Jumat, 16 Desember 2016

[Blog Tour] Rewrite ------------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Rewrite
Penulis : Dirsta Alifia
Penerbit : Elex Media
Tebal : 256 Halaman
Terbit : Oktober 2016

Sejauh apa pun aku menghindar, ternyata, langkah-langkahku selalu terarah padamu.



Saras Widjaya, seorang perempuan yang harga dirinya lebih tinggi dari langit ketujuh, berusaha menepis segala rindu yang ia punya pada sang mantan kekasih. 



Gilang Ranggala, yang pandai menerbangkan pesawat dan juga harapan Saras, tak pernah tidak menyesali perbuatannya satu tahun lalu. Emosi yang begitu meledak, juga kata-kata yang tak seharusnya ada, membuat hubungan yang sudah mereka bangun tiga tahun runtuh begitu saja.

Namun, sekuat apa pun Saras menyangkal, ia tetap tak bisa menghindari bayang-bayang Gilang. Sedalam apa pun Gilang menyesal, ia sudah kehabisan cara meyakinkan Saras.

Dalam diam, mereka berharap.

Semoga kisah ini dapat ditulis ulang dengan akhir yang paling baik untuk mereka berdua.

-----------------------

"Terkadang, hidup itu unik, ya? Atau orang-orangnya saja yang terlalu unik? Entahlah. Aku hanya masih terheran-heran  dengan diriku sendiri. Sudah tahu datang ke pernikahan itu bikin makan hati, tapi tetap saja didatangi." (Halaman 3)
Gilang dan Saras bertemu pertama kali di sebuah pesta pernikahan. Saras menjadi salah satu panitia acara pernikahan sahabatnya, Gita sedangkan Gilang menjadi tamu yang menemani ibunya. Tanpa terduga, mereka berakhir saling mengobrol padahal awalnya tak saling kenal. Obrolan yang membuat keduanya saling nyambung satu sama lain. Gilang pun memberanikan diri untuk meminta nomor hp Saras dan kemudian timbullah pertemuan demi pertemuan selanjutnya. Singkat kata, mereka akhirnya memutuskan untuk berpacaran. Saras merasa waktu perkenalan yang singkat, tak membuatnya ragu untuk menjalin hubungan dengan Gilang. Saras merasa menemukan seseorang yang melengkapi dirinya. Hubungan keduanya berjalan dengan baik, malah berlangsung hingga 3 tahun.
"Ketika kita jatuh cinta dengan seseorang, tanpa kita sadari, kita melihat sesuatu dari  orang itu yang tidak dimiliki oleh kita, yang tanpa sadar membuat kita berpikir bahwa orang tersebut dapat memberikan kualitas dari apa yang ia miliki dan tidak dimiliki oleh kita." (Halaman 30)
Hingga kemudian, saat mereka sedang bertugas di London, Gilang kepikiran untuk menjadikan hubungan keduanya ke tahap yang lebih serius. Gilang sudah merencanakan lamaran yang special untuk Saras. Sayangnya, semua gagal total. Mereka malah berakhir adu mulut dan sebuah kalimat keluar dari mulut Gilang dan menghancurkan semuanya. Sejak malam itu, hubungan mereka berakhir. Saras memilih menghindari Gilang, walau Gilang berulang kali meminta maaf atas peristiwa itu, tapi Saras sudah terlanjur sakit hati.
"Karena, Saras, meskipun laki-laki paling tidak tahu diri ini sudah membuat tiga tahun terakhir kamu menjadi sia-sia, kamu tetap memberikan kesempatan buat dia untuk kembali merasa memiliki kamu." (Halaman 28)
Setahun lebih berlalu, mereka kembali bertemu di sebuah momen pernikahan. Seperti de javu, Gilang pun merasakan kerinduan yang mendalam terhadap Saras, apalagi penampilan Saras yang berhijab terlihat makin menarik di matanya. Gilang pun memutuskan untuk meminta kesempatan kedua, Gilang ingin mengejar Saras kembali dan memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Akankah niat baik Gilang bersambut atau kesempatan Gilang untuk bersama Saras sudah tidak ada lagi?
"Kadang, hidup itu lucu, ya? Kita bisa dengan akrab mengobrol dengan seseorang yang belum terlalu kita kenal, bersahabat dengan orang yang baru kita kenal selama satu bulan, mengagumi seseorang yang tidak pernah kita temui sebelumnya, namun mendadak canggung ketika mengobrol dengan orang yang berstatus mantan. Padahal sebelumnya, orang itulah bagian terpenting dari hidup kita, seolah kita tak bisa hidup tanpa dia. Tetapi nyatanya? Hanya berselang satu atau dua tahun setelah kita berpikir demikian, orang itu sudah menjelma menjadi orang yang paling kita benci, yang paling ingin kita kuliti hidup-hidup. Atau yang paling bagus, kita tendang ke Segitiga Bermuda agar tidak usah bertemu dia selama-lamanya." (Halaman 26-27)
Rewrite merupakan novel pertama Dirsta yang akhirnya diterbitkan, setelah selama ini hanya diunggah di salah satu situs kepenulisan secara online. Rewrite mengisahkan mengenai sepasang mantan kekasih yang kembali bertemu. Walau keduanya masih saling mencintai, tapi ada semacam dinding pemisah yang membuat mereka ragu untuk melangkah merajut kembali kisah mereka.

Hingga sang pria memutuskan untuk kembali memperjuangkan perasaannya dan memperbaiki kesalahannya. Sang pria ingin kesempatan kedua untuk merajut kisah mereka.

Seperti ada pepatah yang bilang bahwa kita akan mensyukuri apa yang kita miliki setelah kita merasakan kehilangan. Seperti itulah kasus yang dihadapi oleh Gilang dan Saras, 2 tokoh utama dalam novel ini. Perpisahan keduanya yang tidak baik-baik karena emosi dan kecemburuan membuat hubungan yang terjalin indah hancur seketika meninggalkan penyesalan.

Ide cerita yang sungguh sederhana, dan mungkin pernah dan bisa saja sedang dialami oleh siapa saja, termasuk kamu yang sedang membaca novel ini. Memang sulit rasanya move on dari mantan kekasih, masih memendam perasaan yang sama, ingin balikan tapi susah, perasaan-perasaan yang wajar sekali dihadapi oleh orang yang baru saja putus.

Dirsta mampu mengeksekusi ide ceritanya itu dengan sangat baik, membuatku bisa ikut merasakan kegalauan diantara keduanya, baik Saras maupun Gilang. Jujur, aku penasaran sekali alasan mereka bisa putus dan saat tahu aku bisa memaklumi keputusan Saras yang memilih mengakhiri kisahnya dengan Gilang. Kalau aku berada di posisi Saras saat itu, aku pun mungkin akan melakukan yang sama. Pastinya sakit sekali mendengar kata-kata seperti itu dari mulut orang yang paling kita cintai.

Tapi untuk membenci Gilang juga terasa sulit. Sosok Gilang yang tampan, enak diajak ngobrol dan memikat tentunya menjadi magnet wanita termasuk Saras dan wajar jika hingga saat ini Saras sulit melupakan sosoknya. Mungkin kekurangan Gilang hanya kadar cemburu yang terlalu berlebihan dan sulit menahan emosi yang berbuah penyesalan.

Diceritakan dari 2 sudut pandang, baik Saras dan Gilang, sebagai pembaca aku jadi bisa memahami apa yang berkecamuk dalam hati dan pikiran keduanya, bagaimana mereka menyikapi perasaan dan pertemuan kembali mereka setelah lama tak saling berjumpa.

Membaca novel ini kita akan diingatkan kembali untuk memperjuangkan apa yang kita rasakan dan jujur terhadap perasaan kita sendiri. Setiap orang pasti punya kesalahan, sekarang bagaimana kita memperbaiki kesalahan itu dan tidak mengulanginya lagi. Kesempatan kedua bisa saja ada, tetapi bisa juga tidak, semua tergantung pilihan keduanya. Tetapi setidaknya kita sudah berusaha.

Mungkin kamu bisa menebak seperti apa kisah ini akan berakhir, tapi percayalah kamu akan menikmati membaca kisah ini seperti aku, karena ide yang diangkat begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jadi kamu termasuk #TimBalikan atau #PantangBalikan ?
"Menikah itu menyempurnakan separuh agama. Bukan cuma soal senang-senang. Hakikat pernikahan sesungguhnya jauh lebih besar dari pada itu. Coba kamu lihat diri kamu sendiri sebelum berani meminta anak orang untuk hidup sama kamu. Pikirkan apa saja yang bisa kamu beri ke dia, bukan hanya memikirkan apa saja yang akan kamu dapat setelah kamu menikahi dia." (Halaman 231) 

------------------GIVEAWAY TIME------------------


Aku punya 1 eks gratis novel Rewrite untuk 1 (satu) orang yang beruntung. Caranya:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow twitter @RizkyMirgawati @dirstalifia dan @elexmedia share info GA ini dengan mention kami sertakan hastag #GARewrite

3. Follow instagram @dirstaalifia 

4. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

5. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu:

Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?

Misal : komunikasi yang baik, perhatian, dan lain-lain (jawab semenarik mungkin ya)

6. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 18 Desember 2016.

Semoga beruntung!!!!

********UPDATE*********

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

A'imatul Latifah / @Aim_La27

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter Nama, Alamat Lengkap dan No.hp yang bisa dihubungi untuk pengiriman hadiahmu ya :) 

31 komentar:

  1. Nama ; Farida ENdah
    Akun Twitter : @farida271
    Link Share : https://twitter.com/farida271/status/809648037748350977
    kota tempat tinggal : Pacitan-Jawa Timur

    jawaban : Kepercayaan, Kejujuran dan Komunikasi

    BalasHapus
  2. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/809645255871983616
    Domisili: Surakarta

    Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?
    Saling percaya, saling menerima (baik kekurangan maupun kelebihan) dan memiliki keinginan untuk bertahan.

    Saling percaya itu kunci utama sebuah hubungan. Kalo kita bisa percaya kita mencintai dia, maka kita harus bisa percaya dia mencintai kita sama besarnya dengan rasa cinta yang kita berikan. Tapi jika suatu saat perasaan salah satunya goyah, maka terimalah bahwa setiap orang bisa berbuat salah dan ragu dengan apa yang sedang dia jalani. Meski begitu, teruslah pupuk keinginan untuk mempertahankan hubungan itu. Ingat perasaan-perasaan yang menggelitik hati tatkala kebersamaan yang intim itu pernah ada.

    Kalo punya ketiga unsur ini, harusnya pasangan yang cintanya telah habis di masa-masa yang akan datangpun tetap bisa bertahan. Dan saya sangat menyarankannya untuk pasangan-pasangan yang telah menikah sehingga tidak ada lagi anak yang terlantar karena keegoisan orang tuanya. Good luck untuk semuanya!

    BalasHapus
  3. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/809658872302620673
    Domisili: Tangerang


    Yang paling penting dalam suatu hubungan itu Cinta. Yaa kalau gak cinta, hubungan itu tidak akan bertahan lama. Cinta itu karena terbiasa kok, cinta tumbuh dari rasa suka dan sayang. Jadi saat kamu suka sama seseorang jangan pernah menyiayiakannya karena suatu saat pasti kita akan menyadari bahwa kita cinta pada orang tersebut.

    lalu Kejujuran. Point penting kedua ialah Jujur. Hubungan yang dilandasi dengan kebohongan akan hancur ketika kebohongan itu terkuak. Lebih baik kita berkata jujur walau menyakitkan di bandingkan berkata bohong tetapi akan lebih menyakitkan di kemudian hari.

    Dan terakhir, Saling percaya satu sama lain. Dalam hubungan kita tidak boleh negatif thingking terhadap pasangan kita, itu malah membuat pasangan kita jengah dan mulai menjauh.
    Kalau kita percaya dengan pasangan berarti kita mencintai dia apa adanya, tapi kalau kita tidak percaya kepada pasangan kita itu meragukan cinta kita terhadapnya.


    Terima kasih:) Wish Me Luck:)

    BalasHapus
  4. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/809678887781220352
    Domisili: Tangerang

    Kunci utama dan hal yang paling penting dalam menjalani sebuah hubungan memang pada dasarnya ada pada kepercayaan, kejujuran, dan cinta. Tapi dibalik itu semua ada hal hal penting yang sering kali terlupakan.
    yang pertama memberikan ekspektasi yang nyata. Ini penting didalam sebuah hubungan, jangan hanya karena cinta kamu jadi rela mengorbankan semuanya. Jangan jadikan hubunganmu menjadi beban untukmu sendiri, jadi besikaplah sewajarnya dalam menjalani sebuah hubungan. Berikan ekspektasi yang nyata, yang masih dalam batas wajar seperti seberapa sering kamu dengan dia bertemu dan seberapa sering durasi chatting/menelpon dengannya.

    Yang kedua dalam menjalani hubungan itu membutuhkan konsistensi. jadi jika kamu hanya bisa memberikan sesuatu yang kecil, maka jangan biasakan untuk memaksa dirimu sendiri memberikan sesuatu yang lebih besar.

    Dan yang ketiga yaitu jangan pernah pelit untuk mengucapkan kalimat aku sayang kamu, maaf, dan juga terima kasih kepada pasanganmu. Hargailah pasanganmu, jika kamu salah maka meminta maaflah, jika dia telah melakukan sesuatu hal untukmu ataupun memberikanmu hadiah maka ucapkan terima kasih, dan yang terakhir ucapkanlah pernyataan cinta dan sayang. Karena saya tahu setiap pasangan pasti mengharapkan pengakuan dan pernyataan cinta dari pasangannya sendiri.

    BalasHapus
  5. Nama : Retno Maulidiyah
    Twitter: @retnomauli08
    Link share: https://twitter.com/retnomauli08/status/809678000367222784
    Domisili: Jember

    Menurutku 3 hal yg penting dalam hubungan itu :
    1. Komunikasi,krna untuk menjaga hubungan tetap langgeng & harmonis, dengan komunikasi tidak akan menimbulkan salah paham satu sama lain.
    2. Pengertian, saling memahami, saling memberi dukungan dlm masalah cita" atau impian.
    3. Komitmen, untuk saling menjaga hubungan & kesetiaan. Krna dengan memiliki komitmen seperti itu sebuah hubungan tdk akan mudah goyah. Kesetian akan timbul jika kita saling percaya dan jujur satu sama lain.

    BalasHapus
  6. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/809694101314539520?p=v
    Domisili: Surakarta

    Tiga hal penting dalam sebuah hubungan yaitu:

    1. Kepercayaan
    Kepercayaan berbanding lurus dengan kejujuran. Jika dalam hubungan sudah didasari dengan kejujuran dari awal maka, kepercayaan senantiasa mengikuti perjalanan cinta pasangan tsb. Ketika pasangan sudah mempercayai dengan sepenuh hati, kamu tidak boleh merusak kepercayaan itu. Ibarat sebuah porselin, setelah dia jatuh dan pecah meskipun bisa direkatkan kembali, namun bentuknya tidak akan sama seperti semula. Begitu juga kepercayaan, sekali sudah ternodai, tidak akan bisa kembali seperti semula.

    2. Komitmen
    Komitmen diawali dengan kejelasan status dalam menjalin sebuah hubungan. Komitmen dilakukan supaya bisa mencegah godaan-godaan yg datang. Komitmen itu seperti pagar rumah yang mampu melindungi rumah dari segala bentuk gangguan dari luar termasuk pencurian. Cinta tanpa komitmen, maka sebuah hubungan tidak berarti apa-apa.

    3. Komunikasi
    Komunikasi bisa mencegah kesalahpahaman dan mengatasi masalah yg timbul.Komunikasi ibarat sebuah obat bagi penyakit bernama rindu, apalagi buat pasangan LDR. Mendengar suara pasangan lewat udara saja, rasanya sejuk seperti hujan di gurun sahara. Dalam komunikasi inilah, jangan segan-segan untuk mengucapkan kata maaf, terima kasih dan aku sayang kamu. Dengan tiga mantra ajaib itu, pasangan akan merasa sangat dihargai. Jika, kamu tidak menghargai kebaikan pasanganmu sekecil apapun, suatu saat akan ada orang lain yang menghargainya.

    BalasHapus
  7. Nama: Sharie
    Akun Twitter: @nAshari3
    Link share: https://mobile.twitter.com/nAshari3/status/809703846834421760
    Domisili: Cikampek
    Jawaban:
    3 hal penting dalam suatu hubungan:
    1. Kepercayaan dari kedua belah pihak (karna bila salah satunya sudah kehilangan kepercayaan terhadap yg lainnya, hubungan apapun tidak akan berjalan dengan baik)
    2. Komitmen antara orang yg berhubungan tersebut.
    3. Kuota yg unlimited 😂😂 haha (karna bila gak ada kuota, gak bisa berkomunikasi dengan lancar 😂😂😂)

    BalasHapus
  8. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link: https://twitter.com/adindilla/status/809706292423995392
    Kota: Cirebon

    Jawaban:
    1. Kejujuran; Tidak boleh ada yang disembunyikan sejak pasangan bersatu hingga selamanya. Jika masa lalu, sebaiknya dibiarkan saja dengan catatan masa lalu itu sudah tuntas.
    2. Menghargai; ini mantra untuk pasangan ketika terjadi perbedaan pendapat.
    3. Komunikasi yang santun; sebab komunikasi bisa dikatakan titik paling penting untuk menjaga sebuah hubungan.

    BalasHapus
  9. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/809667937652994048

    Jawaban : 3 hal yang penting dalam sebuah hubungan ?

    Kalo menurutku semua itu penting ka, tp karena disuruh pilih 3 hal yang harus di prioritas kan maka aku akan milih kejujuran, tanggung jawab dan kenyamanan.
    Nah di dalam kejujuran sendiri ada nilai kepercayaan dan komunikasi. Kan untuk tau jujur apa nggak jujur harus ada komunikasi dan rasa saling percaya.
    Selanjutnya yaitu tanggung jawab yang mencakup juga tentang komitmen. Dalam hubungan itu juga diperlukan komitmen.
    Lalu yang terakhir kenyamanan. Ini penting biar hubungan bisa langgeng terus.

    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  10. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/809652301849710592?p=v
    Domisili: Tuban

    Heemm, akan selalu ada hal-hal serta resep tertentu untuk kelanggengan sebuah hubungan ya.. Itu pasti! Dan menurut aku hal penting yang harus ada dalam suatu hubungan yaitu,
    1. KEPERCAYAAN. Kenapa? Karena tanpa rasa percaya hubungan tidak akan bisa berlangsung baik alias langgeng. Dalam sebuah hubungan, pasangan tidak akan suka bahkan malah risi kalau sedikit sedikit gak boleh ini, gak boleh itu. Mengecek gadgetnya berkali-kali dalam sehari, atau seringkali cemburu, menuduh dan kalau dijelaskan tidak percaya. Waah, bisa-bisa diotak pasangan akan muncul banyak pertanyaan. "Katanya sayang, kok gak bisa percaya? Katanya pacar, kok kayak satpam?."
    Bukankah cinta itu karena rasa nyaman?! Dan kenyamanan itu tidak akan ada selagi kita masih belum punya rasa percaya pada pasangan. Iya kalau sekali dua kali. Kalau terus menerus, pasti pasangan akan merasa tertekan kan!! Apalagi untuk hubungan LDRan. kepercayaan akan menjadi kunci utama.
    2. KOMUNIKASI, menurut aku, komunikasi itu penting. Sangat penting malah. Toh, komunikasi itu tidak harus setiap detik, atau setiap menit mengabari kok. Bahkan sehari berkomunikasi satu kali, hanya untuk memberitahu kepada pasangan tentang apa yang kita lakukan atau bagaimana keadaan kita saja, itu sudah sangat cukup. Karena dengan begitu, pasangan akan merasa bahwa dirinya istimewa dan merasa masih dianggap ada. Gak kebayang dong!! Kalau dalam sehari gak ada komunikasi sama sekali? Bagaimana khawatirnya pasangan kita.
    Kalau sudah begitu, apa pasangan gak akan timbul pikiran-pikiran negatif? *Setan berbisik dimana-mana lho!!
    3. SALING MENGHARGAI, menurut aku saling menghargai disini gak cuma menerima kekurangan pasangan dan menutupnya dengan kelebihan diri kita. Tetapi saling meghargai mengenai apapun. Menghargai kebaikan hati pasangan, menghargai jika suatu saat pasangan salah, atau menghargai apapun yang pasangan berikan. Tidak perlu gengsi. Toh, gengsi tidak membuat kita hebat kan? Jangan takut meminta maaf duluan, selalu ucapkan terimakasih untuk apa yang telah dilakukan pasangan, dan jangan lupa ucapkan kata "aku sayang kamu" meski hanya sehari satu kali. Walaupun ada yang bilang perbuatan lebih penting dari ucapan. Tetapi bukankah jika perbuatan dibarengi dengan ucapan akan semakin meyakinkan dan membahagiakan pasangan. :)

    BalasHapus
  11. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/809735834660315136
    Kota: Jakarta
    Jawaban:
    Banyak hal penting dalam membina hubungan, tapi menurut saya yg paling utama adalah kejujuran, setia, saling menghargai.
    Kejujuran adalah fondasi penting untuk menjalin komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.
    Setia dibangun atas dasar saling percaya sehingga kalau pun dua orang yg punya hubungan berada di tempat yg berjauhan, tetap memegang teguh ikatan yg terjalin. Dan tidak ada kekhawatiran salah satunya akan mengingkari hubungan itu, istilah kerennya *selingkuh✌
    Saling menghargai harus dilakukan agar dua orang yg membangun suatu hubungan tahu porsinya masing2 dan tidak saling merendahkan sehingga tidak akan ada salah satu pihak yg akan tersakiti, karena pada dasarnya semua manusia sama derajatnya di hadapan Tuhan.

    BalasHapus
  12. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/809758735094595584
    Kota tempat tinggal: surakarta

    Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?

    Kepercayaan. Komunikasi. Saling menghargai.

    Kepercayaan: Dengan saling menjaga kepercayaan, maka tidak akan ada kebohongan. Terkadang kebohongan muncul karena kita merasa tidak dipercaya. Banyak contoh, laki-laki yg diberi kepercayaan oleh perempuannya, maka akn berpikir dua kali untuk berselingkuh. Begitupula sebaliknya. Kalaupun masih ada yg melanggar, berarti ada masalah dengan pikirannya. Kepercayaan itu juga seperti membuat ruang gerak untuk pasangannya.

    Komunikasi: Semuanya harus ada komunikasi. Hubungan yang baik adalah hubungan yang menjaga komunikasinya dengan baik. Keterbiasaan menjaga komunikasi pasti akan terbawa walaupun dalam keadaan marah sekalipun. Jadi ketika ada masalah, mereka akan mencoba membicarakan semuanya lebih dulu. Ketika marah, mereka akan memberi jeda agar pikiran mereka kembali dingin dan bisa mencari jalan tengah. Komunikasi penting karena apa? Tidak ada satupun orang yang bisa membaca isi hati dan pikiran. Jadi bagaimana orang lain bisa tahu apa yang kita inginkan atau kita pikirkan kalau kita tidak mengutarakannya? Tidak semua orang menguasai pragmatik.

    Saling menghargai: Dalam aspek apapun saling menghargai itu penting. Dengan saling menghargai, kita akan melakukan sesuatu atau mengatakan sesuatu dengan hati-hati, sebab sudah tertanam dalam pikiran kita, kalau tidak ingin menyakiti perasaan lawan bicara. Saling menghargai juga bisa membuat kita mendapatkan pemecahan masalah yang lebih baik, karena ada dua pemikiran yang dijadikan saru. Tidak akan ada ego di dalamnya. Tidak akan ada hubungan yang dibentuk karena tekanan di dalamnya. Tidak akan ada yang jadi pemerintah dan orang yang diperintah.

    Jadi intinya, dengan saling menghargai, pasangan bisa saling berkomunikasi dengan baik, dan ketika bisa saling berkomunikasi maka akan terbentuk suatu kepercayaan di dalamnya.

    BalasHapus
  13. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Banda Aceh
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/809746881714630657

    Menurutku 3 hal yang harus ada dalam suatu hubungan itu adalah:
    1. Komunikasi. Komunikasi merupakan hal dasar yang paling penting dalam suatu hubungan. Dengan adanya komunikasi pasangan merasa dihargai keberadaannya dan dianggap penting. Kalau komunikasi kurang maka akan timbul saling curiga, oleh sebab itu hal kedua yang harus ada dalam hubungan adalah:
    2. Saling percaya. Karena kebanyakan hubungan itu gagal dari asumsi2 yang dibuat oleh satu pihak ke pihak yg lain. Yang lama kelamaan membuat pihak yang dituduh menjadi jengah dan memilih mengakhiri hubungannya.
    3. Sabar. Ngadepin hubungan mah kalo gk sabar sekali berantem juga kelar. Jadi dalam hubungan juga harus saling mengerti dan sabar menghadapi kepribadian pasangan yang adakalanya tidak sesuai dengan prinsip kita.

    Gue ngomong gini tapi pasangan nggak punya, aduh😰

    BalasHapus
  14. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/809772947594297344

    Jawaban:

    Bismillah

    1. Cinta % kasih sayang, ada beberapa pasangan yg menjalanj hubungan tanpa kedua unsur ini, haxa rasa suka dan motif tertentu, misal krna perjodohan dll. Padahal, dalam sebuah hubungan, cinta dan kasih syg adalah modal utama sbgai pondasi dlm hubungan.

    2. Kepercayaan, dan ini yg paling penting. Nggak mungkin kita akan bersama dengan pasangan selama 24 jam. Ada urusan kerja, ke t4 lain, dsb. Kepercayaan sngt penting dlm sbuah hubungan agar tdk saling curiga dan gampang menjudge.

    3. Komitmen, siapa sih yg gk mw memiliki pasangan yg berkomitmen? Apalagi di kalangan wanita. Komitmen sngt penting dlm sbuah hubungan untuk mempertahankan cbaan2 yg mngkin akan didptkan oleh seseorang. Dengan memiliki komitmen, masing2 pasangan akan saling menghargai dan bertanggung jawab

    Skian dr aq kak, salam kenal buat kk penulis, terus berkarya dan swmoga berjodoh dgn bukunya ini :))

    BalasHapus
  15. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/809772947594297344

    Jawaban:

    Bismillah

    1. Cinta % kasih sayang, ada beberapa pasangan yg menjalanj hubungan tanpa kedua unsur ini, haxa rasa suka dan motif tertentu, misal krna perjodohan dll. Padahal, dalam sebuah hubungan, cinta dan kasih syg adalah modal utama sbgai pondasi dlm hubungan.

    2. Kepercayaan, dan ini yg paling penting. Nggak mungkin kita akan bersama dengan pasangan selama 24 jam. Ada urusan kerja, ke t4 lain, dsb. Kepercayaan sngt penting dlm sbuah hubungan agar tdk saling curiga dan gampang menjudge.

    3. Komitmen, siapa sih yg gk mw memiliki pasangan yg berkomitmen? Apalagi di kalangan wanita. Komitmen sngt penting dlm sbuah hubungan untuk mempertahankan cbaan2 yg mngkin akan didptkan oleh seseorang. Dengan memiliki komitmen, masing2 pasangan akan saling menghargai dan bertanggung jawab

    Skian dr aq kak, salam kenal buat kk penulis, terus berkarya dan swmoga berjodoh dgn bukunya ini :))

    BalasHapus
  16. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/809780164917760000
    Kota: Makassar
    Jawaban:

    Tiga hal penting dalam sebuah hubungan menurutku ada tiga perkara (hehe) :

    1. Interaksi yang baik. Menurutku interaksi yang baik itu sudah termasuk komunikasi yang baik dan itu harusnya di dukung juga bagaimana kita bisa memahami sosok satu sama lain alias PEKA. Gimana masing-masing bicara, gimana ekspresinya saat berkomunikasi, gimana sorot matanya saat bicara, apakah ada yang disembunyikan atau enggak itu semua udah tercakup saat masing-masing melakukan interaksi.

    2. Kesabaran. Alasannya sederhana saja. Mengingat manusia kadang tak luput dari rasa egois, jadinya harus ada yang mengimbangi dan itu adalah kesabaran.

    3. Dan terakhir adalah kepercayaan. Kepercayaan itu mahal harganya. Ibarat gelas kaca, kalau udah pecah yang gak bisa di perbaiki lagi. Maka dari itu kepercayaan menjadi hal mutlak dalam sebuah hubungan. Rasa saling percaya tentu dapat menghilangkan hal-hal buruk yang dapat merusak hubungan. Nilai plus dari sebuah kepercayaan yaitu secara gak langsung, jika kita ingin dipercaya, kita tergerak sendiri untuk berlaku jujur dengan pasangan.

    BalasHapus
  17. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/809846930884825088
    Kota: Bogor

    Jawaban:
    1. Komunikasi yg baik. Dengan adanya komunikasi yg baik, hubungan akan terlihat lebih terbuka, jadi seakan-akan gaada yg ditutupi lagi. Selain itu lomunikasi yg baik juga akan menjaga hubungan semakin harmonis#eeaak

    2. Kepercayaan. Kepercayaan itu hal yg sangat berharga. Kalau disuayu hubungan gaada rasa kepercayaan, hubungan itu pasti pondasinya pincang, dan sewaktu-waktu akan roboh. Tapi, memberi dan menjaga kepercayaan itu sangat sulit, jadi di dalam suatu hubungan setiap pasangan menurutku wajib memberi dan menjaga kepercayaan itu sendiri.

    3. Keterbukaan. Saling terbukanya pasangan satu sama lain dalam hubungan itu penting banget. Karena, pasangan kita itu seperti teman hidup, jadi jika kita mempunyai masalah kita bisa curhat ke doi, dan doi juga bisa kasih solusi. Dan saling keterbukaan juga bisa menjadikan pasangan merasa lebih dihargai.

    BalasHapus
  18. Nama : chaerawati
    Twitter : @chaeraawati
    Link share : https://twitter.com/chaeraawati/status/809877670343213056
    Domisili : Makassar
    Jawaban :

    Yang pertama adalah Objektif yaitu dengan mengatakan segala hal berdasaekan apa adanya, tidak mengada-ada. Karena jika dalam hubungan tidak ada keobjektivitasan maka bisa saja memunculkan masalah sedikit demi sedikit nantinya jika semuanya terungkap.

    Yang kedua adalah kepercayaan. Karena hubungan tidak akan terjalin jika tidak ada kepercayaan. Misalnya hubungan sepasang kekasih tidak akan terjalin jika mereka tidak percaya bahwa pasangannya mencintainya. Dan juga ketika hubungan tengah terjalin, mereka pasti percaya satu sama lain, karena jika kepercayaan itu sudah tidak ada mana mungkin hubungan itu dilanjutkan.

    Yang ketiga adalah konsistensi. Sebab di dalam hubungan, konsistensi sangat berperan penting. Dengan sikap konsisten inilah suatu hubungan dapat bertahan. Jika konsistensi itu sudah tidak ada lagi dalam suatu hubungan yakin dan percaya hubungan itu lambat laun akan rapuh.

    BalasHapus
  19. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/809972700546551808
    kota tempat tinggal: Serang

    Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?

    Rasa nyaman, komunikasi, dan kepercayaan.

    Ketiga hal ini saling berkaitan. Rasa nyaman bersama pasangan akan membuat kita bisa melakukan apapun di depan pasangan tanpa menutup-nutupi atau menjaga image. Hal ini akan membuat komunikasi lebih terbuka dan lancar. Kita bisa membicarakan hal apapun dengan pasangan tanpa sungkan. Bisa mengetahui apa yang disuka dan tidak disukai, sampai harapan dan keinginan. Dari sini pun rasa saling percaya akan tumbuh, dan bisa menguatkan ikatan hubungan yang terjalin.

    BalasHapus
  20. Nama :Dini Auliana
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/809920906411839488
    Domisili :Lampung Tengah

    Jawaban :
    Menurut aku yang pertama adalah saling terbuka, karena pada dasarnya orang yang tertutup/suka memendam semuanya sendiri akan cenderung menjadi orang yang egois dan tidak menghargai keberadaan pasangannya. Jika kita saling terbuka, maka segala masalah akan bisa teratasi meski tak semudah membalik telapak tangan sekalipun. Karena setiap orangmungkin saja akan melakukan kesalahan. Dan dari situ kita butuh seseorang yang bisa memberitahu bagaimana seharusnya kita berperilaku. supaya tidak terulangi lagi kesalahan yang sama. Ya, walaupun ada beberapa orang yang memang memiliki rahasia hanya untuk dirinya sendiri ketahui.
    Yang kedua saling percaya, karena tak ada sebuah hubungan yang akan berjalan lancar tanpa adanya sebuah kepercayaan. Se-cinta atau se-sayang apapun, ketika tidak ada rasa saling percaya maka semuanya akan sia-sia. Karena setiap orang tidak mungkin hanya berpusat pada pasangannya. Dia punya dunia lain (kegiatan) yang tidak melulu berkaitan dengan masalah percintaan.
    Yang ketiga saling punya uang, ketika mempunyai sebuah hubungan alangkah baiknya ketika perempuan tidak selalu mengandalkan pria untuk men-traktirnya. Sesekali wanita juga punya andil. Karena akan terasa tumpang jika selalu pria yang men-traktir. Walaupun ada yang bilang, ketika sedang jatuh cinta, apapun akan diperjuangkan. Bohong. Sampai dirumah ketika pria membuka dompet, “Waduh, dompet gue kok kosong??” Baru tersadar. Yang ketiga ini bukan tanpa alasan. Soalnya sering kesel kalau lihat ftv, pas adegan makan berdua seneng-seneng. Eh! Ketika mau bayar, pria-nya lupa enggak bawa dompet. Dan si perempuan dengan muka sebalnya memberikan uang ketika diminta tolong. Padahal kan makan juga dimakan bareng-bareng. Harusnya dalam setiap hubungan itu saling melengkapi. #eh curcol :D

    BalasHapus
  21. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/810047342929801216?p=v

    Domisili : Purwakarta


    Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?

    Misal : komunikasi yang baik, perhatian, dan lain-lain (jawab semenarik mungkin ya)



    Komunikasi, kepercayaan dan chemistry.

    » Komunikasi
    Menurutku komunikasi sangat penting dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah dasar dan awal mula terjadinya interaksi untuk membentuk sebuah hubungan. Ketika komunikasi berjalan baik, hubungan pun akan mengikutinya.

    » Kepercayaan
    Kepercayaan dibutuhkan untuk mengikat sebuah hubungan yang sedang terjalin. Saling percaya adalah awal mula terjadinya keterbukaan. Karena saat pasangan yang berhubungan bisa terbuka satu sama lain, tandanya rasa percaya itu sudah ada. Walau jarak memisahkan, rasa percaya akan saling menguatkan.

    » Chemistry
    Chemistry adalah bumbu utama untuk mempererat hubungan yang ada. Chemistry ada setelah komunikasi, kepercayaan, keterbukaan, ketertarikan, kenyamanan, kebersamaan, rasa saling membutuhkan dan keinginan untuk saling melengkapi sudah terwujud. Pasangan tersebut akan saling bergantung satu sama lain dan agak sulit untuk berpisah, karena sudah ada perekatnya yang bernama Chemistry.

    BalasHapus
  22. Nama: Khaerunnisa
    Twitter : NhisaMinoz75
    Domisili: Kolaka, Sulawesi tenggara.
    Link Share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/810147227788152832?p=v

    apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan? Menerima apa adanya, Kepercayaan dan Kasih sayang.

    - Menerima apa adanya, sangatlah penting. Untuk apa membentuk suatu hubungan jika suatu hari nanti kau akan mengungkit ungkit tentang kekurangan pasangan? Terimalah dia apa adanya, tidak ada manusia yang tidak memiliki kekurangan, hubungan itu dibentuk untuk saling melengkapi. kekurangannya dia kelebihannya dirimu, begitupun sebaliknya. Apa bila dalam suatu hubungn mereka saling menerima apaadanya, maka percayalah dari situlah kepercayaan itu akan ada.

    -Kepercayaan dalam suatu hubungan sangatlah penting, karena tanpa kepercayaan hubungan tidak akan bertahan lama. Percayalah bahwa dia yang terbaik, dia bisa menjaga kita, percaya bahwa dia tidak akan berbuat macam-macam diluar sana, dan percayalah dialah yang terbaik untuk kita. Tapi ingatlah jangan pernah meragukan kepercayaan pasangan kita, karena itu dapat merubah segalanya. Jadi jika kepercayaan itu sudah dibentuk datangilah orang tuanya eh maksudnya jika kepercayaan dalam suatu hubungan sudah dibentuk maka kita akan merasa nyaman dalam menjalin hubungan itu, bahkan sampai kata sah terucap, suara tangisan anak terdengar, pelukan hangat terasa dan kubur akan jadi saksi bahwa kita saling percaya sampai mati. *eaaa walau masalah mungkin ada tapi besarnya kekuatan kepercayaan semua akan teratasi.

    - Dan yang terakhir Kasih Sayang. Ini wajib didalam suatu hubungan, tanpa kasih sayang hubungan tidak akan berwarna. Bayangin aja jika dalam suatu hubungan tidak ada kasih sayang didalamnya, akan seperti apa hubungan itu nantinya?. Tiap-tiap pasangan memiliki caranya tersendiri untuk mengekspresikan bentuk Kasih Sayangnya terhadap pasangan, kasih sayang itu bisa diberikan dalam bentuk tindakan atau pernyataan, tapi saya sebagai cewek sih pengen kedua-duanya biar lebih jelas gitu. *Lanjutlagi. Memaafkan keselahan pasangan juga merupakan bentuk kasih sayang dan kepercayaan dalam suatu hubungan.

    BalasHapus
  23. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Domisili: sidoarjo, jatim
    Link share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/810259491853742080
    hal yang menurut saya penting:
    1) Komitmen.
    Dalam berbagai jenis hubungan, apalagi hubungan yg bersifat serius, saya berpendapat bahwa komitmen adalah hal yg paling penting.Kesadaran dua belah pihak yang disertai tanggung jawab bahwa hubungan yg dijalin itu atas dasar kesepakatan dua orang untuk melangkah bersama, bukan hanya usaha seseorang dan bukan pula sekedar cinta bertepuk sebelah tangan. Sehingga bila hubungan diawali komitmen bahwa berdua saling serius, keduanya akan berupaya konsekuen atas apa yg diniatkan diawal, diimpikan bersama, dan tentu saja akan dilakukan sesuai dg yg telah disepakati. Kalaupun ada masalah dan merasa tidak sesuai di suatu hari nanti, keduanya akan saling memutuskan bersama bagaimana akhirnya, tak akan ada drama 'kabur' tanpa klarifikasi ketika mendengar pasangan hanya dari kabar burung.
    2)kepercayaan.
    Komitmen bergandengan erat dengan kepercayaan. Karena telah berkomitmen, maka kepercayaan antar pasangan perlu ditumbuhkan. Jika satu mempercayai yg lain, maka pasangan yg lain pun berupaya menjaga kepercayaan yg ada. Kepercayaan juga tak hanya disandarkan pada pasangan, tetapi juga pada Sang pencipta. Apapun pembicaraan kita pada seseorang, bukankah pasti diketahui oleh Sang pencipta? Apalagi bagi pasangan yang telah berkomitmen menjaga hubungan yg ada. Bila ada pasangan yg tidak menjaga kepercayaan, maka balasan itu pasti ada. Jadi cukupkan kepercayaan pada pasangan atas dasar komitmen dan Sang pencipta.
    3)Komunikasi
    Penerimaan, pemberian maaf, penyampaian rasa terimakasih, dan kata-kata rindu tak lepas dari adanya komunikasi. Bahkan dalam menjaga kepercayaan pun, komunikasi tak bisa lepas dari kedua pasangan. Mau susah, sedih, senang, semuanya akan tersampaikan bila berkomunikasi. Saya sebagai peserta blog pun perlu berkomunikasi lewat kolom komentar ini agar bisa berkesempatan dpt buku Rewrite. Begitupula dua orang yg menjalin hubungan, pasti sangat memerlukan komunikasi untuk mengetahui apa yg dipikir dan dirasa, demi melangkah bersama. Tambahan lagi, bagi kita yang tak punya bakat cenayang, komunikasi sangat penting untuk membantu kita untuk tetap hidup :)

    BalasHapus
  24. Nama: Khuznul Hatimah
    Domisili: Makassar
    Twitter: @khuznul_nhunu
    link share: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/810318137883119616

    Jawaban:
    3 Hal terpenting dalam setiap hubungan adalah Kepercayaan, kejujuran dan niat belajar menerima.

    Setiap hubungan dibutuhkan kepercayaan sebagai pondasi utama. Tanpa kepercayaan semua terasa rapuh dan goyah. Terhadap Tuhanpun Kepercayaan adalah yang utama.

    Kejujuran adalah pondasi kedua dalam setiap hubungan. Sepahit apapun sebuah kejujuran akan lebih baik daripada diisi oleh kebohongan yang kelak akan jadi bom kehancuran hubungan itu sendiri. Kepercayaan dan kejujuran selalu berjalan bersama.

    Sikap menerima adalah pelengkap dalam setiap hubungan. kenapa? Karena dengan sikap menerimalah kita memposisikan diri apakah ingin mempertahankan hubungan atau melepaskan hubungan itu sendiri. Sikap menerima adalah sikap dimana kita mau dengan besar hati menerima segala kekurangan dan kelebihan orang lain serta menghargai serta menghormati segala hal tentang orang yang berhubungan dengan diri kita sendiri.


    Dalam novel Rewrite ini aku mengagumi sosok Saras dan Gilang. Karena mereka mau saling jujur mengenai perasaan masing-masing, mau saling menerima dan memberi kesempatan pada diri sendiri dan orang lain serta percaya bahwa kesempatan kedua yang dimiliki adalah jalan terbaik untuk memperbaiki kesalahan dengan perubahan besar dan tanggung jawab yang lebih besar.

    BalasHapus
  25. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    https://twitter.com/anandanf07/status/810409290011770880
    Bogor

    Berdasarkan pelajaran yang dapat aku ambil dari pengalamanku dalam berhubungan sejauh ini, 3 hal terpenting yang (harus ada) dalam suatu hubungan yaitu;

    1. Komunikasi yang berjalan dengan baik. Dengan adanya komunikasi, kita dapat mengekspresikan diri dan perasaan kita serta mengetahui seluk beluk diri pasangan dan perasaannya. Dalam hal ini, komunikasi yang baik juga membutuhkan aspek kejujuran dan keterbukaan terhadap satu sama lain.
    2. Rasa saling percaya. Hal ini penting untuk menjunjung suatu hubungan. Rasa saling percaya dapat tumbuh seiring dengan rasa saling mengenal dan mengerti satu sama lain.
    3. Komitmen. Hal ini merupakan tiang dalam hubungan yang kita bangun. Jika tidak ada komitmen, jangan harap deh hubungan itu akan berjalan langgeng. Karena kita sendiri tidak tahu apa tujuan hubungan itu, sehingga tidak akan ada usaha untuk mempertahankannya. Sebaliknya, jika ada komitmen, kita akan berusaha untuk mencari cara dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang, untuk mencapai tujuan akan hubungan tersebut.

    Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca xD terima kasih kak Rizky, long time no see!♥

    BalasHapus
  26. Nama: Nela Norhela
    Akun twitter: @Nelahela
    Kota tempat tinggal: Banjarmasin
    Link share: https://twitter.com/Nelahela/status/810165244429336576

    Menurutku 3 hal penting dalam hubungan itu:
    Pertama, Kejujuran. ini penting karena, bisa meminimalisir kesalahpahaman, bisa jg pasangan itu jd bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing2, karena mereka jujur dgn apa adanya diri mereka, seperti misalnya mereka jujur/cerita tentang masa lalunya atau tentang bagaimana kehidupannya. Atau ketika mereka cerita tentang masalah yg sedang dihadapi, jadi, seseorang yg jadi pasangannya merasa kalau dia dihargai, dan merasa dibutuhkan.

    Kedua, Kepercayaan. Ini juga penting, karena ketika dua orang yg sedang menjalin hubungan itu memiliki kepercayaan terhadap satu sama lain, maka, hubungan mereka akan bertahan meskipun banyak halangan yg muncul. Karena, mereka tau kalau mereka saling mencintai, tau kalau pasangannya mencintainya juga, dan percaya kalau kekasihnya itu bisa membuatnya bahagia. Tapi hati-hati, kepercayaan harus dimiliki keduanya. Karena, kalau hanya salah satu saja, dan ketika nanti salah satu yg lainnya itu melakukan 'kesalahan', maka ini akan sgt fatal, yg membuat dia yg sudah menaruh kepercayaannya itu, akan merasa dikhianati dan sangat sulit untuk mengembalikan kepercayaan itu lagi.

    And last but not least, Komunikasi yg baik. Sesibuk apapun orang yg sedang menjalin hubungan, mereka harus bisa meluangkan waktu untuk menghubungi pasangannya. Supaya tidak terjadi kekhawatiran atau merasa tdk dianggap. Apalgi kalau terpisah jarak dan tempat, dan intensitas pertemuan yg berkurang.

    Ya ampun.. ini udah kayak artikel ya, panjang bgt jawabannya, wkwk XD

    BalasHapus
  27. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/810485775305318405
    domisili: Sidoarjo

    jawaban:
    hal penting dalam hubungan?
    kasih sayang, komunikasi dan komitmen.
    seperti unsur yg membangun sebuah rumah, akan ada pasir, semen dan air untuk membuat pondasi yg kuat, tembok yg kokoh dan pelindung yg terhampar.

    meskipun berawal tanpa kasih sayang, sebuah hubungan yg terbentuk selalu berakhir dengan rasa sayang. tanpa kasih sayang sulit untuk mengendalikan agar hubungan terus berjalan.
    seperti halnya komunikasi. semakin kita sering berkomunikasi dan berinteraksi semakin kuat pula hubungan yg terbentuk. dg adanya interaksi, kita dapat memahami apa yg diperlukan dan tidak didalam sebuah hubungan yg terajut. lebih terbuka dan menghindari rasa curiga, terlebih kebohongan. karena dg interaksi kita tau kapan pasangan akan berbohong dan menyembunyikan perasaan.

    komitmen.
    hal terpenting yg tidak boleh terlewatkan. janji yg terucap baik tulisan maupun lisan, baik tersirat maupun tidak. komitmen menjadikan hubungan memiliki tujuan yg jelas. komitmen mengajarkan kita untuk menerima dan memberi, saling melengkapi dan menopang agar hubungan terus berjalan. memahami apa yg kurang pada pasangan, bukan malah mencari kekurangan dan menonjolkan kelebihan masing2.

    BalasHapus
  28. nama: Leny
    akun twitter: @Lynlainy17
    link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/810492636981121024
    kota tempat tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    Menurutmu, apa 3 (tiga) hal penting dalam sebuah hubungan?

    Menurutku tiga hal penting dalam sebuah hubungan yakni, kejujuran, saling terbuka satu sama lain, dan kepercayaan.

    BalasHapus
  29. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/810505778045927424
    Malang

    Mostly, sependapat dengan pendapat temen-temen lain. Tapi menurutku tiga hal penting dalam sebuah hubungan dengan siapapun itu adalah :
    1. Rasa nyaman -> kenyamanan ini nggak bisa diganggu gugat sih. Ketika nggak nyaman, mana bisa berhubungan? Yang ada pengin menghindar terus. Begitu juga kalo udah klop, rasanya nggak ada lagi rasa canggung untuk berbagi dan lain sebagainya. Kalo udah nyaman bukan nggak mungkin bisa muncul rasa saling percaya, cinta, sayang dan saling memiliki.

    2. Interaksi -> bisa langsung maupun nggak langsung. Misalnya dengan Meet up, chat, ngobrol yang bisa membangun chemistry sebuah hubungan. Tanpa interaksi, hubungan yang udah kuat pun bisa tiba-tiba jadi rapuh. Tanpa interaksi, hubungan akan hambar, rasanya seolah kita nggak dibutuhkan oleh dia karena dia sibuk sendiri dengan dunianya. Padahal dalam sebuah hubungan rasa diperlukan oleh orang lain itu wajib ada.

    3. Saling menghargai -> sebuah hubungan kan melibatkan diri kita dengan orang lain, ya jadi mau nggak mau kalau mau hubungan berhasil kita harus belajar menghargai, toleransi, nggak memaksakan ego. Jangan sampai karena terlalu mencampuri hidupnya, hubungan kita malah berantakan

    BalasHapus
  30. Ahda Ikirma
    @A_Ikrima
    Link Share : https://twitter.com/A_Ikrima/status/810515410911109121
    Padang

    Tiga Hal yang penting dalam hubungan bisa dideskripsikan seperti berikut,

    Hubungan tak akan berhasil tanpa komunikasi yang lancar dari dua arah. Jika komunikasi hanya berjalan satu arah, maka itu sama saja seperti bicara dengan patung. Patung tak akan membalas apa yang kita ucapkan, hanya mendengar, itu pun jika dia tahu. Dan patung tak akan pernah bisa mengatakan hal yang jujur atau tidak, lantaran dia hanya benda mati. Tapi, pasangan, dia akan bisa membalas setiap kata yang kita ucapkan dan kita pun bisa tahu apa yang dia ucapkan sebuah kejujuran ataukah tidak. Andai dia tidak jujur, sama aja dengan merusak hubungan yang kita bina bersama secara perlahan dari dalam. Sebab, hubungan tanpa kejujuran hanya akan berlangsung sementara dan tidak akan saling membahagiakan.

    Tak ubahnya dengan komunikasi dan kejujuran yang begitu penting dalam suatu hubungan, maka kepercayaan pun menjadi bagian yang tak kalah penting. kepercayaan akan menambah keharmonisan hubungan kita dengan pasangan. Jika kita bisa saling mempercayai, di mana pun pasangan kita berada, sekalipun harus terikat hubungan LDR yang terpisah benua dan dalam waktu lama, itu tak akan jadi masalah berarti. Karena apa? karena kita percaya, pasangan kita tidak akan pernah mengkhianati kita, dia akan terus menjadikan kita nomor satu di hatinya

    BalasHapus
  31. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/811057025022988290
    Domisili: Gorontalo

    1. Komitmen! Ini poin paling penting, dua orang yang ingin membangn hubungan serius harus melandasinya dengan pondasi sebuah komitmen agar hubungan tersebut dapat terus berlanjut hingga ke jenjang yang lebih serius. Meski pernikahan mungkin masih jauh dari visi saat ini, tetap saja komitmen sangat dibutuhkan. Perihal cinta bukan buat main-main, kan?

    2. Komunikasi. Dalam komunikasi perhatian juga sudah mencakup di dalamnya, kita tahu sama-sama bahwa jika komunikasi antara dua orang ngadat dan tidak berjalan lancar pasti akan menjadi pemicu konflik yang tidak diinginkan dan bahkan tidak perlu ada.

    3. Saling memahami. Menyatukan dua pribadi yang berbeda itu nggak mudah dan pasti akan ada selalu bentrok di dalamnya. Untuk itu kita harus bisa memahami pasangan kita dengan baik begitu pula sebaliknya

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design