Kamis, 08 Desember 2016

[Book Review] To Be With Mr.Popular

Judul Buku : To Be With Mr. Popular

Penulis : Gemscribble

Penerbit : Moka Media
Tebal : 410 Halaman
Terbit : Oktober 2016

Berawal dari perkenalan singkat di Omegle, Jasper, cowok popular dan menjadi incaran banyak cewek di kampus, jadi gencar mendekati Fany.


“Kenyataannya, Fany tak ‘sebiasa’ yang Jasper pikir sebelumnya. Fany tak mudah untuk didapatkan. Terlebih, ketika dia mengetahui fakta bahwa ternyata Fany adalah mantan pacar Alex, rival abadinya. Fany jelas bukan tipikal umum target incaran Alex. Jasper tahu benar tentang hal itu. Fakta tersebut semakin mendorongnya untuk mencari tahu apa yang istimewa dari cewek itu. Fany yang tidak percaya bahwa Jasper mendekatinya, akhirnya tahu satu hal; Alex dan Jasper adalah rival. Itu artinya, Jasper ….”

------------------------
To Be With Mr. Popular merupakan novel debut dari Gemscribble. Sejak melihat covernya jujur aku sudah jatuh hati dan makin dibuat penasaran dengan sinopsisnya, bagaimana seorang cewek biasa-biasa saja akhirnya dekat dengan seorang cowok populer di kampusnya.

Secara ide sederhana sekali, tapi gaya menulis Gemscribble membuatku jatuh hati dan betah membaca sejak halaman awal. Dikisahkan Jasper dan Tiffany tak sengaja bertemu di situs Omegle, sebuah situs yang terkenal jadi tempat untuk chatting dengan seseorang yang asing.
"Logikanya, separah apa pun populasi di sini harusnya ada sampel yang nggak atau belum terkontaminasi kan? Harusnya ada." (Halaman 4)
Berawal dari sebuah keisengan, mereka akhirnya berkenalan. Awalnya terkesan biasa saja, saling berbalas chat, akhirnya malah ketahuan kalau mereka berdua ternyata berasal dari kota yang sama. Jazz yang pada akhirnya dengan pedenya malah mengatakan bahwa dia sudah mengenal Fany, membuat Fany bingung bagaimana Jazz bisa mengetahui dirinya. 

Hingga kemudian keesokan harinya, Fany secara tidak sengaja bertemu dengan Jazz, cowok populer di kampusnya dan malah ingatannya pun kembali ke isi chatnya kemarin dengan seseorang bernama Jazz yang dikenalnya di Omegle. Apakah mungkin Jazz ini orang yang sama? Tapi, kenapa cowok sepopuler itu malah berkeliaran di Omegle?

Apalagi Fany merasa bahwa dirinya tidak istimewa, bukan gadis populer di kampusnya, jadi berasa tidak mungkin Jazz mengenalnya. Apalagi keduanya berbeda jurusan, jadi kemungkinannya kecil sekali. Hal yang berbeda dengan Jasper, yang biasa dipanggil Jazz. Siapa di kampus yang tidak mengenalnya, tipikal cowok yang punya sejumlah kriteria yang menjadi magnet wanita. Apalagi Jazz punya senyuman yang memikat. 

Singkat kata, mereka akhirnya dekat bahkan kemudian Jazz mendeklarasikan diri mereka berdua sebagai sepasang kekasih. Fany malah terkesan tidak menolak, juga tidak menyetujui malah membiarkan semuanya terserah Jazz. 

Sampai suatu saat Alex, mantan Fany muncul kembali dan ada seseorang yang diam-diam ternyata menaruh perhatian terhadap Jazz, apa yang akan terjadi? Bagaimana akhir kisah Jazz dan Fany? 
"She may looks ordinary, but if you look closer, she's not that ordinary." (Halaman 75)
Membaca novel ini begitu menyenangkan, bagaimana perkenalan iseng di Omegle bisa membuka percakapan hingga pertemuan di dunia nyata. Dunia yang terasa sempit, ternyata Fany dan Jazz sekampus walau beda jurusan. Hingga kemudian satu per satu terkuak, bahwa Fany adalah mantan kekasih Alex, rival sejak lama dan semakin mengenal Fany, Jazz malah jatuh penasaran.

Awalnya Jazz hanya iseng menolong Fany yang begitu ketakutan bertemu kembali dengan Alex, bermaksud untuk menolongnya. Jazz malah mengakui bahwa mereka sepasang kekasih. Pernyataan yang langsung menyebar ke seluruh kampus, apalagi berita ini sungguh mengejutkan. Tapi Jazz sama sekali tidak ingin meralat bahkan ingin mencoba mengenal Fany lebih dekat.

Mereka pun jadi sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Akhirnya kenyaman pun sulit untuk dihindari. Jazz akhirnya tidak bisa menolak ketika rasa penasarannya berbuah rasa sayang sungguhan terhadap Fany, tetapi Jazz tidak pernah tahu perasaan Fany.

Kemunculan Alex kembali, dan sahabat Jazz sendiri mengakui perasaan terhadapnya, membuat hubungan mereka menjadi semakin rumit. Kesalahpahaman, kecemburuan kemudian malah membuat masalah sederhana menjadi begitu rumit. 
"Kalo gue bisa gue nggak bakal milih untuk jatuh ke cowok kayak Jasper. Lo tahu gimana gue jauh beda sama lingkungan yang dia punya. Tapi gue nggak bisa milih. Gue sayang sama dia." (Halaman 353)
Aku gak menyangka novel setebal 400 halaman ini akan membuatku penasaran dengan kisahnya. Diceritakan dari sudut pandang Jazz dan Fany secara bergantian, aku bisa memahami dan mengerti apa yang mereka rasakan satu sama lain. Perkenalan di Omegle, pertemuan pertama di kampus hingga berujung kedekatan keduanya. Semuanya terasa mengalir begitu saja, bagaimana dua orang yang tak saling mengenal akhirnya bertemu dan bahkan menjalin suatu hubungan.

Gemscribble benar-benar membuat kisah sederhana ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diikuti. Kisah romansa yang ringan tetapi membuatku terhibur, walau sejak awal aku bisa menebak akan dibawa kemana kisah ini, tetapi aku begitu menikmati kisah Jazz-Fany sejak halaman awal hingga akhir.

Pergulatan batin keduanya hingga chemistry yang perlahan-lahan terbangun, hingga terkuaknya masa lalu Fany dan Alex menjadi warna tersendiri dalam novel ini. Membaca novel ini mengajarkan kepada kita bahwa cinta bisa hadir kapan saja dan kepada siapa saja. Kita tak bisa menolak ketika cinta hadir, karena cinta punya cara kerjanya sendiri, kita tinggal merasakannya saja.
"Bisa ketemu waktu itu aja udah sulit untuk dipercaya. Seberapa sering, sih, kejadiannya bisa ketemu roang di kehidupan nyata lo pas lagi chat di Omegle? Tapi sekarang malah lebih parah, itu pertama kalinya Jasper main Omegle dan dia langsung chat denganku." (Halaman 374)

8 komentar:

  1. Wow tebal juga y mba 400-an halaman, ini buku luar mba?penulis Gemscribble?baru tau xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Herva, sekitar 400 Halaman. Tapi sama sekali tidak membosankan bacanya, ini novel Indonesia kok, ini nama pena penulisnya kok Herva :D

      Hapus
  2. Aku tau omegle gara2 baca cerita ini di wattpad. Dan gaya ceritanya gemscribble emng enak buat diikutin sih menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah gak tahu apa itu Omegle. Gak pernah baca novel ini sebelumnya di wattpad, jadi sulit membandingkan. Tapi membaca novel versi cetaknya ini menyenangkan banget :)

      Hapus
  3. Baca review ini, jd pengen beli novel cetak ny. Dulu pernah baca di wattpad, dan jujur aja, ini cerita pertama yg aku baca di wattpad, dan smpai sekarang masih menjadi salah satu cerita fav di wp.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kakak suka novel ini? AKU JUGAAAAAAAAAAAAAAAA :D hm aku baru baca cerita yg di Wattpad sih, kalo novel cetaknya belum (padahal udah beli xD) tapi aku juga emang suka, manis dan nggak bosan dibaca berkali-kali :D

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design