Senin, 05 Desember 2016

[Blog Tour] The Tomboy Teacher

Judul Buku : The Tomboy Teacher
Penulis : Madame Lea
Penerbit : BukuOryzaee
Tebal : 382 Halaman
Terbit : Agustus 2016

Leandra Anastasya Priambodo, gadis berusia 23 tahun yang harus kabur dari rumah dan menjadi seorang guru bahasa Prancis di sebuah SMA swasta. Pekerjaan yang menantang buat seorang Lea. Tak ada yang aneh. 


Memang ... hanya saja Lea terkenal tomboy, pecicilan, aneh, dan harus difosilkan. Nggak ada kan guru yang tomboy? Gak ada kan guru yang pecicilan? Apalagi Lea selalu dikelilingi teman laki-laki yang selalu saja menghalaunya untuk menjadi seorang perempuan sejati. 

Arkansas Arent Panji Wihardjo, laki-laki berusia 27 tahun yang terkenal dingin, galak dan bossy. Seorang CEO di perusahaan keluarga yang bergerak di bidang industri. Meyakini bahwa selalu apes dalam menemukan cinta. Semua dengan embel-embel harta. Semua dengan embel-embel kekuasaan. 

Nah apa jadinya kalo seorang Leandra yang tomboy dan pecicilan bertemu dengan Arka yang galak dan bossy? 

Terjadi perang dunia kesekian kah? 

Atau 

Perang-perangan? 

Siapa sangka pertemuannya dengan Arka justru menguak sebuah rahasia.... 

----------------------- 

Berawal dari sebuah kecelakaan, Lea dan Arka bertemu. Motor Lea yang tidak sengaja menyerempet mobil Arka dan membuat goresan cukup parah, membuat dirinya harus bertanggung jawab. Sosok Lea yang terlihat muda dan anak-anak, membuat Arka berpikir bahwa dia masih SMA.

Ternyata itu bukanlah pertemuan pertama mereka, secara kebetulan Lea bertemu kembali di rumah Arka. Lea ternyata menjadi guru les bahasa Perancis Maura, adik Arka. Karena penampilan Lea yang kurang meyakinkan membuat Arka curiga dan tidak tenang dengan kehadiran Lea yang takutnya membawa aura negatif bagi Maura.

Karena Lea sering bertamu ke rumah Arka untuk mengajari Maura, membuat interaksi Arka dan Lea pun semakin meningkat. Perlahan-lahan Arka merasakan sesuatu yang berbeda terhadap Lea, tetapi selalu berusaha disangkalnya setengah mati. Hal yang berbeda dengan Lea, yang merasa bahagia karena bisa mengagumi sosok Arka yang tampan walau kadang-kadang suka ketus dan galak kepadanya.

Tetapi perlahan-lahan hubungan keduanya makin mencair, hingga kemudian sosok masa lalu Lea datang menghampiri. Sosok Anette, kakak Lea yang sering bertindak kasar kepadanya hingga kemunculan Danish, rival bisnis Arka. Apa yang akan terjadi selanjutnya? 
"Nggak ada yang tulus sayang tanpa embel-embel harta sama kedudukan gue. Gue tahu itu kelebihan gue. Kadang kelebihan bisa jadi kekurangan seseorang."
Sebuah novel debut yang sungguh menyenangkan untuk dibaca. Mencoba mengangkat kisah comedy romance, kisah ini bergulir dengan ringan, sederhana dan kadang-kadang mengundang tawa. Dari segi tema sederhana, tapi penulis mencoba membawakan kisah ini dengan gaya menulis yang cukup menarik.

Hal ini juga didukung dengan tokoh utamanya, Lea yang benar-benar unik. Bayangin saja karakter Lea digambarkan sebagai guru yang nyablak, pecicilan, dan kadang-kadang kekanak-kanakan. Rasanya ajaib saja punya guru seperti Lea, dijamin gak bakal bosan deh sama guru seperti ini. Apalagi Lea suka sekali berdialog dalam hatinya, yang sukses membuatku tersenyum-senyum sendiri, apalagi kalau Lea sedang mengagumi Arka diam-diam. 

Interaksi Lea dan Arka pun menjadi lebih hidup, karena keduanya punya karakter yang berbeda bagai bumi dan langit. Arka yang cenderung kaku, galak dan curigaan, bertemu dengan Lea yang pecicilan dan suka seenaknya. Arka yang selama ini tidak percaya dengan ada wanita yang benar-benar tulus, perlahan-lahan bisa mengubah pandangannya sejak kehadiran Lea. 
"Aku nggak bisa janjiin kesempurnaan. Aku hanya laki-laki biasa yang bisa berbuat kesalahan. Tapi aku tau hanya kamu yang bisa membuatku merasa sempurna."
Membaca novel ini dijamin gak bakal bosan, karena kamu akan terhibur dengan interaksi Lea yang sering mengundang senyum bahkan tawa. Bahasa yang digunakan pun kebanyakan tidak baku, hal ini dimungkinkan karena untuk menunjang cerita yang memang dibuat ringan dan sederhana.

Menjelang ending, aku memang sedikit bisa menebak akan dibawa kemana kisah ini, tetapi jangan khawatir proses membaca novel ini cukup menghiburku. Tipikal bacaan yang tidak membosankan, yang membuatmu ingin membaca dan terus membaca hingga akhir. 

Overall, mencari sebuah novel yang ringan dan bisa menghiburmu, aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca. Semoga terhibur dengan kisah Lea :) 

-------------------GIVEAWAY TIME--------------------




Aku punya 2 eks gratis novel The Tomboy Teacher untuk 2 (dua) orang yang beruntung. Caranya:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow twitter @RizkyMirgawati dan @andri_novi86

3. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

4. Share info giveaway ini dengan mention @RizkyMirgawati dan @andri_novi86 sertakan hastag #TheTomboyTeacher

5. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share,  kota tempat tinggalmu dan jawabanmu:

Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka? 

6. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 9 Desember 2016.

Semoga beruntung!!!!

********UPDATE*********

Saatnya memilih 2 (dua) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Rizky Tria Octasiana / @Octannow_

dan

Desita Wahyuningtias / @desitaw97

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter Nama, Alamat Lengkap dan No.hp yang bisa dihubungi untuk pengiriman hadiahmu ya :) 

54 komentar:

  1. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/805613360456708096
    Domisili : Ciamis

    Sejarah. Bukan berarti aku tipikal manusia yang susah move on sih. Aku suka sejarah karena dalam pelajaran sejarah itu ditekankan bahwa masa lalu berperan besar untuk menentukan jalannya masa depan. Dengan begitu, aku juga jadi memahami kalau untuk menciptakan sejarah yang baik, perjuangannya dan pengorbabannya nggak main-main. Berkat belajar sejarah juga aku tahu kalau dunia udah lahirin orang-orang hebat. Berkat pelajaran sejarah, aku juga jadi belajar buat lebih menghargai waktu. Dan di samping semua itu, aku suka sejarah karena dalam pelajaran sejarah banyak mengandung tanggal, aku suka sesuatu yang ikonik macem gitu.

    BalasHapus
  2. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/805620723381202944
    Domisili: tangerang

    Bahasa indonesia. Karena seringkali ketika pelajaran bahasa indonesia saya diberikan tugas untuk membuat puisi, membuat cerita pendek bahkan membuat pantun. Kadang juga saya harus mempresentasikan biografi tokoh tokoh terkenal. menurut saya itu menyenangkan, bisa menambah ilmu dan mengasah otak saya untuk menjadi kreatif. saya itu tertarik dengan dunia kepenulisan, menulis kan identik dengan sastra bahasa indonesia. Jadi saya sangat amat menyukai pelajaran bahasa indonesia, karena ketika di pelajaran bahasa indonesia lah saya bisa menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

    BalasHapus
  3. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/805625730533048320?p=v
    Domisili: Tangerang.


    Pelajaran favorit aku itu Bahasa Jepang.
    Jadi di sekolah aku itu ada mapel Jepang. Yang tadinya gak tau sama sekali bahasa jepang, jadi ngerti banget dan pelajarannya itu seru banget.
    Kita belajar Hiragana, Katakana, Kanji gitu seru banget.
    Apalagi kalo lagi mapel jepang, temen-temen sekelas suaranya di bindengin biar mirip orang jepang dan justru malah bikin ketawa satu kelas.
    Pelajarannya gak ngebosenin, senseinya juga enak ngajarinnya. Dan katanya kalo bisa bahasa jepang, bisa loh kuliah di jepang gratis! soalnya sensei aku ada yang melanjutkan S2nya di jepang dan di biayai oleh pemerintah jepang. Karena Jepang sangat mengapresiasi seseorang yang bisa bahasanya.

    BalasHapus
  4. Nama: Selvia Sari R.
    Twitter: @vyselvia
    Link share: https://twitter.com/vyselvia/status/805627955430887424
    Domisili: Malang

    Jawaban:
    MATEMATIKA!
    Banyak orang yang anti sama matematika, tapi aku malah kebalikannya.
    Aku tidak terlalu suka menghafal tapi aku menggemari memecahkan soal. Rasanya seru aja. Kalau udah ketemu jawaban yang benar berasa seperti detektif yang sukses mecahin kasus.
    Selain itu juga guru matematika-ku hafal sama aku (ya kecuali pas SMP sih, karena tiba-tiba kegemaranku sama matematika agak memudar). Banyak kisah yang menarik berhubungan dengan pelajaran matematika. Misalnya pas SD, lagi suka sama cowok terus dia juga sama-sama ikut olimpiade matematika. Aku pernah nelponin dia terus padahal dia (karena dia cowok sendiri) satu kamar sama guru. Otomatis jadi diledekkin sama guru itu. Terus pas SMA, aku masih ingat banget aku pernah terkunci di perpustaskaan selagi nunggu bimbingan olimpiade matematika. Eh, aku ga terkunci sendiri. Tapi sama cowok. Dikira nggak ada orang apaaa, main kunci kunci aja. -_-
    Jadi kalau ditanya pelajaran favoritku apa, ya jawabannya matematika. Karena banyak kenangannya. Dan matematika itu seru. :3

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/805627152498651136
    kota tinggal: Serang

    Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka?

    Ditanya pelajaran favorit, harus flashback lagi niy ke jaman sekolah, maklum sudah lewat bertahun-tahun lalu hehehee :D

    Seinget aku sih pelajaran favorit itu pelajaran exacta, kaya matematika, kimia, fisika, dan biologi juga. Mungkin bagi beberapa murid pelajaran itu malah dijauhin, tapi buat aku itu pelajaran yg menyenangkan. Karena apa? Karena kebetulan guru-guru aku dulu di pelajaran itu menyenangkan sekali. Cara mereka menerangkan asik, dan mudah dipahami, jadi bikin belajar mata pelajaran yg tergolong susah dan memusingkan itu menjadi lebih menyenangkan. Bahkan ada salah satu guru yg jadi guru favorit aku di pelajaran itu, jadi makin semangat belajar deh huehehee :D

    Dari pengalamanku itu, buatku peran guru di sini sangat penting untuk membuat para murid menyukai apa pun yang mereka pelajari, baik itu pelajaran yg mudah maupun yang sulit. Jika cara guru dalam menerangkan pelajaran membuat murid merasa tertarik, nyaman, dan juga mudah dipahami, akan membuat pelajaran yang sulit sekalipun menjadi sesuatu yg menyenangkan untuk dipelajari.

    BalasHapus
  7. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/805639438286004224
    Kota: Jakarta
    Jawaban: Matematika, karena saya paling males dengan hapalan. Dan Matematika ngga perlu itu, yg diperlukan adalah pemahaman. Dan kalo sudah paham, rumuspun ngga akan susah untuk diingat.
    Dulu sekolah, bukannya nyombong sih pas SMP jadi anak kesayangan guru Matematika nih karena yg paling bagus nilainya😊✌

    BalasHapus
  8. Nama : Annisa Rizki Sakih
    twitter : @annisakih
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/805651913723084801
    kota domisili : Batam

    Pelajaran favorit saya adalah biologi dan sejarah. Keduanya saya sukai sama kuat. Sejak masih sekolah dasar pada umumnya saya senang ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan alam, tetapi sejak sekolah menengah saya merasa fisika ternyata sulit hahahaha..
    Biologi memadukan antara hapalan dan pengamatan sehari-hari. Melalui berbagai percobaan misalnya melihat penampang batang di bawah mikroskop, saya jadi dapat lebih memahami (sebagian kecil) bagaimana alam di sekitar kita berlangsung.
    Tetapi kecintaan saya pada biologi memang hanya berlangsung selama di bangku sekolah, karena sedari kecil saya memang bercita-cita mengambil jurusan hukum. Ketika kuliah, mata pelajaran perkuliahan yang paling saya senangi ialah hukum adat, sesuai dengan kesenangan saya mempelajari sejarah Indonesia.

    BalasHapus
  9. Nama: Ainun Marhamah
    Twitter: @ainunmarhamah
    Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/805660364553666561
    Kota: Palembang


    Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka? 

    Bahasa Inggris!
    Hehe hebat banget ya pelajaran kesukaannya bahasa inggris serasa hebat banget gitu haha. Kenapa suka bahasa inggris? Karena menurutku bahasa inggris itu mudah untuk dipelajari. Belajarnya juga asyik, gak bikin mumet kaya matematila atau fisika. Sebenernya selain bahasa inggris aku juga suka matematika, tapi lebih suka bahasa inggris hehe. Bahasa inggris juga penting banget untuk masa depan kita, itu alasan kenapa aku berusaha untuk mendalami bahasa inggris. Terkadang juga sebenernya kita suka/nggak sama suatu pelajaran itu tergantung guru yang ngajar πŸ˜… pengalaman aku pas SD dulu guru bahasa inggrisku asyik banget sampe-sampe semangat terus kalo jam bahasa inggris. Pas SMP dapet guru yang judes dan perfeksionis, jadi rada males belajar bahasa inggris, pas SMA sekarang, ya.. lumayan lah gurunya hehe tapi masih enakan pas SD 😭
    Bahasa inggris juga bahasa universal. Gaada alasan "gabisa bahasa inggris". Jaman udah canggih, denger lagu nonton film semua rata-rata pasti ada bahasa inggrisnya, makanya, belajar bahasa inggris itu mudah, ngga harus les atau kursus lah buat bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Jadi itu dia alasanku suka bahasa inggris hehe. Btw aku juga bercita-cita selain pengen masuk STAN pengen ambil FKIP bahasa inggris aja hehe *lah curhat πŸ˜…
    Goodluck untuk semua peserta πŸ’•

    BalasHapus
  10. Vena dwi
    @venadwim
    Tulungagung

    Sukanya sama pelajaran bahasa jawa karena gurunya paling ngertiin para siswa. Gakk killer. Cara ngajarnya asik. Selain suk sama pelajarannya jadi suka juga sama gurunya whehehe ^^

    BalasHapus
  11. nama: Alfath F.R.
    twitter: @alfari_12
    link share: https://twitter.com/alfari_12/status/805664433586348032
    tempat tinggal: sidoarjo Jatim

    Pelajaran favorit: Matematika. Meskipun saya tidak terlalu jago di pelajaran ini, tapi saya benar-benar puas bila menyelesaikan satu soal dengan benar dan runtut. Puas karena telah mengendalikan rasa putus asa dan keengganan untuk terus mengerjakan. Pelajaran ini amat susah dan mengajarkan kesabaran serta ketelatenan. Rumit karena saya harus mengetahui mengapa harus menggunakan penyelesaian A untuk soal model B dan sebagainya. Pelajaran ini juga melatih ketahanan untuk terus berusaha ketika belum menemukan jawaban yang 'melegakan', apalagi bagi saya... pelajaran ini tidak bisa dipelajari dalam waktu sebentar dan instan.

    BalasHapus
  12. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/805671624934506496
    Kota tempat tinggal: Solo

    Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka?
    Fisika dan Kimia. Entah kenapa di pelajaran2 ini aku sering mendapat inspirasi untuk menulis cerita atau sekadar coretan-coretan absurd dibandingkan pelajaran lain tak terkecuali bahasa Indonesia.
    Misal di Fisika bab magnet kita diajarkan kalau yang berlaianan jenis itu akan tarik menarik seperti magnet bagian U dan S (pasti udah paham maksudnya kan) atau seperti aku dan kamu. Ea!
    Terus di kimia bagian atom, berubah jadi gini:
    Harusnya yang sejenis itu saling menolak [teori magnet]
    Tapi karena jarak yang relatif sangat dekat
    Sehingga menimbulkan energi ikat yang mengalahkan gaya tolak
    Mungkin persahabatan juga bekerja sebagaimana 'teori inti atom'
    Atau pas kimia, guru di depan nerangin unsur2 yang strukturnya sederhana.
    Teman sebelah dapet ilham: "Jadilah seperti Aseton (Keton) yang paling sederhana namun tetap penting"
    Karena enggak mau kalah, aku pun putar otak mencerna enjelasan2 selanjutnya yg kemudian aku gabung jadi gini:
    You and Us
    20/01/2016
    Hubungan kita itu terlihat sederhana
    Namun sesuatu yang sederhana itu jangan dilupakan
    Karena hubungan itu termasuk cinta yang manis
    Tetapi ingat! Sesuatu yang manis itu kadang beracun
    Meski tetap saja, itu tidak bisa dijelaskan dengan logika
    Sebab rasa kan tetap sama
    Jadi meski rasa itu tunggal, jangan lupakan!

    Hoho, nostalgia. Semangat belajar yg masih sekolah!
    Yang udah lulus juga tetep belajar!
    Untuk kamu, belajar ngertiin aku ya?! wkwkwk

    BalasHapus
  13. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Link share : https://mobile.twitter.com/hensus91/status/805681606962790400?p=p
    Kota tinggal : Pati - Jawa Tengah

    Pelajaran favorit jaman sekolah adalah Matematika dan Bahasa Inggris. Alasannya sih karena kalau mengerjakan soal dari dua mapel itu dan mampu menemukan jawaban yang tepat itu kepuasannya melebihi kalau pelajaran lain. Matematika yang kadang rumit dan bikin keriting tapi rumus yang ada tidak memastikan kebenaran kalau kita tidak teliti, dan Bahasa Inggris yang membuat kita sering kenalan dengan kata-kata baru yang membuat excited saat bisa membaca teks tanpa buka kamus.

    Dan sepertinya memang dua mapel itu yang sangat berpengaruh dihidupku. Ngajar TIK yang banyak kata berbahasa Inggris dan jadi asisten pembimbing Matematika. :D

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/805658265052815360
    Domisili: Banda Aceh

    Q: Apa pelajaran favoritmu? Kenapa kamu suka?
    A: pelajaran favorit aku itu Biologi. Dimanapun aku berada rasanya aku selalu menemukan biologi, karena objek biologi itu hampir semua yang ada di muka bumi ini. Dengan belajar biologi rasanya lebih mengerti tubuh sendiri. Rasanya menyenangkan ketika bisa mencoba2 mendiagnosis apa yang sedang terjadi pada tubuh, tak jarang pula aku malah meresepkan obat untuk diri sendiri. Mencoba mencari2 amoeba dan protista lainnya di air got yang kotor. Mengamati daun yang menutup di malam hari karena pengaruh fototropisme, mencari spora di daun paku-pakuan, dan mengamati jamur yang mucul pada roti yang sudah tidak dimakan selama beberapa hari. Rasanya alam selalu memberikan aku kesempatan untuk mempelajarinya melalui biologi. So, I love Biology to the pluto and back 😘

    BalasHapus
  16. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/805700952393220096
    Gorontalo

    Akuntansi. Karena tidak hanya mengajariku bagaimana cara mengatur keuangan yang merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan sehari-hari, menyelesaikan tugas-tugas dan masalah yang berkaitan dengan Akuntansi selalu memberi rasa puas tak terhingga.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama : Setia Mulianingsih
    Twitter : @tiyas_10
    Link share : https://mobile.twitter.com/tiyas_10/status/805697972906229760?p=v
    Domisili : Tegal, Jawa Tengah

    Pelajaran favorit saya sejak zaman sekolah TK sampai MAN bahkan sampai sekarang adalah pelajaran agama. Karena bagi saya pelajaran agama sangat penting bagi kita. Pelajaran agamalah yang akan mengantarkan kita dikehidupan kita kelak diakhirat. Hidup didunia ini hanyalah sementara, sedangkan diakhirat akan kekal abadi selamanya. Pepatah mengatakan "Ilmu umum tanpa ilmu agama buta & ilmu agama tanpa ilmu umum pincang". Kita harus belajar ilmu umum untuk bekal kita hidup di dunia & kita juga harus belajar ilmu agama untuk bekal hidup kita kelak diakhirat. Pelajaran agama juga dibagi menjadi beberapa mapel, yaitu : Al Qur'an hadis, fiqih, akidah akhlak, ilmu kalam, sejarah kebudayaan islam, dll. Dan yang paling saya suka adalah mata pelajaran Al Qur'an hadis, karena kita bisa mempelajari, memahami & menghafal ayat Al Qur'an & hadis beserta maknanya.

    Sedangkan pelajaran umum yang paling saya sukai adalah pelajaran bahasa Indonesia, karena saya sangat menyukai dunia menulis & membaca . :)

    BalasHapus
  19. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/805746801282351104?p=v
    Domisili: Surakarta

    Bahasa Inggris
    Alasan: Kalau menyukai sesuatu pasti akan lebih cepat menguasainya. Aku menyukai bahasa Inggris itu karena pembelajarannya mengasyikkan mulai dari game, mendengarkan lagu, menonton film hingga main drama. Bahasa Inggris itu ibarat kunci untuk membuka pintu dunia internasional, misalnya: memperluas pergaulan antar negara. Bahkan bisa juga menemukan jodoh dari negeri seberang sekelas Adam Levine atau Prince William dengan modal bahasa Inggris yang fasih. Siapa sih yang bakalan nolak?

    BalasHapus
  20. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/805664489097936896?p=v
    Domisili: Tuban

    Pelajaran favoritku kimia. Kenapa? Entah kenapa aku selalu suka melihat jajaran rumus-rumus kimia dan sederet praktikum-praktikum kimia. Menurut aku ada keunikan dan kebahagiaan tersendiri ketika memandang jajaran rumus yang ketika dipraktikan akan membentuk sebuah reaksi yang menghasilkan sesuatu yang unik itu. Tak jarang hasil sering tidak terduga dengan bahan awal. Dan sering kali hasil lebih banyak membuat kita kagum fan tak percaya

    BalasHapus
  21. Nama: retno m
    Twitter: @retnomauli08
    Link share: https://twitter.com/retnomauli08/status/805778168942592000
    Domisili: jember

    Pelajaran favorit saya ipa. Suka banget di bab pernapasan manusia hewan, cara bernafas manusia secara teori yang rumit bnget, lebih mudah praktekny :) Suka juga tentang cara kerja organ" manusia. Seru banget klo belajar tentang ipa, semua bab menyenangkan ^^

    BalasHapus
  22. Nama: Olive Hateem
    Akun Twitter: @olivehateem_
    Link Share: https://twitter.com/olivehateem_/status/805776555397918720
    Domisili: Tangerang Selatan

    Aku punya banyak pelajaran favorit karena jujur, rasa sukaku terhadap pelajaran kadang dipengaruhi oleh guru yang mengajar. Aku pernah suka sekali dengan pelajaran Bahasa Inggris, Ekonomi, Sejarah, bahkan Matematika. Tapi untuk sekarang, aku sedang jatuh cinta kepada pelajaran Bahasa Indonesia. Kebetulan, guru yang aku dapatkan di kelas 12 SMA ini cukup menyenangkan dalam mengajar sehingga aku bisa mengikuti pelajaran dengan senang dan tanpa tekanan. Ditambah lagi silabus pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 12 ini memuat materi novel sejarah dan novel fiksi yang sangat aku suka, karena mengharuskan kami untuk membaca berbagai novel dari berbagai genre dan periode.

    Menurutku pelajaran ini mengajarkan serta membentuk apresiasi, kreasi dan ekspresi kita terhadap penggunaan bahasa. Pelajaran ini juga memiliki peran sentral sebagai penunjang bagi kita untuk mengembangkan diri ke bidang-bidang lainnya.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama : Mimi Fachriyah
    Akun twitter : @MimiFachriyah
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/MimiFachriyah/status/805739447983607808?p=v

    Jawaban :
    Dari SD hingga SMA pelajaran yang paling aku suka adalah matematika. Karena matematika bukan hanya pelajaran berhitung. tapi pelajaran yang selalu membuat aku penasaran, semakin aku kesulitan mengerjakan soal matematika, semakin aku penasaran dan semangat mencari tahu jawabannya. Aku senang juga karena rasa suka aku sama matematika, bisa membawa aku untuk mewakili sekolah dalam lomba cerdas cermat/cuma sekedar seleksi olimpiade. Meskipun gak pernah menang atau lolos. Hahahaha. Guru matematika aku juga kadang sambil mengajar suka menyelipkan pesan moral di balik rumus yang ia ajarkan. Saking sukanya aku sama matematika, waktu SMA motto hidup aku kayak gini, 'meskipun hidup ada diferensial dan integralnya, tapi semangat gak boleh limit'. Hehehehe.

    BalasHapus
  25. Nama: KHAERUNNISA
    Twitter: NhisaMinoz75
    Link share: https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/805893503964291073?p=v
    Alamat: Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    Waktu sekolah dari SD sampai SMA aku lebih suka pelajaran Agama dan Sejarah kenapa? Karena 2 pelajaran ini sangat menarik buat saya, kita diajarkan tentang perjuangan, pembelaan, dan banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dari ke dua pelajaran ini. Di agama kita diajarkan perjuang Nabi Muhammad SAW, dalam membela Islam, sedangkan di Sejarah kita juga mempelajari tentang Perjuangan para Pahlawan dalam membela Indonesia. Pembelajaran yang kita dapat di ke dua pelajaran ini sangat banyak salah satunya kita diajarkan untuk menghargai perjuangan yang mereka lakukan dengan taat kepada agama dan menerapkan ajaran ajarannya, serta menjadi anak bangsa yang berkarya dan bermanfaat untuk bangsa agar perjuangan para pahlawan dalam membela bangsa kita tidak sia-sia.

    BalasHapus
  26. Nama: Afiyatul F.
    Twitter: @afi_iput
    Link share:
    https://twitter.com/afi_iput/status/805904097710784514
    Domisili: Yogyakarta

    Kalo ditanya gini pas masih SMP, aku pasti jawab matematika. Tapi karena ditanya sekarang, maka jawabanku adalah kimia. Aku suka kimia sejak kelas X. Alasan awalnya bukan karena materi ajarnya sih, tapi karena gurunya. Beliau sangat keibuan dan cara ngajarnya bikin belajar kimia jadi lebih nyaman. Gak pilih kasih antara yang rajin sama males. Enak pokoknya. Dan yang pasti, beliau juga yang menginspirasiku buat jadi guru kimia hingga aku memutuskan kuliah jurusan Pendidikan Kimia. *sekarang lagi nunggu jadwal sidang skripsi. Mohon doanya, Kak Rizky*

    BalasHapus
  27. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/805983808902205440
    Domisili: Makassar

    Pelajaran favoritku akuntansi. Waktu SMA sih di gabung ekonomi-akuntansi. Tapi, selama menuntut ilmu, aku lebih condong ke akuntansi di banding ekonominya. Alasannya mungkin karena aku lebih suka menghitung dibanding menghapal tapi gak suka juga lihatin rumus-rumus ajaib di pelajaran ipa. Dan yah.. jadilah akuntansi ku nobatkan sebagai pelajaran yang paling ditunggu tiap minggunya, haha. Akuntansi itu beda, cukup tau nambah, kurang, kali dan bagi itu udah bolehlah untuk mendalami pelajaran ini. Sesuai dengan aku, suka menghitung tapi gak pernah suka rumus yang berat-berat. Apalagi kalau pas pelajaran ataupun ujian kalkulator bisa bebas digunain untuk pelajaran ini. Jujur, sejak kenal pelajaran ini aku gak pernah menyesal masuk ke ips. Bisa bersahabat dengan kalkulator buat ngitung uang berjuta-juta rupiah yang walaupun gak nyata justru menjadi kesenangan tersendiri buatku. Dan seperti anak kecil yang bahagia hanya karena di kasih permen, ngerjain jurnal atau laporan keuangan yang udah seimbang saja aku senangnya bukan main hahaha. And then, one step closer untuk aku bisa se-profesi dengan Leandra tapi dengan mata pelajaran favoritku tersebut 😊😊

    BalasHapus
  28. Nama : Fatma
    Twitter :@fatma9526
    Link Share : https://twitter.com/Fatma9526/status/805979325556105216
    Domisili : Makassar


    Pelajaran favorit saya adalah Ekonomi. Alasannya karena melalui pelajaran ini saya lebih termotivasi mengetahui bagaimana perekonomian negara ini. Mengetahui ketertinggalan saya sebagai anak bangsa untuk ikut nimbrung mengenal dunia ekonomi. Melalui pelajaran di SMA saya mulai tau penyebab Indonesia masih tergolong sebagai negara berkembang dan menelusuri upaya yang bisa untuk memperbaikinya. Nah tak kalah penting juga, sosok yang mengajarkan mata pelajaran ekonomi memiliki pembawaan yang spirit, cerdas, dan kemampuan intelektual bagus. Jadinya dari situlah saya jatuh hati dengan pelajaran ekonomi

    BalasHapus
  29. nama : Farida ENdah
    Twitter : @farida271
    Link Share : https://twitter.com/farida271/status/806014579926937601
    Domisili : Pacitan-Jawa Timur
    jawaban :
    Pelajaran Fav aku adalah matematika karena aku termasuk lemah dalam hal menghafal. dan aku juga menyukai dengan matematika. seperti ada kebanggan sendiri jika bisa menyelesaikan satu soal.

    BalasHapus
  30. Nama : jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Kota tinggal : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/806098102776041474

    Jawaban : Pelajaran yang disukai.
    Kalo aku pribadi suka pelajaran bahasa indonesia. Kenapa ? Karena aku suka baca. Hehe. Jadi pas pembagian buku bahasa indonesia di awal semester itu, pasti semua bacaan di buku udah kubaca semua. Rajin yaa πŸ˜€
    Selain itu, pelajaran bahasa indonesia tugasnya menurutku lebih realistis pas dikerjakan, kebetulan guru bahasa indonesia ku punya metode pembelajaran khusus, jadi aku cepat paham dan tanggap. Paling suka pas ada tugas mengarang bebas. Udahlah itu, nggak berasa nulisnya tiba tiba uda dapet selembar bolak balik. Hihi

    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  31. Nama :Chaerawati
    Twitter : @chaeraawati
    Link share : https://twitter.com/chaeraawati/status/806127518755360768
    Domisili : Makassar
    Jawaban:
    Pelajaran favorit saya adalah Biologi dan Bahasa Arab.
    Kenapa Biologi? Saya sangat senang mempelajarinya, karena di Biologi ada di mana-mana, termasuk kita bisa mempelajari tubuh kita sendiri yang bahkan tidak pernah terbayangkan sistem di dalamnya bekerja begitu kompleks dan sangat sempurna diciptakan oleh Allah. Dengan Biologi juga, saya belajar untuk bersyukur karena dikarunia oleh Allah, karena coba bayangkan jika satu jenis sel atau bahkan satu jenis organel saja di dalam sel itu tidak ada, maka akan lain pula kehidupan yang kita alami sekarang.
    Kenapa Bahasa Arab? Karena Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an,dan tentunya bahasa kita sewaktu di alam barzakh kelak :)
    Jadi dengan menyenangi kedua pelajaran ini, sudah bisa dibilang sepaket lengkap karena Biologi untuk dunia, dan Bahasa Arab untuk akhirat :)

    BalasHapus
  32. Nama: Khuznul Hatimah
    Domisili: Makassar
    Twitter: @khuznul_nhunu
    link shared: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/806141885253197824

    Jawaban:

    Mapel favoritku adalah Sejarah dan Matematika. Kenapa? Pertama, tanpa sejarah qta tidak akan tahu asal-usul segala hal yang ada di dunia ini dan dengan sejarah qta mampu menghormati, menghargai dan menunjukkan rasa Cinta kasih terhadap hasil sejarah tersebut. Matematika adalah mapel yang paling menantang menurut aku selain itu mapel matematika mengajarkan qta akan pola pikir yang kritis, sabar dalam melakukan penyelesaian dan mau kerja keras dalam prosesnya. Tanpa mapel Matematika dan Sejarah qta akan buta terhadap perkembangan baik perkembangan teknologi yang menjunjung perhitungan matematika kritis dan sejarah terciptanya teknologi itu sendiri. So, jangan pernah takut belajar matematika dan sejarah mungkin pertama mengenal yang ada di otak dan pikiran adalah susah krna banyak angka-angka dan susah sejarah karena banyaknya teori tetapi dengan adax kedua mapel tersebut qta bisa terbuka dalam menghadapi perkembangan zaman...

    BalasHapus
  33. Nama : Rizky Tria Octasiana
    twitter : @Octannow_
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/806150953917239296?p=v
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka?
    Favorit? Emm.. Sebenernya semua pelajaran memiliki kelebihan sendiri-sendiri ya. Nah aku memfavoritkan beberapa materi dasar Kompetensi keahlian (prodi TKJ). Ada Simulasi digital (pengelolaan kelas maya di app edmodo), lalu Rancang bangun jaringan (materi hubungan komputer internet, pengalamatan jaringan, pemanfaatan internet, dll) entah kenapa aku suka sama materi seperti itu, kelebihan memvaforitkan materi semacam itu tuh aku jadi paham soal internet serta seluk beluknya, dari permasalahan sampai penyelesaiannya, lalu bisa berkreasi buat game sendiri. Walaupun materinya hrs berkutik sama script code mulu & harus ngadepin layar laptop berjam-jam cuma buat nentuin code yang pas, tapi seru lah. Mumet tapi kalo udah berhasil rasanya itu seneng bukan main, ada kepuasan tersendiri. Guru yang ngajar pun ganteng (poin plus kan, hehe)
    Ya meskipun gak dipungkiri juga aku memvaforitkan materi umum kayak matematika, b.indo, b.ingg, dll karna guru yang ngajarnya enak, easy going, neranginnya gampang dipahami, friendly sama murid, bisa diajak candaan, intinya gak killer lah ya aku suka sama pelajarannya. Cara guru mengajar yang mengakibatkan pelajaran tsb naik ke level favorit.  

    BalasHapus
  34. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Link share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/805627592900386816
    Domisili: Pekanbaru

    Pelajaran favoritku:
    1. Dulu dari sd pelajaran favoritku adalah mtk. Pelajaran mtk waktu itu mirip puzzle-puzzle yang menyenangkan untuk diikuti. Bagaimana logika dan segini kali segini sama dengan segini bagi segini dan balik-balikkan lagi jadilah angka yang itu-itu aja. Semacam asah logika sambil bermain, begitu mtk untukku.

    2. Sampai waktunya smp, aku berkenalan dengan TIK. Komputer itu seru dan ada gamenya. Saat itu mtk masih jadi nomor satu, tapi TIK kemudian mulai mencuri hati. Apalagi ruangan AC dan pelajaran ms excel serta beberapa materi lain. Tapi, tetap aja ms excel yang aku suka itu awalnya ada dari mtk. Yasudah aku masih suka mtk

    3. Lalu sma. Pelajaran mtk bukan lagi soal logika, tapi lebih ke arah konstruksi bangunan. Ribet. Dan mtk menyingkir, tapi tetap aja pas kelas 3 mtk balik lagi

    Jadi walaupun aku bingung pelajaran favoritku apa, tapi aku jawab MTK aja. Karena pelajaran matematika itu bukan cuma sekadar ngitung-itung, tapi ada pelajaran logikanya juga, yang dalam bahasa Indonesia disebut sebab-akibat. Dan selain bisa dibawa ke dalam Bahasa, mtk juga bisa dibawa ke dalam pelajaran lain, serta bisa dibawa ke lingkungan masyarakat secara langsung.

    BalasHapus
  35. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/806452972662046724

    Pelajaran favorite?
    Bahasa, karena dengan kata-kata aku bisa merangkai khayalan, menuliskan impian dan bisa menyampaikan kepada khalayak ramai dengan verbal. Pelajaran bahasa itu gak rumit tapi asik. harus peka sama keadaan lingkungan yang membuat kita menjadi banyak kenalan. TOP dah pokoknya pelajaran ini.

    BalasHapus
  36. Nama : Tri Indah Permatasari
    Twitter : @LiebeIs0503
    Link share : https://mobile.twitter.com/LiebeIs0503/status/806674304356093952?p=v
    Domisili : Palembang

    Apa pelajaran favoritmu, kenapa kamu suka?

    Olahraga!!!

    Kenapa? Karena hanya disaat jam pelajaran olahragalah aku bisa merasa bebas dan tidak tertekan. Merilekskan diri dengan alam secara langsung. Ntah lagi cuaca panas, sejuk, dingin, pokoknya olahraga selalu menyenangkan meskipun aku tidak terlalu pakar dalam setiap jenis olahraga. Dan aku...entah kenapa selalu akrab dengan semua guru olahragaku. Kalau kata temanku itu, aku orangnya tomboy kalau diajak olahraga apa aja mau. Walaupun teriknya matahari membuat dapat menyebabkan kulit bakalan jadi hitam tapi aku ngak manja kayak anak cewek lain yang dikit-dikit protes minta istirahat atau memilih belajar dikelas ngisi LKS. Bahkan aku punya nama panggilan spesial loh dari guru olahraga SMAku "Anang, Ino". Hayo, ada yang tau artinya apa?? Anang/Lanang = cowok dan kalau Ino/Betino = cewek, jadi singkat kata aku ini lelaki perempuan yang jadi satu...hehe ditambah potongan rambut yang pendek. Lengkap sudah. Apalagi aku banyakkan maen sama anak cowok. Lebih nyaman dan Seru!!!

    BalasHapus
  37. Nama : Dian Nur Ainni
    Twitter : @ainni_dian
    Domisili : Bekasi
    Link https://mobile.twitter.com/account

    Mata pelajaran apa yg disukai?

    Untuk saat ini
    Matematika

    Aku itu tipe orng yang suka sama pelajaran nya karena gurunya. Nah, aku lg suka sama matematika karena penyampaian gurunya gampang dimengerti sama muridnya dan gak berbelit - belit.

    BalasHapus
  38. Nama : Silvy Rianingrum
    Twitter : berryfledge
    Link share : https://mobile.twitter.com/berryfledge/status/806753618342748160
    Domisili : Bekasi

    Jawaban : Pelajaran kesukaanku adalah sejarah. Kenapa sejarah? Aku suka banget cari tahu tentang hal-hal yang terjadi di masa lalu, bahkan yang terjadi sebelum aku lahir. Dengan belajar sejarah, aku bisa mempelajari negara lain dan bahkan latar belakang mereka. Aku bisa memahami arti perjuangan dan bisa lebih menghargai banyak hal. Aku juga suka karena guruya baik bangettttttt, beliau tau aku sempat jadi pecandu kopi dan selalu berdoa biar aku engga jadi perokok xD guruku ini perempuan dan beliau selalu dukung aktivitas menulis dan membacaku. Top bangetttt.

    Waktu aku mau ikut lomba nulis, beliau bilang "kamu ikut lomba nulis? Cerpen? Ibu dukung kok. Semangat ya kamu!"

    Selain karena pelajarannya, aku semangat belajar karena gurunya yang luar biasa pengertian dan baik!^^

    Kusayang deh hehe<3

    BalasHapus
  39. Nama : Siti Nuryanti
    Twitter : @NelyRyanti
    Link share : https://twitter.com/NelyRyanti/status/806764724918501376
    Domisili : Depok

    Pelajaran yang di suka saat SMA adalah Sosiologi
    Saya jurusan IPS, jadi sebagian besar pelajaran sosial, seperti Sosiologi, Sejarah, Antropologi,Ekonomi. Sebenarnya saya suka semua pelajaran tentang sosial, makanya saya masuk jurusan itu, meskipun harusnya nilai-nilaiku bisa masuk ke IPA

    Tetapi paling suka Sosiologi, karena pertama gurunya menarik (bukan ganteng atau cantik yaa..) tetapi menarik cara membawakan pelajaran sosiologi...kalian tahu kan ilmu sosial itu identik dengan hafalan, dan seringnya membuat siswa mengantuk. Dan saya entah mengapa selalu mudah menghafal, bahkan tanpa menghafal apa yang disampaikan guruku langsung teringat terus. Guru favoritku deh :)


    BalasHapus
  40. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/806822371633963008
    Domisili: Palembang

    Matematika. alasannya karna mengasyikan bisa mencari banyak cara hanya untuk menyelesaikan satu jawaban pasti.

    BalasHapus
  41. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/806862420614344706
    Malang, Jatim.

    Penjaskes aka Olahraga. Padahal bisa dibilang aku payah dalam bidang latihan fisik, nggak jago dalam cabang olahraga apapun (paling sekedar bisa dan tau caranya aja) tapi tetep aja pelajaran ini adalah pelajaran yang paling dirindukan sejak kuliah.
    Nggak ada lagi kewajiban tiap minggu bangun pagi2, pemanasan, lari keliling lapangan lalu melakukan materi hari itu. Nggak lagi ngerepotin temen karena ikut ngendon ke rumahnya buat numpang mandi dan ganti baju. Nggak lagi pucat pasi memandangi pilihan ganda pada lembar soal UAS hahaa..
    Olahraga itu pelajaran paling menyenangkan, paling menyehatkan dan paling bagus buat penampilan *eh* kebayang deh seminggu sumpek ngafal rumus atau mengingat materi, pas olahraga rasanya bisa refresh, capek yang nyegerin. Nah, kalo udah kuliah jarang banget bisa olahraga. Nggak ada embel2 wajib kayak pas sekolah. Seringnya dikalahin sama mood yang kadang naik turun karena nggak ada temen bareng jadi nggak semangat deh.

    BalasHapus
  42. Nama:Puji Nur Aini
    Twitter: @pujina__
    Link share:https://twitter.com/Pujina__/status/806868638380670976
    Domisili: Banjarnegara

    Pelajaran favoritku, seni budaya kak wkwk. Aku suka seni, aku hobi gambar, hobi nyanyi juga. Pelajaran paling santai dan nggak ngebosenin. Kita bebas berkarya di pelajran seni. Meskipun ngehafal teorinya lumayan susah, apalagi kalo urusannya sama tokoh pelukis, pablo, salvador dalu, ouch pusing. Tapi, seni itu mengasyikkan. Ada satu hal yg buat aku berkesan dari pelajaran seni sampai sekarang, yaitu waktu pratek bikin batik. Astaga seru abis, pelajaran tapi jalan jalan ke tempat pembuatan batik. Aduh, jadi inget guru seni pak afgan(i) sama pak bastian. Yha, namanya sama kek artis ya πŸ˜…. Btw, aku baca jawabannya kenapa banyak yg suka matematika πŸ˜– matematika bikin mules jir /okgapenting/

    BalasHapus
  43. Nama : Meilina Istanti
    Twitter : @Meic_Chan
    Link share : https://mobile.twitter.com/Meic_Chan/status/806870846048501760?p=v
    Kota tinggal : Banyumas
    Jawaban :
    Pendidikan Agama Islam (PAI)

    Alasannya?
    1. Aku suka gurunya, walaupun setiap naik kelas beda guru, aku selalu suka.
    2. Mudah dipahami juga
    3. PAI selalu membuatku ingat Allah
    4. PAI tidak membuatku degdegan, hehe
    5. Aku suka saat ulangan harian, krn mapel PAI sering bisa ditebak tipe soalnya. Hehe, udah itu aja. :))))

    BalasHapus
  44. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/806852894347522049

    Aku suka pelajaran kimia dan fisika. Seriously, karena aku ini seorang hamba sahaya dari mata kuliah chemistry and physic. Paling mabok waktu dijejali mata kuliah kimia fisika. Ampoooon! 2 racun dijadiin satu, apalagi pas ketemu di matkul termodinamika. Yasalam.

    Terlebih aku suka dengan filosofinya yang bisa dikaitkan dengan kejadian hidup sehari-hari. Kata guru dan dosenku dulu, semua hal di dunia ini nggak ada yang nggak berhubungan dengan proses kimia dan fisika. Pada makanan, pada obat, pada baju, pada mainan, pada perabotan, pada elektronik, pada tumbuhan, pada tubuh manusia, pada kendaraan, pada perut bumi, pada makhluk halus, dan lain-lain. Bahkan pada contoh paling absurd sekalipun.

    Misalnya seperti ini, ada kemacetan di tengah jalan karena sebuah pohon besar tumbang. Hari sedang hujan deras. Tidak ada orang yang mau menyingkirkan pohon itu. Kemudian ada satu anak kecil dengan sekuat tenaga mendorong pohon yang mungkin 200x lipat dari berat badannya. Ia sendirian mendorong seperti orang bodoh. Kemudian pengendara lain yang pada putus asa menunggu macet melihat anak kecil itu dan tergerak untuk ikut mendorong. Hingga ratusan orang juga membantu anak itu.

    Nah, hal ini juga termasuk proses chemistry, lho. Anak itu memancarkan energi positif yang tertangkap dan terdifusi oleh manusia lainnya dan akhirnya memantul lagi kepada yang lain, sehingga kebaikan itu terus menular.

    Dosen-dosenku terus menjejali kami dengan contoh-contoh kecil seperti momentum pada tetesan air hujan, rentetan chain pada polimer, kenapa air mata kesedihan turunnya di sudut dekat hidung dan terasa lebih hangat serta rasanya lebih asin, apa hubungan antara hampa udara dengan hampa pada lagu Ari Lasso (iyes! believe it or not, yang ini juga sempet dibahas oleh beliau), dan fakta-fakta lainnya yang menggugah hingga membuatku menyunggingkan senyuman atas kebenarannya. Tuhan Maha Besar.

    Kimia dan fisika termasuk pelajaran eksak yang menuntut pada pemikiran logis dan kritis. Kalau belum ketemu jawaban pada suatu masalah rasanya belum lega. Suatu kebenaran yang terbukti secara medis, kimiawi, fisika, sekecil apa pun membuatku bersyukur bahwa ilmu di dunia ini sangat luas dan kita ini makhluk yang bodoh, untuk apa jadi sok pintar padahal ilmu kita ternyata baru seujung kuku.

    Manfaat lain dari 2 pelajaran ini adalah membantuku membentuk pola pikir yang harus berdasarkan logika. Nggak percaya banget sama mitos-kitos kalau belum diuji. Malahan dari kisah proses chemistry si anak kecil itu telah menginspirasi dan memacu semangatku untuk terus bisa berjuang demi mendapatkan apa yang aku inginkan meski aku sendirian. :)

    BalasHapus
  45. Nama : Vadia Rahman Salsabila
    Twitter : @vadiamendes98
    Link : https://twitter.com/Vadiamendes98/status/806980266971385856
    Domisili : Sukabumi

    Aku suka sama pelajaran BAHASA INGGRISS! :*
    Dududu, alasannya karena, aku suka banget sama bahasanya yang enak pas diucapinnya, terus lebih mudah dipelajari dibanding bahasa-bahasa yg lain T.T. Selain itu aku belajar bahasa Inggris karena aku suka sama musik-musik barat, ya belajar bahasa inggris biar ga keliatan bego-bego amat dengerin lagu inggris tapi ga tau artinya.-. , walaupun kalo liat film barat tanpa translate belum bisa dimengerti :v
    Saat ulangan juga aku ngerasa pinter :v dimana biasanya aku yg nanya ke temen, tapi di pelajaran ini malah aku yang ditanyain temen, ya seenggaknya ga selalu meminta tapi bisa berbagi *lah :v
    Malah aku lebih bisa ngisi soal bahasa inggris dibanding bahasa Indonesia T.T (duh aku ngerasa gagal jadi orang Indonesia :v ) karena soal-soalnya ga belibet ke bahasa Indonesia :v , dan lagian ya kalo udah tau artinya, soal bahasa Inggris itu mudah banget, anak SD aja bakalan bisa jawab kalo udh ditranslate ke Indonesia :v
    Dari kecil aku suka sama game, jadi pas main game dapet ilmu bahasa inggris sedikit walau cuman tahu arti 'Continue' sama 'Play' doang :v
    Terus aku juga suka pelajarang ini karena, dari SD sampe sekarang gurunya seru-seru. Santai tapi serius.-. nah itu katanya mottonya :v mereka emang suka ngasih tugas yg numpuk T.T dan diharuskan terpakainya kuota untuk translate, tapi mereka ngajarin setiap kata/kata kalimat/kalimat nya itu tekun banget, abis belajar ini diajarin bikin kalimat negative, postive, introgtive, cara bikin kalimat pake past participle dll deh :v jadi aku sekarang bisa sedikit banyaknya mengerti bahasa Inggris karena mereka dan sisa-sisanya aku dapetin dari cari translatean lirik lagu waktu dulu sama game-game yang sering aku mainin :v


    Dan sebenernya faktor seseorang menyukai sebuah pelajaran itu hanya dua :
    -Pelajarannya emang menyenangkan
    -Guru yang mengajarnya yang menyenangkan

    (Terlepas dari faktor lain seperti : adanya gebetan, mantan, selingkuhan dll :v)

    Dan aku rasa B. Inggris memenuhi kedua faktor ituu :*

    BalasHapus
  46. Nama : Veni Nur Agustin
    Twitter : @VeniNurA
    Domisili : Pangandaran
    Link : https://mobile.twitter.com/VeniNurA/status/807021067038375936?p=v

    Well, pelajaran favorite saya itu Bahasa Inggris. Kenapa? Karena mempelajarinya itu mengasyikan. Pokoknya kita jadi tahu banyak hal plus berasa kece aja kalau bisa ngomong Bahasa Inggris gitu hehehehe

    BalasHapus
  47. Nama : Putu Sulistya Wardani
    Twitter : @GirlsTya18
    Domisili : Singaraja, Bali
    Link : https://twitter.com/GirlsTya18/status/807052005407498240

    Pelajaran favoritku adalah Biologi dan Bahasa Indonesia. Kenapa Biologi? Karena aku suka mempelajari apapun mengenai makhluk hidup. Tentang organ-organ tubuh manusia misalnya. Lalu aku juga suka meneliti seperti tanaman dan hewan yang ada di alam.

    Kenapa Bahasa Indonesia? Karena aku suka membaca, baik itu berupa materi, cerita, puisi dan lainnya. Bagiku, membaca itu menyenangkan. Dengan membaca materi, aku bisa tahu hal yang awalnya aku nggak tahu. Dengan membaca sebuah cerita, aku bisa belajar dari kata-kata yang digunakan mungkin berupa kata khiasan, kata baku, tidak baku maupun lainnya yang tentunya menambah wawasanku di bidang kepenulisan. Puisi juga, aku bisa mengetahui maksud dan makna yang terkandung di dalamnnya. Jadi ya begitu lah alasanku menyukai pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia, hehe.

    BalasHapus
  48. Nama: Larasati Dwika
    Twitter: @larasatidwikap
    Domisili: Bandar Lampung, Lampung
    Link Share: https://twitter.com/Larasatidwikap/status/807097115281211392?s=06



    Pelajaran favorit gua matematika dong hehe. Kenapa? Matematika itu gak rumit serumit orang2 kalo lagi galau atau patah hati mau pake seribu rumus pun kayaknya tetep susah buat nyelesain masalahnya sendiri, matematika itu cuma punya satu rumus tapi bisa nyelesain semua X yang harus dicari dan ditanya di soalnya. Selain itu, matematika juga bisa digunain buat masalah2 di kehidupannya kita kecuali masalah percintaan pastinya wkwk. Matematika itu banyak manfaatnya, contohnya kalo lo minat dibidang fisika or kimia, matematikanya lo juga harus bisa karna di dua pelajarin itu digunaiin banget buat itung-ituangan nya kan. Ga cuma itu aja, Matematika juga dipake disemua pelajaran juga kok, terutama kalo kita lagi ngoreksi jawaban dan penilaiannya kan tetep pake rumus yg ada di mapel matematika(+-*:). Contoh laen kegunaan mapel matematika, kalo kita kepasar mau beli sesuatu pasti kalo uang kita lebih penjualnya pasti ngembaliinkan dan disitu rumus matematika dipake lagi. Jadi kenapa mapel matematika itu favorit gua karna matematika itu lebih ke universal. Bisa digunaiin kapan, dimana dan sama siapa aja.

    BalasHapus
  49. Nama :Dini Auliana
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Domisili :Lampung Tengah
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/807168154686238720

    Jawaban :Bahasa Inggris. Waktu SMP gurunya itu sangat easy going, sering memberikan cerita-cerita untuk di terjemahkan. dari situ kita jadi mudah menghafal dari kata per kata yang diterjemahkan. Gurunya Selalu mengadakan kuis, dan diberi nilai plus jika bisa menjawab. semua murid semangat berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai. Alasan yang utama yaitu karena bahasa Inggris adalah bahasa yang universal. jadi bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan dimanapun.

    BalasHapus
  50. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/806100716733407232
    domisili: Sidoarjo, SUB

    jawaban:
    Pelajaran favoritku adalah Bahasa Indonesia dan Fisika.
    banyak orang yang meneyepelehkan dan memandang sebelah mata pada pelajaran Bahasa Indonesia.
    mereka menganggap remeh bahasa kita, padahal jika di telisik ulang, bahasa Indonesia tidak semudah yg mereka kira. sama seperti pelajaran lain yg cukup rumit, banyak aturan pada penggunaan Bahasa Indonesia. Dan sebagian orang salah dalam menerapkan, terutama pada kegiatan tulis menulis.

    sedangkan untuk Fisika.
    pelajaran yg sama spt bahasa Indonesia, sering dipandang sebelah mata. namun jika bahasa indonesia terletak pada statement yg menurut mereka mudah dan tidak perlu dipelajari secara khusus, beda dg fisika yg dianggap sebagai "Momok" para pelajar karena rumus yg menakutkan.

    Fisika tidak selalu berkaitan dengan rumus tetapi menggunakan logika berpikir.
    Ilmu Fisika selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sebenarnya tanpa sadar, setiap orang selalu menerapkan hukum fisika. Misalnya, mengapa berjalan di tempat yang licin itu lebih sulit dibandingkan di tempat yang kasar. Di situlah Ilmu Fisika bekerja, bahwa jalan yang licin itu gaya geseknya lebih kecil dibandingkan dengan jalan yang kasar sehingga gaya penahan kaki kita lebih kecil. Makanya kita sering terpeleset ketika berjalan di jalan yang licin.
    Salah satu penyebab persepsi negatif tentang fisika adalah bahwa ilmu tersebut seringkali diajarkan tanpa penghayatan sehingga terasa menyebalkan. Padahal, melalui fisika kita dapat mengetahui banyak hal.
    Dengan Bahasa Indonesia dan Fisika imajinasi saya lebih berkembang dan lebih sering berekspresi. mengajari saya agar memandang sesuatu dari sudut yg berbeda sebelum mengkritisi sesuatu. seperti pepatah yg familiar dikalangan penulis maupun pembaca "Dont judge book by its cover".

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Nama : Hikmi Husni Ishlahina
    Akun Twitter : @lailiyah_anis
    Link Share : https://mobile.twitter.com/lailiyah_anis/status/807215883634343936?p=v
    Kota Tinggal : Jember

    Sejarah.

    Pelajaran favorit sepanjang masa, apalagi kalo udah nyampe bab Kerajaan-Kerajaan di Nusantara, itu aku sukaaaaa banget. Dari kecil, waktu masih MI aku emang udah nunjukin ketertarikan yang sangat dengan sejarah, aku suka ngumpulin buku-buku sejarah, mulai dari sejarah walisanga, sejarah para pahlawan bangsa, sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia. Apapun lah, yang penting berhubungan dengan sejarah. Untuk novel pun aku paling suka dengan genre fiksi sejarah. Sangat menyukai novel-novel klasik karya Pramoedya Ananta Toer dan Langit Kresna Hariadi. Novel-novel angkatan Balai Pustaka. Sampai cerita-cerita silat karya S.H. Mintardja.

    Kenapa suka sejarah? Aku juga bingung jawabnya, mungkin karena aku suka segala sesuatu yang berbau klasik, yang kuno-kuno gitu. Bahkan aku anaknya juga kuno banget (alias gaptek) wkwkwk. Atau mungkin juga ini karena gen dari Ibu yang juga penggila sejarah (wkwkwk, gen? Emang biologi) bahkan tak jarang aku berdebat dengan Ibu karena terkadang kita mempunyai penafsiran yang berbeda tentang sejarah yang pernah terjadi.

    Yang jelas menurutku sejarah itu sangat penting dipelajari baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kita jangan sampai melupakan sejarah karena dari sejarah itulah kita bisa mengetahui darimana asal kita, bahkan dari sejarah kita bisa mendapatkan pengalaman untuk tidak berbuat kesalahan yang sama di kemudian hari.

    Wish me luck.
    Terimakasih atas kesempatannya :)

    BalasHapus
  53. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/807225825921617921
    Domisili: Tangerang

    Pelajaran favoritku itu Bahasa Inggris. Soalnya dalam pelajaran itu, aku merasa jadi orang normal yang bodoh banget dan nggak bisa apa-apa. Tapi karena itu, aku malah suka. Bahasa Inggris bisa buat aku merasakan perkembangan dalam kemampuanku sendiri setiap harinya. Dari yang dulu cuman tahu kata-kata familiar, sekarang mulai paham walau kalimatnya banyak. Kadang kalau ada kalimat hasil terjemahanku yang nggak nyambung, aku mikir lagi, apa yang salah? Nyatanya, otakku juga ikut berperan. Logikaku jalan berusaha menghubungkan. Dan ketika kalimat itu sempurna, aku seperti merasakan kepuasan tersendiri.

    BalasHapus
  54. nama: Leny
    akun twitter: @Lynlainy17
    link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/807136451116679168
    kota tempat tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan
    jawaban: pelajaran favoritku adalah sejarah. Aku suka pelajaran sejarah karena dari belajar sejarah aku jadi tahu tentang sejarah-sejarah bangsa Indonesia, bagaimana perjuangan para pejuang untuk kemerdekaan Indonesia, bagaimana dulu ketika Indonesia dijajah, bagaimana peristiwa G30SPKI dan sebagainya. Dari situ aku bisa belajar banyak dan mendapat pengetahuan yang luar biasa. Selain itu aku suka pelajaran sejarah, karena pelajarannya mudah diikuti, guruku juga asyik dalam penyampaian materinya sambil cerita gitu, jadi seru banget.

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design