kembali menyaksikan sejarah dan peristiwa-peristiwa silam.


    Ingin sekali melihat keindahan arsitektur dan ukiran-ukiran di dalamnya, aku jadi membayangkan seperti apa sulitnya orang-orang terdahulu menyelesaikan pembangunannya?

    Ah, Hagia Sophia, selalu membuatku takjub lagi dan lagi

    BalasHapus
  47. nama : Anik Cahyanik
    akun twitter: @Ancahyanik
    link share: https://twitter.com/ancahyanik/status/767208094677860352
    Kota tempat tinggal: Jember, Jatim
    jawabanmu: Galata Tower yang terletak di Galata (Karakoy), distrik beyoglu,Kota Istanbul, Turki.

    BalasHapus
  48. Nama: Rinita
    Akun twitter: @RinitAvyy
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/767332422518124544?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9062447437
    Kota tempat tinggal: Kediri

    Jika berkesempatan pergi ke Istanbul, tempat apa yang pertama kali ingin aku kunjungi?

    Jelas banget yg aku kunjungi pertama kali ya, Bandahara Udaranya, hehe..
    Oke, tapi kalo tempat wisatanya, aku seriusan, sudah terpikat pesona dari balon udara besar yang warna-warni itu. Nama tempat wisatanya Cappadocia. Aku tertarik buat menjajal Royal Balloon. Pasti keren banget bisa menaikinya, terus eksis sekalian dgn hunting foto diatas balon udara--berlatar bangunan kuno Nevsehir. Dijamin unik deh! Mantab deh! Lalu segera aku posting itu fotonya di instagram. Biar banyak yg komen plus iri,wkwk

    BalasHapus
  49. nama: Leny
    akun twitter: @Lynlainy17
    link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/767402187794153472
    kota tempat tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan
    jawaban: Kalau aku berkesempatan pergi ke Istanbul suatu hari nanti, tempat yang pertama kali aku kunjungi adalah Hagia Sophia. Aku sangat penasaran sekaligus kagum dengan tempat ini. Aku ingin sekali menginjakkan kaki di Hagia Sophia ini suatu hari nanti.

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design