Minggu, 06 November 2016

[Blog Tour] Origamiara -------------- Review &Giveaway

Judul Buku : Origamiara
Penulis : Rezza Dwi
Penerbit : Elex Media
Tebal : 320 Halaman
Terbit : Oktober 201

Menata kertas tak seperti menata hati
Andai mengucap rasa itu semudah melipat kertas ini
Aku akan membentuk berjuta lipatan
Hanya untuk menyampaikan perasaan 
-Ara

Dalam tiap puisi yang ia tulis di origami, ada harapan. Aiara Nadya Noer berharap Fardio Tama tahu kalau di bumi ini ada ia dan perasaannya yang kian lama kian bertambah. 

Dalam tiap origami yang Dio temukan di tasnya, ada kebingungan. Dio bukanlah orang yang pandai mengungkapkan perasaan. 

Sampai titik mana Ara menyukai Dio diam-diam dan hanya menyampaikannya lewat origami? Sampai kapan Dio bertahan bungkam seolah tak peduli? 

Ada doa yang diucap penuh harap. Ada senyum bibir menepis getir. 

Biarkan origami menuntun isi hati.... 

----------------------- 

Origamiara mengisahkan kisah Aiara Nadya Noer yang jatuh cinta pada Fardio Tama. Ara jatuh cinta diam-diam pada sosok Dio, tetangga sekaligus seniornya di Fakultas Matematika. Ara hanya bisa mengungkapkan perasaannya kepada Dio melalui puisi yang ditulisnya dalam origami yang dia buat.

Ara sangat menyukai membuat origami. Berbagai bentuk origami bisa dirangkainya, mulai dari bentuk hati, burung, kupu-kupu, perahu, kelinci, bintang, pesawat, baling dan bentuk-bentuk lainnya. Puisi yang ditulis dalam origami selalu Ara selipkan secara diam-diam dalam tas Dio setiap Senin saat Dio sedang berlatih basket.

Dio sendiri awalnya bingung dengan puisi dalam origami yang senantiasa didapatkannya secara rutin setiap Senin. Tetapi, ada kebahagiaan tersendiri setiap mendapatkan puisi dalam origami berbagai bentuk itu.
"Akankah kamu dengan mudah menyukai orang yang mengaku menyukaimu tanpa menunjukkan diri? Kalau kamu menjadi seorang Dio, akankah kamu merasakan bingung yang sama?" (Halaman 37)
Di dunia nyata, Ara selalu berada di sekitar Dio. Walau sikap Ara yang sering berisik dan cerewet membuat Dio merasa terganggu, tapi Ara cuek saja. Yang terpenting bagi Ara adalah bisa selalu berada di dekat Dio. Walau kadang-kadang Ara takut Dio akan berubah setelah tahu bahwa dialah pengirim puisi dalam origami.
"Apa jadinya kalau orang itu tahu? Kenapa dirinya mendadak tidak siap? Apa orang itu akan tambah membencinya?Atau orang itu akan melihatnya seperti apa yang selama ini Ara mau?" ( Halaman 44)
Di lain sisi, ada sosok Fardian, adik Dio yang juga selalu membantu Ara. Ian yang baik dan selalu membantunya dalam memahami mata kuliahnya, walaupun kadang-kadang Ian suka menyebalkan. Ian dan Dio, 2 sosok kakak beradik yang selalu berada di sekitar Ara. Dio dan Ara yang berbeda kepribadian, tapi selalu bisa diandalkan.

Tetapi, apakah cukup bagi Ara hanya mencintai dalam diam? Bagaimana jika kemudian Ara tiba-tiba dijatuhi cinta oleh pria lain lagi?
"Bisa melihatnya terasa cukup. Gue merasa jadi manusia paling bersyukur sedunia. Ketika orang lain banyak meminta gue udah bisa seneng cuma karena lihat dia. Apa yang lebih menyenangkan dari mendapat bahagia yang sederhana?"(Halaman 45)
Membaca novel ini sungguh menyenangkan sekali. Sejak melihat cover dan layout novel ini saja aku sudah suka. Memang seperti ditulis oleh penulis bahwa novel ini memang tidak menjanjikan konflik hebat dalam novel ini, tapi aku tetap dibuat hanyut saat membaca novel ini.

Ide mencintai dalam diam memang sudah sering kita baca dalam novel lainnya, tapi penulis meramu kisahnya dengan kemasan yang berbeda. Sepanjang membaca novel ini, setiap babnya akan kamu temukan puisi-puisi yang sungguh memikat yang mewakili perasaan Ara terhadap Dio. Aku bisa merasakan perasaan Ara yang mencintai Dio, sungguh tidak enak sekali ingin mengungkapkan tetapi terlalu takut untuk ditolak bahkan dihindari.
"Selalu ada kekurangan dan kelebihan untuk suatu hal. Termasuk dengan suka diam-diam. Al, gue nggak munafik. Menurut lo, apa yang harus gue rasain saat gue suka tapi nggak berani bilang? Apa yang harus gue rasain ketika sayang sama dia tapi bisanya diam? Rasanya kayak ... lo mau teriak tapi pita suara lo putus. Suara nggak keluar. Lo cuma bisa ngerasa miris. Lewat kertas lipat itu, gue cuma mau dia tahu. Ada satu manusia di bumi ini yang sayang sama dia.Terlepas dia tahu orangnya itu gue atau bukan." (Halaman 46)
Dari berbagai puisi dalam novel ini, aku suka banget sama puisi ini. Entah kenapa, sejak awal membacanya saja berasa sekali perasaan yang begitu dalam, namun sulit untuk diungkapkan:

"Menata kertas tak seperti menata hati
Andai mengucap rasa itu semudah melipat kertas ini
Aku akan membentuk berjuta lipatan
Hanya untuk menyampaikan perasaan."(Halaman 76)

Novel ini tidak hanya mengisahkan tentang kisah percintaan saja, tetapi ada kisah tentang impian yang dipertanyakan juga tentang keluarga.

Tidak hanya mengisahkan tentang Ara yang jatuh cinta diam-diam saja terhadap Dio, tetapi juga ada kisah persaingan antara Dio dan Ian, adiknya. Entah kenapa sejak lahir hingga dewasa, Ian selalu merasa menjadi bayang-bayang Dio. Bagi lingkungan sekitar dan keluarganya, Ian selalu menjadi adik kecil dan dianggap selalu mengikuti semua yang dilakukan Dio, termasuk pilihan kuliahnya. 

Entah sejak kapan, Ian merasakan bahwa orang-orang di sekitarnya senantiasa membanding-bandingkan dirinya dan Dio. Apapun yang diperbuatnya selalu dikait-kaitkan dengan Dio, hingga suatu hari semua tak tertahankan lagi, membuat hubungan persaudaraannya dengan Dio sedikit merenggang. Di lain sisi, Dio sebagai kakak pun tidak bisa berbuat apa-apa. Dio sangat menyayangi Ian, bahkan tanpa Ian tahu Dio sering mengalah banyak hal untuknya. Disinilah kekuatan persaudaraan mereka diuji, apalagi ketika mereka jatuh cinta pada wanita yang sama, mana yang akan dipilih? Cinta atau saudara?

Membaca novel ini kamu akan belajar bahwa setiap individu punya keunikan sendiri. Kelebihan dan kekurangan. Tidak ada seorang pun yang ingin dibanding-bandingkan, sekalipun itu kembar. Selain itu, kamu akan belajar menentukan pilihan, termasuk apa yang kamu impikan.

Sebagai penutup, ini puisi yang ditulis terinspirasi dari kisah Origamiara:

Kau ada di depanku
Namun bibirku terlalu kelu untuk berucap
Andai hati ini bisa ikut berbicara
Entah berapa banyak kata cinta yang terungkap untukmu
Sayangnya, aku terlalu takut
Takut kamu tahu akan perasaanku
Akhirnya hanya lewat puisi dalam origami ini bisa kuungkapkan semua
Semoga ini cukup untuk mewakili perasaanku
Dan bisa menuntunmu menemukanku

"Hati berhak mendapatkan ketenangan, bukan hanya gusar menunggu dengan harapan. Akan ada saatnya kita menemukan atau ditemukan."(Halaman 267)

-------------------GIVEAWAY TIME--------------------


Aku punya 1 eks gratis novel Origamiara bertandatangan untuk 1 (satu) orang yang beruntung. Caranya:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow twitter @RizkyMirgawati @rezzadwiecha dan @elexmedia share info GA ini dengan mention kami sertakan hastag #PuisidanOrigami #Origamiara

3. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu:

Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

5. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 12 November 2016.

Semoga beruntung!!!!

122 komentar:

  1. Nama: Haidaroh Sholeh
    Alamat Twitter: @haidarohsholeh
    Link Share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/795255868124082176
    Alamat: Sidoarjo Jawa Timur

    Q: jika mencintai memilih diam atau menyatakan?

    A: sebagai cewek saya akan diam, menunggu cwok menyatakan terlebih dahulu. Sesayang atau secinta apapun saya dengan cowok itu, saya akan tetap diam. Saya akan berdoa dengan sungguh - sungguh supaya bisa dekat dengan cowok yang saya taksir. Saya tidak akan mengirimkan isyarat dengan origami atau puisi, karena saya sangat mempercayai kalau cinta itu seperto batu, yang akan terlihat. Diam atau tidak, akan sangat terlihat jika ada cinta. Dan saya rasa secuek apapun cowok pasti akan bisa menangkap sinyal jika cewek mencintai dirinya. Saya yakin itu. Saya pilih untuk diam.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Nama: Haidaroh Sholeh
    Alamat Twitter: @haidarohsholeh
    Link Share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/795255868124082176
    Alamat: Sidoarjo Jawa Timur

    Q: jika mencintai memilih diam atau menyatakan?

    A: sebagai cewek saya akan diam, menunggu cwok menyatakan terlebih dahulu. Sesayang atau secinta apapun saya dengan cowok itu, saya akan tetap diam. Saya akan berdoa dengan sungguh - sungguh supaya bisa dekat dengan cowok yang saya taksir. Saya tidak akan mengirimkan isyarat dengan origami atau puisi, karena saya sangat mempercayai kalau cinta itu seperto batu, yang akan terlihat. Diam atau tidak, akan sangat terlihat jika ada cinta. Dan saya rasa secuek apapun cowok pasti akan bisa menangkap sinyal jika cewek mencintai dirinya. Saya yakin itu. Saya pilih untuk diam.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Yeaaaay!! Hihi manisssnyaaaa xD xD Thank you, Kak Kikyyy :***

    BalasHapus
  4. Nama: Fitriana
    Akun twitter: @ffitriana_
    Link share: https://mobile.twitter.com/FFitriana_/status/795264470779994114?p=v
    Tempat tinggal: Samarinda, Kalimantan Timur
    Jawaban:
    "Jika menyukai seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?"

    Well, aku bakal jawab sesuai pengalaman sih wkwk.
    First, aku bakal diem aja. Cukup aku dan tuhan aja yang tau wkwk. Cuman ngeliati  dia dari jauh aja udah cukup. Ngeliat dia senyum&ketawa aja udah bisa bikin degdegan yakan apalagi klo ngobrol sama dia wah bisa langsung pingsan dehya
    Second, waktu itu aku pernah suka sama cowo. Tapi karna aku cewe, nggak mungkin dong ya aku nyatain perasaanku ke dia? Mau ditaro mana mukaku?wkwk. Jadi ya, waktu itu aku cuma ngasih dia coklat diemdiem sih alaala secret admirer gitu walaupun akhirnya dia ngasih coklat itu ke adeknya karna dia nggak suka coklat dan itu cukup bikin aku sakit kretek2 deu tapi nggak apaapa gegara itu dia jadi tau klo aku suka sama dia. Cuma TAU nggak ngerespon balik karna aku sadar ini bukan cerita novel^^
    Third, aku lebih milih diam nggak ngasih tau siapasiapa tentang perasaanku ke dia kayak sekarang ini. Tapi aku bakal nyoba untuk jadi temannya yang selalu ada sampingnya saat dia butuh, siapatau ntah kapan dia bakal nyaman sama aku, dan taraa bisa happy ending kayak di nopel2 wkwk

    Well, wish me luck untung yang keseratus kalinya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk*
      Hala pake typo segalasihya

      Hapus
  5. Nama: Lulu Khodijah
    Twitter: @lulukhodijah
    Link share: https://twitter.com/lulukhodijah/status/795274827057631232
    Domisili: Semarang, Jawa Tengah

    Saya akan menjawabnya dengan tegas: menyatakan. Biarlah orang lain bilang tabu, nggak pantes cewek duluan menyatakan. No problem. Cuma menyatakan, beda dengan nembak. Kalau nggak dinyatakan, gimana caranya si doi tahu? Pakai kode? Udah nggak jaman lagi.

    Dengan kita menyatakan, doi tahu perasaan kita. Tentu saja menyatakan perasaan ini harus didului dengan kesiapan mental. Kalo nggak siap mentalnya nggak menjamin hati bisa kembali utuh *asik*. Dengan menyatakan artinya tugas kita selesai. Tinggal si doi gimana, mau menjauh atau menerima ttp menjadi teman? Itu hak dia.

    BalasHapus
  6. Nama: kiki rizqi
    Alamat Twitter: @kikirizqiimnida
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Kikirizqiimnida/status/795289777016750081
    Alamat : jl. Lamongan no 79, surabaya

    Q: jika mencintai memilih diam atau menyatakan?

    A: aq pikih diam. Knp??
    Sebenernya zaman sekarang udh gak mslh cewek mau nembak duluan atau cowom yg nembak duluan,, or cewek ngungkapin sayang or nyaman sm cowok or sebaliknya. Cuman knp aqnya sndiri milih diam,, karna di rasa diam itu kita bisa ngerasain dia sedang suka sm siapa?? Sedang sedih krna apa?? Sedang ngelakuin ap,. Dan ada sensasi tersensiri ngelihat dari jauh., stalker sosmed kehidupannya lebih seru,, bisa kasih inisial nama spesial org tersebut biar hanya kita + sma temen2 terdekat kita aj yg bisa panggil inisial tersebut.. Jadi bahan ejekan,, perdebatan,, rebutaan hrus hrus jadi milik siapa?? .. Disitu kdang ad rasa senang tersendiri yg mungkin sebagian org milih menyukai seseorang dengan diam.. Salting pas ketemu.. Senyum2 gak jelas pas diledekin sm dia., bahkan berharap jd jodohnya.. Menurutku itu lebih seru,, sehingga secara tida, langsung kita bisa ngedoain + berdoa sm allah klo emg itu jodohnya knp tdk, biar allah yg kasih jalan gimana kita di persatukan

    Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Nama: Afiyatul Futhona
    Twitter: @afi_iput
    Domisili: Yogyakarta
    Link share:
    https://twitter.com/afi_iput/status/795267885669064704

    Jawaban:
    Kalau menyukai seseorang, aku pilih menyatakan daripada diam-diam.

    Dan meskipun aku perempuan, tapi aku pernah melakukannya.
    Awalnya pasti diam-diam karena memang butuh waktu dan kesiapan mental. Kalau udah gak kuat memendam, dan sekiranya udah siap dengan risiko yang ada, tinggal bilang.

    Menurutku, beban memendam perasaan itu berat banget, dan mereka yang memilih diam, berarti kuat menanggung beban itu.
    Dan ternyata aku gak sekuat itu.
    Buatku pribadi, kalau bilang, rasanya lebih plong. Gak ada beban lagi. Seperti apa pun responnya, terserah. Yang penting dia udah tau. Toh aku gak nuntut apa-apa.

    Dan yang paling penting, dari menyatakan perasaan itu aku jadi belajar untuk gak berharap terlalu muluk terhadap sesuatu.

    BalasHapus
  8. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/795313536956149760
    Gorontalo

    Aku akan diam. Karena jujur saja, perihal keberanian dalam menyatakan rasa cinta tanpa adanya status sebagai pasangan, persentase yang aku punya adalah nol besar. Aku nggak berani beneran. Bayang bayang akan penolakan itu selalu menyeramkan dan aku nggak siap dengan perpisahan atau resiko kecanggungan sebuah hubungan karena terbongkarnya perasaan istimewa yang aku miliki. Aku sudah pernah mengalaminya dan aku nggak siap itu terjadi kedua kalinya. Jadi aku akan memilih diam sambil berdoa semoga suatu saat ia punya perasaan yang sama dgnku. Kalau ternyata perasaan itu nggak ada maka yang akan kulakukan hanyalah melupakannya bukan melupakan dia dengan sakitnya ditolak cinta.

    BalasHapus
  9. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Banda Aceh, Aceh
    Link share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/795295014410534912

    Q:jika menyukai seseorang, lebih memilih diam atau menyatakan?

    A: aku akan memilih diam. Karena aku bukan tipe cewek agresif yang bisa mendekati cowok dengan mudah, bukan juga cewek2 kece yang punya temen segeng trus tinggal curhat sama temen gengnya dan nanti dibantuin deket sama mereka. Aku cuma kutubuku di sudut kelas. Ibaratnya buku tua di perpustakaan. Letaknya di pojok, berdebu, mana ada yang melirik apalagi tertarik. Tapi aku tidak pernah menyesal pernah menyukainya diam2. Selalu ada yang kunantikan setiap hari, selalu dia yang kucari di antara lautan siswa yang berseragam putih abu-abu. Aku sangat menyadari resiko menyukai seseorang secara diam2 itu adalah tidak bisa berbuat apa-apa ketika dia dekat dengan cewek lain. Hanya bisa meluapkan perasaan lewat kata2 dalam puisi. Tapi itu cuma pacarnya kan? Belum tentu itu pasangan hidupnya nanti. Disitulah aku mengambil peran dengan berdoa pada yang di atas agar suatu saat kami dipersatukan jika memang akulah pasangan hidupnya, who knows?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama : Vadia Rahman Salsabila
    Twitter : @vadiamendes98
    Domisili : Sukabumi
    Link : https://twitter.com/Vadiamendes98/status/795344616547500032

    Takdir cewek itu katanya cuman bisa nunggu. mungkin yang bilang kaya gitu cuman orang yang gak pernah tahu kalau untuk mendapatkan sesuatu kita harus memulainya dengan bicara dan bertindak, mau itu cewek atau pun cowok sama aja.

    Jadi aku lebih milih menyatakan. Emang, buat cewek gak segampang itu untuk nyatain cinta sama cowok. Karena udah tradisi cowok harus nyatain duluan.

    Tapi, orang yang cuman bisa nunggu adalah orang yang lemah. Gak berani ambil jalan beresiko. Menyatakan itu hal yang berat, dan sesuatu yang berat hanya bisa ditanggung oleh orang yang kuat. Kalo yang bilang diam itu kuat karena bisa nahan rasa sakit, itu salah, justru diam itu orang yang bodoh. Udah tau sakit kenapa gak dilepasin?

    Soal respon dia mau gimana ya aku serahin seutuhnya sama dia, karena prinsip aku, kalo udah siap jatuh hati harus siap juga dengan resiko patah hati.

    Untuk dapet yang kita mau, kita harus berbicara meski banyak alasan untuk bungkam, kita harus bergerak meski banyak alasan untuk diam. Termasuk dalam mendapatkan cinta. Diam dan menyatakan bisa aja sama-sama punya rasa sakit nantinya. Tapi seenggaknya dengan menyatakan, kita bisa tahu langkah apa selanjutnya yang bisa kita ambil, gak kaya nunggu yang cuman bingung mau gimana dan cuman bisa berharap dia ngelirik kita.

    Yang diam itu orang yang bego, yang terlalu sibuk mengamati orang yang dia cintai, ya syukur2 ngasih kode kalo yang enggak? ya itu cuman bisa ngandelin keberuntungan. Dan yang diam itu alhamdulillah kalo akhirnya nengok, coba kalo enggak, sampai kapan dia nunggu. Coba aja dia nyatain kalo emang udah kepepet, mungkin dia bakal tahu gimana perasaan gebetannya. Kalo responnya baik mungkin dia bisa lanjutin perasaannya, tapi kalo ternyata responnya gak seperti yang diharapkan, dia bisa menekan perasaannya sampai ke dasar dan cari cinta yang baru. Bukan lagi, nyia-nyiain waktu buat nunggu orang yang gak pasti padahal dia punya kesempatan buat nyatain dan mengetahui langkah yang ahrsu dia ambil nantiinya.

    Intinya, aku memilih menyatakan karena aku gak pengen jadi orang yang bego, yang nunggu sesuatu yang gak pasti, yang nantinya bingung sendiri harus gimana, terlalu sibuk memendam rasanya, sampai dia gak sadar kalau dia punya kesempatan untuk dapat balasan cintanya ataupun kesempatan mencari cinta yang baru kalo dia menyatakan.

    BalasHapus
  12. Nama: Haula Taqya
    Akun twitter: @Taqya1999
    Link share: https://twitter.com/Taqya1999/status/795359681262669824
    Kota: Metro, Lampung

    Jawaban:
    Diam, karena diam adalah emas. Gak deng, bukan karena itu.
    Diam, karena aku gak mau nanti bakal ada yg berubah kalo aku ngungkapin rasa suka aku, karena dia belun tentu suka juga kan? Jadi diam adalah opsi terbaik menurutku. Daripada gak bisa bicara dengan dia secara lepas kan? Daripada dia menjauh kan?
    Sometimes you're just destined to enjoy what you already have.

    BalasHapus
  13. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Link: https://twitter.com/Kimol12/status/795399022768889856

    Kalau dari pengalaman pribadi selama ini sih, aku selalu diam. Tapi mulai sekarang aku putar haluan aja. Jika aku suka sama seseorang, aku akan jujur sama perasaan dan bilang ke dia. Masalah dia suka juga, diterima atau ditolak, itu urusan belakangan. Mulai saat ini aku akan berhenti mencemaskan kejadian yang sama sekali belum terjadi. Yang penting aku udah mencoba. Setidaknya dengan menyatakan perasaanku dia tahu, aku juga lega.

    Karena diam dan menunggu dia membalas perasaan kita itu sangat nyesek. Iya kalo dia juga suka, kalo gak? Wah, kita jadi cinta sendirian dong. Dan aku lelah dengan yang nyesek-nyesek.

    Well, gak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru. If there is a will there is a way. Siapa tau bakalan happy ending akhirnya, pun kalo nyesek lagi, sudah biasa...yang penting mencoba, hehe

    Terima kasih.

    BalasHapus
  14. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/795414814344364032
    kota tempat tinggal: surakarta
    jawabanmu:

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Diam dulu sebelum akhirnya mungkin menyatakan. Aku cari tahu dulu tentang dia. Ya seenggaknya aku harus deket sama dia. Dia harus tahu aku. Enggak, bukan sekedar tahu tapi dia juga 'semacam mengakui keberadaan'. Yah gitulah, nanti kalo udah baru mungkin aku mencoba berani untuk bilang.

    BalasHapus
  15. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/795419219793874944
    Kota tinggal : Pati - Jawa Tengah

    Diam atau menyatakan?
    Secara alami, sebagai seorang aku wanita akan memilih diam dan memendam perasaannya saat sedang menyukai seseorang. Ini lebih kepada sifat alami wanita yang lebih memilih menunggu, ditemukan dan diperjuangkan. Aku pun sama, aku ingin menjadi orang yang diperjuangkan sebelum kami berjuang bersama. Apalagi jika sosok yang sedang ditaksir itu agak lumayan jauh dari jangkauan, maka cara tepat adalah diam, tapi bukan berarti aku tidak berjuang juga. Hanya saja aku lebih memilih memperjuangkannya dalam doa. Meminta agar diberi yang terbaik untuk perasaanku. Jika jodoh maka pupuklah dalam doa, jika tidak maka tunjukkan jalan untuk mengalihkan rasa itu. Aku percaya pepatah, 'Kalau jodoh tidak akan kemana.'

    Jadi walaupun tidak menyatakan melalui kata-kata langsung padanya tentang perasaanku, aku akan menyatakan dalam doa pada Dzat yang berhak membolak-balikkan hati.

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  16. Bismillah
    Nama : Khaerunnisa
    twitter : NhisaMinoz75
    link status : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/795414594168623104?p=v
    kota: Kolaka, Sulawesi Tenggara
    jawaban : lebih milih diam takutnya kalau nyatain dia bakal ngehindarin kita yang awalnya akrab sebagai teman malah terkesan menghindar kayak orang gak kenal. Saya lebih menikmati cinta dalam diam karena dengan diam mungkin semuanya akan baik baik saja dia tetap jadi teman saya, saya juga bisa lebih dekat dgan dia tau tentang dirinya lebih dalam, yah walau saya tau cepat atau lambat mungkin dia akan tau perasaan saya tanpa saya mengungkapkannya dan menghindari saya jadi sebelum itu terjadi saya akan memanfaatkan waktu sebaik baiknya bersama dia karena setelah dia tau perasaan saya dia mungkin akan menghindar, dan saya mungkin cuman bisa ngeliat dia dari jauh, nge stalking dia lewat medsos dan selalu berdoa berharap semuanya akan kembli seperti dulu dimana dia menjadi teman saya bukan kayak orang asing. Kalau memang dia di takdirkan untuk saya sejauh apa pun dia pergi dan menghindar dia pasti akan kembali. Duh dalam bnget curhatannya wkwkwk untuk kamu cepat kembali yah kangen kamu yg dulu hihihi :(

    BalasHapus
  17. Nama : Intan Purnama Dewi
    Akun twitter : @17intandewi
    Link Share : https://mobile.twitter.com/17intandewi?p=s
    Domisili: Solo,Jawa Tengah
    Kalau suka seseorang milih diam atau menyatakan??
    Aku akan milih diam,kenapa?
    Seenggaknya itu posisi paling aman
    Apalagi kalo dia itu temen/ bahkan sahabat
    Kalo ngungkapin ntar malah ada canggung2nya gitu
    Dan malah bisa2 kehilangan sosok dirinya
    Mending memposisikan diri sbg org yg dia nyaman kalo lagi sama kita
    Karena aku pernah ngalamin itu,dia tau aku suka sama dia,dan dia langsung ngehindar bahkan dia mem-block everything about me, dia yang awalnya ketemu bakal lempar senyum tapi pas tau aku ada "rasa" noleh aja engga apalagi lempar senyum :(
    tapi kadang aku juga mikir,kalau aku engga nyatain gimana doi bakal tau?ntar ujung2nya nyesek deh -_- tapi yaudah deh,jalanin aja~
    tapi aku cukup seneng,karena mencintai dalam diam itu lebih asyik =D
    bisa ngeliat dia dari jauh,bisa jadi sendiri tanpa harus sok jaim depan doi xD
    dan yang paling penting itu,dia engga tau ada satu orang didekat dia yang selalu ngedo'ain dia dan selalu support dia :)

    BalasHapus
  18. Nama: Ahmad Azwar Avisin Alhaidar
    Alamat Twitter: @azwaravisin
    Domisili: Sidoarjo
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/795447976495747072

    Kalau suka sama seseorang lebih baik diam atau menyatakan??

    Saya jawab saya menyatakan dengan apapun risikonya, menikmati posisi aman dengan menyimpan perasaan sendiri terbukti menyakitkan, dan lebih menyakitkan lagi saat yang tersayang sudah dengan orang lain. tak masalah bagiku kalau ada canggung atau kaku, toh itu hanya sementara, risiko untuk dihindari jika ditolak itu sudah pasti, everything has risk, tapi mau jadi apa jika tidak mengambil risiko.

    tidak ada salahnya menyatakan cinta pada orang yang kita sayang, diterima syukur ditolak ya interospeksi diri, itu saja intinya. dengan menyatakan itu hati ini rasanya lega, disadari atau tidak. enak gitu, akhirnya dia mengetahui apa yang aku rasakan selama ini.

    ketika diterima, aku akan menjaga perasaan dia menyayanginya sepenuh hati, ketika ditolak akupun akan bersabar, dan tetap menjaga perasaan untuknya, melihat dari jauh, menyaksikan orang yang aku cinta, bila dia tidak ada pasangan aku bisa kasih dukungan sebagai sahabat atau teman dekat, bila dia ada pacar lain, aku memeluknya dengan doa yang terkhusus untuk dia, sampai akhirnya aku bisa melupakan dia dan mencintai yang lain.

    itu rasanya cukup sebagai komentar dari saya.

    BalasHapus
  19. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    domisili: Tangerang
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/795445149845295105?p=v


    Kalau suka seseorang biasanya aku diam, mengamati cowo itu dari jauh. Kalau perasaanku sudah tidak terbendung lagi aku akan mendekatinya, tapi bukan untuk menyatakan cinta, aku tidak seberani itu karena aku takut dia tidak mempunyai perasaan yang sama terhadapku. Pengecut?
    Bukan. aku bukan pengecut tapi realistis, aku tidak akan mendekatinya lalu bilang "aku suka sama kamu." dan cowo itu tidak tau aku, karena aku tidak pernah ada untuknya.
    Jadi aku mendekatinya untuk berteman, mencoba untuk menjadi ada untuknya, menumbuhkan rasa cintanya terhadapku.
    Cinta itu butuh proses bukan? Dan dengan cara itu kita bisa tau apa yang ada dihatinya, dan proses itulah yang membuat kita tau apa arti dari cinta sesungguhnya.

    BalasHapus
  20. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/795466144211574784
    Kota: Jakarta
    Jawabab: sebagai cewek tentu kita bisa memindai jika seseorang suka ama kita, ada sinyal2 yg ditunjukkan melalui isyarat atau bahasa tubuh dan kalau kita peka, kita pasti bisa merasakannya. Terus kita lihat sifat orang yg disukai tersebut tipe yg pasif/agresif. Kalau yg agresif mestinya dia yg nembak duluan kan,kita tinggal nunggu aja,nah kalo yg pasif otomatis harus kita sebagai cewek yg maju duluan,kalo ngga bisa keburu lumutan kita nungguin udah gitu bisa-bisa diserobot orang,yg ada nanti kita nangis bombay, sakit hati terus ngeliat orang yg disukai jalan bareng ama cewek lain. Buat apa dulu RA Kartini memperjuangkan emansipasi wanita kalo kita ngga bisa meneruskan usahanya😊. Jadi pantang menyerahlah,semua halal dalam urusan cinta yg penting cowoknya masih available ya😍

    BalasHapus
  21. Nama : Alvanesya
    Akun Twitter : @vanesyakeiko
    Domisili : Kertosono
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/795470281800196096?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5874620708

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    maaf ya sebelumnya. kalau menurut saya sih lebih baik dinyatakan saja. dari pada harus dipendam dan membuat hati seolah teriris ketika lihat si doi sama orang lain. pasti cewek-cewek pada bilang gini deh. "aku kan cewek, masa iya harus nyatain duluan?" nah ini yang seharusnya dihindari dari para cewek. emang apa salahnya sih kalo cewek duluan yang nyatain? nggak boleh ya? atau ada UUDnya? iya kalo si doi peka mah gapapa dipendem toh dia juga uda peka. lha kalo belom? yang bakal sakit hati siapa? pasti pada bilang si doi gak peka lah atau gimana.
    kalau udah begitu kan juga bukan salah si doi yang nggak peka. itu salah sendiri yang nggak mau jujur sama perasaannya. jadi lebih baik kalo suka seseorang itu di ungkapin aja biar hati tenang. nggak gundah gulana setiap hari. bener gak sih?

    BalasHapus
  22. Nama : Widia Arum Pratiwi
    Akun twitter : @widiaa_ap
    Link Share : https://twitter.com/Widiaa_ap/status/795477841924108288?s=09
    Kota Tempat Tinggal : Karanganyar, Jawa Tengah

    Jawaban :

    Aku lebih memilih diam karena Aku takut jika aku mengungkapkan Dia akan menjauhiku dan Kita tak bisa dekat seperti dulu..
    Aku akan bahagia jika melihat Dia bahagia dan Aku tak mau merenggut kebahagiaannya karna perasaanku, Aku tak mau perasaanku ini menjadi beban untuknya.

    Karena aku percaya bahwa cinta itu tidak harus diungkapkan karena cinta yang tulus itu tidak mengharapkan balasan 😊

    BalasHapus
  23. Nisa Rahmah | @niesya_bilqis | https://twitter.com/niesya_bilqis/status/795488850621497344 | Samarinda

    Kalau suka sama orang, saya akan diam =))) soalnya nggak berani ngomong langsung, lagi pula saya orangnya introvert, susah untuk mengungkapkan sesuatu secara langsung. Tapi, biasanya saya kasih kode kok. Meskipun seringnya kodenya nggak sampai. Ya sudah. Pada akhirnya saya akan berdoa saja, kalau memang jodoh semoga dimudahkan kalau nggak berarti ada yang lebih baik lagi =)))

    BalasHapus
  24. Nama : Rivani Novi Ariyanti
    Twitter : @rivani_novi
    Link share : https://mobile.twitter.com/rivani_novi/status/795485735876866052
    Domisili : Purwakarta,Jawa Barat

    Selama ini aku masih diam, tp bukan berarti diam yang hanya diam. Berdoa untuk diberi jodoh terbaik itu sudah pasti. Tapi karena aku sama kayak cewek kebanyakan yg kurang berani, terlalu takut kehilangan kalau-kalau pas udh nyatain perasaan dia malah ngehindar. Seenggaknya aku masih berani untuk nunjukin. Kayak ngasih kado pas dia ultah atau perhatian kecil yg bisa aku berikan (kayak ngasih stiker klub bola kesukaannya chelsea misalnya). Dengan harapan semoga dia peka dan ngerasa bahwa sikap atau perhatian aku tuh gak diberikan pada semua cowok tapi sama dia aja. Karena kata orang kalau kita suka sama orang show it, dia gak bakal tau kalau kitanya cuma diem doang.
    Walaupun nantinya dia nggak nerima aku atau juga gak punya rasa yg sama, tapi dia masih bisa hargai perasaanku, dan perjuanganku selama ini gak sia-sia karena aku merasa selama ini aku udh berjuang dan perjuanganku dihargai sama dia.
    Btw kok kaya curhat ya?? Ini beneran kejadian pas aku SMA. Hehehe

    BalasHapus
  25. Rizky Tria O.
    @Octannow_
    Link share: https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/795537310083231746?p=v
    Domisili: Brebes, Jawa Tengah
    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?
    Pilih diam dulu.
    Tidak semua orang mau atau berani bersikap terbuka mengutarakan apa yang dirasakannya demi sedikit lega dalam hatinya (terlebih soal cinta), begitupun dengan aku. Malu atau takut menerima penolakan biasanya jadi alasan utama. Menjadi perempuan itu susah-susah gampang. Di satu sisi seperti seorang laki-laki, yang bisa mengagumi dan jatuh cinta. Tapi di sisi lain, ada perangkat norma dan etika yang berbeda tentang hak untuk mengekspresikannya. Perempuan dikondisikan untuk bersikap lebih pasif dibandingkan laki-laki dalam suatu relasi percintaan. Tentu tidak semua orang punya pendapat yang sama. Ketika ada yang memilih mengutarakan perasaannya, bisa jadi ada pula yang memilih diam seribu bahasa. Diam disini bukan hanya diam 'saja' tapi akupun berjuang. Berawal dari selalu mengamatinya dari jarak yang dekat, jauh, sampai terjauh. Kadang, melihat senyumnya pun membuat bahagia. Lalu dalam diamku tak lupa berdoa, meminta yang terbaik dari sang Empunya kehidupan. Menyukai dalam diam itu punya sensasi gemes-gemes gitu -,- 

    BalasHapus
  26. Nama: Najwa Fadhilatunnisa
    Akun twitter: @najwafadh
    Link share: https://mobile.twitter.com/najwafadh/status/795537811709403136?p=v#search
    Kota Tempat Tinggal: Bandung

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Saya lebih pilih diam. Kenapa?
    Sejujurnya, karena saya sendiri bukan tipikal perempuan yang berani mengungkap perasaan sendiri.
    Tapi masih ada beberapa alasan lain kenapa saya pilih diam. Karena seseorang pernah berkata dan saya juga pernah membaca, kalau cinta yang diumbar-umbar malah akan terasa hambar dan menimbulkan prasangka, memang sesuka itu saya pada dia? Atau hanya saya saja yang membuatnya menjadi besar?
    Malah terkadang saya takut kalau suka sama orang malah jadi berlebihan gitu dan berpikir sebenarnya cara saya menyukai dia itu benar atau masih mengandung zina pikiran, hati, dan mata nih? Aduh :'))
    Bersabar saja, apalagi kalau udah lihat doi sama yang lain haha. Toh, itu resikonya ketika suka sama orang lain xD
    Ingat saja, Allah selalu punya rencana yang lebih baik, semuanya telah diatur sama Yang Di Atas kok.

    Tinggal berdoa saja semoga Yang Maha Kuasa Menghendaki dia jadi jodoh saya. Jikalau tidak pun, pasti ada seseorang yang lebih baik yang sudah disiapkan oleh-Nya :))

    BalasHapus
  27. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/795548099926102016
    kota tinggal: Serang

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Karena hanya suka, aku akan lebih pilih diam, karena siapa tahu itu hanya perasaan sesaat, atau hanya rasa kekaguman karena dia ganteng, pintar, atau humoris. Toh, aku pun belum tahu dia jodohku atau bukan. Jadi nanti saja bilangnya kalau sudah halal :D

    BalasHapus
  28. Nama : Novita
    Akun Twitter : Vita_Novita26
    link share : https://mobile.twitter.com/Vita_Novita26?p=
    Domisili : Bekasi

    kalau suka seseorang , lebih milih diam atau menyatakan?


    aku akan memilih Diam. karena jika akan menyatakan nya itu akan membuat Dia menjauh atau malah ilfeel kepadaku dan akhirnya aku tidak bisa melihatnya. aku juga tidak begitu peduli ketika wanita lain lebih memilih menyatakan dari pada hanya diam, mereka bilang itu emasimasi wanita. tapi aku? hanya Diam, menunggu dia sadar akan keberadaan Diriku. tidak peduli akan sindiran atau dorong dari orang lain, Aku hanya diam seperti seorang pengecut. yang tidak tahu akan hasil akhirnya. tapi akau selalu berdoa semoga Diamku ini seperti kisah fatimah dan Ali yang di persatukan suatu hari nanti.

    BalasHapus
  29. Nama: Ulva Novitasari
    Akun twitter: @ulvanov
    Link share: https://twitter.com/ulvanov/status/795566260058628097
    Domisili: Blitar - Jawa Timur

    Kalo aku suka sama seseorang, aku lebih memilih diam. Ini bukan karena aku gak mau usaha biar setidaknya dia tau perasaanku atau apa y. Buatku menyukai dalam diam itu kodrat wanita. Walaupum pasti sering baper sendiri. Tapi lebih baik hanya aku dan Tuhan yang tau bagaimana perasaanku ke dia. Karen aku selalu percaya jika dia yang terbaik untukku, Tuhan pasti menunjukkan jalan agar aku dan dia bersama 😊

    BalasHapus
  30. mutia anwar07/11/16 17.13

    Nama: Mutia Anwar
    Twitter: @mutiaanwar
    Link share : https://mobile.twitter.com/Mutiaanwar/status/795434136257212416?p=v

    Q : Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    A : Sesuai sifat kalo tiap kali suka seseorang sih aku memilih diam. kenapa? Karena aku bukan tipe cewek yang mudah menyatakan perasaan suka ke seseorang, aku cenderung memendam perasaan sendiri, bahkan kalo udah gak kuat mendam sendiri, aku justru milih curhat dengan seseorang yang aku percaya di banding nyatain perasaan langsung ^^

    Gak semua cewek punya cukup keberanian untuk menyatakan. Menurut aku sendiri, cinta dalam diam mungkin pilihan terbaik bagi orang yang ingin lebih dekat dengan seseorang yang di suka, tanpa harus ngebebanin seseorang itu dengan perasaan/pernyataan suka kita ke dia. Dan do'a salah satu cara menyatakan perasaan suka aku ke seseorang tanpa harus aku nyatain langsung.

    Beda sih emang dengan ara yg walau dia cinta dio dalam diam, tapi menurut ku itu kebanggaan tersendiri buat ara yg masih bisa nunjukin perasaannya lewat puisi yg dia tulis di origami, terlepas dio sadar atau gak perasaan ara ke dio, itu cukup ngebuktiin sh kalo tiap orang punya pilihan sendiri untuk menyikapi perasaan suka nya.

    BalasHapus
  31. Nama: Anggita Dewi
    Twitter: @anggitaravina
    Link Share: https://twitter.com/anggitaravina/status/795579235783933952

    Jawaban: Menyatakan.
    Karena saya tidak mau menjadi seorang pecundang yang memilih diam meski apapun itu alasannya.
    Saya akan menyatakan perasaan saya yang sebenarnya, tanpa dia harus menjawab bahkan membalas perasaan itu.
    Saya hanya ingin dia tahu, saya memiliki perasaan padanya meskipun nanti, kita memang tidak ditakdirkan bersama.
    Setidaknya saya berani melakukan itu, ketimbang menyesal di kemudian hari.

    BalasHapus
  32. Nama: Anggita Dewi
    Twitter: @anggitaravina
    Link Share: https://twitter.com/anggitaravina/status/795579235783933952

    Jawaban: Menyatakan.
    Karena saya tidak mau menjadi seorang pecundang yang memilih diam meski apapun itu alasannya.
    Saya akan menyatakan perasaan saya yang sebenarnya, tanpa dia harus menjawab bahkan membalas perasaan itu.
    Saya hanya ingin dia tahu, saya memiliki perasaan padanya meskipun nanti, kita memang tidak ditakdirkan bersama.
    Setidaknya saya berani melakukan itu, ketimbang menyesal di kemudian hari.

    BalasHapus
  33. NAMA: Nelly Deana
    Twitter : @Nellydeaa
    Link : https://mobile.twitter.com/nellydeaa/status/795540733587374081?p=v
    Domisili :DKI JAKARTA

    Q: kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    A:kalo aku sih lebih pilih diem. Soalnya aku pengen tau doi suka sama aku apa gak dan juga aku takut kalo misalnya aku nyatain perasaan ke dia. Doi malah jadi kasian dan jadi paksain diri buat bales perasaan aku ke dia. Atau dia juga malah ngejauh dan ilfeel.

    BalasHapus
  34. Nama : Restu Linuhung
    Twitter : restu_linuhung
    Link share : Lihat Tweet @restu_linuhung: https://twitter.com/restu_linuhung/status/795599878734811136?s=09
    Kota tinggal : cianjur, jawa barat

    Q : kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?


    A : aku lebih memilih untuk diam karena, aku orang yang egois. Aku orang yang penakut, peragu.

    Aku egois, karena aku lebih memilih untuk merasakan semuanya sendirian. Sensasi asing ketika jatuh cinta yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Sensasi campur aduk antara takut, bingung, senang, heran, dan sejuta perasaan asing lainnya yang baru bisa dirasakan oleh orang jatuh cinta. Ya, aku egois, dan aku tahu itu.

    Aku juga orang yang penakut, takut rasa ini hanya sementara ataupun rasa ini hanyalah sebentuk kekaguman semata. Aku juga takut, takut bahwa dengan menyatakan perasaanku hubunganku dengannya akan rusak jika saja dia tak siap untuk kuberitahu ataupun tak siap untuk menerima perasaan itu. Aku memang tidak meminta jawaban apapun untuk perasaan ini, tapi satu hal yang pasti ; aku tak mau menghancurkan pertemanan dengan siapa pun. Apalagi merusaknya dengan pengakuan sepihak.

    BalasHapus
  35. Nama : Restu Nur Avika Ritma Ratri
    Akun twitter : @avika_nur
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/avika_nur/media/grid?idx=0
    Domisili : Surabaya

    kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    hmm kalau suka seseorang aku lebih milih diam. Kenapa? Karena hmm gini ada satu kutipan yang aku suka yaitu Cinta itu seperti kopi panas enaknya diminum pas panas tapi konsekuensinya jadi cepat abis kalah diminum pelan pelang jadi cepat dingin. Nah dari situ aku memilih biar aja dingin yang penting lama. Biar aja diam memendam yang penting cibta nya awet. Mungkin aku bakal ngasih kode kode gitu ke doi, misal kirim surat rahasia macam Ara tapi gak pakai kertas lipat bukannya pengen beda sih tapi emang akunya nggak bisa mainan kertas lipat, kan sayang kalau puisi indahnya jadi kebuang gara gara kertas lipatnya robek oleh hasil karyaku. Lagipula mencintai dalam diam itu enak kok. bisa curi curi pandang dengan bebas tanpa khawatir ada teman yang ember teriak teriak malu maluin. Jadi intinya aku lebih milih cinta dalam diam daripada menyatakan. Karena kadang diam berbuah lebih manis di akhirnya.

    BalasHapus
  36. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/795618042004709377
    Domisili: Palembang

    Diam... Alasannya kalo jodoh dak bakal kemana,kalo kemana-mana berarti blm jodoh dan yg jelas berdoa sama allah smga dia jodoh kita nantinya..aamiin

    BalasHapus
  37. Nama : Dwi Yulita Sari
    Akun Twt : @ithathadhira
    Link share : https://twitter.com/ithathadhira/status/795618120924704768
    Kota : DKI Jakarta

    Q πŸ‘‰ Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan ?

    A πŸ‘‰ Lebih pilih menyatakan perasaan suka tersebut.

    Menyatakan perasaan ini bukan berarti kita meminta org tsb untuk membalas perasaan yg kita miliki, tetapi kita hanya ingin menyampaikan apa yg kita rasakan.
    Setelah kita menyatakannya hati dan fikiran kita akan lebih lega. Kita ga akan mudah baper dan ga akan mudah galau karna sikap-sikap org tsb. Perasaan suka kita juga ga akan tumbuh menjadi sayang atau cinta jika kita menyatakan nya dari awal dan kita tau perasaan org yg kita sukai.
    Waktu dan energi yg kita miliki juga ga akan terbuang sia-sia karna terus memikirkan nya.
    Ini bukan agresif karna kita hanya menyatakan nya bukan mendekati nya.

    Karna menurut saya hidup itu cuma 1x dan kesempatan yg kita miliki ga akan datang lagi. Jadi, selama sikap yg kita ambil benar maka lakukan lah atau kita akan menyesali nya di kemudian hari karna terus diam dan menunggu nya πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
  38. Nama : Dilla Astria
    Twitter: @dillaastria
    Link Share: https://twitter.com/dillaastria/status/795630925237235712
    Domisili: Palembang

    Diam atau menyatakan? maka ...

    Saya memilih diam. Walaupun sebenarnya dikatakan atau tidak dikatakan masih ketika ia sudah bersambut maka tetap saja itu cinta--perasaan yang hakiki.

    Diam bukan berarti bodoh. Entah kenapa saya selalu menekankan ini. Lagipula ada jutaan alasan tertentu kenapa bagi para cinta di dunia ini masih ada yang memilih langkah ini.

    Well, andaikata mengungkapkan sebuah perasaan itu mudah, mungkin sudah dari dulu orang-orang yang memilih diam itu segera mungkin untuk mengungkapkan tanpa harus memikirkan alasan-alasan yang menghambatnya ataupun terjebak dalam situasi tertentu. Untuk kasus ini, ada pula yang pada awalnya memilih diam seiring berjalannya waktu akhirnya terungkap juga meskipun dengan ending yang berbeda-beda setiap orangnya.

    Saya memilih diam karena dengan diam saya lebih menyukai hanya melihat dari kejauhan tetapi diam-diam juga mendoakan yang terbaik--memilih menyimpannya dengan rapi. Dengan diam pula, andaikata semesta memang tidak mengkhendaki terhadap perasaan saya, maka saya dapat melepaskannya dengan perasaan yang baik tanpa harus menggebu-gebu untuk berlomba-lomba mengungkapkan segera mungkin yang boleh jadi nantinya tidak berakhir seperti yang diinginkan. Toh, lebih menyakitkan, 'kan?

    Sebab mencintai atau dicintai alangkah lebih baik diberikan secukupnya. Tidak kurang ataupun lebih kadarnya.

    Cara mencintai dengan rahasia itu melalui doa-doa yang baik dikirimkan. Lalu melepaskan dengan hati yang lapang. Kalau bukan jodohnya toh Tuhan itu selalu baik dan menggantikan dengan orang yang sepandan dengan kita. Tuhan selalu tahu yang terbaik untuk kita dan selalu ada pelajaran yang tersirat setidaknya dengan perasaan diam kita sebelumnya.

    Intinya, baik memilih diam ataupun menyatakan itu pilihan dan sesuai situasi dan kondisi ketika memiliki perasaan yang hakiki itu. Kalau saya, sih, memilih diam karena terbiasa heheheXD #bukancurcolkok

    Love,

    #TeamDiam

    BalasHapus
  39. Nama : Nadia Lutfia Cholialh
    Akun Twitter : @NadiaLutfia20
    Link share : https://twitter.com/NadiaLutfia20/status
    Tempat Tinggal : Kota Tegal, Jawa Tengah

    **
    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan ?

    : Menurutku lebih diam. Bukan karena gengsi atau lebih pantas cowok terlebih dulu, bukan karena itu. Melainkan akan terasa sakit jika kita menyatakan tetapi ternyata orang yang kita cintai itu suka di miliki oleh seseorang. Jadi lebih baik kita cari liku-liku tentang dirinya, barulah memberitau yang sebenarnya..

    BalasHapus
  40. Nama: Bety Kusumawardhani
    akun twitter: @bety_19930114
    link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/795467717776056321?p=v
    domisili: Surakarta

    Diam adalah emas, tidak selamanya berlaku. Aku lebih memilih menyatakannya karena hidup itu hanya satu kali dan kemungkinan besar kesempatan hanya muncul satu kali saja. Diam akan membuatmu menyesal di kemudian hari dan merutuki masa lalu. Selain itu, cinta juga harus diperjuangkan. Dengan mengatakan sejujurnya, kamu justru melatih keberanian dan menghilangkan kekhawatiran dalam dirimu. Ketika nantinya diacuhkan atau ditolak, kamu bisa belajar menerima kenyataan dengan ikhlas. Bukankah berani menyatakan cinta pada orang yg disukai akan menjadikanmu sebagai individu baru yg mempunyai pengalaman baru?

    BalasHapus
  41. nama : Ifah
    twitter : @zhiigo
    alamat : bekasi
    link share : https://twitter.com/zhiigo/status/795776090862039040

    Kalau menurut aku, lebih baik menyatakan. Karena mencintai secara diam-diam itu menyakitkan. Setidaknya dengan menyatakan, dia akan tahu perasaan kita. Masalah berbalas atau tidak itu urusan belakangan.

    Tapi yang jelas jangan sampai kita punya penyesalan tentang cinta.

    BalasHapus
  42. Nama: A'imatul Latifah
    Twitter: @Aim_La27
    Kota: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/795595840265953280?p=v

    Oke, ada yang bilang kalau cinta itu harus diperjuangkan. Tapi kalau posisinya kita seorang wanita, apa kata-kata ini masih tetap benar?? So, kalau aku mencintai seseorang aku lebih memilih diam. Kenapa? Bukan karna diam itu emas. Tetapi karena memang aku seorang wanita. Walaupun sekarang sudah zaman emansipasi wanita ya. Tapi tetap saja. Toh, jodoh itu gak kemana kok!!

    BalasHapus
  43. Nama: Dwi Agustini
    Akun twitter: @Dwiagustin06
    Link share: https://mobile.twitter.com/DwiAgustin06/status/795834831087149056?p=v
    Domisili: Madura


    Q : Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan ?

    A : Kalo saya ada diposisi seperti tersebut saya akan mengambil jalan tengahnya saja, tidak memilih diam atau menyatakannya. Karena saya adalah seorang wanita, maka saya akan menunjukan rasa suka saya cukup dengan sikap. Tentu saja bukan dengan kode kode misterius yang sulit untuk bisa dipecahkan oleh kaum adam, tapi dengan menunjukkannya dengan sikap yang nyata. Misalnya dengan memberikan perhatian spesial. Pria secuek apapun akan senang mendapat perhatian yang hangat. ��

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Nama : Viby Diana
    Twitter : @vibydiana
    Link share :https://mobile.twitter.com/VibyDiana/status/795854091104620544
    Kota : Jakarta Barat

    Ans:
    Kalau suka memilih diam apa ungkapin yaa? πŸ€”πŸ€”
    Hmm jujur.. saya tipe pemendam perasaan hehe kalau suka sama seseorang saya biasanya diam. Walaupun orang yang saya suka sudah menyatakan perasaannya terhadap saya sekalipun, saya biasanya lbh memilih untuk tdk mengungkapkan bahwa "aku juga suka sama kamu" lol. Biasanya saya akan menunjukkan mgkin lbh lewat sikap daripda kata2. Sebagai wanita saya merasa agak canggung untuk mengungkapkan perasaan sih.. apalgi kalau orangnya memang tidak bertindak apa2.. saya pasti akan diam dan memilih untuk mengubur perasaan ini:') hiks *baper. Tapi idealnya sih ya harusnya kalau suka ngomong! Tapi ngomong kan gmpang ngejalaninnya susah. Wkwk tapi daripda nyesel dia sm orang lain kan? :b

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tapitapitapimuluapadah 😢

      Hapus
    2. *tapitapitapimuluapadah 😢

      Hapus
  47. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Link share: https://twitter.com/ccchhy//status/795910652342767616
    Domisili: Palembang

    Tergantung sikon ya, Mbak. Kalau dia cuek bebek dan ga kasih sinyal apa2, intinya ga ada tanda2 kalau dia juga suka, ya mending aku diem daripada nanti aku campa aja pas menyatakan dan jadi bahan bully-nya dia di depan orang lain.
    Tapi kalau sekiranya ada tanda2 yang menunjukkan ketertarikan dari dia, aku lebih milih untuk melemparkan pertanyaan daripada menyatakan perasaanku langsung ke dia. Misalnya "tolong jawab dengan jujur ya, apa bener kamu suka sama aku?" Biar dia sendiri yang bingung mau jawab gimana kan ihihihi. Kalau dia jawab "iya", ya aku bisa jujur juga soal perasaanku. Tapi kalau dia jawab "tidak" ya udah, kan intinya aku cuma nanya tadi wkwk~ xD

    BalasHapus
  48. Nama : Fitri Wulandari
    Twitter : @queenfitri18
    Link share : https://twitter.com/queenfitri18/status/795934719095410688
    Alamat : sukabumi, jawa barat

    Jawaban :
    Aku memilih untuk mengungkapkannya. Namun secara diam-diam. Karena didunia ini banyak cara untuk menunjukkan rasa suka pada seseorang, dan diam-diam adalah salah satu cara yg kupilih. Layaknya Ara yg mengungkapkan rasa sukanya lewat puisi-puisi dalam origami, aku memilih mengungkapkannya lewat cerita2 sederhana yg kutulis. Dengan harapan dia membaca dan tahu bahwa itu semua tertuju hanya untuknya. Entah dia akan mengerti atau tidak, yg jelas aku menyukai sensasinya. Ya, seperti yg pernah kualami sebelumnya..hehe

    BalasHapus
  49. Nama: Myke R. Biyanti
    Twitter: @mykebianti
    Link Share: https://twitter.com/Mykebianti/status/795949653518733313
    Alamat: Jatinangor, Jawa Barat


    Walaupun aku termasuk orang yang statis dalam berbagai aspek, tapi untuk kondisi ini aku akan bilang apa yang aku lakuin tergantung sama kondisi lapangan. Kalau misalnya cowok yang aku suka itu udah punya pacar, aku pasti akan diam di tempat atau paling ketebaknya mundur teratur. Soalnya aku orang yang mikirnya karena aku ngga mau punya aku diganggu jadi aku ngga akan ganggu punya orang lain. Even kalo nanti bakalan makan hati. Tapi, kalo dia jomblo dan jalan menuju pelukannya terbuka dengan lebar [HAHAHA] aku akan maju, pelan aja. Aku maunya punya hubungan yang baik sejak awal jadi aku pasti akan ambil langkah aman dengen ngedeketin sebagai teman. Yaaa paling ngga kalau dia nantinya suka cewek lain, aku termasuk dalam lingkaran orang yang dia hargai keberadaannya [TSAAAAH]

    BalasHapus
  50. Nama : Jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/795901049601044481

    Jawaban : jika kau suka sama seseorang, diungkapkan atau didiamkan ?
    Kalo aku lebih baik didiamkan. Kenapa ?
    Menurutku, cinta dalam diam itu salah satu usaha untuk membuktikan apakah aku benar mencintai kamu atau cuma sekedar suka aja. Kalo sekedar suka aja, melihat kamu dengan yg lain *re: cewe lain, aku akan biasa aja dan mencoba melupakanmu. Tapi, kalau cinta diam diam itu beneran cinta, pas lihat kamu bareng sama dia maka aku akan mengikutimu diam diam (bukan stalker lho yaa), lalu di waktu yg tepat aku akan bilang, aku mencintainya dan akan memperjuangkan nya. Sekian :)

    BalasHapus
  51. Nama : Nurlaili Ruwaida
    Akun twitter :@laiilll24
    Link share : https://twitter.com/laiilll24/status/795973005641805824
    Tempat tinggal : Jakarta Timur
    Jawaban :
    Kalau aku lebih memilih diam. Walaupun sekarang cewek sah sah aja menyatakan perasaannya ke cowok yang dia suka, tapi aku lebih suka merhatiin dia dari jauh.
    Memang sih kadang ada perasaan pengen dia tau kalau aku suka sama dia, tapi aku ga bisa semudah itu mengungkapkannya. Makanya aku lebih sering diam kalau ada suka sama seseorang.

    BalasHapus
  52. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/795986445055889409
    Domisili : Ciamis

    Tetap diam. Saya tau pilihan ini nggak akan menghasilkan apa-apa. Nggak akan membuat perasaan saya lega, dan berpotensi besar untuk menciptakan penyesalan nantinya. Tapi, saya bukan tipe orang yang bisa pede bilang, 'Aku suka kamu' dibanding berkata begitu saya sih mending menahan nyesek deh. Serius, mengakui perasaan lebih dulu tuh nggak gampang. Apalagi stereotipnya sebagai cewek bagian kita itu bilang 'I do.' walau dikata emansipasi, saya nggak sekali pun berharap sanggup action 'ngelamar' duluan. Sorry diam saya artinya emang saya nggak mampu. Macem superhero yang nggak kuasa ngungkap identitasnya. Saya pun nggak kuat buat ngungkap perasaan. Biarlah tetap jadi rahasia yang penting dunia aman. Dia hidup tenteram, saya masih bebas buat jatuh cinta diam-diam.

    BalasHapus
  53. Nama: Lily
    Twitter: @magnolia2498
    Domisili :Trenggalek, Jawa Timur
    Link share: https://mobile.twitter.com/magnolia2498/status/796009570397089792?p=v
    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Perasaan suka itu normal. Apalagi saat suka pada lawan jenis sebagai ketertarikan hati, itu adalah hal wajar yang dimiliki setiap manusia. Tapi dari sekian banyak pasti ada yang diam-diam atau tak diketahui. Alasannya ada banyak, dan semuanya tergantung pada kondisi masing-masing.
    Suka diam-diam bukan hal yang aneh, jadi jangan bersikap seolah diam-diam itu terselubung. Diam-diam itu kadang menyiksa, lebih menyiksa dari pada terang- terangan. Tapi meskipun begitu aku tetap memilih diam agar bisa tetap menyukainya dibalik batas teman dan mengungkapkannya lewat selembar kertas bertuliskan puisi kekaguman untuknya. Hanya aku dan Tuhan yang tau di dalam diam.

    BalasHapus
  54. Nama : Siti Nurhasanah
    Twitter : @nde_nrh
    Alamat : Sukabumi, Jawa Barat
    Link share : https://mobile.twitter.com/nde_NRH/status/796117708609703936?p=v


    "Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan."

    Jawaban : aku pilih diam. Karena diam itu punya sensasi lain. Jawabanku mungkin simple, karena aku yang memang penganut cinta diam-diam gak pernah punya alasan panjang kenapa aku suka sama dia secara diam-diam. Alasanku memang satu, sensasinya lebih seru aja. Menyukai seseorang secara diam-diam kadang mengajarkan kita untuk menjadi aktris hebat yang harus bisa nutupin wajah betenya saat dia deket sama cewek lain. Apalagi suka diam-diamnya bener-bener, artinya gak ada seorangpun yang tau kalau kita suka sama seseorang kecuali Tuhan. Dan mereka, yang menyukai seseorang secara diam-diam selalu mempunyai cara tersendiri untuk mengungkapkannya.

    BalasHapus
  55. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/795805891249307649?p=v
    Domisili : Purwakarta


    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?


    Kalo aku lebih memilih diam-diam, meski memang menyatakan itu lebih baik agar perasaan lebih tuntas saat itu juga. Memilih diam-diam itu sulit sama seperti sulit untuk mengungkapkannya.

    Meski resikonya berat, tapi diam-diam itu terkadang menyenangkan. Rasanya bahagia hanya dengan melihatnya tersenyum dari jauh. Aku ingin merasakan bahagianya jatuh cinta meski hanya sesaat, membayangkan hal-hal menyenangkan meski itu semu. Walaupun sebenarnya aku ingin dia tau perasaanku, tanpa ingin tau jawabannya. Karena menurutku cinta diam-diam itu merupakan cinta yang tak egois.

    BalasHapus
  56. nama : Siti Faridah
    akun twitter : @sitifaridah96
    link share : https://mobile.twitter.com/sitifaridah96/status/796148629694091264?p=v
    kota tempat tinggal : Kendal-Jawa Tengah
    jawaban : lebih memilih diam karena kalau kita menyatakan belum tentu juga dia mencintai kita. Mungkin kita hanya bisa menunggu dia akan menyatakan cinta atau tidak. Kalau dia tidak menyatakan cinta kepada kita mungkin dia bukan jodoh kita.

    BalasHapus
  57. mariyam
    @mariyam_elf
    https://twitter.com/mariyam_elf/status/796150984938377216
    surabaya

    aku pilih diam, mencintai diam" lbh baik dripda harus menyatakan. kecuali klo emg si cwok dlu yg menyatakan, bru deh aku juga blang klo aku cinta sma dia, hehehe.
    alasannya adalah terkadang seorang cowok yg kita cintai itu blm tentu mencintai kita, berbeda klo seorang cwok yg mencintai kita pasti kita akan mencoba utk mencintainya juga. itulah hidup, yg kita harapkan belum tentu tercapai. Allah memberikan apa yg kita butuhkan bukan apa yg kita inginkan. mau sampai kapanpun mencintai seseorang tp klo orang itu gak mencintai kita ya percuma aja kita nyatain perasaan. akan lebih baik klo tetap diam dengan perasaan itu, dan menunggu seseorang yg mencintai kita hadir dlm hidup kita.

    BalasHapus
  58. Nama : Linda Agiastini
    Akun twitter: @linda_agiastini
    Link : https://twitter.com/linda_agiastini/status/795801322083663872
    Kota tempat tinggal : Denpasar, Bali

    Jawaban.

    Daya tarik seseorang begitu kuat, hingga aku menjadi begitu mengaguminya. Perasaan itu semakin menggebu, mengalahkan segala pikiran dalam otakku. Melihatnya selalu menampilkan senyum, berinteraksi denganku, tertawa karena humor yang aku buat dan segala tingkah lakunya begitu menjeratku. Aku mengakui, aku menyukainya.
    Lalu, apa yang bisa aku perbuat dengan perasaan ini?
    Diam dan memendamnya adalah jawabanku. Aku tidak ingin ia menjauhi ku hanya karena sebuah pengakuan cinta. Aku tidak ingin senyum itu lenyap seketika tergantikan dengan tatapan kebencian. Aku takut orang lain memandangku remeh karena menyukai idola mereka. Walaupun orang lain menganggapku mudah berputus asa, aku tidak mempedulikan itu. Biarlah hati ini terus berteriak kegirangan saat ia sedang bersamaku. Biarlah bibir ini tetap menyuarakan sebuah kata pertemanan, bukan pernyataan isi hati ini. Biarlah ia memahami segala perlakukanku padanya. Biarlah ia mengerti semua itu hingga ia memandangku dengan tatapan cinta.
    Bukankah kita hanya bisa berharap dan hanyut dengan segala mimpi?
    Mencoba mendengarkan alunan alunan nada yang menggetarkan hati. Itu menemani tidur malamku bersama mimpi mimpiku untuk bersamanya.
    Cinta dan kasih sayang tidak harus selalu diungkapkan, cukup membuat orang itu mengerti arti cinta kita sesungguhnya.

    *sad

    BalasHapus
  59. Nama : Viby Diana
    Twitter : @vibydiana
    Link share :https://mobile.twitter.com/VibyDiana/status/795854091104620544
    Kota : Jakarta Barat

    Ans:
    Kalau suka memilih diam apa ungkapin yaa? πŸ€”πŸ€”
    Hmm jujur.. saya tipe pemendam perasaan hehe kalau suka sama seseorang saya biasanya diam. Walaupun orang yang saya suka sudah menyatakan perasaannya terhadap saya sekalipun, saya biasanya lbh memilih untuk tdk mengungkapkan bahwa "aku juga suka sama kamu" lol. Biasanya saya akan menunjukkan mgkin lbh lewat sikap daripda kata2. Sebagai wanita saya merasa agak canggung untuk mengungkapkan perasaan sih.. apalgi kalau orangnya memang tidak bertindak apa2.. saya pasti akan diam dan memilih untuk mengubur perasaan ini:') hiks *baper. Tapi idealnya sih ya harusnya kalau suka ngomong! Tapi ngomong kan gmpang ngejalaninnya susah. Wkwk tapi daripda nyesel dia sm orang lain kan? :b

    BalasHapus
  60. NamaL Andini Ginanti Tuzzahra
    Twitter: @andinigt
    Link Share: https://twitter.com/andinigt/status/796250278920011776
    Kota: Lebak

    Jawaban: Aku sih lebih baik diam.
    karena jeng jeng jeng jeng aku punya seribu satu kode yang bisa bikin doi peka sekalipun orangnya ga pekaan hehehehe. Udah teruji :3 ehem ehem serius udah teruji hahahahhaa. Kasih bocoran nih nomor 1 yang paling pertama harus dilakuin kalau mau dia peka meski kamu diam ga ngomong suka.
    Berdoa sama Tuhan YME biar dia bisa merasakan rasa sukanya kamu, nah abis itu pake cara ke 2, ke 3, dst sampe peka hehehe

    BalasHapus
  61. Nama : Lois Marisa
    Akun Twitter : @LoisMarisaSR
    Link Share : https://twitter.com/LoisMarisaSR/status/796265283019161600
    Domisili : Medan
    Pertanyaan : Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?
    Jawaban : Saya selalu lebih memilih diam. Alasannya klise, karena saya maunya cowok yang lebih duluan menyatakan perasaannya. Saya bukan wanita yang agresif dan tidak akan pernah bisa menyatakan perasaan duluan. Cuma bisa berdoa dan berharap dia mengerti perasaan saya dan bisa membalas. Kalau tidak, ya palingan sedih, galau lalu move on. Hahahaha

    BalasHapus
  62. Nama: Asep Nanang
    Twitter: @asepnanang59
    Link Share:https://twitter.com/asepnanang59/status/796270196331712513
    Kota: Bungo, Jambi

    Lebih baik diam jika belum sanggup menikah. Bagi saya cinta ibarat bebijian jika dipendam dalam hati ia akan tubuh asal disiram dengan doa-doa dan dipelihara dengan usaha-usaha. Namun jika memang saya sudah siap menikah saya akan segera mengungkapkannya. Insha Allah...

    BalasHapus
  63. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/796278295524347906
    Domisili: tangerang

    Jawaban:
    Kalau ditanya begini pasti saya akan menjawab dengan tegas kalau saya lebih memilih untuk menyatakan. Menyatakan cinta terlebih dahulu kepada seseorang yang kita sukai tidak akan menambah dosa kok , tidak perlu malu juga, dan tidak perlu takut untuk ditolak. Jangan pesimis terlebih dahulu, diterima ataupun ditolak itu urusan belakangan, yang penting kita sudah mencoba untuk menyatakannya. Jangan pernah diam jika kamu menyukai seseorang, nyatakanlah jika kamu menyukainya. Karena kamu tidak akan mendapat apa apa jika kamu hanya diam.

    BalasHapus
  64. Nama : Dwi Oktapia
    Twitter : @dwipia77
    Link share : https://mobile.twitter.com/dwipia77/status/796277096318259201?p=v
    Kota : Jember

    Jawaban : Aku lebih milih diem, tapi kasih kode-kode dikit. Biar si cowok ngeh kalo kita suka dia. Sebenernya karena gengsi juga sih mau ngutarain langsung ke si cowok. Maklum, gengsinya cewek gede hehehe 😁😁😁😁

    BalasHapus
  65. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/796296923518906368
    Domisili : Jepara

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Saya memilih diam. Karena itulah prinsip saya, mencintai dalam diam. Cinta tidak harus diumbar. Saya berharap ungkapan cinta itu hanya terucapkan pada seseorang yang sudah halal. Karena dengan diam saya bisa menjaga perasaan saya agar tidak terjangkit andai-andai yang membuat saya lalai. Saya tahu cinta itu fitrah, tapi saya juga beharap bisa menempatkan cinta pada tempatnya. Perasaan itu akan saya titipkan pada Dia--pembolak balik hati.

    BalasHapus
  66. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/796299321700274176
    Domisili: Tangerang

    Aku akan memilih menyatakan. Sepahit apapun respon yang akan diberikan, setidaknya aku sudah berusaha untuk mengungkapkannya. Karena memendam perasaan bukan hanya butuh hati yang lapang tapi juga tentang belajar untuk merelakan. Justru ini yang kadangkali menjadi kesalahpahaman. Ketakutan itulah yang menjadi penghalang. Jadi, menyatakan bukan hanya sekedar pengungkapan rasa saja, tapi juga suatu hal yang dapat membuat hati kita lega. Kalau hanya diam dan diam, apa akan ada gunanya? Dia tidak akan tahu, selama kita tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan.

    BalasHapus
  67. Nama : Fitri Wulandari
    Twitter : @queenfitri18
    Link share : https://twitter.com/queenfitri18/status/795934719095410688
    Alamat : sukabumi, jawa barat

    Jawaban :
    Aku memilih untuk mengungkapkannya. Namun secara diam-diam. Karena didunia ini banyak cara untuk menunjukkan rasa suka pada seseorang, dan diam-diam adalah salah satu cara yg kupilih. Layaknya Ara yg mengungkapkan rasa sukanya lewat puisi-puisi dalam origami, aku memilih mengungkapkannya lewat cerita2 sederhana yg kutulis. Dengan harapan dia membaca dan tahu bahwa itu semua tertuju hanya untuknya. Entah dia akan mengerti atau tidak, yg jelas aku menyukai sensasinya. Ya, seperti yg pernah kualami sebelumnya..hehe

    BalasHapus
  68. nama : Aurora Milenia
    Akun twitter : @AMKR05
    Link share : https://twitter.com/AMKR05/status/796312395278782466
    Kota tempat tinggal : Surabaya,Jawa Timur.


    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?
    Sebenernya yang namanya pilihan pasti ada resikonya masing-masing.Kalau diam tanpa menyatakan perasaan kita,orang tersebut nggak ngerti tentang rasa suka kita.Kita akan ngerasain sesak sendiri karena rasa sukanya cuma bisa dipendem tanpa diketahui orang yang bersangkutan apalagi kalo dianya sama orang lain.Duh,kita cuma bisa gigit jari dan senyum palsu aja.Tapi kemungkinan untuk dia nggak menjauh itu sangat banyak.Kalau perasaan kita dinyatain,tentunya perasaan kita jadi lega gitu kan.Jadi gak sesek sendiri karena gak dipendem.Tapi sekali lagi pasti ada resikonya yaitu bisa aja dia akan berjalan menjauh karena belum bisa memaklumi atau mengerti tentang rasa suka kita.Bisa juga kita akan menemukan fakta yang cukup menyakitkan seperti friendzone atau bertepuk sebelah tangan karena dianya gak ada perasaan lebih ke kita.
    Tapi kalo disuruh milih sih,aku akan pilih untuk diam.Karena itu sesuai dengan sifat pribadiku yang kurang bisa memperlihatkan rasa suka dengan baik.Nanti jatuhnya malah salah paham kan repot.Kedua,karena ya meskipun dianya gak ngerti tentang perasaanku seenggaknya aku masih bisa lihat dan deket sama dia karena bahagia itu sederhana *asik.Aku juga berfikir kalau gak usah terlalu terburu-buru nyatain perasaan karena bisa jadi itu cuma rasa suka sementara atau rasa penasaran aja.Ntar dikira labil.Jadi mendingan dipastiin dulu perasaannya yang sebenar - benarnya.

    BalasHapus
  69. Nama: Devi
    twitter: @cedarpie
    link share: https://mobile.twitter.com/cedarpie/status/796313720355831813
    alamat:bandung, jawa barat

    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Diam. Sejauh ini tiap suka sama seseorang selalu milih buat diam dan mendam perasaan itu, ngebiarin si rasa suka jadi rahasia kecil yang cuma diketahui sama segelintir temen deket. Aneh sih emang, tapi rasanya lebih nyaman perhatiin "dia" dari jauh ketimbang terang-terangan nunjukin rasa suka itu. Meskipun iya, suka diem-diem tuh cukup nyiksa batin jugaπŸ˜‚

    BalasHapus
  70. Nama: Dwita Andhara
    Akun twitter: @dwitaandhara
    Link share: https://twitter.com/dwitaandhara/status/796320171707072512
    Domisili: Makassar
    Jawaban:

    Diam. Alasannya karena kalau suka seseorang, aku akan pilih kondisi yang buat aku pribadi bisa merasa nyaman dan itu adalah diam. Cukup jadi diriku sendiri sih dan juga berdoa pada Tuhan. Kalau emang jodoh semoga di dekatkan dan kalau tidak yah semoga dicarikan yang lebih baik lagi dari dia :)

    BalasHapus
  71. Nama : Seffi Soffi
    Akun twitter : @seffiii
    LinkShare : https://twitter.com/seffiii/status/796337277974630400
    Domisili : Bandung

    Jawaban : Diam,karena sebagai perempuan cuman bisa menunjukan dengan perilaku atau tindakan. Kalo terlalu agresif nanti si lelaki malah takut dan kabur. Dan juga tingkat kepedean wanita kurang dibandingkan lakilaki untuk memberitahukan perasaan.

    BalasHapus
  72. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/796356083207933953
    Domisili: Aceh
    Jawaban:
    “Kalo suka sama seseorang, pilih diam atau menyatakan?”
    “Aku akan memilih diam karena tak pandai mengutarakan rasa suka kepada seseorang. Aku percaya jika takdir memutuskan kami untuk bersama maka akan selalu ada cara alam semesta untuk mempertemukannya tanpa harus mengumbar kata”

    BalasHapus
  73. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang, SumSel
    https://twitter.com/btgmr/status/795955259050983424

    Kalau aku lagi naksir seseorang, saya lebih memilih diam saja. Biarlah rasa itu saya pendam dulu. Simpan saja hanya untuk saya sendiri. Karena pada dasarnya saya bukan termasuk orang yang suka menunjukkan rasa sayang melalui verbal mau pun perbuatan kepada lawan jenis yang disukai. Berhubung saya adalah perempuan, saya selalu menganggap diri saya sebagai kembang, maka sudah seharusnya kumbang yang datang mencari dan menghampiri si kembang.

    Masih ada Allah, Sang Pemilik Kehidupan, Yang Maha Membolak-Balikkan Hati. Saya hanya ingin berdoa kepada-Nya, jika Dia merestui rasa cinta dan sayang ini pada orang itu, maka saya berdoa dan memohon agar diputarkan hati si dia untuk saya, buatlah agar dia juga merasakan hal yang sama pada saya tanpa saya harus repot-repot menunjukkan bagaimana perasaan ini hanya demi menariknya supaya dia 'melihat' saya.

    Karena menurut saya salah satu cara terbaik untuk menyayangi seseorang adalah dengan menyebut namanya di dalam setiap doa :)

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. Nama:Iyah Samsiyah
    Twitter: @iyahsamsiyah
    Link share: https://twitter.com/IyahSamsiyah/status/795522725016023040?s=09
    Domisili: Kuningan, Jawa Barat
    Jawaban:
    “Kalo suka sama seseorang, pilih diam atau menyatakan?”

    Berhubung aku ini perempuan, aku memilih diam. Entahlah, aku hanya merasa tidak berani jika menyatakan secara langsung, takut hubungan akan berubah setelah aku menyatakan lebih dulu. Karena cepat atau lambat jika memang jodoh, dia akan peka. Hihi.
    Tapi jika ada seorang perempuan yang menyatakan perasaannya secara langsung aku salut,berarti dia percaya diri dan berani. Atau mungkin menyatakan diam-diam seperti Ara 😁 hihi.

    BalasHapus
  76. nama : afifah khoiriyah
    akun twitter: @Afifah_1412
    link share : https://twitter.com/Afifah_1412/status/796366244525899777
    kota tempat tinggal: Yogyakarta

    Aku pilih mengungkapkan dg caraku sendiri,mungkin pake surat. Awalnya mungkin aku diam, aku pwrlu mencerna apa ini cinta atau skedar kagum. Bru stalh yakin, aku tulis surat dan taruh di tas, atau taruh dpn rumah, atau titipin tmn... Pokoknya... Aku ungkapkan tapi gak ngomong langsung.Takut salah ngomong malah salah paham... Selain itu grogi lah. Lalu aku berdoa agar Allah menyelamatkan mukaku jika ketemu dia dan berharap dia menerima perasaanku...

    BalasHapus
  77. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/796365179214647296

    Nyatain aja deh. Aku punya kesimpulan:

    "Never wait to say what's in your heart cuz tomorrow may be too late."

    Actually, this is what I learnt from LOVE, ROSIE movie (adapted from WHERE RAINBOWS END novel). Setelah nonton film itu, bisa kebayang deh betapa tersiksanya mereka melewati lebih dari 12 tahun memendam rasa satu sama lain, bahkan harus menyaksikan satu sama lain berbahagia dengan pasangan masing-masing hingga berumah tangga, dududuh.... kalau bisa ya, itu jangan sampai terjadi sama aku deh hehehe.

    Kalau case-nya ke sahabat sendiri kayak Ara dan Rosie, mending nyatain aja deh. Entah nantinya bakal diterima atau ditolak, urusan belakangan. Pasang aja muka tembok kalo pun emang ujungnya ditolak and just pretend kalo confession itu never happened. :D

    BalasHapus
  78. nama : ahdaikrima
    akun twitter: @a_ikrima
    link share : https://twitter.com/A_Ikrima/status/796423279611256832
    kota tempat tinggal: Padang

    Mengungkapkan atau Diam?

    Hmm.. mungkin aku akan pilih mengungkapkan, karena lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. jika kita tidak berani mengungkapkan sama saja kita tidak berani berjuang. Bukankah dalam hidup hal yg paling dibutuhkan adalah perjuangan, serta saat mengungkapkan perasaan akan terasa lebih lepas dan kita tahu apa langkah selanjutnya yang harus di ambil

    BalasHapus
  79. Nama: Ratih Ulfa Istikomah
    Domisili : Bondowoso, JATIM
    Nama twitter : @BlueOceann_
    Lihat Tweet @BlueOceann_: https://twitter.com/BlueOceann_/status/795825443026804736?s=09


    A: Saya akan menyatakannya. Walaupun secara perlahan saja. Karena menyimpan rasa itu sangat sulit, menyatakannya apa lagi. Seperti yang Ara katakan, "andai mengucap rasa itu semudah melipat kertas ini." Memang selalu salah rasanya saat kita sedang jatuh cinta. Tapi ada kalanya perempuan yang harus memulai. Terkadang zaman sekarang banyak wanita yang hanya memberi kode. Hey girls, memangnya cowok itu cenayang yang bisa mengerti pikiran kalian? Haha ya engga lah. Agar dia tau, yah ungkapkan saja. Masalah ditolak mah belakangan aja. Siapa tahu dia punya rasa yang sama. Kalau gengsi nanti keburu dia pergi.

    BalasHapus
  80. Nama : Mimi Fachriyah
    Twitter : @mimichinori
    Link share : https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/796569272902451201?p=v

    Domisili : Bekasi, Jawa Barat

    Jawaban :

    Saya sendiri lebih memilih untuk mencintai seseorang dalam diam. Karena cinta itu rela melakukan apapun demi orang yang dicintainya. Termasuk rela menahan perasaan, seperti apa yang dilakukan ara. cinta yang sesungguhnya juga tidak memerlukan balasan apapun. Karena saya takut jika cinta itu diungkapkan, secara tersirat atau tidak itu berarti mengharapkan balasan dari cinta yang diungkapkan. Dan jika tidak terbalas, mungkin rasa cinta itu bisa berubah menjadi sesuatu yang berbeda, bahkan kebalikan dari cinta. Jadi, saya lebih memilih cinta dalam diam, menatap penuh kagum dari kejauhan, bersikap seolah biasa saja saat berdekatan, biarkan saya memeluknya hanya dalam do'a do'a saya kepada Tuhan. biarkan cinta ini mengalir tenang dalam diam saya, sampai akhirnya cinta berlabuh pada orang yang tepat.

    BalasHapus
  81. Nama : Astriana Setia M
    Twitter : @astrianagrande
    Kota : Karawang
    LinkShare : https://twitter.com/AstrianaGrande/status/796608330714099712


    - Kalau suka seseorang, lebih Pilih diam atau menyatakan ? -

    Dan, jawabanku adalah diam.
    Mengapa? Karna :
    1. Aku adalah wanita.
    2. Aku adalah wanita.
    3. Aku adalah wanita.

    Aku wanita dan aku lebih memilih diam. Bukan bermaksud sombong, atau hal buruk lainnya.
    Tetapi, bukankah lebih baik jika pria yang memulai? Bukankah lebih bijak jika pria tersebut yang meminta suatu hubungan? Dan, bukankah lebih baik jika pria itu yang datang menghampiri wanita, untuk ke arah yang lebih serius?

    Cinta tidak pandang bulu.
    Pria dan wanita pasti akan pernah merasakannya.
    Disini, aku sebagai wanita. Dan aku lebih memilih diam dalam mencintai.
    Walau, sedikit bahagianya dibanding banyak luka yang dirasa.


    Namun, seseorang yang sedang dilanda Cinta, pasti rela merasakan sakit, walau hanya diam dan tak terucap.

    Disini, aku tidak sepenuhnya diam dalam mencintai.
    Aku mencintai secara diam, dan menyampaikan rindu melalui do'a.

    Karna, inilah caraku untuk mencintai seseorang. Diam, dan berdo'a.

    BalasHapus
  82. Nama : Kharisma A. Putri
    Akun twitter : @RwnKim
    Kota : Jombang
    Link : https://mobile.twitter.com/RwnKim/status/796618215132688384?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6999694711


    ~Kalau suka seseorang, lebih Pilih diam atau menyatakan? ~


    Menyatakan. Siapa tahu orang yang disuka ternyata selama ini juga suka sama kita, namun sulit untuk mengungkapkan. Kalaupun ditolak, tidak masalah. Setidaknya ada kelegaan setelah diungkapkan.

    BalasHapus
  83. Nama: Puji Nur Aini
    Twitter: @pujina__
    Domisili: Banjarnegara
    Link Share: https://twitter.com/Pujina__/status/796684582091366400
    Jawaban:

    Pastinya aku lebih pilih diam, karena jujur aku orangnya nggak pede-an. Yah, walaupun pasti nyesek, bisa lah sambil usaha kode-kode gitu wkwk. Kalo dianya gak peka, berati emang bukan atau belum saatnya bersatu (weh apa ini?) maksudnya belum jodoh (Yah apalagi ini?)Gitu lah intinya, diam tapi sambil kode-kode *aseekk

    BalasHapus
  84. Nama : Sela Silfiyana
    Akun twitter : @selasilfiyana_
    Link share : https://twitter.com/SelaSilfiyana_/status/796701426416128000 dan
    Kota tempat tinggal : Indramayu


    Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Lebih pilih diam. Karena saat inilah aku sedang merasakannya, dan aku hanya memilih diam.
    Diam memendam rasa. Diam-diam memperhatikan dia, diam-diam aku yang terus mengaguminya. Diam-diam aku terus menyukainya.
    Dan diam-diam juga aku jatuh cinta terhadapnya. Karena jujur aku hanyalah seorang cewek yang tak berani mengungkapkan apalagi menyatakan, jangankan melakukan hal seperti itu. Menatap matanya lama-lama saja aku tak sanggup. Dan pada kenyataannya, aku hanya terlalu takut akan sebuah kata yang mengerikan dan mungkin akan memporak-porandakan hati saja yaitu suatu kata "PENOLAKAN" jika menyatakan, dan itu yang sangat saya takutkan. Makanya, aku tak akan berani melakukan hal itu. Maka dari itu aku mengambil resiko berat ini, memilih diam. Mengapa berat? You know lah, orang yang menyukai seseorang dan memilih diam itu sangat menyakitkan diri sendiri sebenarnya namun ada sensasi yang berbeda, karena semuanya akan ditahan sendiri, sakit sendirian, bahagia sendirian, dan akhirnya akan tetap jatuh sendirian.
    Jika bisa diibaratkan, aku hanya seorang prajurit yang kalah perang sebelum bertarung. Bertarung ? Bukan, lebih tepatnya berjuang. Berjuang demi mendapatkan hatinya, namun tak pernah melakukan tindakan, tindakan untuk menyatakan, dan aku hanya bisa berdiri tegap dibelakang dan memperhatikannya dari kejauhan, ikut tersenyum jika dia tersenyum dan lainnya. Apakah aku seorang pengecut? Mungkin. Aku hanyalah seorang cewek yang hanya berani menunggu, menunggu agar dia peka. Namun nyatanya dia tak pernah peka. Eeaakk, mirisπŸ˜‚
    Dan yang pasti aku tetap memilih diam sampai saat ini. Aku selalu berharap, mungkin saja nanti ada keajaiban yang datang, yang akan membisikkan kepadanya, kalau ada seseorang yang sudah sejak lama menyukainya namun tak berani menyatakan perasaannya. Semoga!

    BalasHapus
  85. Nama : Novelia Arista Damayanti
    Akun twitter : @leenovel2
    Link share : https://twitter.com/leenovel2/status/796717719064150016

    Kalau aku suka seseorang aku akan memilih untuk diam. Bukan berarti aku benar-benar diam dan tidak melakukan apapun. Mungkin saja aku akan mengikuti cara Ara dgn mengirimnya surat dalam origami. Atau aku akan pilih cara lain seperti memberinya surat dalam kaleng, surat lewat burung merpati atau sajak puisi yang ku selipkan diam-diam diantara surat tagihan listrik yang masuk kerumahnya, bisa jadi. Aku ingin lakukan sendiri,murni dgn usahaku untuk unjukkan rasa padanya dengan perlahan. Aku cinta dia dalam ikhlas, dan akan ku tunjukkan padanya lewat sabar. Mungkin akan berjalan lama, tapi disitu ada perjuangan pantas yang ku beri doa harapan agar nanti berbuah manis. Aku bukan cuma ingin mengatakan suka dgn bahasa tubuh tetapi juga aku ingin gunakan bahasa hati yang nantinya lebih dimengerti dan dihargai. Aku tidak merasa harus berkoar-koar katakan suka demi menarik perhatiannya, itu terlalu biasa dan dia pasti sudah bosan. Aku punya caraku sendiri. Aku itu cuma remaja putri pemalu kemarin sore yang baru menelaah arti cinta, aku bisa jadi bosan ditengah jalan. Oleh krnanya aku akan memastikan bahwa memang sukaku adalah benar-benar suka yang tulus dan pantas dikatakan sebagai rasa cinta karna aku tidak mau berkata suka sembarangan. Cinta atau suka dalam diam terasa lebih indah, bermakna dan menjanjikan ketulusan cinta yang sesungguhnya. Separuh hati yang tulus murni akan lebih mudah menemukan kepingan hatinya yang lain. Menyukainya dalam diam membuat hariku lebih asyik. Aku bisa menguntit media sosialnya dgn rasa ingin tahu dan takut ketahuan yang tinggi, inu hal yang asyik. Dan suka dalam diam benar-benar hal yang indah walaupun ada banyak resiko buruk dibaliknya.

    BalasHapus
  86. Nama : Umara' Nur Rahmi
    Akun Twiter : @umara_nur
    Link Share : https://twitter.com/umara_nur/status/796736606795431936
    Domisili : Lombok, NTB

    "Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?"

    Pertanyaan ini dipercayai atau tidak pasti kebanyakan jawabannya tetap memilih DIAM, terlebih dikalangan para wanita, dan tak dapat dipungkiri begitu pula dengan SAYA...hehe

    Mengapa demikian ? karna Kita (khususnya Saya) para kaum hawa cenderung memiliki rasa malu yang amat sangat besar untuk mengawali setiap bentuk peryataan terkait masalah hati. Selain itu, tiap dari kita masih cukup kurang memiliki imunitas yang setebal baja demi mempertahankan ego diri agar tetap terlihat biasa jikalau kemungkinan yang didapat setelah menyatakan perasaan kita ke si “Dia”adalah PENOLAKAN. Siapa kiranya yang masih mampu terlihat biasa setelahnya ? jikalau itu Saya, Saya akan langsung melayangkan bendera putih tanda menyerah. Tak sanggup Hayati Bang...

    Saya akui diri ini belum mampu mengikuti jejak istri Rasulullah seperti Khadijah rodiallahuanha, yang tanpa berpikir dua kali setelah mengetahui rukyah dari mimpinya, langsung mengutus salah satu utusan untuk menyatakan keinginannya meminang baginda kita Muhammad SAW. Sungguh rasa percaya diri yang amat luar biasa, tanpa ada rasa ragu memperdulikan harga diri. Ah...sungguh apalah daya Hayati Bang...bahkan untuk sekedar menyebut namamu dalam hati saja, malunya luar biasa, bagiamanalah jika harus menyatakannya secara langsung kepada mu ? Aduhai...benar – benar tak sanggup Hayati...

    Mungkin sekiranya, cukuplah diri ini mengikuti jejak putri Rasulullah Fatimah rodiallahuanha, yang hanya sang khaliq dan dirinya saja yang mengetahui akan perasaan cintanya kepada Ali rodiallahuanha. Yang diam-diam menyelipkan nama sang pujaan hati dalam tiap do’a yang tak henti, sehingga mencapai Ridho Ilahi, dengan menyatukan mereka dalam suatu ikatan suci yang di ridhoi. Subhanallah...

    Setiap orang memiliki rangkaian kata yang tak sempat terucap,
    Terdiam dalam sudut hati.
    Karena rasa,
    Hanya yang punya hati saja yang mengerti.

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Nama: Fitria Annahla
    Akun Twitter: @pigtria
    Link share: https://twitter.com/pigtria/status/796858160548118529
    Domisili: Cibinong, Bogor

    "Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?"

    Uhm, itu pertanyaan yang menurut aku susah untuk dijawab, yang menurut aku mending disuruh jawab soal matematika super rumit daripada jawab pertanyaan itu hehe.
    Tapi karena ingin punya Origamiara dan belum sempat beli, jadi yasudah kuharus menjawab pertanyaan ini ^^
    Nah jawabannya adalah..... diam.
    Kenapa diam? Selain karena alasan "saya adalah wanita, masa menyatakan duluan?" namun juga karena dulu pernah menyukai seseorang lalu dengan polosnya kasih tahu orang itu kalau suka dan...... well, mendapat respon positif sih. Tapi ada beberapa hal yang dari kejadian itu aku malah trauma untuk bilang suka. Maka sekarang kalau ditanya, mungkin aku akan lebih memilih diam meskipun--kata kebanyakan orang--aku kalau lagi suka seseorang bakal keliatan banget mau disembunyiin kayak gimana juga. Tapi aku akan tetap diam karena kata pepatah juga "diam itu emas". Jadi aku akan diam aja dan berusaha senormal mungkin buat bersikap biasa aja serta tidak lupa berdoa kepada Yang Kuasa untuk senantiasa menjaga orang yang aku suka dan sayangi.

    BalasHapus
  89. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/796878328929996800
    Domisili: Sidoarjo, Surabaya
    jawaban:

    hmmm lebih memilih diam. karena menurutku menyukai seseorang gak harus menyatakan perasaan. menyukai seseorang secara diam diam lebih menyenangkan drpd menyatakan. yah walopun sakit hati karn nggak bisa memiliki itu wajar, tp kalo kita menyatakn belum tentu orang tersebut menanggapi dg positif pernyataan kita. bisa jadi dia malah menjauh dan menjaga jarak.

    apalg saya perempuan yg menurut kebanyakan orang terlalu tabu bagi seorang cewek nembak dan ngejar cowok duluan. walopun terkesan seperti menunggu dipilih tidak ada salahnya cewek menjelajah, mencari seseorang seblum memilih dan dipilih.

    kalaupun kita menyatakan perasaan, kita harus bisa menerima semua resiko. baik resiko ditolak, dijauhi sampai dibenci dan dipandang sebelah mata karena agresif. syukur2 kalo diterima dan sicowok punya perasaan yg sama, lah kalo sebaliknya ya wassalam.
    tergantung individu masing2 sih, mau memilih jalan kanan atau kiri, suka maju atau stay ditempat, suka diem atau lebih memilih menyatakan. situasi tak luput membantu pilihan yg akan diambil.
    jika kita udh deket sm tuh cowok, tau sifat dan sikapnya kita jadi bisa membuat rencana mau ngungkapin atau ttep memendam. kalopun kita gak kenal yah mikir2 dulu kalo mau ngungkapin dan mendem sendirian. karena hanya kita yg tau langkah apa yg tepat yg harus kita ambil, tau yg terbaik buat diri sendiri, soal urusan sakit hati itukan memang risiko jatuh hati:v

    BalasHapus
  90. Nama: Egita Indrianna
    Alamat Twitter: @indriannaegita
    Link Share: https://twitter.com/IndriannaEgita/status/796548941366132736
    Alamat: Bekasi Utara


    Memilih untuk diam atau menyatakan?

    Aku, bukan wanita yang mahir mengumbar kata. Aku, hanya bisa menjadi pengagum rahasia.
    Menurut aku, mencintai dalam diam itu memiliki seni tersendiri. Mulai dari merindukan bayangan semu, Memimpikan sesosok manusia yang mungkin tau aku aja engga, Ikut bahaggia kalo dia bahagia. Bahka, yang paling sederhana, ngeliat dia ketawa sama temen-temennya aja bikin hati tuh lega gimana gitu.
    Kenapa harus cinta dalam diam? Soalnya kalo ternyata dia gak suka, cukup aku aja yang sakit, dia gak perlu ngerasa bersalah karena gak bisa ngebales perasaan aku. Dan, kalo ternyata aku sadar, perasaan yang aku punya itu bukan cinta, aku gak perlu ngerasa bersalah juga. pokoknya, cint dalam diam itu kayak perasaan yang menenangkan deh, walau terkadang menyakitkan.

    -Ketika aku mencoba keluar dan mencari rasa yang lain, Rasa yang lama menahanku untuk tidak berpaling-

    Ajaibnya, aku sudah menjadi pengagum rahasia selama setengah dekade, Awalnya dia tidak tau, terus dikasih tau. Terus kita pisah sekolah 3 tahun, dan mungkin dia gak tau kalo aku, sampai sekarang masih menyimpan rasa yang sama kepadanya.

    BalasHapus
  91. Nama: Egita Indrianna
    Alamat Twitter: @indriannaegita
    Link Share: https://twitter.com/IndriannaEgita/status/796548941366132736
    Alamat: Bekasi Utara


    Memilih untuk diam atau menyatakan?

    Aku, bukan wanita yang mahir mengumbar kata. Aku, hanya bisa menjadi pengagum rahasia.
    Menurut aku, mencintai dalam diam itu memiliki seni tersendiri. Mulai dari merindukan bayangan semu, Memimpikan sesosok manusia yang mungkin tau aku aja engga, Ikut bahaggia kalo dia bahagia. Bahkan, yang paling sederhana, ngeliat dia ketawa sama temen-temennya aja bikin hati tuh lega gimana gitu.
    Kenapa harus cinta dalam diam? Soalnya kalo ternyata dia gak suka, cukup aku aja yang sakit, dia gak perlu ngerasa bersalah karena gak bisa ngebales perasaan aku. Dan, kalo ternyata aku sadar, perasaan yang aku punya itu bukan cinta, aku gak perlu ngerasa bersalah juga. pokoknya, cinta dalam diam itu kayak perasaan yang menenangkan deh, walau terkadang menyakitkan.

    -Ketika aku mencoba keluar dan mencari rasa yang lain, Rasa yang lama menahanku untuk tidak berpaling-

    Ajaibnya, aku sudah menjadi pengagum rahasia selama setengah dekade, Awalnya dia gak tau, terus dikasih tau. Terus kita pisah sekolah 3 tahun, dan mungkin dia gak tau kalo aku, sampai sekarang masih menyimpan rasa yang sama kepadanya.

    BalasHapus
  92. Nama: Egita Indrianna
    Alamat Twitter: @indriannaegita
    Link Share: https://twitter.com/IndriannaEgita/status/796548941366132736
    Alamat: Bekasi Utara


    Memilih untuk diam atau menyatakan?

    Aku, bukan wanita yang mahir mengumbar kata. Aku, hanya bisa menjadi pengagum rahasia.
    Menurut aku, mencintai dalam diam itu memiliki seni tersendiri. Mulai dari merindukan bayangan semu, Memimpikan sesosok manusia yang mungkin tau aku aja engga, Ikut bahaggia kalo dia bahagia. Bahkan, yang paling sederhana, ngeliat dia ketawa sama temen-temennya aja bikin hati tuh lega gimana gitu.
    Kenapa harus cinta dalam diam? Soalnya kalo ternyata dia gak suka, cukup aku aja yang sakit, dia gak perlu ngerasa bersalah karena gak bisa ngebales perasaan aku. Dan, kalo ternyata aku sadar, perasaan yang aku punya itu bukan cinta, aku gak perlu ngerasa bersalah juga. pokoknya, cinta dalam diam itu kayak perasaan yang menenangkan deh, walau terkadang menyakitkan.

    -Ketika aku mencoba keluar dan mencari rasa yang lain, Rasa yang lama menahanku untuk tidak berpaling-

    Ajaibnya, aku sudah menjadi pengagum rahasia selama setengah dekade, Awalnya dia gak tau, terus dikasih tau. Terus kita pisah sekolah 3 tahun, dan mungkin dia gak tau kalo aku, sampai sekarang masih menyimpan rasa yang sama kepadanya.

    BalasHapus
  93. Nama : Abe
    Twitter : @abe125_
    Link share : https://twitter.com/abe125_/status/796975237485080576
    Kota Tempat Tinggal : Tangerang, Banten

    Q : Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    A : Diam. Aku orangnya pemalu. Banget. Dulu pas masih sekolah pernah suka sama temen, tapi nggak pernah bisa ngungkapin perasaan ke doi. Sampai aku jadian sm org lain, doi malah kayak ngedukung. Padahal pengen bgt dianya peka. Sering aku sodorin manga yg 'Notice Me, Senpai' eh, malah dikira suka sama kakel :') lama kelamaan capek juga gak di notice sama dia, sama pacar pun putus. Nyesek sih, tapi smp skrg aku masih komunikasi sm dia. Masih kaya dulu. Aku mikirnya kalo sampe jadian sm doi, pertemanan kita mungkin nggak seasik dulu :') /ini kenapa malah curhatsih/

    BalasHapus
  94. Nama : Khuznul Hatimah
    Domisili : Makassar
    akun twitter : @Khuznul_Nhunh
    link shared : https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/796995249440591872

    Jawaban:
    Aku akan memilih diam, alasannya karena bagiku perasaan suka, sayang dan Cinta tak harus dengan balasan. cukup sampaikan segala rasa dengan tindakan nyata, biarkan Takdir yang menjawab toh suatu saat jika rasa yang kita punya terbalas maka sudah takdirnya demikian. Kalaupun rasa itu bertepuk sebelah tangan maka bersyukurlah karena kita masih diberi anugerah rasa lebih terhadap lawan jenis. Cinta itu tak harus memiliki kan?? 😊😊

    BalasHapus
  95. Nama : Adela Tisna Wardhani
    Nama twitter : @adela_tisna
    Link share : https://twitter.com/adela_tisna/status/795627263324602368
    Alamat : Batam, Kepulauan Riau

    Q : Jika mencintai seseorang, lebih baik diam atau menyatakan?

    A : Kalau saya pribadi, saya akan memilih untuk menyatakan langsung apa yang sebenarnya saya rasakan. Urusan dia terima atau tidak nya itu hak dia, asalkan saya berani untuk nyatakan langsung. Karena dengan berdiam saja dan menyimpan rasa sendirian, itu sangatlah menyakitkan. Dan sejujurnya, lebih baik dia tahu perasaan kita yang sejujurnya - sejujurnya daripada berdiam saja sambil menunggu dan ternyata dia sudah jatuh cinta dengan yang lain, untuk jatuh cinta diam-diam sama dia saja sudah menyakitkan ditambah dia yang jatuh cintanya dengan yang lain. Wanita memang ditakdirkan untuk menunggu, namun dalam hal menyatakan, kita juga punya hak untuk itu.

    Memang menyatakan rasa suka ataupun cinta itu sangat sulit, apalagi untuk seorang wanita seperti saya. Nyatakan sebelum terlambat, dan jujurlah terhadap perasaanmu yang sebenarnya. Karena jatuh cinta diam-diam itu menyakitkan.

    Terima kasih.
    Wish me luck (:
    Aamiin

    BalasHapus
  96. Nama: Annisa Az Zahra
    Twitter: @anisazahra01
    Link share: https://mobile.twitter.com/anisazahra01/status/796000701834993666?p=v
    Domisili: Tasikmalaya,Jawa barat
    Jawaban:

    Saya pribadi memilih mencintai diam-diam, alasan klise seorang wanita seperti saya yang tidak punya keberanian tuk mengungkapkan, lebih memilih diam-diam karena yang terpenting dapat melihatnya tersenyum, tertawa dan bahagia. Meskipun memang sudah dipastikan akan jatuh cinta sendirian, sakit hati sendirian, kecewa sendirian, bahagia sendirian bukan bahagia bersamanya. Tapi gimana yaa, perasaan saya ini tidak ingin menjadi beban baginya, membuatnya berubah dan membatasi jarak. Saya tak ingin menjadi asing baginya, biarlah waktu yang memutuskan apakah saya akan terus menerus jatuh cinta sendirian atau cinta juga hadir ke hatinya dan kita bisa berpegangan tangan dan membangun cinta setelah terjatuh.

    BalasHapus
  97. Nama: Nurwahidah
    Akun twitter: @wawha_cuza
    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/797069626425229312
    Kota tempat tinggal: Medan

    Jawaban:
    Sebenarnya pengen ngungkapin, tapi sebagai cewek aku harus menahan diri, hehe.
    Terkadang kita bisa jatuh cinta pada orang yang salah, jadi sebaiknya perasaan itu dipendam dulu. Lagian, menurutku, kalo emang dia cinta sama kita, dia pasti bakal ngutarakannya, apalagi dia seorang cowok. Jadi, walaupun sangat berat memendamnya, aku memilih bungkam dulu.

    Aduh, sedih banget nuliskannya, karena emang lagi ngerasain dilema ini, hiks.

    BalasHapus
  98. nama: Visca
    twitter: @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/797071575208120320
    domisili: Belinyu
    sebelumnya aku pernah baca cerita ini di wattpad, dan ini salah satu cerita favorit saya. di cerita ini banyak banget quote baper yang bertebaran *gak spoiler kan ya*. tapi dalam versi cetak gini pasti ada beberapa bagian yang diubah atau ditambahin jadi pengin baca *pasang mupeng :D*

    -Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?-
    kalo aku lagi suka sama seseorang biasanya sih aku deketin *cie, ini kalo yang bener-bener suka* cuma sebatas deketin doang kok dan kayak ngasih kode-kode gitu, kalo buat nembak langsung kayanya aku ga punya nyali. bagusnya kalo dia peka sama kode aku dan langsung duarr nembak aku *byebye status jones*, kalo ga peka ya udah sih diem aja sambil lambaikan tangan ke cctv

    BalasHapus
  99. Nama: Julia Dwi
    Twitter: @juliakartika326
    Link share: https://twitter.com/juliakartika326/status/797106532219396100
    Domisili: nganjuk

    Menyatakan! Kalau suka ya bilang. Kalau kita suka, terus diem aja, ngapain suka? Percuma! Cuma buang waktu. Iya kalau dia cuma nggak tahu kalau kita suka. Kalau dia udah nggak tahu, dia suka orang lain lagi, terus jadian sama orang itu, kan nyesek! Jadi kalau suka, langsung bilang aja 'gue suka lo' selesai. Kalau udah bilang suka itu hati kita rasanya lega banget dan kita bisa nerusin rencana lagi, contoh kalau dia nggak suka kita, lupain!! Masih banyak kok yang pantas kita sukain selain dia, atau kalau dia juga suka, kan bisa jadian. Selesai masalahnya. Sebaliknya kalau kita suka seseorang, terus cuma diem, bukankah itu malah jadi beban pikiran ya? Bisa-bisa kita cuma terfokus ke dia aja? Soalnya hati kita cemas tentang macam-macam pikiran tentang si dia, misalnya: dia udah jadian belom sih sama yang digosipin itu?, eh kayaknya dia suka temen gue, terus gue gimana?, dan masih banyak lagi pikiran tentang dia kalau kita cuma diem. Sebenarnya, kalau kita langsung ngomong suka, semua jawaban dari pertanyaan yang cuma ada dipikiran bakal ke jawab dengan sendirinya.

    BalasHapus
  100. Nama : Vindy Rahmawati
    Akun Twitter : @vyrhm
    Link share : https://twitter.com/vyrhm/status/797243700975763456
    Kota Tempat Tingggal : Bekasi, Jawa Barat.

    Pertanyaan : Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?
    Jawaban :

    Ya, jawabanku adalah lebih pilih diam. Kenapa? Karena bagiku diam itu sudah lebih cukup daripada harus menyatakan. Karena aku selalu berpikir kalau kita menyatakan perasaan kepada orang yang kita sukai, aku takut malah orang itu menjauh dan menghindar.

    Seperti kata Ara, "Apa yang lebih menyenangkan dari mendapat bahagia yang sederhana?"
    Itu, caraku yang sederhana, untuk mendapat bahagia.. Melihat dan memperhatikan dia secara diam-diam dari jarak yang tidak terlalu dekat. Sekian.

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Nama: Larasati Dwika
    Twitter: @larasatidwikap
    Domisili: Bandar Lampung, Lampung
    Link share: @Larasatidwikap: https://twitter.com/Larasatidwikap/status/797278101306650624?s=06


    " Kalau suka seseorang lebih pilih diam atau menyatakan? "




    Suka sama orang dan memilih diam itu lebih baik. Kayak indahnya cinta yang dimiliki fatimah az zahra dan ali bin abu talib. Mereka mencintai dalam diam dan hanya doa merekalahyang menjaga ketulusan cinta mereka. Gua ga nyatain itu bukannya gua lemah atau ga mau mengambil resiko bukan jga karna gua ga punya keberanian buat ngungkapinnya, gua cuma ga mau ajaapa yang seharusnya memang baik2 aja jadi gak baik2 lagi. Sumpah itu ga enak bgt, ga nyaman juga gua tau karna gua pernah ngerasain. Ya emg bener si gua ga tau gimana respon dia sebelum gua nyatain perasaan tapi kan semua orang prinsip masing2, ada yang memang cuma mau diem aja atau nyatain perasaanya. Semua itu beresiko dan ga segampang pikirinkita. Karna kalo tiba2 gua nyatain perasaan gua, gua ga mau aja orang itu jadi ilfeel sama gua, ngga nyaman lg setiap ketemu gua, dia ngejauh, trus tba2 tiba semuaberubah total gitu aja karna belum tentu kan dia suka juga sama gua. Beda kalo emg dianya suka jg sm kita,pasti bakaln ada respon positif dri dianya. Yg dulunya mungkin masih bsa say hellotrs skrgnya dia jadi buang muka kalo ngeliat gua jadi kyk gua yg ngerasa bersalah bgt cuma karna gua ngungkapin perasaan gua. Actually, emang cinta itu buat diperjuangin si, tapi ga buat gua yang cewe walaupunskrg jamannya emansipasi, karna kalo cewe tepatnyagua yg ngungkapin perasaannya duluan pasti orang2 bakalan mandang gua sebelah mata bgt. Orang pasti mikir buruk tentang gua padahal apa yg diliat itu kan belum tentu apa yg memang sebenarnya gua rasain. Dan gua milih buat diem karna gua selalu percaya jodoh gua itu ga akan kemana.

    BalasHapus
  104. Nama: Usup Supriyadi
    Twitter: @usupsupriyadi_
    Link share: https://twitter.com/usupsupriyadi_/status/797285424297148417
    Domisili: Bogor
    Jawaban:

    Aku lebih suka menyatakannya, tapi kadang-kadang tergantung situasinya juga, jika yang kusukai memang sudah mencintai orang lain, maka diam dalam mencintai pilihan yang terbaik juga rasanya.

    BalasHapus
  105. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/797305306019545088
    Karangasem, Bali

    Sebenarnya menyatakan atau diam, itu tergantung dengan kedekatan kami, seberapa intens kami berhubungan dan gimana sinyal-sinyal yang dia tunjukkan selama bersamaku sih. Nggak mungkin tiba-tiba aku bilang suka, padahal kami belum terlalu dekat dan mengenal satu sama lain.
    Tapi kalau aku lebih cenderung akan diam, dalam arti tidak akan menyatakan secara gamblang bahwa aku menyukainya. Aku lebih suka menunjukkan lewat tindakan atau sikap saat berinteraksi sama dia. Rasanya lebih mengena kalau sebatas diucapkan lewat kata-kata *eaa* semoga aja dia peka sama kode-kode sikapku haha

    BalasHapus
  106. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/797305306019545088
    Karangasem, Bali

    Sebenarnya menyatakan atau diam, itu tergantung dengan kedekatan kami, seberapa intens kami berhubungan dan gimana sinyal-sinyal yang dia tunjukkan selama bersamaku sih. Nggak mungkin tiba-tiba aku bilang suka, padahal kami belum terlalu dekat dan mengenal satu sama lain.
    Tapi kalau aku lebih cenderung akan diam, dalam arti tidak akan menyatakan secara gamblang bahwa aku menyukainya. Aku lebih suka menunjukkan lewat tindakan atau sikap saat berinteraksi sama dia. Rasanya lebih mengena kalau sebatas diucapkan lewat kata-kata *eaa* semoga aja dia peka sama kode-kode sikapku haha

    BalasHapus
  107. Nama : Ziyyanah Walidah
    Twitter: zizin_alhamid
    Domisili : Surabaya
    Link : https://mobile.twitter.com/zizin_alhamid/status/797309668867522560


    Pertama, Aku akan lebih memilih diam, Karena aku seorang perempuan dan saya orangnya gengsian. harga diri dong masak perempuan yang nyatain cinta ke laki2. Aku akan menunggu sampai laki2nya peka. Kalau emang si laki2nya tidak peka2 samapi lebaran kuda, dan akunya lelah untuk menunggu maka aku Akan memilih menyatakan cintaku dan memilih pergi dari laki2 itu, jika laki2 itu tidak punya rasa padaku. Berarti kita bukan jodoh dan cinta tidak harus memiliki.

    BalasHapus
  108. Nama: Syafira Rofita Riski
    Alamat Twitter: @rofita_syafira
    Link Share: https://twitter.com/rofita_syafira/status/797354604941942784
    Alamat: Kediri, Jawa Timur

    Pertanyaan : kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Jawaban :
    Bismillah,
    Kalau aku lebih milih diam.

    BalasHapus
  109. Nama : Sumita
    Twitter : @sumita_huang
    Link share: https://twitter.com/sumita_huang/status/797384082111873024
    Alamat: Medan, Sumatera Utara

    Q: Kalau suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan.

    A: Diam. Kebetulan saya adalah tipe introvert yang tidak bisa mengekspresikan perasaan suka apalagi menyatakannya. Dan saya lebih suka menyukainya dalam dia, karena saya hanya suka bukan cinta.
    Suka itu relatif, mungkin aku menyukainya karena suatu alasan.
    Saya ingin terus memandanginya tanpa dia yang merasa terganggu karena mengetahui perasaanku atau saya bisa berbicara bebas sama dia.
    Meskipun orang bilang katakan sebelum terlambat, bagiku takdir itu ada. Jodoh pasti bertemu.

    BalasHapus
  110. Nama : Atika Putri
    Alamat twitter : @a_tikaputri
    Link https://mobile.twitter.com/a_tikaputri/media
    Alamat kota tinggal : sukabumi-jawabarat

    Kalo suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Aku Lebih pilih diam.
    Sesak memang saat melihat orang yang kita suka dekat dengan oranglain,sakit memang saat sebuah perasaan yang sulit terdefinisikan tidak mempunyai muara pasti. Tapi butuh keberanian yang besar untuk sebuah pengungkapan,malu dan takut mendominasi perasaan. Semua keputusan sepaket dengan resiko dan itu udah pasti,sementara aku tidak memiliki keberanian untuk melakukan sebuah pengungkapan.
    Cukup selalu berdoa saja.
    Bukan, bukan berdoa agar dia menyukai atau bahkan mencintai kita. Tapi berdoa agar kita mendapat yang terbaik kepada sang pemilik dunia.

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. Nama : Atika Putri
    Alamat twitter : @a_tikaputri
    linkshare : https://twitter.com/a_tikaputri/status/797393352157073408?s=09
    Alamat kota tinggal : sukabumi-jawabarat

    Kalo suka seseorang, lebih pilih diam atau menyatakan?

    Aku Lebih pilih diam.
    Sesak memang saat melihat orang yang kita suka dekat dengan orang lain,sakit memang saat sebuah perasaan yang sulit terdefinisikan tidak mempunyai muara pasti. Tapi butuh keberanian yang besar untuk sebuah pengungkapan,malu dan takut mendominasi perasaan. Semua keputusan sepaket dengan resiko dan itu udah pasti,sementara aku tidak memiliki keberanian untuk melakukan sebuah pengungkapan.
    Cukup selalu berdoa saja.
    Bukan, bukan berdoa agar dia menyukai atau bahkan mencintai kita. Tapi berdoa agar kita mendapat yang terbaik dari sang pemilik dunia.

    BalasHapus
  114. nama : dewi marini
    twitter : deverzstyle
    linkshare : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/797445808006303745?p=v
    alamat : solo jateng

    aku lbh pilihh diam sih karna aku gak berani buat menyatakan, walaupun diam bnyak sakitnya dan cm kita yg tau dan rasain sendiri tp itu lbh baik buat aku πŸ˜‚

    BalasHapus
  115. Semangat Kak buat nyeleksinyaaa 😘😘😘

    BalasHapus
  116. Nama : Ratih M
    Twitter: @Jju_naa
    Link : https://mobile.twitter.com/Jju_naa/status/797455979042471936?p=v
    Kota : Palembang

    Menyatakan. Praktek itu memang ga segampang teori, tapi kalau kita ga pernah mencoba, maka kita ga akan pernah tau hasilnya gimana.

    Dengan menyatakan aku jadi punya pilihan tindakan seperti apa yang harus aku lakukan kedepannya terhadap perasaan ini-terus memupuknya atau harus meracunnya agar lekas mati.

    Memendam perasaan itu sama aja kaya meluk bom waktu. Kapan aja bisa meledak. Dari pada diledakin orang lain, mending ledakin sendiri-karena kita bisa milih dgn cara yang kaya gimana.

    Lagian, mengungkapkan sesuatu itu ga salah, itu hak semua orang. Karena meskipun aku tidak mendapatkan balsan seperti yang aku harapkan, minimal (hati) aku bisa lega dan aku 1 point lebih unggul dari mreka yg hanya bisa diam.
    Gimana-mana enak meledak di luar (ungkapin)malu cuma saat itu-beberapa hari- doang.
    Dari pada meledak di dalem? bikin penyakit! bahaya.

    BalasHapus
  117. MuthiaraRafli13/11/16 15.48

    Nama : Muthiara Rahma Putri Rafli
    Twitter: @MuthiaraRafli
    Link : https://twitter.com/MuthiaraRafli/status/797718183599714304
    Kota : Kabupaten Bekasi

    Kalau aku lebih memilih mengungkapkan. Karena, gak semua cowok peka dan gampang tau kalau ada yang suka sama dia. Walaupun pada dasarnya mengungkapkan itu gak mudah. Tapi daripada memendam lebih baik mengungkapkan. "Cinta bukan matematika yang punya rumus pasti. Mencintai berarti mengikuti kata hati tanpa pernah lelah meyakini.” Kadang kita hanya butuh kesiapan mental dan keberanian. Kemauan untuk menanggung konsekuensi dari sebuah pilihan, yaitu penolakan. Bukankah lebih baik mencoba daripada menyesal di kemudian hari? Bukankah nantinya merutuki masa lalu menjadikan kita manusia yang paling merugi? Jangan menunggu, tapi jemput kesempatan itu. Ungkapkan isi hati itu dan raihlah kebahagiaan. Bukan semata perkara ditolak atau diterima, ditanggapi dengan baik atau justru diacuhkan begitu saja. Mengungkapkan perasaan adalah momen dimana kita bisa menempa diri kita sendiri. Mengalahkan ketakutan dan kekhawatiran.
    jadi lebih milih mana? Selamanya diam, atau berjuang demi mencapai kebahagiaan.

    thanks. please buat kali ini aja

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design