Rabu, 30 November 2016

[Blog Tour] Unforgettable Chemistry ------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Unforgettable Chemistry
Penulis : Mala Shantii
Penerbit : Elex Media
Tebal : 336 Halaman
Terbit : Oktober 2016

Cinta. 

Jadi, bagaimana sebenarnya perasaannya pada Frans? 

Ia sendiri tak tahu. Karena alasan mereka menikah, bukanlah semata karena cinta. 

Anna dan Frans – sepasang suami istri yang hidup terpisah antara Bandung – Surabaya – berjuang untuk menata kehidupan rumah tangganya sebaik mungkin meskipun terpisah oleh jarak. Apalagi, alasan mereka menikah bukan karena cinta. 

Namun tanpa disangka, masa lalu keduanya kembali membayangi bahtera pernikahan mereka. Sanggupkah mereka mempertahankan satu sama lain, atau justru berusaha mendapatkan mereka yang tak pernah terlupakan?

-----------------------
"Seiring berjalannya waktu, terkadang pilihan hidup manusia bisa saja berubah, bergantung pada apa saja yang dijalani dan terjadi dalam hidupnya." (Halaman 43)
Anna dan Frans adalah sepasang suami istri yang menjalani Long Distance Marriage. Karena tuntutan pekerjaan, Anna dan Frans harus terpisah jarak antara Bandung dan Surabaya. Hanya di akhir pekan, mereka bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Pekerjaan Frans sebagai dokter bedah dan Anna seorang dosen membuat keduanya memutuskan untuk sementara menjalani pernikahan seperti ini dulu, karena untuk meninggalkan karir yang sudah dibangun terasa sulit sekali.

Mereka menikah tidak semata karena cinta. Kalau mau dibilang perkenalan mereka pun terasa singkat kemudian memutuskan untuk menikah. Sekarang mereka sedang mencoba menumbuhkan perasaan cinta itu dan apakah jarak akan menjadi kendala? Bagaimana jika ternyata bayangan masa lalu yang menjadi masalah? Sanggupkah mereka mempertahankan pernikahan mereka?
"Rasa yang sampai kini dirasanya masih nyata, walau entah kini besarnya seberapa. Seberapa pun kuat dia pernah melawan. Dia sudah pernah gigih mencoba bertahan. Bertahan pada hati yang ingin dia miliki, dan janji yang pernah dia ucap sendiri. Tapi jarak dan waktu memang seperti tak mau bermurah hati. Semakin lama tak juga surut derita dan perih yang menggenangi hati. Hingga otaknya yang kemudian menjadi murka dan tak terima. Otaknya menarik paksa kesadaranya hadir kembali, menampar pergi perasaan dan segala macam hal mengharu biru tentang kenangan yang pada akhirnya tetap tak bisa berakhir menjadi kebahagiaan." (Halama 41-42)
Ini adalah novel pertama Mala yang kubaca, mengisahkan mengenai kehidupan pernikahan pasangan Frans dan Anna, bagaimana mereka mempertahankan pernikahan mereka yang kedatangan badai berupa masa lalu. Bayangan masa lalu itu berupa sosok Profesor Sindu Mahendradatta.
"Bagi Anna, nama itu bagaikan judul drama-drama Korea yang kadang ditontonnya saat senggang. Tak sekedar judul, tapi kisahnya sepertinya serupa. Demikian manis penuh romansa, namun tak jarang hanya berakhir duka dan air mata." (Halaman 45)
Anna dan Prof. Sindu pernah punya hubungan khusus, tidak hanya hubungan dosen dan asistennya, tetapi lebih dari itu. Prof. Sindu yang pintar dan menarik, telah membuat Anna jatuh cinta untuk pertama kalinya. Walaupun usia mereka terpaut jauh, Anna tidak peduli. Bahkan status Sindu yang telah beristri pun tidak terlalu dipikirkannya, asal bisa dekat dengan seorang yang dikaguminya.
"Hati manusia sering kali bisa berubah kapan pun tanpa mampu dikendalikan. Kebersamaan mereka mulai mengguratkan rasa lain di hatinya. Dari kekaguman seorang siswa, menjadi pemujaan seorang wanita." (Halaman 53)
Hingga suatu hari Prof. Sindu memutuskan untuk pergi, dan setelah sekian lama Anna terbiasa hidup tanpa bayangan Prof. Sindu, kali ini pria yang pernah mencuri hatinya itu muncul kembali. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Ide novel ini sebenarnya sederhana saja, tentang pernikahan yang sedang diuji. Tetapi, Mala membuatnya menjadi sesuatu yang menarik karena memasukkan konflik tidak hanya dari sisi Anna saja, tetapi juga dari sisi Frans juga. Semuanya terasa realistis dan manusiawi sekali, bagaimana mereka menyikapi badai yang datang dalam kehidupan pernikahan mereka.

Kehadiran Prof. Sindu seseorang yang pernah menjadi seorang yang istimewa dalam kehidupan Anna pun memang sulit untuk ditolak. Aku bisa memahami perasaan Anna, bagaimana dia terguncang akan kehadiran sosok masa lalunya. Antara kaget, rasa tak percaya, kerinduan semua perasaan berkecamuk dalam hati Anna. Semua mungkin akan terasa mudah jika Prof. Sindu tidak kembali, tetapi novel ini tidak akan menjadi sesuatu yang istimewa tanpa sosok Sindu. Karena disinilah pernikahan Frans dan Anna diuji, sanggupkah mereka mempertahankan janji yang telah mereka buat.
"Dia tak bisa berbohong, getar rindu itu masih terasa saat tatapan mata mereka beradu. Juga, letupan rasa bahagia di hatinya melihat lelaki itu kembali. Tapi untuk pertanyaan, masih adakah cinta di sana, tak dirabanya lagi hatinya lebih dalam. Dia takut dengan jawaban yang hatinya akan berikan." (Halaman 82)
Ketika cemburu datang menghampiri, aku pun merasa maklum. Walau agak tidak sepaham dengan tindakan Frans. Rasanya agak shock melihat sosok Frans yang berubah karena kecemburuan dan kesalahpahaman, padahal andai semua dibicarakan sejak awal semua tidak akan seperti ini.
"Rasa cemburu adalah manifestasi paling nyata dari rasa memiliki, rasa cinta yang dimiliki seorang. Jika itu cemburu, mungkinkah ...." (Halaman 317)
Isu perselingkuhan dan cinta masa lalu memang isu yang sering diambil oleh penulis lain, bahkan aku kurang begitu menyukai isu ini. Tetapi di tangan Mala, semua menjadi berbeda entah kenapa aku malah jatuh simpati dengan tokohnya. Sulit rasanya untuk menyalahkan, karena semua yang terjadi memang terasa manusiawi dan untungnya endingnya melegakanku. Ending yang realistis, ending yang memang terbaik untuk kasus seperti dalam novel ini.

Membaca novel ini akan kembali mengingatkanmu akan pentingnya komunikasi dalam rumah tangga, jangan biarkan masalah yang mengganjal malah menjadi batu sandungan dalam pernikahanmu. Setiap pasangan pasti punya masa lalu dan sekarang bagaimana kita menyikapi masa lalu. Chemistry itu bisa dibangun, apalagi dengan pasangan yang memang sudah sah dan halal, mungkin hanya tinggal menunggu waktu :D

------------------GIVEAWAY TIME--------------------


Aku punya 1 eks gratis novel Unforgettable Chemistry bertandatangan untuk 1 (satu) orang yang beruntung. Caranya:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow twitter @RizkyMirgawati dan @malashantii share info GA ini dengan mention kami sertakan hastag #UnforgetabbleChemistry

3. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu:

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

5. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 6 Desember 2016.

Semoga beruntung!!!!

*****UPDATE*****

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Bety Kusumawardhani / @Bety_19930114

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter nama lengkap, alamat pengiriman dan nomor hpmu yang bisa dihubungi ya :)

42 komentar:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/803856479606468608
    Domisili: tangerang

    Setiap kali saya denger kata chemistry pasti langsung ingetnya sama kimia dan ilmu kimiaa. Chemistry itu kan kesesuaian secara kimiawi antar dua orang sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan cocok satu sama lain, walaupun memiliki banyak perbedaan seperti sifat, pemikiran, hobby dan yang lainnya.

    BalasHapus
  2. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/803880780107649024
    Tempat tinggal: Makassar

    Kalau dengar kata chemistry itu selalu ngebayangin dua orang yang terlibat dalam suatu hubungan. Dan dalam hubungan itu terlihat semacam kecocokan yang bisa memberi kenyamanan masing-masing pihak. Tapi bagiku chemistry itu gak melulu membahas soal cinta, tapi bisa juga terjadi di keluarga, persahabatan, atau hubungan kerja, dll. Seperti misalnya "Kim Woo Bin dan Suzy Miss A memiliki chemistry yang sangat kuat dalam drama Uncontrollably Fond". Nah mereka disini bekerja, gak pacaran tapi bagi orang luar hubungan kerja mereka ini chemistry-nya dapat. Yah mungkin saja karena mereka terlihat nyaman dengan satu sama lain ketika memainkan perannya.



    BalasHapus
  3. Nama: Haula Taqya
    Twitter: @Taqya1999
    Link share: https://twitter.com/Taqya1999/status/803882640591814656
    Domisili: Lampung

    Jawaban:
    Kimia. Dengan ikatan rumitnya, istilah anehnya, dan berbagai hal yg kadang gak masuk ke otak :3

    Tapi satu yg pasti, kimia bisa membuat hal yg sangat berharga untuk kehidupan manusia, misalnya bensin.

    Karena kadang kamu benci sesuatu yg sebenarnya baik untukmu :)

    BalasHapus
  4. Nama : Titah Anggraini
    Twitter : @xxyztrda
    Link Share : https://twitter.com/xxyztrda/status/803882713895686152
    Tempat Tinggal : Gresik

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?
    Sebenernya Chemistry ini antara ada dan tiada karena si Chemistry ini gak bisa dilihat dengan mata telanjang tapi bisa di rasa. Rasanya juga banyak mirip permen nano-nano, rasa percaya, curiga, cemburu, kangen, cari perhatian, sayang, manja, seneng, gelisah, dll.

    BalasHapus
  5. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/803883447173476352
    kota tinggal: Serang

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Dalam bayanganku, Chemistry itu seperti reaksi kimia. Kalau kaitannya dengan hubungan manusia, semacam reaksi di antara dua orang yang memiliki ketertarikan satu sama lain, yang uniknya ketertarikan ini tumbuh bukan karena persamaan, tapi karena perbedaan yang mereka memiliki, yang membuat mereka merasa nyaman dan cocok, hingga akhirnya membentuk suatu ikatan di antara mereka.

    BalasHapus
  6. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/803928654287761408
    Kota: Jakarta
    Jawaban: yg pertama terbayang kalo mendengar kata Chemistry yaitu rasa bagai kesetrum listrik. Kalo lebih ilmiah mungkin bahasanya reaksi kimia kali ya. Terjadi pada saat2 awal timbulnya rasa suka dan serasa ada hubungan tarik menarik atau ikatan diantara keduanya. Kadang tanpa ada perkataan yg terucap pun, seakan ada jaring tak kasat mata yg menghubungkan dan saling mengetahui dengan sendirinya.

    BalasHapus
  7. Nama: Annisa Ayundi
    Twitter: @annsynd
    Link share: https://twitter.com/annsynd/status/803945318253350912
    Jawaban:kalau untuk ukuran anak SMA kayak saya sih, jelas aja kalau ngedenger chemistry langsung kebayang tentang laju reaksi, kesetimbangan, termokimia, stoikiometri, dan teman-temannya :'D yah.. Selain itu, chemistry di dalam otak saya sih, tentang dua manusia berlawanan jenis yang nggak punya hubungan apapun, tapi dua orang ini justru melakukan sesuatu yang.. Bahkan orang pacaran pun kalah romantis *eh apasih* ya pokoknya gitu deh, semoga mbak kiki ngerti deh sama kata-kata saya yang tidak tertata ini :'D

    BalasHapus
  8. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/803954882826768384
    Gorontalo

    Yang aku bayangkan adalah dua orang yang kompak, memiliki ikatan batin yang sangat kuat dan tentu saja saling menyayangi :))

    BalasHapus
  9. Nama: Dilla Astria
    Twitter: @dillaastria
    https://twitter.com/dillaastria/status/803959003172597761
    Palembang

    Jawaban: berbicara soal chemistry adalah persoalan tentang reaksi kimia. Proses/reaksi kimia yang seringkali dikaitan hubungan manusia. Dalam konteks ini, chemistry dapat diartikan sebuah ketertarikan. Ketertarikan bisa berupa apa saja sih, contohnya: ketertarikan secara fisik, ide, psikologis atau ketertarikan secara seksual. Ringkasnya sih ada kecocokan atau perasaan nyaman dengan si dia.

    Tapi kalau dikaitkan dalam suatu hubungan, Chemistry bukanlah suatu keadaan dimana kita merasa cocok dan nyaman karena memiliki pemikiran dan hobby yang hampir sama dengan pasangan kita. Bukan pula karena ia adalah tipe pasangan ideal yang sering kita idamkan. Namun Chemistry adalah sebuah keadaan dimana kita tetap merasa cocok dan nyaman meskipun kita memiliki perbedaan pemikiran, sifat, hobby dan beda hal lainnya dengan pasangan.

    Itu sih menurutku:D salam kimia *lah

    BalasHapus
  10. Nama: Nani Rohyani
    twitter : @nani_rohyani
    link share : https://twitter.com/nani_rohyani/status/803984022422437889
    domisili : Bandar Lampung

    jawaban : "Chemistry" , saat mendengar kata itu aku langsung memikirkan tentang dua orang yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yg sama. Jadi menurutku chemistry tidak hanya dimiliki oleh sepasang kekasih ataupun suami-istri , namun juga hubungan antar teman, rekan kerja dan keluarga. Contohnya chemistry antara bos dan anak buahnya atau anak dan ibunya. Chemistry menurutku adalah hubungan yg menunjukan seberapa besar kedekatan dan kecocokkan antara dua orang yg memiliki tujuan bersama.

    BalasHapus
  11. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/803870425168023552
    Domisili: Solo
    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?
    Kecocokan. Ketika mendengar kata chemistry, hal pertama yang terlintas bukanlah reaksi kimia meskipun aku mantan anak IPA. Melainkan kecocokan hubungan, biasanya antara dua orang. Kalau chemistry mereka kuat, biasanya orang-orang di sekitar mereka juga akan ikut senang melihat hubungan mereka. Bahkan kadang sedikit cemburu dan iri. Sementara bagi orang yang memiliki Chemistry itu, mereka akan nyaman satu sama lain. Layaknya sepasang sepatu yang saling melengkapi, layaknya cahaya dan panas yang saling mengisi atau aku dan kamu yang saling bersinergi. Ea! *_^

    BalasHapus
  12. Nama : Tri Widi Wati
    Twitter : @twidiw
    Link https://twitter.com/twidiw/status/804126097445044225

    Chemistry itu menurut aku, keklopan antara dua orang.Dimulai dari klop antara satu sama lain maka lama-lama akan menjadi rasa nyaman.

    BalasHapus
  13. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/803882132376457216?p=v
    Domisili: Surakarta
    A
    Chemistry itu ibarat magnet dan puzzle. Magnet dua kutub karena chemistry merupakan perasaan ketertarikan yg kuat antara dua orang di bawah alam sadar dan digerakkan oleh otak sehingga orang tsb sulit mengendalikannya. Chemistry juga ibarat sepasang puzzle karena hanya bisa tersusun dengan benar jika sudah klik atau pas dengan puzzle pasangannya.

    Sekarang ini chemistry lebih identik untuk menggambarkan perasaan laki-laki dan perempuan yg merasa cocok dan nyaman satu sama lain. Faktor yg bisa mempengaruhi munculnya chemistry misal: daya tarik fisik, komunikasi yg mudah, intensitas komunikasi dan saling prcaya. Setelah chemistry berkembang cepat, timbullah rasa cinta hingga keinginan untuk memiliki.

    BalasHapus
  14. NAMA: ahmad azwar avisin alhaidar
    Twitter: @azwaravisin
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/804139675774435329

    menurut aku chemistry itu sesuatu yang absurd, namun ada. perasaan semacam debaran kencang yang terjadi atau sesuatu yang khusus, yang bisa terjadi hanya pada orang yang tertentu, misal, pada orang yang kita sayang dan cinta. sebab seperti diketahui walaupun selalu bersama kalau tidak ada chemistry rasanya akan biasa saja. biasa sekali, dan seperti tak ada apa - apa. debaran hati, misteri hati, menurutku sendiri seperti itu, chemistry adalah sesuatu yang hati saja yang tahu. sebagai manusia biasa tidak ada yang tahu dari arah mana datangnya sebuah chemistry. karena bisa saja chemistry tumbuh justru dari orang yang baru dilihat, dikenal, dijumpai.

    dan dari chemistry itu nantinya juga harus dikendalikan alias dipertahankan jangan sampai dingin di tengah - tengah perjalanan cinta. kan sayang chemistry yang sudah terbangung rapi. misalnya saja pasangan harus selalu memberikan belaian dan kasih sayang dalam bentuk yang positif, positif thinking terhadap pasangan dan lain sebagainya.

    pokoknya chemistry, cinta, dan keterikatan satu sama lain adalah misteri yang wow, tak dapat dijabarkan dengan sekata dua kata, yang penting setelah ada chemistry itu adalah mempertahankan cinta itu, sampai menjadi langgeng, bersama menuju kebahagiaan yang dituju, meski tidak pernah dapat menjadi sempurna.

    terima kasih.



    BalasHapus
  15. nama : jawahirul
    akun twitter : @jawarifah
    link share : https://twitter.com/jawarifah/status/804243290820227073

    jawaban : yang aku pikirkan tentang chemistry itu tabung, yaa, tabung raksi kimia yang bentuknya banyak macam, ada huruf u, kurusan, kayak labu dan lain lain. selain itu, yang aku pikirkan tentang kata chemistry adalah atom. yaa, atom yang merupakan benda paling kecil sehingga uda nggak bisa dibagi lagi. untuk chemistry dengan cinta ? ada sih sangkut pautnya, yaitu cinta itu bergantung dengan chemistrynya atau bahan kimianya. semakin pas takarannya maka akan menghasilkan cinta yang pas dan terasa :D

    sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  16. Nama : Rizky Tria Octasiana
    twitter : @Octannow_
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/804308043898855425?p=v
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Kalo denger kata kemistri? Ya ingetnya The Comment yang dipandu sama Mas Darto & Danang :v
    ituloh acara di Net.
    Iya, serius sumpah. Soalnya kalo nonton acara itu Mas Darto sering bilang 'ada chemistry ya..' 'chemistrynya dapet ya' ketika mas Danang lagi kompak / klop / cocok / nyambung / sepemikiran sama lawan mainnya.
    Yah, jadi kalo disangkut pautkan sama hubungan mah Chemistry=Kecocokan.
    Yap, kecocokan yang dipakai dalam konteks interaksi dan hubungan antar manusia. Bisa antar keluarga, teman dekat, rekan kerja, bahkan orang yang baru kenal sekalipun.
    Chemistry hadir karena ketertarikan satu sama lain hingga membentuk suatu keadaan yang disebut 'kenyamanan'. Ketertarikan ini dapat berupa apa saja, ketertarikan secara fisik, komunikasi yang nyambung, psikologis, pola pikir yang mirip atau ketertarikan karena visi dan misi yang sama.
    Chemistry tumbuh dengan sendirinya atau dengan kata lain 'tiba-tiba', namun dalam kondisi tertentu.
    Misal, chemistry tumbuh hanya karna ketika saling bertatapan saja. Iya, chemistry kadang sesederhana itu -_-
    lalu juga ketika obrolan yang hanya 2 menit dengan seseorang baru namun terasa udah 2 taun kenal.
    Garis besarnya~ Chemistry sangat dibutuhkan dalam hubungan apa (saja). 

    BalasHapus
  17. Nama : Putu Sulistya wardani
    Akun twitter : @GirlsTya18
    Link share : https://twitter.com/GirlsTya18/status/804303594933481472
    Kota : Singaraja, Bali.


    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Chemistry berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, berarti "kimia". Istilah Chemistry ini juga bisa dipakai dalam hubungan antar manusia misalnya, dalam Drama Korea Hotel King, Lee Dong Wook dan Lee Dae Ha dalam memerankannya terlihat sangat serasi, cocok, 'Chemistry nya dapet'. Jadi, ada kesesuaian secara kimiawi antar dua orang sehingga mereka merasakan kenyamanan dan kecocokan bila berdekatan atau bersama-sama.

    Ini artinya, walaupun dalam dunia acting tapi mereka berusaha memerankan perannya dengan seoptimal mungkin, sehingga netizen pun menyukai mereka jika dipasangkan lagi dalam satu drama, atau bahkan berharap mereka mungkin memiliki hubungan asmara di dunia nyata karena mereka pasangan yang mempunyai banyak kecocokan, kemiripan, dan ada rasa nyaman. selain chemistry pada rekan kerja, asmara, juga aa chemistry lainnya seperti pada teman dekat, orang tua, saudara, dan lainnya.

    BalasHapus
  18. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Akun twitter: @MayaElfianiY
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/804355004970565634
    Domisili: Palembang

    Dalam bayanganku ketika mendengar kata 'chemistry' itu adalah kimia karena chemistry sendiri dalam bahasa inggris berarti kimia atau ilmu kimia.

    Namun terkadang ketika kata 'chemistry' itu terdengar selain kimia, dalam benakku juga muncul suatu hubungan antarmanusia yang merasa sesuai atau cocok dan nyaman bila saling berdekatan antar satu sama lain.

    BalasHapus
  19. Nama Ucu Suryaningsih Puspasari
    Twitter @chuya_asuka
    Link share https://twitter.com/chuya_asuka/status/804381342922178561?s=09

    Ketika mendengar atau membaca kata "chemistry" itu yang terbayang adalah pelajaran "kimia" sama anime "full metal alchemist"..

    Kalo dari pelajaran kimia "chemistry" itu sebuah ketertarikan antara molekul-molekul kimia dengan zat lainnya sehingga membentuk suatu reaksi kimia.. Nah, kalo dihubungkan dengan hubungan antarmanusia bisa aja reaksi kimianya itu berupa rasa ketertarikan. Baik itu ketertarikan terhadap fisik, kepribadian, psikologis, spiritual bahkan seksual..

    Kalo dihubungkan dengan anime "fma" itu chemistry yang kuat terjalin dalam sebuah keluarga.. Dimana pengorbanan untuk ibunya yg meninggal adik kaka ini rela kehilangan anggota tubuhnya meskipun gagal menghidupkan sang ibu..

    "Chemistry" itu tidak selalu harus sama terus tapi sebuah keadaan dimana kita tetap merasa cocok dan nyaman meskipun kita memiliki perbedaan pemikiran, sifat, hobby dan beda hal lainnya dengan pasangan..

    Di novel mbak mala ini sesuai dengan judulnya "Unforgettable Chemistry" dimana kedua tokohnya mulai melupakan ikatan yang terjalin sehingga memudarnya chemistry yang selama ini terjalin, hal ini terjadi karena keduanya tidak mampu mempertahankannya yang disebabkan oleh orang ketiga..

    BalasHapus
  20. Nama: Khuznul Hatimah
    Domisili: Makassar
    Twitter: @Khuznul_Nhunu
    link share: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/804396033719443456

    Jawaban:
    Kata 'Chemistry' dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ikatan atau kimia. Saya sebagai anak Kimia Sains (Chemistry Saince) mengartikan Chemistry sebagai ikatan atau ketertarikan satu atom senyawa atau unsur dengan atom lainnya. Dalam hal ini (novel) chemistry yang dimaksud adalah ketertarikan baik secara emosional maupun ketertarikan antara hati dan pikiran. Chemistry bisa diartikan sebagai ikatan maupun kecenderungan sesuatu atau seseorang terhadap hal lain yang mengakibatkan adanya keinginan untuk saling mengikat dan bersatu...

    BalasHapus
  21. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/804489199638364160
    domisili: Sidoarjo, SUB

    jawaban:
    Chemistry? Kimia. ilmu yg erat kaitannya dengan reaksi yg terjadi dalam hidup. ilmu kimia yg banyak mengikutsertakan ikatan ikatan yg relatif rumit,
    ikatan antara molekul satu dg lain. ilmu yg mempelajari ttg hal yg saling bergandengan, berikatan dan melepaskan utk mencapai suatu hubungan yg seharusnya dan seimbang.
    Kimia, ilmu yg mempelajari ttg sususan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat, baik reaksi sistematis maupun mekanis, dan kimia penting perannya dlam kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  22. nama: Isnaini Alfazcha
    twitter: @isnalfa
    link share: https://twitter.com/isnalfa/status/804692072263335936
    domisili: semarang

    jawaban:
    chemistry. kimia. ilmu murni tentang molekul, ion, atom, gaya tarik.
    salah satu pelajaran sulit yang saya terima di masa sma. menginatkan saya bagaimana kimia di kelas saya dulu. dengan guru yang sudah sepuh tapi sabar. menghadapi kelas kami yang katanya kelas unggulan namun nilai kami bahkan di bawah anak reguler.
    saya jadi rindu sma. kelas paling solid (sifat benda yang padat menurut kimia) semasa saya sekolah dari sd. kelas dengan chemistry yang kuat tanpa paksaan. grup yang paling memenuhi notifikasi. chemistry kami tetap terasa melalui pesan. walau kami sudah berpencar hampir 2 tahun.
    so, chemistry? kelas saya memiliki chemistry yang luar biasa. :)

    BalasHapus
  23. Nama: Anastasya Prizka
    Akun Twitter: @stasyaprizka
    Link Share: https://mobile.twitter.com/stasyaprizka/status/804709569318428673
    Kota Tempat Tinggal: Manado

    Jawaban: Chemistry yang terlintas di kepala saya artinya kimia. Zat kimia. Lalu, setelah itu saya akan teringat pada mata pelajaran di SMP dan SMA dulu yang tidak telalu saya suka karena susah ngehapalin banyaknya zat kimia. Setelah itu, jadi kepikiran arti chemistry itu sendiri dalam hidup. Kesamaan, ketertarikan, kecocokan satu sama lain yang saling terikat seperti membentuk senyawa :)

    BalasHapus
  24. Nama : Rani W
    Akun Twitter : @raniwidiyansyah
    Link Share : https://mobile.twitter.com/raniwidiyansyah/status/804894684887715840?p=v
    Domisili : Bandung

    Jawaban : Chemistry yang terlintas di kepala itu, keterikatan, keterkaitan, kecocokan, kesamaan, kesinambungan pokoknya sesuatu yang nyambung dan terikat, walaupun tak terlihat tapi terasa.

    BalasHapus
  25. Nama : Farida ENdah
    Akun Twitter : @farida271
    Link Share : https://twitter.com/farida271/status/804896472655228929
    Domisili : Pacitan_jawa Timur

    Jawaban : pertama kali mendengar kata "Chemistry" dalam pikiran saya itu adalah menggambarkan sebuah hubungan atau ikatan antara dua orang yang lain bisa melihat bahwa mereka mempunyai kecocokan. biasanya dalam hal ikatan batin mereka yang kuat, pemikiran mereka yang sama adakalanya gesture tubuh mereka menunjukkan kalau mereka mempuunyai chemistry tersebut meskipun adakala nya dua orang itu tidak saling menyadari. bisa saling melengkapi tanpa harus perlu berteriak teriak minta perhatian

    BalasHapus
  26. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/804900586801893376
    Karangasem, Bali

    Chemistry itu hal yg susah dideskripsikan, serasi tanpa disadari. Kalo aku liat ada chemistry pada sesuatu atau seseorang ya keliatannya beda aja. Natural dan match banget. Cocok, tanpa banyak effort dan emang nggak dibuat-buat. Dari gesture, sikap, kata-kata tuh keliatan. Chemistry itu magis sih :D

    BalasHapus
  27. nama : dewi marini
    domisili : solo jateng
    twitter : deverzstyle
    linkshare : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/804987350094856193?p=v

    chemistri menurut aku kecocokan dlm hubungan untuk melengkapi satu sama lain pokoknya dlm hubungan kl gak ada chemistri gabakal jalan

    BalasHapus
  28. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/804285167695056896?p=v
    Domisili: Tuban

    Chemistry ya? Kata yang tidak aku temukan maksudnya ketika membuka kamus bahasa indonesia, dan ketika diartikan dalam bahasa inggris berarti KIMIA. Sedikit gak nyambung ya? Tapi, kalau mendengar chemistry pikiran pertama aku adalah sebuah kecocokan antara laki-laki dan perempuan dalam suatu hubungan. Mungkin juga chemistry adalah tarikan molekul-molekul kimia dari seseorang kepada lawan jenis sehingga menghasilkan sebuah reaksi kecocokan yang serasi.

    BalasHapus
  29. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/805049673245335552

    Kalo ngedenger kata Chemistry sih, biasanya aku teringat sama 2 hal. Pertama yaitu kimia. Kedua kayak interaksi atau hubungan antara dua orang gitu yang berlainan jenis, contohnya kayak hubungan pacaran pasangan yang di film/drama. Pada hakikatnya kan mereka gk ada hubungan apa2, tapi karena "chemistry"nya kuat atau dapet, jadinya mereka kelihatan beneran gitu.

    BalasHapus
  30. Nama: Ella
    Akun twitter: @ellaverina_
    Link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/805195722270195712
    Kota tinggal: Bangkalan

    Chemistry itu bahasa inggrisnya Kimia /dor
    Oke serius, menurut saya chemistry itu kecocokan atau keklikan antara dua orang. Tidak selalu terjadi pada hubungan percintaan, tapi pada persahabatan juga butuh chemistry yang kuat. Agak sulit untuk mengatakan penyebab mengapa satu orang dengan orang lainnya memiliki chemistry yang kuat, karena bahkan orang yang memiliki latar belakang dan passion yang berbeda pun tetap punya peluang untuk punya chemistry yang kuat. Karena chemistry tidak dipandang dari dua hal itu, tau-tau kita merasa nyaman, klik, cocok dengan orang itu. Istilahnya seolah-olah kita menemukan salah satu keping puzzle yang hilang dan eksistensi dia berhasil melengkapi kekosongan itu.

    BalasHapus
  31. Julia dwi || @juliakartika326 || https://twitter.com/juliakartika326/status/805214326432808960 || nganjuk, jatim

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Yang pertama aku bayangin adalah keenam sahabatku, kenapa? Kalau denger kata itu aku inget keenam sahabat yang aku punya dan karakter unik yang masing-masing mereka miliki. Aku bisa ngerasa chemistry yang kuat banget sama mereka, dan sampai sekarang hanya mereka yang bisa buat aku nyaman dan nyambung sama aku. Buat aku, chemistry adalah sesuatu yang berharga, berarti, spesial, dan penuh makna, karena aku pribadi sangat sulit mendapat chemistry dengan orang lain. Dan aku bersyukur aku bisa dapet chemistry yang semakin hari semakin kuat sama keenam sahabatku itu.

    Terima kasih,

    BalasHapus
  32. Julia dwi || @juliakartika326 || https://twitter.com/juliakartika326/status/805214326432808960 || nganjuk, jatim

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Yang pertama aku bayangin adalah keenam sahabatku, kenapa? Kalau denger kata itu aku inget keenam sahabat yang aku punya dan karakter unik yang masing-masing mereka miliki. Aku bisa ngerasa chemistry yang kuat banget sama mereka, dan sampai sekarang hanya mereka yang bisa buat aku nyaman dan nyambung sama aku. Buat aku, chemistry adalah sesuatu yang berharga, berarti, spesial, dan penuh makna, karena aku pribadi sangat sulit mendapat chemistry dengan orang lain. Dan aku bersyukur aku bisa dapet chemistry yang semakin hari semakin kuat sama keenam sahabatku itu.

    Terima kasih,

    BalasHapus
  33. Nama : Arum Wahyuningtyas
    Twitter : @nin9ty4z
    Link Share : https://twitter.com/nin9ty4z/status/805291578717650944
    Domisili : Pati, Jawa tengah

    Menurutku, Chaemistry adalah kecocokan antara satu orang dengan orang lain -baik teman, sahabat, kekasih, atau lainnya yang dibangun atas dasar kenyamanan dan tanpa paksaan, meskipun banyak perbedaan diantara mereka. Perbedaan itu tidak membuat mereka berselisih, tetapi semakin mengeratkan hubungan mereka.

    Jawaban singkat, padat, dan masuk akal. Semoga saya beruntung kali ini.
    Terima kasih Mbak Rizky.

    BalasHapus
  34. nama: Alfath F.R.
    twitter: @alfari_12
    link share: https://twitter.com/alfari_12/status/805653970580480001
    kota tempat tinggal: sidorjo, Jatim

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"? Ada dua hal dan 'agak berkaitan; (1) berkaitan dengan segala hal yang berbau kimia (2) ikatan yang terjadi antara dua orang atau lebih.

    BalasHapus
  35. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://mobile.twitter.com/hensus91/status/805685786133680129?p=p
    Kota Tinggal : Pati - Jawa Tengah

    Chemistry itu perasaan nyaman dan klop yang tak terdefinisi. Tanpa alasan yang jelas. Membuat dua orang menjadi terlihat cocok, saling memahami dan saling melengkapi.

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  36. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/805703009766285312
    kota tempat tinggal: surakarta

    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?

    Kimia.
    Kenapa? Karena chemistry itu semacam perasaan. Tentang sebuah ikatan yang mengikat satu orang dengan orang lainnya. Biasanya mereka terikat karena hubungan darah. Kedekatan yang sudah sangat lama. Seolah mereka memang diciptakan spesial satu sama lainnya. Jadi mereka bisa merasakan apa yang salah satu dari mereka rasakan atau alami. Seperti kimia yang molekul-molekul dan unsur-unsurnya saling mengikat.

    BalasHapus
  37. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/803896086070890496?p=v
    Domisili : Purwakarta


    Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "Chemistry"?


    Kimia dan magnet.

    Cinta itu memusingkan seperti pelajaran kimia, banyak sekali unsur-unsur yang dibutuhkan untuk menghasilkan sesuatu. Sama juga seperti cinta, ada rasa sayang, rindu, cemburu, luka, air mata dan banyak lagi hal lainnya yang membentuk sebuah perasaan bernama cinta. Setiap unsurnya saling mengikat dan berkaitan, udah satu paket. Aku bilang seperti magnet karena perasaan itu tak dirasakan sendiri, ada seseorang tempat kita melabuhkan hati yang juga memiliki perasaan yang sama kepada kita. Seperti magnet, perasaan itu saling tarik-menarik. Apa yang mereka masing-masing rasakan, dirasakan pula oleh pasangannya. Perasaan yang terbentuk bukan karena banyaknya persamaan, tapi karena perbedaan. Sama seperti medan magnet, akan tarik-menarik dan terikat karena adanya perbedaan dikedua kutubnya.

    Dan menurutku, suatu hubungan akan berjalan kurang baik jika tidak memiliki chemistry di dalamnya.

    Bismillah, semoga kali ini bisa bawa pulang bukunya ka mala, aamiin :) :)

    BalasHapus
  38. Nama: Nela Nor Hela Sari
    Akun twitter: @Nelahela
    Link share: https://mobile.twitter.com/Nelahela/status/805650614415867904
    Kota tempat tinggal: Sungai Tabuk, Banjarmasin.

    Chemistry? Kalau dalam bayangan ketika mendengarny, ya.. arti dr bhs inggrisny yaitu kimia.

    Tp, kalau dikaitkan dgn suatu hubungan, menurutku maksud dr chemistry itu, kayak perasaan cocok dan nyaman seseorang terhadap orang lain. Kayak.. apa ya? Aduh susah bgt jelasinny,-. Yg pasti itu, kayak kalau lg ngobrol itu nyambung, rasa ny nyaman, meskipun mereka itu banyak perbedaan. atau yg lebih dalam, ada seperti ikatan batin, seakan-akan mereka itu memang ditakdirin jd pasangan gitu, entah pasangan partner kerja, sahabt, atau kekasih. Kalau buat hubungan cewek sama cowok biar langgeng, itu dua-duanya harus ada chemistry. Bisa diciptain dg saling terbuka antara satu sama lain. Duh, agak gak jelas, ya? Pokokny gitu, deh. Hihih

    BalasHapus
  39. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/805775181356695552?p=v
    domisili: Tangerang


    Setiap mendengar kata Chemistry yang ada di benakku ialah sebuah hubungan dimana seseorang memiliki kecocokan dengan seseorang atau sekelompok orang. Karena menurutku chemistry tidak selalu untuk lawan jenis yang saling mencintai, bisa saja chemistry dalam keluarga ataupun pada sahabat.
    Untuk memiliki sebuah chemistry kepada seseorang sangatlah sulit karena banyak perbedaan yang sulit untuk di satukan namun jika kita tulus mencintai seseorang dengan segala kekurangan dan kelemahannya menurutku Chemistry bukan lagi hal yang sangat sulit.

    Wish me luck:)

    BalasHapus
  40. Nama: erry
    Twitter: @erry1945
    Link share: https://twitter.com/erry1945/status/805798133770776576?s=09
    Kota: Palangka Raya

    Yang terbayang dari kata chemistry pertama kali di benak saya tentu saja adalah hal2 yang berkaitan dengan ilmu kimia..
    Lebih dari itu chemistry versi saya adalah suatu ikatan yang menghasilkan hal2 positif karena adanya kecocokan, keserasian atau kenyamanan.
    Laksana tanaman yang tumbuh subur serta menghasilkan bunga yg indah sebagai wujud keserasian antara ia dan tanah sebagai medianya.
    Begitupun yang terjadi pada manusia, chemistry bisa timbul ketika ada rasa nyaman pada hubungan yang diikuti reaksi-reaksi tertentu entah itu rasa grogi, semangat, perasaan-perasaan positif dan lainnya.

    BalasHapus
  41. Nama: KHAERUNNISA
    Twitter: NhisaMinoz75
    Link Share: https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/806064708440629249?p=v
    Domisili: Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    Setiap mendengar kata Chemistry yang saya pikirkan itu kecocokan dan kesamaan dalam setiap hubungan atau persahabatan.

    BalasHapus
  42. Nama :chaerawati
    Twitter :@chaeraawati
    Link share : https://twitter.com/chaeraawati/status/806068146889105408
    Domisili : Makassar
    Jawaban :
    Yang saya bayangkan jika mendengar kata "chemistry" itu adalah pelajaran kimia, alat-alat di lab kimia, dan juga tabel periodik, yang jelasnya yang terbayang itu cuma hal-hal berbau kimia 😅. karena kimia kan Bahasa Inggrisnya chemistry kan yah hahah. Dan sebagai pelajar yang baik kan juga harus selalu mengingat pelajarannya haha. Apalagi besok UAS bukan diingat lagi, harusnya dihapal dan dipahami.😁

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design