Senin, 14 November 2016

[Blog Tour] Ink Magic -------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Ink Magic
Penulis : Ninna Rosmina
Penerbit : LovRinz Publishing
Tebal :
Terbit : Oktober 2016

Ini adalah sebuah kisah cinta yang menguras emosi dan menghancurkan hati nurani. 

Milli seharusnya merupakan perempuan yang manis dan diam di dalam bayangan, karena dia hanyalah Itik Buruk Rupa. 

Dilara adalah sahabat yang seharusnya mendukung Milli. Namun lampu sorot selalu mengarah pada dirinya, karena dia sangat cantik seperti malaikat. 

Namun hati tidak bisa memilih, ketika mereka berdua mencintai lelaki yang sama, Reynand. 

Dan Milli pun berharap... 

Dia menyampaikan harapannya pada buku diarynya, yang dituliskan dengan sebuah tinta. Dan keajaiban pun terjadi. 


Tapi, benarkan itu keajaiban dan bukannya sebuah kutukan?

"Kisah ini memadukan cinta, persaingan dan usaha berdamai dengan ketidaksempurnaan. Bacaan manis yang memancing rasa penasaran, keajaiban apa lagi yang akan terjadi selanjutnya". ~ Arumi E, penulis novel Tahajud Cinta di Kota New York.

-------------------

"Dia tidak membicarakan masa lalu
Dia hanya membicarakan masa depan
Dan dia mengetahui suara hatimu yang terdalam
Jadi, berhati-hatilah dengan apa yang kau harapkan." 

Zayna Millicent Ararinda dan Dilara Anastasia adalah sepasang sahabat karib. Mereka selalu bersama-sama, apalagi mereka sama-sama punya bakat di bidang teater. Dilara yang baik, ramah dan menjadi idola di sekolah dengan senang hati mau bersahabat dengan Milli.

Milli tidak mempunyai banyak teman, karena sikapnya yang suka menarik diri. Milli kurang percaya diri dengan penampilannya, apalagi menganggap bahwa dirinya punya wajah yang buruk rupa, karena bekas luka memanjang akibat kecelakaan yang menimpanya waktu kecil. Kecelakaan yang membuat Milli menjadi anak yatim piatu, karena mamanya meninggal saat itu.

Selama ini mereka selalu bersaing secara sehat dan hubungan persahabatan mereka berjalan lancar, sayangnya kehadiran Reynand Abqary Adhyastha perlahan-lahan menghancurkan persahabatan mereka. Keduanya sama-sama jatuh cinta kepada lelaki yang sama. Dan keduanya sama-sama tidak mau mengalah kali ini.

Mereka pun akhirnya sama-sama bergabung ke ekskul teater, dimana Reynand juga bergabung. Mereka masuk dengan motif yang berbeda. Milli karena ingin berakting, dan dengan berakting dirinya bisa disukai dan dikagumi tanpa harus melihat wajah aslinya. Sedangkan Dilara jelas-jelas ingin dekat dengan Reynand.

Ketika Dilara tahu bahwa Reynand semakin dekat dengan Milli, Dilara pun makin cemburu. Dilara pun bertekad ingin memisahkan Milli dan Reynand, bagaimana pun caranya dia harus bisa menarik perhatian Reynand. Mereka pun bersaing mendapatkan perhatian Reynand, dan semua diawali dengan persaingan mendapatkan peran dalam drama "Itik Buruk Rupa". 

Hingga suatu hari Milli menemukan sebuah buku agenda, bersampul hitam peninggalan ibunya. Namun, bukan itu yang menarik perhatiannya, tetapi pulpen tinta dengan hiasan bulu di ujungnya. Entah kenapa, walau sudah dicelupkan ke botol tinta, belum juga bisa dipakai. 

Akhirnya Milli pun menemukan botol tinta yang hilang, dan Milli pun mulai mencurahkan perasaannya di buku diarynya dan keajaiban pun terjadi. Tiba-tiba saja semua yang ditulis oleh Milli menjadi nyata, apakah ini sebuah keajaiban atau malah kutukan? Apalagi jika itu melibatkan nyawa orang lain?
"Keajaiban tidak datang begitu saja. Maka ketika kamu memilikinya, gunakanlah dengan sebaik mungkin. Jadi, pikirkan baik-baik apa yang benar-benar kamu inginkan, yang terbaik bagimu dan juga orang-orang yang berada di sekelilingmu. Karena tinta ini mengetahui apa yang paling kau inginkan di dasar hatimu. Maka, jagalah hatimu selalu."
Ini novel kedua dari Fairy Tale Romance Series yang kubaca. Kali ini Mba Ninna mengambil dongeng Ugly Duckling untuk ditulis ulang dan dipadukan dengan kisah romansa yang sungguh memikat.

Rasanya menyenangkan sekali bisa membaca sebuah kisah romansa dipadukan dengan kisah dongeng. Sejak membaca blurbnya saja aku sudah dibuat penasaran dengan tinta yang konon ajaib dan bisa mengetahui suara hati terdalam.

Kisah Milli bergulir lancar, dengan menggunakan alur maju dan flashback kisah persahabatan Milli dan Dilara, sebagai pembaca aku bisa mengetahui kronologis kisah mereka dengan baik. Bagaimana persahabatan keduanya yang begitu erat, akhirnya harus hancur karena cinta. Sebenarnya idenya sungguh sederhana, tentang 2 sahabat yang jatuh cinta dengan pria yang sama kemudian timbul perpecahan.

Yang menjadikan unik adalah Mba Ninna memasukkan unsur dongeng Ugly Duckling, dimana Milli dan Dilara sama-sama tergabung dalam ekskul teater dan sama-sama memperebutkan peran yang sama. Jadi, mereka sama-sama bersaing dalam percintaan maupun peran. 

Jujur awalnya aku simpati dengan Milli, karena hidupnya yang terasa sulit sekali sejak awal. Harus kehilangan ibunya karena kecelakaan dan tidak pernah mengetahui siapa ayahnya sejak lahir. Kemudian, kecelakaan yang menimpanya membuat wajahnya pun menjadi buruk karena bekas luka memanjang. Hal ini membuat Milli kurang percaya diri dan berusaha menarik diri karena takut orang menghinanya. Hanya dengan berakting, Milli bisa menjadi orang lain dan tidak ada yang akan mencibirnya.

Hingga kemudian, tanpa disadari segala curahan hatinya di buku agenda peninggalan ibunya berbuah penyesalan. Sebenarnya sulit untuk menyalahkan Milli juga, karena semua yang terjadi itu memang diluar kendali Milli. Milli hanya mencurahkan isi hatinya saja, dan kemudian keajaiban tinta itu bekerja dan semua yang ditulis itu menjadi nyata.
"Ada kalanya ketika segala keinginanmu terwujud, hatimu malah bereaksi sebaliknya, merasa hampa. Mungkin karena kamu kurang bersyukur. Atau mungkin karena kebahagiaanmu mengorbankan kebahagiaan orang lain. Sehingga hatimu tidak akan pernah terpuaskan."
Sedangkan untuk sosok Dilara, aku bisa memaklumi bagaimana pun sulit rasanya untuk berhenti menyukai seseorang. Dilara memilih untuk memperjuangkan perasaannya, walau kadang-kadang itu berlebihan dan akhirnya malah menghancurkan persahabatannya dengan Milli.

Membaca novel ini sungguh menyenangkan, kamu akan dibuat penasaran dengan akhir kisah Milli. Aku suka bagaimana Mba Ninna mengakhiri kisah Milli dengan manis dan membuatku bernafas lega. Membaca novel ini kamu akan belajar bahwa tidak ada kebahagiaan dan kesuksesan yang instan, termasuk urusan cinta. Jika memang sudah berjodoh, apa pun yang terjadi, selalu ada jalan untuk mempertemukanmu dengan pasanganmu kelak. 
Bukankah manusia memang ditakdirkan untuk berjuang dan berusaha di bumi ini?
Penasaran sama novelnya? Sudah bisa kamu pesan loh, cek banner di bawah ini:



------------------GIVEAWAY TIME-------------------


Saatnya aku dan Mba Ninna mau berbagi 1 eks gratis Ink Magic berttdan ney untuk kamu yang beruntung. Caranya gampang banget:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2.Follow akun twitter @RizkyMirgawati dan @NinnaKrisna . Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #InkMagic

3. Follow blog ini via Google Friend Connect (GFC)

4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu.

Apa dongeng favoritmu?

5. Giveaway ini berlangsung dimulai hari ini sampai tanggal 20 November 2016.

Semoga beruntung!!!!!

*****UPDATE*****

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Vanda Deosar / @vandeosar

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter nama lengkap, alamat pengiriman dan nomor hpmu yang bisa dihubungi ya :)

79 komentar:

  1. Ikutan....
    Jiah @jiahjava Jepara https://mobile.twitter.com/jiahjava/status/798084818772729856

    Aku suka Cinderella dan bayangin jika dia bukan cuma sekali ke pestanya. Bagaimana jika berulang dan juga ninggal beberapa sepatu. Kayanya lucu juga, hahhaha

    BalasHapus
  2. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/798088574914555904
    Kota: Jakarta
    Jawaban: paling suka Cinderella karena senang dengan kisah perempuan miskin tapi berakhir menikah dengan pangeran dan hidup bahagia untuk selamanya. Pokonya saya suka yg ceritanya happy ending.

    BalasHapus
  3. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/798128055541579776
    Kota: Cirebon
    Jawaban: Dongeng Si Kancil Curi Mentimun. Selain mengajarkan untuk tidak mencuri, saya ingat betul, dongeng ini pernah saya bawakan ketika kelas enam SD untuk tugas lisan bahasa indonesia. Ah, sampai saya masih ingat kata yang paling berkesan 'sikat' - menyikat mentimun. Hahaha. Jadi bernostalgia ini mah, hehe

    BalasHapus
  4. Nama: Nuri
    Twitter: @magnolia2498
    Link share: https://mobile.twitter.com/magnolia2498/status/798136430706835456?p=v
    Kota: Trenggalek, Jawa Timur

    Dongeng favorit?
    Aku sukanya itik buruk rupa, nggak tau kenapa tapi kayaknya aku banget gitu. Se ekor itik buruk rupa yang dikucilkan karena perbedaan dengan yang lainnya. Rasannya nano-nano paa bacanya. Nyesek gitu ceritanya.
    Bisa diambil contoh juga bahwa membeda-bedakan itu nggak baik. Karena belum tentu sesuatu yang berbeda itu nggak baik.

    BalasHapus
  5. Nama: Puji Nur Aini
    Twitter: @pujina__
    Link Share: https://twitter.com/Pujina__/status/798146924016611328
    KOta: Banjarnegara

    Dongeng favoritnya, Aladin dan lampu ajaib :D

    BalasHapus
  6. Nama: Nurwahidah

    Twitter: @wawha_cuza

    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/798179948884168704

    Kota: Medan

    Dongeng Mermaid karya Christian Anderson. Seorang yang rela menjadi buih daripada membunuh pria yang dia cintai.

    BalasHapus
  7. Nama: Ulva Novitasari
    Akun twitter: @ulvanov
    Link share: https://twitter.com/ulvanov/status/798180344570597376
    Kota tempat tinggal: Blitar - Jawa Timur

    Aku paling suka dongeng Cinderella πŸ‘Έ Mungkin untuk sebagian orang ini dongeng yang penuh khayalan dan gak mungkin terjadi di dunia nyata. Tapi sebenernya dongeng Cinderella itu memberi pelajaran, kalo pasti ada keajaiban dan kebahagiaan setelah semua penderitaan, dan yg patut dicontoh dari Cinderella adalah dia gak pernah balik berbuat jahat ke ibu dan saudara tirinya padahal dia sudah disakiti 😒

    BalasHapus
  8. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/798196560848830464
    Gorontalo

    Dongeng favorit saya adalah kisah Monyet dan Kura-kura. Bercerita tentang monyet dan kura2 yang suatu hari menemukan sebatang pohon pisang hanyut di sungai. Keduanya bersepakat untuk membagi batang pisang tersebut, sang monyet karena berpikir bahwa buah pisang dekat dengan daunnya akhirnya memilih potongan atas batang tersebut. Kura-kura mendapat potongan bawah yang memiliki tunas. Pada akhirnya, pisang si monyet layu dan pisang kura2 bertumbuh. Karena tak bisa memanjat, akhirnya si kura2 meminta tolong kepada sang monyet tapi sayang begitu tiba di puncak pohon, si monyet lupa diri dan justru hanya membagi kulit pisang pada si kura2, si monyet kenyang sendirian. Ini adalah dongeng pengantar tidur yang entah sudah berapa kali diceritakan Ayah saya. Meski sederhana, saya sangat menyukainya. Pesan moralnya sangat terasa dan sangat mudah dipahami oleh anak kecil. Bahwa kita tidak seharusnya berbuat demikian, lupa diri pada orang yang telah berbaik hati menawarkan dan memberikan sesuatu kepada kita, bahwa kita harus memiliki hati yang tak berburuk sangka seperti si kura2, bahwa kita pun tak boleh terlalu percaya pada orang lain untuk menjaga keselamatan kita :))

    BalasHapus
  9. Ten Alten | @ten_alten | Yogyakarta
    https://twitter.com/ten_alten/status/798215666943655936

    Dongeng ya.. hmm..
    Aku palin suka Peter Pan..
    Dongeng yang nggak akan pernah bikin aku bosan.. Membuatku pengen betul ke Neverland.. Membuatku ingin sekali seperti Peter, nggak pernah bertambah dewasa, karena menurutku orang dewasa itu kebanyakan mengerikan (padahal nnatinya aku juga akan jadi orang dewasa) ^^'a
    Dan yang pasti, mengajarkan untuk selalu berani bermimpi.. Nggak ada salahnya bermimpi setinggi apapun, bagaimana kau mewujudkannya.. ^^~

    BalasHapus
  10. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/798156001287413760?p=v
    Domisili : Purwakarta

    Apa dongeng favoritmu?


    Beauty And The Beast

    Cerita ini bagiku mengajarkan ketulusan, tentang "Jangan pernah memandang dan menilai seseorang hanya dari rupa dan luarnya saja, tapi dari hatinya".

    Dan ga tau kenapa, tapi saat ini sampai usiaku 25 tahun aku tetap menyukainya dan menunggu tayangan itu meski hanya berupa film kartunnya saja, dan aku begitu menunggu versi sungguhan yang akan tayang tahun depan.

    BalasHapus
  11. Kiki Suarni
    @Kimol12
    https://twitter.com/Kimol12/status/798315307278344193

    Apa dongeng favoritmu?

    Malin Kundang. Karena ceritanya masih relevan, sekarang dan seterusnya. Cerita ini banyak memberikan pembelajaran hidup, terutama tentang betapa dimuliakannya seorang Ibu sehingga membuktikan kebenaran bahwa surga ditelapak kaki Ibu. Sekali kau menyakitinya, maka surga bukan milikmu.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/798156036288823296?p=v
    Kota: Tuban

    Apa dongeng favoritmu?

    GAGAK YANG HAUS

    Menurutku cerita ini ringan tetapi mudah diingat dan menetap dalam pikiran. Seperti ungkapan Arab Man jadda wajada. Pada intinya cerita ini juga memiliki pesan yang sama, yaitu
    "Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha. Dimana ada keinginan pasti ada jalan. Dan ketika kita bersungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasil."

    BalasHapus
  13. Vanda Deosar
    @vandeosar
    https://twitter.com/vandeosar/status/798340361051439104

    Apa dongeng favoritmu?

    Dongeng favorit Aku sudah jelas dan pasti Bawang Merah dan Bawang Putih. Dari buku, kaset cd hadiah susu, sampai filmnya dan sinetronnya pun diikutin ahaha. Karena cerita ini dulu takut banget jadi anak bandel dan takut punya ibu tiri, takut dijahatin sama bawang merah dan ibunya terus disiksa. Tapi dongeng ini juga banyak mengajarkan kalau kita berbuat baik pasti akan mendapatkan hal yang baik. Walaupun hanya berteman dengan binatang, tetap kita tahu kalau kita itu tak pernah sendirian :)

    Terima kasih.

    BalasHapus
  14. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @princeesAainhy
    Link: https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/798341832182677504

    Jawaban:

    Dongeng favorit saya adalah Maling Kundang. Sarat akan pesan moral dan makna di balik kisahnya. Seperti halnya dongeng2 lain, kisah Maling Kundang menyisakan pesan sekaligus peringatan kepada kita untuk selalu menghormati Ibu. Sampai saat ini pun, dongeng ini tetap menjadi favorit saya, sekaligus peringatan sndri klu menyikapi ibu. :)

    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ets Twitter yg benar @PrinceesAinhy

      Mf typo

      Hapus
  15. Nama : Astriana SM
    Twitter : @AstrianaGrande
    Link share : https://twitter.com/AstrianaGrande/status/798344224475222016

    Dongeng Favoritku adalah..... Jengjeng.... Malin Kundang��

    Aku suka dongeng ini, karena dongeng ini ngasih contoh yang sangat besar buat aku.
    Tentang kasih sayang ibu, yang ga pernah ada habisnya. Namun, si anak malah durhaka.
    Bikin mikir, dimana letak kasih sayang si anak kepada ibunya. Disaat dia disayang dengan kasih yang tak berhingga, si anak malah memperlakukan ibunya dengan tidak menyenangkan.

    Semoga, kita semua dijauhkan dari sifat durhaka. Durhaka kecil, maupun besar. Semoga kita senantiasa berbakti kepada kedua orang tua kita, terlebih pada Ibu��

    BalasHapus
  16. Nama: Khuznul Hatimah
    Twitter: @Khuznul_Nhunu
    Domisili: Makassar
    link twitter: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/798342650332004354
    Jawaban:
    Dongeng si Timun Mas... Dongeng ini banyak pelajarannya, melalui dongeng ini qta bisa belajar sabar, kerja keras, saling menyayangi dan menghormati. Aku paling sedih saat timun mas harus pergi meninggalkan pasangan petani yang telah dianggapnya sebagai ortu agar terbebas dari raksasa jahat. Pengen banget masa kini di munculin kembali buku-buku dongeng yang mulai hilang di edaran pembaca anak-anak. 😊😊

    BalasHapus
  17. Nama: Annisa Az Zahra
    Twitter: @anisazahra01
    Link share: https://mobile.twitter.com/anisazahra01/status/798344745973989376?p=v
    Domisili: Tasikmalaya, Jawa barat
    Jawaban:

    Dongeng favorit aku adalah Cinderella... Aku suka banget, aku belajar bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama, tidak ada pembeda antara yang satu dengan yang lain, terus juga kesempatan tuk mencinta dan dicinta, aku jadi gak patah semangat tuk mendapatkan cintanya, hahaa, jadi ngarep kan.

    BalasHapus
  18. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/798351284147322881
    Domisili: tangerang

    Dongeng fav saya itu pinocchio. Saya suka karakter si pinocchio ini, walaupun dia pernah berbohong tapi dia bisa juga bertindak jujur, berani dan tidak egois.

    BalasHapus
  19. Nama: Ratna Komalasari
    twitter: @dreravios
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/798338381671501824?p=v
    Domisili: Tangerang


    Jawaban: Aku paling suka sama dongeng Beauty and the Beast.

    Karena di cerita itu kita di ajarkan untuk tidak membeda-beda kan orang lain apalagi dari wajah dan sikap mereka, mengajarkan kita untuk mencintai seseorang tanpa melihat dia tampan atau cantik tapi karena hati yang memilih dan meyakini bahwa dia adalah jodoh terbaik yang dikirimkan tuhan untuk kita.
    Dan juga mengajarkan kita untuk selalu membaca buku, seperti Belle yang tidak pernah bosan membaca buku karena buku itu adalah jendela ilmu.

    BalasHapus
  20. nama: mariyam
    twitter: @mariyam_elf
    link share: https://twitter.com/mariyam_elf/status/798384364824367104
    domisili: surabaya

    dongen favoritku kancil dan kura-kura. dari dongeng itu bisa belajar utk tidak melihat apapun hanya dari fisiknya, tanpa tahu yg sebenarnya. terbukti wlaupun kura-kura lamban, tp kura-kura yg menang.

    BalasHapus
  21. Nama : Sharie
    Twitter: @nAshari3
    Link Share: https://twitter.com/nAshari3/status/798435665629380609
    Domisili: Cikampek

    Jawaban: Dongeng yang aku suka adalah The Red Shoes (Sepatu Merah)
    Aku inget banget Mama pernah beliin buku cerita ini, dan aku langsung suka. Bahkan sanking membekasnya, waktu kecil aku suka segala sesuatu yang berwarna merah. Baju, sepatu, pernak-pernik, bahkan minuman soft drink berwarna merah. Haha...
    Sampai hari ini, aku punya loh sepatu warna merah :D xixixi

    BalasHapus
  22. Nama : Miftahul Jannah
    Twitter : @HatakeMJ
    Domisili : Cepu, Blora (Jawa Tengah)
    Link share : https://mobile.twitter.com/HatakeMJ/status/798472834691366912?p=v

    Dongeng yang saya suka adalah cerita dari Jawa Tengah, kearifan lokalnya membuat saya jatuh cinta termasuk dongennya yaitu "Ande-Ande Lumut". Kisah kasih Ande-Ande Lumut dan Klenting Kuning. Aku harap kamu penasaran dengan dongen ini. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, ternyata typo. Dongeng yaaaa... hihihi

      Hapus
  23. Nama: Haula Taqya
    Twitter: @Taqya1999
    Link share: https://twitter.com/Taqya1999/status/798482636607885312
    Kota: Metro, Lampung
    Jawaban:
    Pertama apa arti dongeng? dongeng/do·ngeng/ /dongΓ©ng/ n 1 cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh): anak-anak gemar mendengarkan -- Seribu Satu Malam; 2 ki perkataan (berita dan sebagainya) yang bukan-bukan atau tidak benar: uraian yang panjang itu dianggapnya hanya -- belaka;
    -- sasakala cerita zaman dahulu (seperti cerita para dewa);

    Aku pilih kisah 1001 malam. Bukan karena pingin membantu orang lain untuk jadi lebih baik, tapi lebih kepada: menjadi diri sendiri dalam versi terbaik setiap harinya. Kisah 1001 malam juga mengajarkan kita bahwa ketika kita bertekad dan berusaha untuk menggapai sesuatu, maka akhirnya kita akan mendapatkannya.

    Akhirnya dongeng bukanlah cerita yang tidak benar-benar terjadi, tapi sesuatu yang benar-benar terjadi di sekeliling kita yang dibumbui dengan fantasi.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Oktabri | http://twitter.com/irbatko | https://twitter.com/irbatko/status/798491011123212288 | Prabumulih | Dongeng yang paling favorit menurutku ialah Little Mermaid versi asli. Bukannya sok kebarat-baratan atau tidak cinta produk dalam negeri. Tetapi menurutku versi aslinya lebih menyentuh dan meninggalkan kesan yang mendalam. Aku suka ketika si Little Mermaid lebih memilih untuk menyerahkan cintanya dan berkorban menjadi buih daripada membunuh pangeran yang membuatnya mengorbankan suara merdu dan ekornya demi sepasang kaki untuk mengejar pangeran, makhluk daratan yang dia cintai. Di titik inilah kesungguhan perasaan Litte Mermaid diuji, dan dia memilih akhir yang tragis untuk dirinya sendiri.

    Ketika dihadapkan pada pilihan untuk mengorbankan orang yang dicintai demi mengembalikan apa yang seharusnya menjadi milik kita, yang telah kita korbankan untuknya, seberapa banyak yang lebih memilih untuk mengorbankan diri sendiri dan menghadapi 'akhir yang buruk' dengan sukarela?

    BalasHapus
  26. Nama : Yunia Fatina
    Twitter : @YFatina
    Link share : https://mobile.twitter.com/YFatina/status/798502439661903872?p=v
    Asal : Lombok

    Jawaban :
    Dongeng favorit saya adalah dongeng yang berasal dari daerah sendiri. Judulnya "Puteri Mandalika". mungkin cerita ini tak banyak yang tahu. Jadi ijinkan saya menceritakannya disini.
    ***
    Seorang putri kerajaan lombok yang cantik jelita, cerdas, bijak, dan memiliki budi pekerti yang baik. Putri ini bernama Putri Mandalika.
    segala pesonanya menyebar hingga ke seluruh penjuru Lombok dan daerah sekitarnya.

    Puluhan putra mahkota dari berbagai kerajaan di lombok mulai mengajukan lamaran. Ternyata pesona Putri Mandalika memunculkan masalah serius.
    para Putra Mahkota itu terus mendesak jawaban. Mereka bahkan menjadi saling bermusuh-musuhan dan siap menggelar perang besar. Pemenang tentunya yang akan berhak atas cinta Putri Mandalika.

    Putri Mandalika dengan segala kebijaksanaannya meminta waktu untuk bersemedi. Ia meminta para pangeran dan para putra mahkota untuk bersabar. Putri tidak ingin perang besar berkecamuk di antara semua kerajaan. Putri Mandalika paham, jika perang besar terjadi, maka yang menjadi korban sebenarnya adalah rakyat.
    Sang Putri melihat gelagat yang ada, Putri Mandalika mengerti bila ia memilih salah satu dari mereka sebagai calon suaminya, maka yang lain pasti akan kecewa. Situasi telah semakin memanas dan tak akan bisa teratasi.
    Putri Mandalika mengundang seluruh rombongan pelamar dan rakyatnya untuk datang ke Pantai Seger Kuta. Ia berjanji akan menunjukkan apa keputusan yang telah dipilihnya dan tak akan mengecewakan semua pihak.
    Akhirnya, Putri Mandalika berdiri di atas sebuah tebing batu. Ia berpesan bahwa ia ingin semua kedamaian dan kesejahteraan tetap lestari di Lombok. Pesannya ditangkap dengan sangat jelas oleh semua yang hadir di sana. Lalu ia juga mengatakan bahwa ia adalah untuk kebahagiaan semua orang. Bukan penyulut kebencian dan amarah. Setelah berpesan demikian ia melompat ke dalam ombak yang bergulung-gulung. Petir menyambar-nyambar dari langit dengan kilat terang benderang. Hujan deras dan gelombang besar menyambut tubuh molek Putri Mandalika. Ia tenggelam ditelan lautan.
    Semua putra mahkota, pangeran, rakyat bersedih. Tak ada genderang perang yang ditabuh. Semua lemas dan kecewa. Putri yang dicintai semua orang itu kini lenyap. Saat hujan mereda dan laut tak lagi bergelora, semua orang bercebur ke air mencari-cari orang yang mereka sayangi. Mereka mencari ke celah-celah karang, menyelam ke dasar lautan. Mereka tidak menemukan Putri Mandalika, tetapi makhluk-makhluk kecil berwarna-warni. Putri Mandalika menjelma menjadi hewan-hewan kecil yang kini disebut sebagai nyale.
    Semua orang yang ada di Pantai Seger Kuta menangkap dan mengumpulkan hewan-hewan kecil itu. Mereka memasaknya dan memakannya karena rasanya sangat lezat, menaburkannya di sawah dan ladang karena membawa kesuburan dan panen yang berlimpah. Rakyat di seluruh kerajaan-kerajaan di Pulau Lombok mengerti, inilah pilihan Sang Putri. Putri Mandalika menjelma menjadi jutaan hewan kecil itu setiap tahun untuk menjadi milik semua orang.

    Ada tradisi yang khas dan dianggap sakral di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok pada daerah pesisir selatan setahun sekali mengadakan upacara adat Bau Nyale (Menangkap Nyale-cacing laut). Dan, upacara menangkap nyale yang hanya berlangsung setahun sekali (sekitar bulan Februari dan Maret).

    Maaf jika membuat mata lelah menatap coretan saya ini. Hehe

    BalasHapus
  27. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/798344477773471744?p=v
    Kota tinggal: Surakarta

    Jawaban: Ande-ande Lumut. Nilai moral dari dongeng itu tepat menggambarkan fenomena sekarang ini yaitu tentang harga diri wanita. Diceritakan bahwa klething merah, klething ungu, klething hijau yang sangat cantik bersedia dicium oleh yuyu kangkang/kepiting raksasa sebagai imbalan karena sudah membantu mereka menyeberangi sungai besar. Tapi, yuyu kangkang/kepiting raksasa tidak mau menyeberangkan klething kuning yg badannya bau kotoran. Ande-ande lumut justru memilih klething kuning sebagai istrinya karena badannya tidak bau amis yuyu kangkang/kepiting raksasa alias masih suci.

    Pesan moralnya: Kehormatan dan kesucian bagi seorang wanita itu sangat penting. Jangan serahkan apapun pada pacarmu, sebaik apapun pacarmu karena itu bukan haknya. Kalian tidak punya jaminan atau ikatan yg sah untuk menuntut ketika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan. Apa yang kamu miliki dalam dirimu itu nantinya menjadi hak suamimu.

    BalasHapus
  28. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/798721626535821312
    kota tinggal: Serang

    Apa dongeng favoritmu?

    Beauty and The Beast.
    Dari kisah ini kita mendapatkan beberapa pesan moral yg patut diikuti.
    1. Pengorbanan untuk keselamatan orang yg disayangi, dari cerita Belle yg dengan ikhlas mengorbankan dirinya untuk menggantikan ayahnya yg ditawan di kastil Si Buruk Rupa.
    2. Keberanian dan kesabaran, bagaimana Belle begitu berani dan sabar menghadapi The Beast yg buruk rupa dan memiliki sifat kasar.
    3. Ketulusan hati akan berbuah cinta yang indah. Ketulusan hati Belle yang mau menyayangi The Beast tanpa melihat rupanya, dan dengan kelembutan Belle yg penuh kasih sayang pun dapat meluluhkan hati The Beast yg keras yg membuatnya juga memiliki cinta yg tulus untuk Belle. Dan akhirnya ketulusan hati itu pulalah yg membebaskan The Beast dari kutukan dan membuatnya kembali menjadi pangeran yang tampan.

    BalasHapus
  29. Nama : Heni Susanti
    AKun twitter : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/798732235335532549
    Kota tinggal : Pati - Jawa Tengah

    Dongeng favorit sejak dulu Timun Mas. Dari jaman kecil diceritain sama bapak setiap habis isya - berhubung gak ada TV jaman aku kecil, atau buku dongeng - aku jadi suka dengan kisah perjuangan pasangan suami istri yang begitu menginginkan hadirnya anak. Tentang anak yang ditemukan di dalam timun raksasa - yang sempat membuatku tidak mau makan mentimun karena takut ada bayinya :D. Tentang bagaimana kekuatan tekad bisa mengalahkan raksasa jahat.

    Suka dengan suara Bapak saat menirukan suara lembut si Timun Mas maupun suara menggelegar raksasa jahat yang sering membuatku tertawa karena Bapak dengan kumis tebalnya jadi lucu saat menirukan suara Timun Mas atau ibunya. Timun Mas adalah satu-satunya dongeng yang bisa ditirukan Bapak dengan lengkap dari awal sampai akhir tanpa kebingungan bagaimana lanjutannya.

    Mungkin jika dipikirkan aku menyukai kisah ini karena momen saat aku mendapatkan cerita ini adalah saat aku masih bisa bermanja dan berkumpul dengan keluarga tanpa gangguan suara televisi atau keheningan karena semua sibuk dengan tatapan pada benda kotak itu.

    Wah...jadi kangen masa-masa itu.

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  30. Nama : Wahyuni Soewardji
    twitter : @Sukigahana
    link : https://twitter.com/Sukigahana/status/798757457371594752
    Dongeng favoritku adalah Beauty & The Beast, karena itu bisa jadi contoh banget kalau seseorang tidak bisa dinilai hanya dari penampilan fisik semata, pun orang jahat sekalipun pasti punya sisi baik.

    BalasHapus
  31. nama : Ifah
    twitter : @zhiigo
    link share : https://twitter.com/zhiigo/status/798790071662981120

    Aku suka dengan kisah jayaprana dan layonsari. Satu2 nya kisah tragis yang aku suka. Kenapa? Karena aku juga pengenn banget punya cinta sejati seperti mereka. Aku jatuh cinta pada sosok layonsari yang tetap setia pada suami nya, tak tergoda oleh harta.

    Juga bagaimana seharusnya seorang warga negara harus setia pada pemerintahannya seperti jayaprana.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama: Siti Khumaira Dengo
    Akun twitter: skhumairade
    Link Share: https://twitter.com/skhumairade/status/798798174919868416
    Domisili: Yogyakarta

    Saya suka dongeng rapunzel! Dongeng itu memberitahu kita seberapa susahnya memilih antara dua orang yang begitu dicintai, sekaligus mengajarkan kita mengenai arti pengorbanan dan keikhlasan. Sebagai seorang Ayah, tentu sulit memilih menyelamatkan sang anak atau istri tercinta, walupun pada akhirnya anaknya yang dikorbankan.

    Melalui dongeng rapunzel, saya pun tahu bahwa setelah kesedihan, pasti ada kebahagiaan yang tercipta. Di balik kesusahan, ada kemudahan. Hal ini dibuktikan saat Rapunzel dibuang ke gurun pasir oleh penyihir, tetapi akhirnya kembali bertemu dengan pangeran.

    "Ketika kita tidak saling mencari, namun akhirnya saling menemukan."

    BalasHapus
  34. Eni Lestari | @dust_pain | Malang
    https://twitter.com/dust_pain/status/798822662407475204

    dongeng fav ku adalah Cindelaras. aku suka pesan moral yang disampaikan di dongeng ini. bahwa kebenaran pasti terungkap dan orang2 jahat pasti mendapat ganjaran atas apa yang mereka lakukan :)

    BalasHapus
  35. Esti
    @estiyuliastri
    Mjokerto
    https://twitter.com/estiyuliastri/status/798822663686737924

    Timun mas & Ande-ande lumut. Ceritanya melekat di kepalaku. Karna memang waktu kecil dulu, ibu suka mendongengkannya berulang kali setiap kali mau tidur πŸ˜†
    Meskipun bosan, tapi ibu selalu aku minta mendongengkan cerita tersebut lagi...dan lagi.hihi

    BalasHapus
  36. Nama : hafiza
    Akun twitter : @hafiizaaa
    Link :https://twitter.com/hafiizaaa/status/798815433889484802
    Alamat : ketapang

    Suka banget dongeng cinderella!! Suka sama karakter cinderella yg terlalu baik walau kadang suka kesel sendiri sih wkwk terus pangerannya juga gak ngeliat latar si cinder tapi tetep aja cinta sama tuh cinder plis sisain satu kayak gini buat aku. Pokonya cinderella bikin aku suka banget sampe sekarang

    BalasHapus
  37. Nama : seffi soffi
    Akun twitter : @seffiii
    Domisili : Bandung
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/798845906145538048

    Apa dongeng favoritmu?

    Jawaban : Dongeng Cerita Rakyat Sangkuriang.
    Cerita tentang di adanya gunung tangkuban perahu.



    BalasHapus
  38. Nama : Rizky Tria Octasiana
    akun twitter : @Octannow_
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/798852817985224705?p=v
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Apa dongeng favoritmu?
    Berhubung aku udah 'agak' gede, jadi yang keinget beberapa dongeng lawas, salah satunya Snow White & The Seven Dwarfs. I like it..
    Siapa sih yang gaktau legenda kecantikan Snow White? rambut sehitam bulu gagak, kulit seputih salju dan bibir semerah darah. Aku suka bgt dongeng yang serba princess, bahkan pas kecil suka ngoleksi sepatu/sandal ala princess. Oya, suasana negeri dongeng itu kayaknya seru ya. Menjadi seorang putri yang tinggal di istana megah, bertemu dengan pangeran tampan, kaya raya, setia dan meraih ending kisah bahagia selama-lamanya. Oalah hidup macam princess itu asyik :v
    lagipula biasanya kisah negeri dongeng itu berakhir happy. Misalnya kaya snow white ini, walaupun awalnya keracunan apel tapi akhirnya sembuh karna kecupan sang pangeran. Sweet banget.
    Dari Snow White aku belajar; jgn pernah sekalipun menyimpan dendam kepada siapapun, kecantikan terpancar bukan hanya dari wajah saja namun juga dari sikap dan hati, pastinya.

    BalasHapus
  39. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/798881042085990400
    Domisili : Aceh

    Dari kecil, bahkan di mulai sejak aku dapat mengeja kata-kata aku sudah menyukai cerita dongeng. Mulai dari cerita Timun Mas sampai dongeng saduran dari luar seperti Cinderella, Putri Salju dan Little Mermaid. Yang terakhir ' Little Mermaid' yang paling kusuka.

    Mungkin otak tuaku mulai berkarat, hanya beberapa dongeng-dongeng yang telah kubaca masih nyantel di kepalaku sedang sebagian besar raib dalam ingatan. Paling yang ingat hanya sepotong-sepotong dan ceritanya secara garis besarnya aja yang aku ingat.

    Paling ingat dulu saat diceritakan dongeng waktu mau tidur, dari awalnya kisah tentang Cinderella tapi endingnya menjadi cerita Putri Salju. heheheh. Namanya juga anak-anak iya kan ;)

    BalasHapus
  40. Nama : Sitti Laylyatus Syarifah
    Twitter : @leelianlov
    Link Share :https://mobile.twitter.com/leelianlov/status/798899979746099200
    Domisili : Jember

    Jujur saja, sewaktu kecil dulu saya nggak pernah dibacakan dongeng sama orang tua saya. Saya pasti baca cerita dongen dibuku paket pas semasa SD, saya paling suka dongen tentang Abunawas. Dan selalu baca disalah satu majalah yang lumayan booming dulu. Saya suka karena Abunawas kocak, tapi masih tetap memberikan pesan-pesan moral disetiap kelakuan jahilnya.

    BalasHapus
  41. Nama : Wening Purbawati
    Twitter : @dabelyuphi
    Domisili : Ambarawa
    Share : https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/799024005206290433?p=v

    Sebenarnya bingung kalau disuruh memilih dongeng yang menjadi favoritku, karena aku suka semua cerita dongeng, baik versi Disney, Grim Brother yang cerita aslinya begitu kejam :D, maupun dongeng-dongeng lokal dari berbagai negara. Karena setiap dongeng masing-masing punya nasihat dan pesan tentang hidup yang berbeda. Tapi kalau memilih dongeng yang paling berkesan buatku aku pilih dongeng Si Kancil. Karena Si Kancil-lah dongeng pertama yang aku tahu saat masih kecil dulu, dan mengajarkan berbagai macam nasihat serta mengimajinasikan dongeng-dongeng yang aku tahu selanjutnya :)

    BalasHapus
  42. Nama: Neti Mandasari
    Akun: MandaNetty
    Link Share: https://twitter.com/MandaNetty/status/799135385188081664
    Kota TInggal: Bojonegoro, Jawa Timur-62195
    Jawaban: Roro Jonggrang

    BalasHapus
  43. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/799126535164686337
    Domisili : Ciamis

    Dongeng Favorit? Jaka Tarub & 7 Bidadari. Sebenernya Bapak saya lebih sering bacain dongeng soal fabel sih waktu saya kecil tapi, Jaka Tarub sama Nawang Wulan ini dongeng pertama yang saya baca versi bukunya begitu saya mulai bisa baca sendiri. Difavoritkan mungkin karena lebih ke kenangannya sih bahwa walau ngeja kata itu sulit tapi, ketika saya berhasil menutup buku tanpa satu kata pun terlewat saya ngerasa berhasil :D actually secara cerita pun seru. Dulu, saya malah sering berandai-andai bila sedang mandi terus handuk saya dicolong, jangan-jangan saya bidadari. Dongeng ini membuat saya sering berimajinasi :D

    BalasHapus
  44. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/799151633569435648
    kota tempat tinggal: Surakarta

    Apa dongeng favoritmu?

    Putri tidur. Soalnya dari semua kisah dongeng yang hidupnya paling nyaman ya putri tidur. Walaupun dia menjadi target pembunuhan, tapi dia enggak tau kalo nyawanya diincar jadi dia tetap aja menjalani hidupnya dengan damai. Terlahir dengan segala hal baik melingkupinya. Dan ketika mati, dia tidak mengalami kesakitan apapun. Dia pingsan, dan terjaga dalam tidur abadinya. Habis itu bangun-bangun karena ada pangeran tampan yang jatuh cinta padanya. Enggak usah nge-galau gara-gara cintanya ditolak, atau kena php dan sejenisnya. Langsung ketemu sama belahan jiwanya. Setelah itu menikah. Hidup bahagia selama-lamanya. Kurang enak apa coba?
    Sementara dongeng yang lain, pasti sengsara dulu baru bahagia. Yang kadang cerita kesengsaraannya malah bikin jengkel sendiri. Cinderella, Upik abu, bawang merah bawang putih itu satu kisah yang sama. Sebelum ketemu pangeran harus disiksa dulu. Ande-Ande lumut, harus bau amis dulu baru berjodoh dengan pangerannya. Sedangkan Putri tidur? Tidur, bangun, nikah, selesai. Kurang ajar banget kan ceritanya. Nah karena kurang ajar itu, makanya aku suka dongeng itu. ^^

    BalasHapus
  45. Nama: Deva Muhammad Yasin
    twitter: @devayasinyahya
    Link share: https://twitter.com/devayasinyahya/status/799178146033475585
    Domisili: Surabaya

    apa dongen favoritmu?

    saya dari dulu hingga usia 23 tahun saat ini masih menggemari cerita sang kancil.
    Kancil kan hewan yang bijak :D.

    mengajarkan dan mengenalkan akhlak/perbuatan yang baik lewat dongeng. dongeng merupakan kisah yang tidak benar-benar terjadi namun memiliki kisah dan pembelajaran yang banyak bagi kehidupan.

    saya menyukai cerita sang kancil, karena hikmah dan pelajaran yang diambil banyak dan sekaligus sangat mudah diceritakan kembali kepada ponakan-ponakan saya. bagi seorang anak kecil terutama usia 3 tahun keatas, dongeng sang kancil dapat menarik perhatian mereka. pengenalan tokoh yang mudah sekaligus kisahnya yang lucu dan unik menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

    jadi sangat layak bagi saya untuk memilih kisah sang kancil sebagai dongeng favorit saya.;)

    BalasHapus
  46. nama :Aurora Milenia
    akun twitter :@AMKR05
    link share :https://twitter.com/AMKR05/status/799187385883856896
    kota tempat tinggal :Surabaya,Jawa Timur


    Apa dongeng favoritmu?
    Sebenernya aku suka semua dongeng baik karya dalam negeri maupun luar negeri karena semua dongengnya sama sama ada pesan yang baik dan bermanfaat buat kita.Tapi aku paling suka sama dongeng Rapunzel.Gak ada alasan yang bener bener ngejelasin sih kenapa bisa suka karena suka gak butuh alasan kan? #baper.Yang pasti aku suka sama karakternya pake banget:)

    BalasHapus
  47. Nama: Haidaroh Sholeh
    Domisili: Sidoarjo
    Twitter: @haidarohsholeh
    Link share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/799186385194209281

    Dongeng favorit saya?

    Dongeng favorit saya adalah dongeng daerah, dan yang paling favorit dari yang terfavorit adalah kisah walisongo. Dulu sewaktu kecil saya sering diceritain tentang kekeramatan para wali wali penyebar agama Islam di pulau Jawa ini.

    Bahkan saya merasa kekeramatan itu sampai sekarang juga terasa. Saya sering berziarah ke makam mereka, dan menapaktilasi perjuangan mereka sampai akhirnya agama Islam bisa menjadi agama yang besar dan tumbuh di Jawa dan Indonesia.

    Walisongo mengajari banyak hal untuk berakhlak baik, berbudi luhur, bertatakrama dalam bersikap, dan yang penting adalah penyebaran agama Islam dapat menyebar dengan suri tauladan yang baik. Dan para walisongo ini membuktikan pada kita semua. Disadari atau tidak, mereka amat berjasa dalam kehidupan beragama serta bernegara untuk generasi sekarang. Dan kisah kisah mereka masih sangat relevan untuk didongengkan atau dikisahkan pada generasi selanjutnya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  48. Nama:Rini Aprianti
    Akun twitter:@rnaprti17
    Link share:https://twitter.com/Rnaprti17/status/799232012355633160
    Domisili:Jambi

    Dongeng favorite saya adalah cinderella.Saya menyukai dongeng ini karena cinderella itu penyabar,cantik,lemah lembut,dan baik.Cerita cinderella identik banget dgn sepatu kaca.Yang paling aku sukai itu saat pangeran memasangkan sepatu kaca tersebut ke cinderella,TARA!!akhirnya cocok dan cinderella pun menjadi isti sang pangeran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry typo,maksudnya istri ya.

      Hapus
    2. Sorry typo,maksudnya istri ya.

      Hapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: tangerang
    Link share : https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/798550316450840577?p=v

    Dongeng favoritku adalah Bawang Merah Bawang Putih. Selain karena mempunyai pesan moralnya yang aku suka, yaitu “Jangan menilai orang dari rupanya, kadang penampilan tidak menunjukkan kebaikan.” Pesan itu yang ditujukan kepada Bawang Merah. Dia cantik, tapi dia Jahat.
    Cerita ini mengisahkan dua orang gadis kakak beradik tiri yang memiliki sifat yang bertolak belakang. Dan ada juga Ibu tiri yang bersikap tak adil dan pilih kasih.

    BalasHapus
  51. Nama: Salimah Isnaini Azzahroh
    Akun twitter: @salimah_IA
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/salimah_IA/status/799259582384082945
    Jawaban:

    Dongeng favoritku itu Pinokio. Kenapa Pinokio? Karena dari Pinokio, kita bisa belajar mengenai untuk selalu jujur dalam kondisi apapun, dan jika kita berbohong, mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita pasti mendapatkan konsekuensinya. Dalam kisah ini, hidung yang panjang adalah ilustrasi akibat dari kebohongan.
    Selain itu, dari Pinokio, kita juga bahwa hal yang baik itu membutuhkan pengorbanan. Seperti Gapento yang rela berkorban meski nyawanya dipertaruhkan. Hal itu dibuktikan Gapento dengan mengorbankan nyawanya untuk mencari Pinokio. Dan akhhirnya, pengorbanan dan cinta kasih Gapento kepada Pinokio tak sia-sia, setelah akhirnya Pinokio berhasil menjadi manusia.

    BalasHapus
  52. Nama: Ahmad Azwar Avisin Alhaidar
    Domisili: Sidoarjo Jawa Timur
    Twitter: @azwaravisin
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/799434925346725889


    Dongeng Favorit? Hansel and gretel. kisah anak kecil mengelabui penyihir jahat menurut saya amat sangat menarik. orang tua meninggalkan anak - anak mereka dalam hutan, juga amat menarik, mengajari kita semua untuk bisa cerdik dan cermat dalam kondisi apapun, dengan menebar roti agar mengetahui jalan pulang, juga sangat menggemaskan. seru deh pokoknya.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/799265743896342528

    Dongeng favoritku adalah "the ugly mongkey and the naughty cat". Sebenernya itu lebih ke fabel sih, karena tokohnya binatang. Aku suka banget sama cerita itu karena cerita itulah yang menghantarkanku mendapat nilai yang bagus di mapel bahasa Inggris. Jadi waktu itu pas belajar bab narrative text, gurunya ngasih tugas harus nampilin satu cerita, kayak story telling gitu. Dan aku menceritakan kisah the ugly monkey and the naughty cat.

    BalasHapus
  55. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/799484934050238465

    The Lion King.
    Karena dongeng ini yang bisa sampe bikin aku menitikan air mata saking harunya dan sangat terbawa suasana cerita antara Simba, Scar, dan Mufasa.

    Si kecil Simba adalah sosok yang menginspirasiku untuk bisa seperti dia. Hidup di alam bebas dan bisa melakukan pilihan apa pun atas apa yang kusuka dan kumau - selagi bisa bertanggungjawab - terlebih ia mendapat dukungan penuh dari orangtuanya. Makin terpesona dengan peran Mufasa sebagai sosok ayah yang 'ngemong' banget kepada Simba.

    Mufasa: Simba, look right in front of you. There's a way big mountain right in front of you.

    Simba: Can I go there?

    Mufasa: No. That place is only belongs to those who believe in who they are.

    Dialog itu cukup menyentil hati kecilku. Kemauanku banyak, kesukaanku banyak, khayalanku ada lebih banyak lagi. Tapi pertanyaan pentingnya adalah apakah aku sudah cukup yakin dengan diriku sendiri untuk mencapai dan mewujudkan satu saja dari semua mimpiku itu?

    Thanks to Mufasa for his deep meaning quotes that I can always remember all the time. πŸ™‚πŸ™

    BalasHapus
  56. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/799551236718608384
    Domisili: Aceh
    Jawaban:
    Apa dongeng favorite?
    Peteri Pukes.
    Salah satu dongeng dari Takengon, Gayo, Aceh Tengah.
    Tentang sepasang suami istri yang berubah menjadi batu karena tidak mendengar nasehat orangtuanya. Dongeng itu menjadikan anak-anak di sini merasa takut jika membantah nasehat orang tua.
    Sampai sekarang ada gua yang menjadi tempat peteri pukes membatu yang bisa dikunjungi di seputaran Danau Lut Tawar di Aceh Tengah.

    BalasHapus
  57. Nama : Mifta Rizky W
    Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/799579455085649920
    Domisili : Gresik

    Apa dongeng favoritmu? Beauty and the beast, banyak banget hikmah yg bisa diambil dari dongeng ini, kalo jadi orang gak boleh angkuh harus berbaik hati pada siapapun, kapanpun dan dimanapun, siapa tau ketika kita kesulitan banyak yg membantu kita disaat susah, trus yg paling penting kecantikan itu enggak terpancar dari wajah tapi dari hati, tiap manusia pasti punya kelebihan dan kelemahan masing-masing, karena ngga ada manusia yang sempurna, bahkan yang terbaikpun masih jauh dari sempurna

    BalasHapus
  58. Nama : Widia Arum Pratiwi
    Akun twitter : @widiaa_ap
    Link share : https://twitter.com/Widiaa_ap/status/799635674349457408?s=09
    Kota tempat tinggal : Karanganyar, Surakarta

    Jawaban :

    Dongeng Favoritku yaitu Malin Kundang .
    Banyak amanat yang dapat di ambil dari cerita tersebut,
    Kita harus berbakti kepada orang tua terutama ibu, karna perkataanya bisa jadi kenyataan..
    jasa ibu tak bisa tertandingi.
    Ibu yang melahirkan kita hingga menaruhkan nyawanya demi kita, merawat kita, mengajarkan kita tentang sesuatu hal yang baru bagi kita, bahkan rela tidak makan demi anaknya..
    Seorang Ibu tak pernah meminta balasan dari anaknya hanya meminta pengakuan bahwa ibu yang telah melahirkan ke dunia tapi si anak tak mau mengakuinya gara" ibunya miskin, miris dan sakit ketika melihat itu.

    Bahkan pengakuan si anak tak ada apa"nya dibandingkan jasa ibunya..
    Dari sinilah aku belajar betapa berartinya seorang ibu bagiku, mungkin tanpa ibu aku juga tak bisa sebesar ini dan tak mungkin bisa lahir di dunia ini . Bahu Beliau lah tempat ternyaman untuk bersandar dan pelukannya yang hangat tempatku untuk pulang 😊

    BalasHapus
  59. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/799802892953620480
    Kota: Solo

    Dongeng favoritku adalah Aladdin, bagian dari cerita 1001 malam. Di sini aku belajar bahwa kita harus berhati-hati dengan setiap keinginan yang kita miliki. Jangan sampai kita celaka seperti Jafar yang karena keserakahannya akan kekuatan, dia mengubah dirinya sendiri menjadi Jin yang justru mengukung kebebasannya karena aturan dalam dunia Jin itu sendiri. Yang penasaran sama apa yang aku maksud, bisa baca cerita atau filmnya sendiri ya?! Kalo perlu temen nonton, datang aja ke Solo. Ntar aku temenin deh, hehe.

    BalasHapus
  60. Nama : Bidayatul Khoiriyah
    Twitter : @iry3424
    Link Share : https://twitter.com/Iry3424/status/799940123810930688
    Domisili : Tuban
    Jawaban:

    Aku paling suka dongeng Abu Nawas, why not? Gak ada alesan buat gak suka. Dai segi genre udah gak ngebosenin selalu ada saja yang bikin ketawa, kadang sampai jungkir balik sakingblucunya. Dan akan selalu saja ada ide yang jarang terpikir oleh manusia biasa seperti kita. Abu nawas sangat cerdik dan dapat menginspirasi semua manusia terutama orang islam. Jadi cocoklah untuk segala usia, baik anak2 maupun dewasa.

    BalasHapus
  61. Nama: Andini Ginanti Tuzzahra
    Twitter: @andinigt
    Link Share: https://twitter.com/andinigt/status/799949556444057602
    Domisili: Lebak
    Jawaban: Aku paling suka dongeng tudung merah

    BalasHapus
  62. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/799916912519954432
    askot: Sidoarjo, Surabaya
    jawaban:
    dongeng favorit adalah kisah Peterpan & Tinker Bell.
    suka banget sama Peterpan versi disney yg tidak pernah dewasa dan suka bermain. suka bermimpi dan punya banyak keajaiban di Neverland. Mempunyai sahabat seperti Tinkerbell yg sangat ceria, petakilan, dan agak bandel.
    Ingin seperti peterpan yg tidak pernah dewasa, tidak pernah merasakan permasalahan permasalahan rumit orang dewasa.

    Menyukai karakter Tinker Bell yg nakal. sifat labil yg entah sangat kusukai. labilnya Tinker Bell lebih didasari oleh fenomena bahwa ia tak mampu memiliki dua perasaan sekaligus dalam satu waktu. Maka, ketika ia bahagia, Tinker Bell hanya merasakan kebahagiaan, dan sebaliknya: ketika marah atau cemburu kepada Wendy hanya merasa marah semata. sosok yang apa adanya dan merelakan Peterpan dg Wendy.

    BalasHapus
  63. twitter : deverzstyle
    link share : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/799964658064965632?p=v

    aku suka dongeng kancil , karnaa pas kecil didongengin kancil sma bapak smpai dibeliin cd nya jd kangen πŸ˜‚
    aku jg suka smaa otak cerdiknya kancil πŸ‘

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Nama : afifah khoiriyah
    Akun twitter : @Afifah_1412
    Link share : https://twitter.com/Afifah_1412/status/800017922424860672
    Kota tempat tinggal :Yogyakarta

    Ada dua ya kak
    Kalo dalam negeri itu makin undang. Sampai sekarang cerita ini masih populer dan melegenda. Cerita ini sudah seperti panutan bagi setiap anak tak boleh durhaka pada orang tua karena takut akan jadi batu. Karena doa orang tua sangat cepat terkabul oleh Tuhan.
    Kalo luar negeri tepatnya Jepang yaitu momotaro. Sejenis cerita timun mas tapi ada bedanya. momotaro itu laki2. Diambil dari nama buah momo(buah persik). Dia bertualang dengan anjing, burung, dan monyet untuk menghancurkan oni(raksasa/setan) ya hendak menyerang desa dan memakan penduduk. Momo cuma pake senjata pisau sama buah persik ajaib.(kalo gak salah. Pokoknya dia jg dibantu ketiga hewan yg mengiringinya untuk tujuan ya sama. aku Suka jiwa petualang dan pemberani nya walau ia masih kecil dan persahabatan nya dengan ketiga hewan itu ya punya karakter beda2

    BalasHapus
  66. Nama : afifah khoiriyah
    Akun twitter : @Afifah_1412
    Link share : https://twitter.com/Afifah_1412/status/800017922424860672
    Kota tempat tinggal :Yogyakarta

    Ada dua ya kak
    Kalo dalam negeri itu makin undang. Sampai sekarang cerita ini masih populer dan melegenda. Cerita ini sudah seperti panutan bagi setiap anak tak boleh durhaka pada orang tua karena takut akan jadi batu. Karena doa orang tua sangat cepat terkabul oleh Tuhan.
    Kalo luar negeri tepatnya Jepang yaitu momotaro. Sejenis cerita timun mas tapi ada bedanya. momotaro itu laki2. Diambil dari nama buah momo(buah persik). Dia bertualang dengan anjing, burung, dan monyet untuk menghancurkan oni(raksasa/setan) ya hendak menyerang desa dan memakan penduduk. Momo cuma pake senjata pisau sama buah persik ajaib.(kalo gak salah. Pokoknya dia jg dibantu ketiga hewan yg mengiringinya untuk tujuan ya sama. aku Suka jiwa petualang dan pemberani nya walau ia masih kecil dan persahabatan nya dengan ketiga hewan itu ya punya karakter beda2

    BalasHapus
  67. Nama : Jawahirul arifah
    Domisili: Kudus
    Akun twitter : @jawarifah
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/800178380016492545

    Jawaban : dongeng favoritku yaitu putri salju. Kenapa itu ? Karena kisahnya magic romantis dan udah melegenda kemana mana dan diadaptasi pada kalangan umur mana aja. Jadi seru. Inti ceritanya tetap sama tapi versi film atau ceritanya beda beda. Ada yg versi magic, ada yang versi kekanakan dll.

    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  68. nama : Farida endah
    domisili ; Pacita-jawa timur
    akun twitter : @farida271
    Link share : twitter.com/farida271/status/800201803245580288
    jawaban :

    dongeng favorit aku adalah Timun mas

    BalasHapus
  69. Nama: Ana Shofiya
    Twitter: @anashofiya
    Kota: Bandung
    Link share: https://twitter.com/anashofiya/status/800247938328903680
    Jawaban: Dongeng favorit saya adalah Beauty and the Beast. Kebanyakan orang sangat mengandalkan kesan pertama dalam menilai seseorang. Lalu mereka akan membuat prasangkan berdasarkan pertemuan itu. Mereka tidak peduli pada ungkapan ‘jangan menilai buku dari sampulnya saja’. Begitu juga dengan Belle, si Beauty. Ia ketakutan saat bertemu dengan Beast pertama kalinya. Tapi ia melupakan semua itu demi ayahnya. Ketika ia semakin dekat dengan Beast, ia pun mulai mengerti dan tahu isi hati Beast. Saya yakin butuh pengorbanan yang sangat besar untuk mengubah kesan pertama kita terhadap seseorang. Apalagi kalau kita telah membuat prasangka buruk akan orang tersebut. Dan Belle berhasil melewati pengorbanan itu dengan baik. Saya sendiri sering melihat orang dari apa yang ia kenakan. Kemudian saya akan menegur diri saya sendiri dan menyumpal kalimat ini ke dalam otak saya. Kalimat itu adalah ‘setiap orang akan tampil menarik dengan caranya sendiri, cara tersebut terkadang tidak kita mengerti, tapi bukan berarti orang itu tidak menarik’.

    BalasHapus
  70. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun Twitter : @lailiyah_anis
    Link Share : https://mobile.twitter.com/lailiyah_anis/status/800172338905903104?p=v
    Kota Tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Tangled

    Mungkin kebanyakan orang suka dongeng ini karena Princess Rapunzel nya tapi kalo saya sih lebih ke tokoh utama cowok nya, Flynn Rider, meskipun sebagai wanita saya juga nggak menampik kalo Princess Rapunzel itu mempesona sekali wkwkwk.

    Kenapa saya suka Flynn Rider? Karena menurut saya dia ini anti mainstream :D , berbeda dengan tokoh-tokoh utama pria yang ada di dongeng-dongeng (terutama dongeng-dongeng dari Disney) yang biasanya seorang pangeran dan dari klan baik-baik tapi Flynn ini dari kalangan rakyat biasa, seorang pencuri mahkota raja malah. Jadi, yang ada dalam imajinasi saya, dengan kehidupan yang keras sebagai seorang pencuri, Flynn ini terasa lebih gentle, lebih keren, lebih tahan banting, dan lebih sexy tentunya wkwkwk.

    Tapi, bukan hanya soal Flynn Rider yang membuat saya jatuh cinta dengan dongeng Tangled ini melainkan juga karena jalan ceritanya yang menurut sayal paket lengkap banget. Romance nya dapet, hero nya ada, strungglenya juga ada, dan dramanya pun dapet banget. Jadi, dengan paket selengkap itu, Tangled juga memberikan banyak pesan yang bisa kita ambil.

    Eits, satu lagi, saya suka dongeng ini karena mempunyai karakter-karakter dengan porsi yang pas, nggak ada yang timpang karena biasanya cerita di dongeng-dongeng itu kalo nggak karakter utama cowok yang terlalu mendominasi ya karakter ceweknya, tapi dalam dongeng ini semua karakter dapat porsi yang sesuai mulai dari Mother Gothel, raja dan ratu, sampai Princess Rapunzel dan Flynn Rider, keduanya memegang peranan yang sama pentingnya. Saya memang kurang nyaman kalo baca cerita atau nonton film yang karakternya berat sebelah karena hal itu membuat tidak semua karakter tereksplor dengan baik sehingga rasa dari cerita tersebut kurang nendang wkwkwkwk *berlagak seperti periview*

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  71. Nama: Arlita Dela
    @NatasyiaHK ( Maaf pakai twitter sahabat soalnya twitter aku ga bisa kebuka/ ke block. Dia berbaik hati memberikan twitternya agar aku bisa ikut giveaway. Yeay!���� harap maklum)

    https://mobile.twitter.com/NatasyiaHK/status/800319840024072192

    Kota: Tangerang Selatan
    Jawaban:

    Aku suka dongeng Jack dan pohon kacang. Aku mendengar dongeng itu sejak dulu hingga melihatnya di Tv. Memang sulit di bayangkan jika itu ada di dunia nyata. Namun cerita itu sungguh mengandung makna. Sebagaimana sikap Jack yang terlena oleh dunia semata. Ia terus-terusan meminta dan bermalas-malasan karena ada ayam bertelur emas. Namun ketika ayam itu mati, ia mencoba mencuri harpa ajaib milik raksasa. Akhirnya raksasa geram dan ia dikejar hingga nyaris tertangkap. Dengan cepat ia tumbangkan pohon itu. Sejak saat itu ia sadar bahwa mencuri bukanlah hal baik demi mewujudkan apa yang kita inginkan. Kita hanya harus bersyukur atas apa yang Tuhan berikan dan bekerja keras demi menutupi kebutuhan.

    BalasHapus
  72. Nama: Andini Ginanti Tuzzahra
    Twitter: @andinigt
    Link Share: https://twitter.com/andinigt/status/800337866328973313
    Domisili: Lebak
    Jawaban: Aku paling suka dongeng tudung merah

    ganti link soalnya kemaren lupa mention

    BalasHapus
  73. Nama: Ratih M
    Twitter: @Jju_naa
    Domisili: Palembang
    Link: https://mobile.twitter.com/Jju_naa/status/800363168048369665?p=v

    Kabayan ^.^
    Cerita ttg si akang yang lucu, lugu (minta di tabok), cerdik (tukang ngeles), tapi pemalas satu ini...selalu bikin ketawa. Tidak hanya menawarkan lelucon semata, tapi juga pesan moral-kemalasan hanya akan menyusahkan kita sendiri nantinya.

    BalasHapus
  74. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/800370573125644288
    Karangasem, Bali

    Littke Mermaid.
    Kisah tragis yang menunjukkan ketulusan perasaan. Kadang kita dihadapkan dengan pilihan yang sulit, tapi mau tidak mau kita tetap harus memilih yang terbaik meski tidak sesuai dengan harapan. Dongeng ini sudah banyak diadaptasi dan selalu suka. Pokoknya sangat berkesan :)

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design