Senin, 19 September 2016

[Blog Tour] ROMA -------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : ROMA
Penulis : Pia Devina
Penerbit : Grasindo
Terbit : Agustus 2016
Tebal : 194 Halaman

Sejak awal, aku tidak yakin bisa merestui pernikahan Mama dengan Terenzio Lambardi, seorang pria berkebangsaan Italia. Tapi, demi kebahagiaan Mama, haruskah aku tetap bersikap egois? Aku ingin Mama bahagia. Mengiyakan rencana pernikahan yang akan berlangsung di Roma—dan mau tidak mau membawaku serta ke Kota Abadi itu.

-Chalinda Noemi.



Sejak awal, gadis itu tidak tampak menyenangkan. Dingin dan menjaga jarak. Sialnya, aku memerlukan bantuannya untuk membebaskanku dari hukuman yang diberikan orangtuaku. Yang benar saja, aku kan bukan anak kecil lagi. Bersama dengannya ke Ostia Lido, memulai segalanya. Ternyata gadis itu memerlukan pertolongan.
-Maurizio Folliero.

Sejak awal, gadis itu terlihat murung. Kakinya terluka karena menubruk tubuhku. Aku ingin menolongnya. Bukan hanya karena kakinya yang terkilir, tapi karena mendung yang membayangi wajahnya.
-Ryan Watkins.

Di Roma, kebersamaan telah mengikat Chal dan Maurizio dalam usaha melarikan diri dan upaya mencari jawaban atas jati diri Terenzio. Ryan Watkins pun hadir di antara mereka, siap mengulurkan tangan saat Chal tenggelam dalam kegundahan.

Di Kota Abadi ini lah, sebuah perjalanan tentang kisah cinta, persahabatan, dan keluarga yang rumit telah dimulai.

----------------------------
"Emang mama kenal dia berapa lama, sampai mama yakin akan bahagia? Apa ada yang bisa menjamin kalau nanti setelah menikah sikapnya nggak berubah, tetapi baik seperti kata mama barusan? Apa mama yakin dia adalah seorang pria single dan bukan pria hidung belang beristri dan anak."? (hal.15)
Roma adalah salah satu novel yang masuk dalam seri A Love Story : City yang diterbitkan oleh Penerbit Grasindo, sekaligus novel ketiga dalam seri ini yang kubaca. Novel ini mengisahkan kehidupan Chalinda Noemi yang selama ini hidup bersama mamanya saja. Chal berasal dari keluarga broken home, mama dan papanya bercerai karena papanya ketahuan memiliki selingkuhan. Pasca bercerai, Mama Chal pun sempat menikah lagi dengan guru Chal, namun pernikahan mereka tidak bertahan lama. Malah mama Chal sempat mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Perpisahan kedua orang tuanya, kemudian kegagalan pernikahan kedua kali mamanya membuat Chal trauma. Hubungan Chal dan mamanya yang sangat dekat, walau jarang menghabiskan waktu bersama karena kesibukan mamanya, membuat Chal tidak ingin mamanya mengulang kesalahan yang sama lagi. Chal hanya ingin mamanya bahagia. 

Hingga kemudian mamanya datang dengan berita yang sungguh mengejutkan, Mama Chal akan menikah dalam waktu dekat dengan Terenzio, seorang pria yang baru saja dikenalnya. Jujur Chal agak ragu menyetujui rencana pernikahan mamanya ini, karena Chal belum yakin dengan Terenzio.

Apalagi saat Chal dan mamanya berkunjung ke Roma, Chal mendengar sesuatu yang membuatnya sungguh terkejut dan mencurigai Terenzio. Selain urusan keluarga, Chal juga bertemu dengan sosok Maurizio Folliero. Maurizio sedang dihukum oleh keluarganya dan kedatangan Chal membawa angin segar untuknya. Maurizio awalnya tidak berkenan menemani Chal selama di Roma, namun Maurizio membutuhkan Chal untuk terbebas dari hukumannya. Bagaimana kelanjutan kisah Chal dan Maurizio? Akankah Mama Chal menikah dengan Terenzio? Apakah kecurigaan Chal terbukti? 

Membaca novel ini sungguh menyenangkan sekali, tidak membutuhkan waktu lama untuk membacanya. Membaca karya terbaru Pia ini membuatku seakan mengenal sosok Chal dan Maurizio lebih dekat. Interaksi keduanya yang awalnya kaku dan berjarak, akhirnya karena sering menghabiskan waktu bersama, mereka pun menjadi semakin dekat.

Hubungan mereka pun dibangun secara perlahan-lahan, awalnya Maurizio hanya ingin menggunakan Chal sebagai tameng agar terbebas dari hukuman orang tuanya. Malah Maurizio terjebak masuk dalam kehidupan Chal yang ternyata butuh pertolongan.

Aku bisa memaklumi kenapa Chal sejak awal berhati-hati dan ragu dengan keputusan mamanya untuk menikah lagi. Bagaimana pun kegagalan pernikahan sampai 2 (dua) kali bukanlah perkara mudah bagi seorang anak. Apalagi Chal tahu bahwa mamanya dan Terenzio belum lama berkenalan, tetapi begitu mudah memutuskan untuk menikah. Aku tahu perasaan Chal yang hanya ingin melindungi mamanya, orang yang paling dia sayang.

Aku pun pernah merasakan betapa tidak enaknya menjadi anak yang keluarganya bercerai, aku bisa merasakan apa yang dirasakan oleh Chal. Hingga kemudian Chal berusaha untuk menerima keputusan mamanya, aku tahu tidak mudah.

Aku penasaran sekali apa yang sesungguhnya terjadi pada Terenzio dan keluarganya. Pia cukup rapi menyimpan fakta-fakta yang ada, menyebar puzzle demi puzzle yang membuatku sebagai pembaca penasaran dan menduga-duga apakah kecurigaan Chal itu benar atau tidak :)

Tidak hanya mengisahkan tentang keluarga saja, tetapi ada juga tentang cinta yang hadir secara perlahan-lahan di hati Chal maupun Maurizio.

Diceritakan dari sudut pandang Chal dan Maurizio, kamu akan diajak menyelami pikiran dan perasaan mereka tentang apa yang terjadi dalam kehidupan mereka. Dipadukan dengan setting Roma yang sungguh memikat, kamu seakan diajak berkeliling Roma mulai dari Pantheon, Trastevere, Piazza Santa Maria hingga Pantai Ostia.

Kamu mencari sebuah kisah romansa dan keluarga yang menghangatkan hati dipadukan dengan setting Roma yang akan memanjakanmu, aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca. Selamat jatuh cinta dengan kisah Chal dan Maurizio :)

--------------GIVEAWAY TIME---------------


Saatnya aku dan Pia Devina mau berbagi 1 eks gratis berttdan ney untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @piadevina . Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #NovelRoma

3. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu.

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

5. Giveaway ini berlangsung dimulai hari ini sampai tanggal 25 September 2016.

Semoga beruntung!!!!!

*****UPDATE*****

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Rohaenah / @rohaenah1

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter nama lengkap, alamat pengiriman dan nomor hpmu yang bisa dihubungi ya :)

47 komentar:

  1. mariyam
    @mariyam_elf
    https://twitter.com/mariyam_elf/status/777748405284052993
    surabaya

    kalau denger kata roma lgsg keinget sma raja dangdut rhoma irama :v dan satu lgi keinget biskuit roma kelapa. hehehe,, tdi tiba-tiba kepikiran itu. aku soalnya kurang pngetahuan klo ttg luar negeri.

    BalasHapus
  2. Nama : Neni Arwanda
    Twitter : @NeniArwanda95
    Link Share : https://twitter.com/NeniArwanda95/status/777749196157759488
    domisili : jakarta pusat

    Jawaban :
    Roma is classic. Buat ku, roma itu kaya kota jaman dulu tapi tetep modern. Kota yang ada di negeri-negeri dongeng. Istananya pangeran kuda putih #imajinasikelewatbatas. Masuk kedalam jejeran kota romantis. Roma = romantis. Intinya Roma itu klasik, romantis dan pastinya menyenangkan.

    BalasHapus
  3. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://mobile.twitter.com/rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: Yg pertama saya bayangkan jika mendengar kata Roma adalah Francesco Totti pemain bola yg meskipun sudah tidak muda lagi tapi masih tetep ganteng๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜.
    Kedua,abad lampau terkenal dengan zaman Kekaisaran Romawi kuno yg kaya akan peninggalan bangunan bersejarah seperti Koloseum
    Terakhir kalo aku ngebayangin roma adalah makanan yg amat familiar di Indonesia yaitu Pizza,Lasagna,Spagheti dan tak lupa Tiramisu,emhhh yummy๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  4. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Link share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/777755560645189632
    Jawaban : Jika mendengar kota Roma saya selalu teringat dengan Colosseum dan mitologi Romawi kuno.

    BalasHapus
  5. Nama : Syarlaili Humairoh
    Twitter : @elyhumairoh
    Link Share :https://twitter.com/elyhumairoh/status/777758274552672257
    Domisili : Mataram, NTB

    Jawaban :
    Roma tidak jauh dari peninggalannya Colosseum, unik, antik, classic tapi elegant, ketika orang mengatakan ROMA aku akan mengingat elegan classic ala ROMA, yang memberikan kesan menarik disetiap sudut kota.Roma lokasi yang dapat dijadikan tempat honeymoon bersama pasangan halal. elegan clasic and romantic.

    BalasHapus
  6. Nama: Sharie
    Twitter: @nAshari3
    Link Share: https://twitter.com/nAshari3/status/777766439902023680
    Domisili: Cikampek

    Jawaban: Yang aku bayangkan jika mendengar kata "ROMA" adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan klub bola kesayanganku yaitu AS Roma :* (Dan) kebetulan sekali GA di blog'nya kak Rizky berlangsung hari ini, jadi inget deh kekalahan dini hari tadi AS Roma atas Fiorentina. Sedih kak.. Hiks...

    BalasHapus
  7. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/777773913187061760
    Domisili: Gorontalo

    Yang bertama kali terbayang saat mendengar kata Roma adalah Italy dan bangunan klasik, cantik, megah dan uniknya. Bikin baper pengen jalan-jalan kesana :v

    BalasHapus
  8. Nama:Nurlis
    twitter:@talaonurlis1
    domisili:Sumatera barat
    link share:https://twitter.com/talaonurlis1/status/777747440115986432

    Jawaban:saat membayangkan roma aku langsung ingat pribahasa"banyak jalan menuju roma"dan julukan nya sebagai "kota abadi".

    BalasHapus
  9. Nama : Ratna
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/777797809668026368
    Kota : Jepara

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    Pertama sebuah pepatah "Banyak jalan menuju Roma" yang membuat semangat yang mengajarkan bahwa banyak jalan dalam meraih harapan. Dan kedua tentang Colloseum.

    BalasHapus
  10. Dian Haerani19/09/16 17.11

    Nama: Dian Haerani
    Twitter: @saimamzahra
    Link share: https://twitter.com/dhaerani781/status/777811026070736896

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    Roma... langsung inget beberapa hal yang berkaitan dengan Italia. Coloseum, Menara Pisa, bangunan-bangunan klasik... Roma juga ngingetin aku sama salah satu merk biskuit juga raja dangdut.. *eeh

    BalasHapus
  11. Nama : marcelyna
    Twitter : @marcelynaey
    Link share https://twitter.com/MarcelynaEy/status/777851593857208320
    Kota : Sidoarjo - Surabaya

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    Setiap denger kata Roma, selalu keinget film Jumper. Adegan di mana Hayden Christenses ngajak Rachel Bilson, yg ceritanya di film itu adalah cinta pertamanya sejak kecil.
    Lama gak ketemu, eh tiba2 Hayden yg ganteng banget muncul dan ngajakin Rachel ke kota impiannya sejak kecil. Saking pengennya Hayden nyenengin cinta pertamanya, dia sampe berani ngebobol Coloseum yg waktu itu ditutup. Seneng bgt adegan itu ��
    Duh,, Roma itu romantis.

    BalasHapus
  12. Nama: hakimah putri
    Twitter: @kimah_khimah
    Link share: https://mobile.twitter.com/kimah_khimah/status/777900613027848192?p=v
    Domisili: bekasi, jabar

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    kalau denger Roma tuh langsung terbayang colloseum tempatnya para gladiator.
    Satu lagi kisah dari roma yaitu kota pompeii, kota yg dikenal sebagai pusat perzinahan sehingga Allah memberikan Azab bagi mereka dengan membumi hanguskan para penduduk. Kisah kota pompeii ini sebuah kisah yg seperti mengulang sejarah kaum luth.

    BalasHapus
  13. nama: alyani shabrina
    twitter: alyanishab
    link share:https://twitter.com/alyanishab/status/778035892304740352
    domisili: semarang
    jawaban:

    pastinya aku langsung menginggat colosseum tempat bertarung para gladiaotor dan langsung ingat bagaimana bangunan-bangunan kuno yang masih banyak berdiri kokoh disana. sepertinya akan menjadi perjalanannya yang menyenangkan bila bisa pergi dan melihat Roma secara langsung, apalagi bersama orang tersayang >< hehehe

    BalasHapus
  14. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/778044780299157504?p=v

    Kota Tempat Tinggal : Purwakarta - Jawa Barat


    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?


    Trevi Fountain, kolam air mancur yang ada di Trevi, Roma. Yang merupakan salah satu kolam air mancur terbesar di dunia. Tempat yang sering dipakai untuk syuting film dan mitos melempar koin yang terkenal. Mitos yang mengatakan ketika kita melempar koin tersebut saat membelakangi kolam air mancur dan melewati bahu, jika berhasil melempar koin ke kolam Trevi Fountain berarti kita akan kembali lagi ke kota klasik bersejarah dan penuh pesona Roma.

    Ga percaya juga sebenernya, cuma buat seru-seruan aja. Ngomong-ngomong udah berapa banyak ya koin yang masuk ke dalam kolam air mancur Trevi ini? Hehehe

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/778073601240997888
    kota tempat tinggal: Serang

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    Kota di Italia yg memiliki bangunan dengan arsitektur klasik, jg memiliki banyak air mancur yg dibangun dengan beragam gaya berbeda, dari Era Klasik dan Abad Pertengahan sampai Barok dan Neoklasik. Yang hebatnya berbagai air mancur ini menyuplai kebutuhan air minum dan menghiasi berbagai piazza/alun-alun kota di Roma.

    BalasHapus
  17. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/778118609746944000

    Roma itu tentunya langsung ngingetin dengan Menara Pisa. Oya, berhubung ini lagi di siang hari yang lagi lapar-laparnya, berkat Roma aku langsung membayangkan pizza. Soalnya Roma kan masih bagian dari Italia, tempat asal berkembangnya pizza :D

    BalasHapus
  18. Nama : Annisa Rizki Sakih
    Twitter : @annisakih
    Link share : https://mobile.twitter.com/Annisakih/status/778130124449443840
    Domisili : Batam

    Mendengar kata Roma, yang pertama terbayang adalah serial Tv Spartacus yang ditayangkan disebuah channel berbayar beberapa tahun silam. Settingnya ialah kerajaan Romawi dan penggambaran kota Roma di masa itu sungguh mendetail sehingga para penonton seolah-olah dapat menikmati adegan demi adegan pertarungan gladiator di colloseum yang (masih) megah.

    Sedikit cerita lucu, setelah mengikuti kisahnya hingga musim terakhir, saya tidak dapat menyaksikkan kedua episode terakhir karena akan melahirkan. Kecewa dan penasaran, akhirnya saya sudah lupa sendiri, hingga tiba-tiba di salah satu malam Ramadhan tahun ini, saya memiliki keinginan yang kuat untuk mennyalakan televisi dini hari menjelang sahur. Secara random memencet remote, sungguh kejutan, ternyata di salah satu channel televisi berbayar lain sedang menayangkan dua episode penutup tersebut secara berurutan. Akhirnya, saya menyaksikan episode tersebut disaat anak saya hampir berusia dua tahun. Hehehehee...

    BalasHapus
  19. Nama: Hani Kartika Sari
    Twitter: @haniktsr
    Link share: https://twitter.com/haniktsr/status/778133864699064320
    Domisili: Sragen, Jawa Tengah


    Yang pertama kali aku bayangkan setelah mendengar kata Roma itu klasik, seperti Colloseum, Pisa, peninggalan, dan mitologi. Sesuatu yang klasik itu terkesan dengan romantis, apalagi Roma dikenal dengan julukan kota abadi, hal itu menambah sisi keromantisan Roma.

    Menurutku, sangat cocok novel karya kak Pia ini memilih setting di Roma, sangat cantik.

    BalasHapus
  20. Nama : Azrya Zihan Firdhani
    Twitter :@zihaan_f
    Link Share : aku bingung gimana cara ngopi link nya:') ada di tweet kok!:)
    Tempat Tinggal : Bandung

    "Yang pertrama kali dibayangin pas denger kata Roma?"

    Aku ngebayangin Roma Irama masa. HAHAHA. Serius! Gak bohong!:'D
    Terus, aku ngebayangin suatu bangunan besar yang udah tua... dan beberapa bagian patah (kayak hati aku. HAHA!). Sering denger kalimat: banyak jalan menuju Roma? Aku ngebayangin, Roma ini sebuah temoat yang sulit digapai (iya, kayak kamu).

    Roma itu mungkin kota yang disebut-sebut orang kota romantis (selain Paris). Apalagi nuansa gambar yang diabadiin oleh potret para kameramen yang di share di google. Iya, tinggal buka www.google.com dan cari kata "Roma" dipencarian aja langsung nemuin gambar-gambar menakjubkan.

    Apapun Roma yang ada di pikiran orang-orang, suatu waktu aku ingin kesana. Sama kamu, misalnya.

    BalasHapus
  21. Nama: Nurul Astri
    Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/778195357788282880
    Jawaban: Hal yang pertama aku pikirkan tentang roma adalah keindahannya. Salah satunya yaitu colosseum. Bangunan klasik ini emg jd daya tarik buat penduduk asing datang ke italia.

    Satu lagi, aku jadi teringat perkataan, "Banyak jalan menuju roma." Di kalimat itu, roma seperti sebuah keajaiban. Kemenangan besar setelah perjuangan dan pencapaian telah diraih. Roma adalah tempat perwujudan mimpi-mimpi.

    BalasHapus
  22. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/778224993054306304
    Domisili : Aceh

    Roma??
    Hmm... Yang terlintas pertama kali langsung teringat dgn bangunan Koloseum-nya.
    Roma kota yang dipadukan dengan bangunan2 klasik dan modern sehingga siapapun yg menginjakkan kakinya ke kota tersebut dapat memanjakan matanya dgn sangat baik. Kota yg penuh dgn keindahan bangunan-bangunan kuno, serta peninggalan2 sejarahnya

    Aku punya harapan utk kota indah yg satu ini, jika aku dilamar/di ajak kencan di kota ini, aku berharap hubungan ku akan abadi seperti julukan pada kota Roma ini. Bukankah itu sangat romantis? Roma > Romantis.

    Sekian jawabanku ^-^

    Btw, membaca review-nya mengingatkanku akan cerita Love in Adeliade -nya kk arumi, dimana Aleska juga mengalami hal yg sama ttg ibunya yg akan menikah lg. namun kepahitan pernikahan yg dialami ibunya chal wajar sih bs menimbulkan trauma utk diri chal.

    Salam, Pida Alandrian

    BalasHapus
  23. Nama : Alvanesya
    Akun twitter : @vanesyakeiko
    Link share : https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/778238459454496769?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4071561503
    Domisili : Kertosono, Jawa Timur

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata"Roma"?

    Jawab :

    Roma adalah sebuah kota terbesar di Italia yang memiliki julukan Citta Eterna atau the Eternal City yang biasa disebut dengan "Kota Abadi". Kota ini menjadikan colosseum sebagai salah satu simbol negaranya.sedangkan colosseum sendiri merupakan tempat para budak diperhadapkan dengan binatang buas yang biasa dikenal dengan nama gladiator. Bila menang, mereka akan mendapatkan status sebagai manusia yang merdeka.

    BalasHapus
  24. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Link share : https://twitter.com/_loisninawati/status/778358398869868544
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur

    Kalau mendengar kata Roma,aku langsung keinget sama novel yang judulnya Roma (tapi sayang aku nggak nemu novel itu karena udh lumayan lama terbitnya,jadi sekarang susah banget ditemuinnya)
    Yaa,semoga aja aku bisa mendapatkan 'Roma' yang ini๐Ÿ˜

    BalasHapus
  25. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/778124384028520452
    Kota tinggal : Pati – Jawa Tengah

    Dulu jaman SD dan belajar tentang 7 keajaiban dunia adalah saat itulah pertama kalinya aku mengenal bahkan mendengar ada kota Roma yang menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia yaitu Menara Pisa. Jadi sampai sekarang kalau disebutkan kata Roma, yang terbayang langsung bangunan miring yang ajaibnya tetap berdiri tegak selama ratusan tahun. Jaman SD dulu, aku penasaran sekali bagaimana bisa bangunan yang semiring itu tidak ambruk. Tapi, lama kelamaan mulai berpikir, kalau dia miring dan ambruk mana bisa disebut ‘keajaiban dunia’ ya?

    BalasHapus
  26. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/778576867024474112
    kota tempat tinggal : Sleman

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    1. Biskuit
    Hehe... apalagi kalau ada sambungannya kelapa ... biskuit favorit warna merah..
    2. Colosseum
    Tempat adu manusia kuat jaman dahulu yang masih menyisakan kemegahan.
    3. A.S. Roma
    Klub asal Italia favorit saya yang pernh meraih scudetto di tahun 2000
    4. Paus
    Pemuka agama Katolik yang berharisma

    BalasHapus
  27. nama: Rinita
    akun twitter: @Rinitavyy
    link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/778610286626344960?p=v
    kota tempat tinggal: kediri

    Banyak hal yang aku pikirkan setelah mendengar kata "Roma", saking banyaknya aku pengen menuliskan semuanya disini, hingga tanpa sadar tulisanku bisa sepanjang cerpen. eh, enggak deng, malah nglantur kemana-mana ntar jadinya.
    Oke balik ke poin awal, sebenarnya kata "Roma" sudah nggak asing lagi buatku, mengingat Roma itu ibu kota Italia. (Mengingat Italia, aku jadi ingat pas lagi lihat peta bgn benua eropa dengan detail, kok Italia bentuknya hampir mirip sama sepatu berhak tinggi. ~atau ini cuma imajinasiku semata, entahlah).

    BalasHapus
  28. Nama: A'imatul Latifah
    Twitter: @Aim_La27
    Kota : Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/778757763765645312?p=v

    Bayangan pertama kali saat mendengar kata ROMA adalah Si Raja Dangdut Indonesia. Yups, siapa sih yang gak tau. Di akui atau tidak aku yakin bayangan pertama kali saat seseorang mendengar kata roma adalah si raja dangdut Roma Irama apalagi kalau yang mendengar orang indonesia pasti dalam otaknya langsung tink "Si raja dangdut" ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  29. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter : @PrinceesAsuna
    Domisili : Makassar
    Link share: https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna/status/778773685096226816

    jawaban:

    Aku membayangkan sebuah kota yang sangat eksotis lengkap dengan ornanemn-ornamen bangunan yang khas dan kaya akan sejarah. Mendengar kota ini, seakan memiliki daya tarik tersendiri terutama sperti saya yang sama sekali belum ke sana. (ngarep kesana nanti hehe). Aku terbayang bagaimana kondisi saat kota Roma di masa lalu. Melalui film spartacus, ada satu fakta yang aku tahu. Dulu di kota ini, para bangsawan mengadu budak-budak mereka layaknya binatang yang siap saling memangsa satu sama lain, namun disisi lain, kota ini menyimpan sejuta misteri. Aku sangat penasaran dengan kota ini. Pernah sekali waktu, temanku mengtakan kota ini memiliki tempat2 yang romantis dibubuhi ukiran2 sejarah di setiap bangunannya. Jadi saat mendengar kota ini disebut, rasanya aku terbayang bagaimana yah jika kisah cinta terjalin di kota ini. :)

    BalasHapus
  30. Nisa Rahmah | @niesya_bilqis | https://twitter.com/niesya_bilqis/status/778802168295862273 | Samarinda


    Apa yang terlintas saat mendengar kata Roma?

    Iklan biskuit yang ada sari kelapanya ... hehehe.

    Lalu yang terlintas selanjutnya adalah bayangan sebuah kota cantik tempat salah satu bangunan bersejarah di dunia Colosseum Roma di mana konon katanya zaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk mengadu para gladiator. Hmmm, seram ya? Tapi, saat ini menjadi salah satu bangunan mengesankan dan jadi destinasi wisata dunia. Kapan bisa ke sana yaaa...?

    BalasHapus
  31. Nama : fridalia septiarini
    twitter : @frdliash
    Link share : https://mobile.twitter.com/frdliash/status/778805327928045571?p=v

    Jawaban :
    Saat mendengar kata Roma yang terlintas difikiran ak pertama kali adalah menara Pizza. Selanjutnya terlintas colloseum dan gladiator beserta banteng dan kain merah(?) yang aku tahu Roma itu kota yanh penuh dengan arsitektur klasik jdi dibayangan ak selanjutnya yang trgambar adalah bangunan bangunan kuno peninggalam sejarah gituu

    BalasHapus
  32. Nama : Fina Martiningsih
    Akun Twitter : @finadolce
    Link share : https://twitter.com/finadolce/status/778828651764649985
    Domisili : Mojokerto, Jawa Timur

    Yang langsung dibayangkan saat mendengar kata 'Roma'?

    hmmm.... BISKUIT!!!!! :D
    hahaha...emang dasarnya sukak makan..

    okeey,,seriuss nih..
    yang kubayangkan saat mendengar 'Roma' adalah Jalaaaan-jalaaaannn...
    untuk pegawai yang kerja 5 hari dalam seminngu, dari pagi sampai sore, seperti aku ini, travelling alisan jalan2 itu bayangan yang sangat indaaaaahhh...
    boro-boro ke Roma, bisa jalan2 ke pulau seberang aja itu uda bersyukur banget. selain dari segi finansial, kami juga punya waktu yang terbatas untuk travelling..

    kalo bisa jalan-jalan via novel, kenapa enggak? dapat nya banyak tuuuhh...
    1. me time nya kepake buat hal yg produktif, alias baca.
    2. bisa mengenal lebih dekat akan suatu tempat, dalam hal ini, kota Roma, tanpa perlu kesana (yaa biarpun lebih seruuu pasti kalo bisa lihat langsung kesana :p)
    3. dengan membaca kita sekaligus mengasah otak kita, agar tidak tumpul..
    4. koleksi novel bertambah.. <3

    BalasHapus
  33. Amalia Wardhani
    ‏ @LiaWardha
    https://mobile.twitter.com/LiaWardha/status/779097696216817664

    Pasuruan, Jatim
    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?
    Menara miring, kota yang romantis dengan gedung-gedung klasiknya, dan pizza. Hanya itu yang saya ketahui.
    Tetapi, saya harap novel ini bisa mengajak saya berjalan-jalan dan menikmati banyak hal yang belum saya ketahui dari kota Roma.

    BalasHapus
  34. Isqi Noor Hamdani
    @Isqi_Noor
    https://twitter.com/Isqi_Noor/status/779170921735127044
    Semarang

    Pertama kali yang aku bayangkan tentang Roma adalah sebuah klub raksasa asala kota tersebut yaitu AS Roma. Klub Raksasa yang sedang berusaha mengembalikan kejayaanya.

    BalasHapus
  35. Nama : Dewa Ayu Riska
    Akun twitter : @dewayuriska
    Link share : https://twitter.com/dewayuriska/status/779201359056818176
    Domisili : Denpasar
    Jawaban : Aku jadi inget bangunan-bangunan yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan megah. Seperti The Colosseum, kalo di kartun SpongeBob di plesetin jadi Chum Coliseum yang dibuat Plankton. Kasian si Patrick di jadiin 'umpan' sama Plankton. Terus SpongeBob jadi pahlawan kesiangannya. Dan ujung-ujungnya Plankton tetep nggak bisa ngalahin Mr. Krab ๐Ÿ˜‚. Lalu aku inget sama air mancur Fontana di Trevi. Yang katanya kalau kita melemparkan koin ke air mancur dan memanjatkan doa secara ikhlas, maka akan terkabul dan ada juga versi lainnya kalau kita melempar koin ke air mancur ini dengan tangan kanan di atas bahu kiri maka kita bisa kembali lagi ke Roma suatu hari.

    BalasHapus
  36. Nama : Dewa Ayu Riska
    Akun twitter : @dewayuriska
    Link share : https://twitter.com/dewayuriska/status/779201359056818176
    Domisili : Denpasar
    Jawaban : Aku jadi inget bangunan-bangunan yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan megah. Seperti The Colosseum, kalo di kartun SpongeBob di plesetin jadi Chum Coliseum yang dibuat Plankton. Kasian si Patrick di jadiin 'umpan' sama Plankton. Terus SpongeBob jadi pahlawan kesiangannya. Dan ujung-ujungnya Plankton tetep nggak bisa ngalahin Mr. Krab ๐Ÿ˜‚. Lalu aku inget sama air mancur Fontana di Trevi. Yang katanya kalau kita melemparkan koin ke air mancur dan memanjatkan doa secara ikhlas, maka akan terkabul dan ada juga versi lainnya kalau kita melempar koin ke air mancur ini dengan tangan kanan di atas bahu kiri maka kita bisa kembali lagi ke Roma suatu hari.

    BalasHapus
  37. Nama : Husna Munawaroh Oktaviani
    Twitter : @husnaoktaviani_
    Link share : https://twitter.com/husnaoktaviani_/status/779240920688447488
    Domisili : Jakarta

    Jawaban : Pertama kali yang aku bayangkan yaitu bangunan-bangunannya. Yang pertama adalah Colosseum yang merupakan sisa reruntuhan dari amfiteater dan untuk arena gladiator. Bangunanan ini designnya klasik tapi muncul nilai mewah di dalamnya. Yang kedua yaitu Castel Sant’ Angelo museum ini adalah lokasi yang tepat untuk mempelajari tentang sejarah Italia lebih banyak. Ugh Italia. Museum kastil ini memang kuno tetapi unik dengan bentuk silindrisnya.

    BalasHapus
  38. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/779306617716084736
    Domisili : Ciamis

    Ibukku. Mau bagaimana lagi? Ibukku punya nama begitu. Dan sebelum kenal 'Roma' versi kota aku lebih dulu dilahirin, dimandiin, disupin, didongengin sama Ibuk. Sekeren-kerennya Roma versi kota toh aku belum pernah ketemu apalagi cium tangan. Hal pertama yang masuk bayanganku begitu dengar 'Roma' tentu suara Ibuk yang ngubrak-ngubrakin aku suruh bangun samban pagi. Faktanya, untukku Roma si ibukota kalah beken dari Ibuku yang asli Indonesia.

    BalasHapus
  39. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/779704671086776320
    Karangasem, Bali

    Kalau denger kata Roma, pasti inget sama Eropa. Benua impian yang pengin banget aku jelajahi. Sejak kecil sering lihat foto tujuh keajaiban dunia, selalu takjub sama Colosseum dan Menara Pisa. Apalagi pas nonton film Indonesia yang diadaptasi ke novel itu looh *kode* jadi makin dapat gambaran Roma secara nyata. Kota yang elegan, klasik dan sangat cantik. Bangunan-bangunan bersejarah masih berdiri dengan megah. Penasaran juga, gimana ya rasanya makan pizza langsung di negara asalnya? Semoga suatu hari nanti berkesempatan menjejakkan kaki disana :)

    BalasHapus
  40. Dias Shinta Devi
    @DiasShinta
    https://twitter.com/DiasShinta/status/779836808582410240
    Bogor

    Kalo pertama kali denger kata Roma pasti inget bangunan-bangunan kuno bersejarahnya mereka. Inget tokoh-tokoh penemu dunia. Satu nama kota yg sempet bikin merinding pas denger waktu kecil. :D tapi bikin loveable bgt pas denger kata itu sekarang.
    Thanks kak :)

    BalasHapus
  41. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/779919088709570560

    Kalau denger kata Roma sontak langsung kebayang film perang di bioskop trans7 yg judulnya 300 kl gak salah, yg selalu pake baju perang besi kaya tokoh romawi dgn tokoh perempuan yg kaya dewi2 Yunani. Padahal blum tentu settingnya beneran di Roma, tp gak tu kenapa selalu kebayang hal itu. Mungkin krena otak saya sudah terdoktrin dgn segala sesuatu yg brbau kolosium yg ada di Roma kali ya, jadinya kalau denger kata roma, bayanganku langsung trtuju ke film perang tersebut.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  42. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/779919088709570560

    Kalau denger kata Roma sontak langsung kebayang film perang di bioskop trans7 yg judulnya 300 kl gak salah, yg selalu pake baju perang besi kaya tokoh romawi dgn tokoh perempuan yg kaya dewi2 Yunani. Padahal blum tentu settingnya beneran di Roma, tp gak tu kenapa selalu kebayang hal itu. Mungkin krena otak saya sudah terdoktrin dgn segala sesuatu yg brbau kolosium yg ada di Roma kali ya, jadinya kalau denger kata roma, bayanganku langsung trtuju ke film perang tersebut.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. nama: Emma
    twitter: @emmanoer22
    link:
    https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/779928427294056448?p=v
    Domisili: Riau


    Jawaban: kota vampir, akibat baru rerun twilight new moon. hahaha, jadi aku punya kesan Roma ini cocok banget buat tempat tinggal para vampir karena banyak bangun klasik bangunan2 jaman romawi gitu kali ya, ratusan tahun dengan megah dan masih kokoh mungkin, untuk di jadikan sarang vampir/kelelawar(?) aku gak yakin roma termasuk kota yang romantis karena bangunannya yang sudah berabad2 berdiri itu punya kisah yang lebih pilu, dan seperti bangunan2 tua yang berdiri nggak hanya di roma tapi di seluruh dunia tentu banyak darah yang menjadi pondasi dan lapisan bangunan itu sampai bisa berdiri begitu lama. Ngeri sendiri malah kalau bayangin. Dan di benua Eropa sendiri banyak mitologi dalam berbagai versi tentang vampir.

    BalasHapus
  44. nama: Zahra Shafa
    twitter: @zahrasf_
    link share: https://twitter.com/zahrasf_/status/779946897481924608
    Denpasar, bali

    Aku gak tahu banyak tentang Roma, tapi, saat mendengar Roma, yang aku ada di benakku adalah arsitektur kuno nan antik, lalu mitologi romawi, opera, dan novelnya gemma townley when in rome yang sudah berbulan-bulan belum ku baca sampai habis.

    BalasHapus
  45. nama: Leny
    akun twitter: @_sweetpinky_
    link share: https://twitter.com/_sweetpinky_/status/780079444769644544
    kota tempat tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Roma"?

    Buku. Aku dulu pernah baca sebuah buku yang berisi tentang Kota Roma, mulai dari sejarahnya, budayanya, sampai tempat wisatanya yang indah-indah. Dari situ aku kenal dengan Kota Roma dan aku jadi sangatlah kagum dengan Roma dan rasanya ingin sekali mengunjunginya. Roma itu sangat luar biasa.

    BalasHapus
  46. Ayuni Adesty (Bogor)
    Twitter: @ayuniadesty
    Link share: https://twitter.com/ayuniadesty/status/780070083653623808

    Kalo denger kata ROMA yang pertama melintas adalah penyanyi dangdut ROMA IRAMA SATRIA BERGITAR.

    BalasHapus
  47. Makasih kak rizky & kal pia juga.
    Biodata siap meluncur๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design