Rabu, 04 Januari 2017

[Book Review] Yes, I Do But Not With You

Judul Buku : Yes, I Do But Not With You

Penulis : Shandy Tan
Penerbit : GPU
Tebal : 224 Halaman
Terbit : Januari 2017

Amy tak pernah menyangka rencana masa depannya hancur berkeping-keping dalam sekejap. Pernikahan yang hanya tinggal sejengkal, tiba-tiba sirna. Joshua, sang calon suami sekaligus tujuan hidupnya, menghamili perempuan lain. Amy kehilangan kekasih, pekerjaan yang sangat ia suka, dan kepercayaannya terhadap laki-laki.


Tetapi, kemudian Semesta mempertemukan Amy dengan Gabriel yang melezatkan hari-hari Amy dengan pastry buatannya. Meski begitu, Joshua tak kunjung menyerah merebut Amy kembali, dan dia selalu tahu bagaimana meluluhkan pertahanan Amy. Akankah Amy menerima Joshua kembali? Ataukah ia akan melepaskannya, dan mendengarkan Semesta yang mencoba menghiburnya dengan kehadiran Gabriel?


--------------------

Setelah membaca Episode Para Lajang aku sangat antusias sekali mengetahui bahwa Kak Shandy Tan akan menerbitkan novel terbarunya Yes, I Do But Not With You. Buat kamu yang sudah membaca Episode Para Lajang, mungkin masih ingat dengan kisah Paris dan Lucia. Tetapi dalam novel ini tidak akan membahas kedua pasangan itu, tetapi akan membahas kisah Joshua dan Amy yang muncul sebagai cameo dalam Episode Para Lajang.

Jujur saat melihat covernya aku kurang tertarik, karena terkesan biasa dan tidak begitu menarik, tetapi membaca keseluruhan kisah ini aku cukup menikmatinya.

Novel ini mengisahkan kehidupan Amy yang sedang patah hati karena kekasihnya Joshua berselingkuh bahkan terbukti menghamili wanita lain. Hubungan Amy dengan Joshua yang sudah menginjak tahun keenam bahkan sedang merencanakan pesta pernikahan  gagal sudah, semua hancur seketika. 
"Enam tahun aku memberikan hampir seluruh waktuku untukmu, untuk mengurusmu, hingga aku hampir tidak peduli dengan hidupku karena tujuan hidupku adalah membahagiakanmu, dan sebagai balasannya kau menghamili perempuan yang baru kaukenal delapan minggu!" (Halaman 11)
Tidak hanya kehilangan kekasih, Amy pun semakin terpuruk karena dia harus kehilangan pekerjaan dan tabungannya pun semakin menipis. Selama ini, Amy begitu percaya terhadap Joshua dan menjadikan Joshua sebagai poros kehidupannya, sehingga tidak menyangka Joshua akan melakukan hal menyakitkan seperti ini.
"Perselingkuhan bahkan sudah dimulai ketika seseorang memiliki pikiran bermesraan dengan orang lain yang bukan pasangannya. Ia sadar semua masa depan yang ia pupuk dengan hati-hati dan penuh kesetiaan kini tinggal kenangan menyakitkan yang harus ia hadapi dengan tegar." (Halaman 171)
Untungnya Amy punya sahabat seperti Lucia dan Paris, pemilik Pondok Sarapan yang mendukungnya untuk segera move-on dari Joshua. Apalagi kemudian hadir sosok Gabrial, chef pastry baru yang menawarkan kue-kue yang sungguh memikat lidah Amy.
"Keberadaan sahabat yang bersedia duduk menemani rasanya cukup menjadi karunia terindah. Kadang-kadang, orang tidak butuh bahu untuk bersandar atau teman untuk menangis bersama; mereka hanya butuh telinga yang bersedia mendengarkan tanpa menyertakan bibir yang menghakimi." (Halaman 24)
Sayangnya, Joshua tidak menyerah begitu saja. Joshua tidak mau putus dari Amy dan ingin tetap melanjutkan rencana pernikahan mereka. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Amy menerima Joshua kembali atau akankah dia menemukan cinta yang baru?
"Cinta yang murni tidak memaksakan apa pun, hanya mengikhlaskan tanpa menjadi bodoh dalam keikhlasannya." (Halaman 115)
Sungguh menyenangkan sekali bisa mencicipi kembali metropop terbaru Gramedia. Kali ini Kak Shandy menawarkan kisah seorang wanita bernama Amy yang sedang patah hati. Aku bisa mengerti perasaan Amy, tentunya tidak mudah untuk menerima semua kenyataan yang ada. Apalagi hubungannya dengan Joshua bukan sesuatu yang bersifat main-main, keluarga kedua belah pihak bahkan merestui hubungan keduanya.

Sayangnya, Amy terlalu buta dengan cintanya, hingga terlalu mempercayakan seluruh hatinya untuk pria seperti Joshua. Benar kata orang, sesuatu yang terlalu berlebihan itu sungguh tidak baik. Aku bisa mengerti bagaimana akhirnya Amy bereaksi terhadap Joshua. Amarah yang begitu besar karena dikhianati yang membuat Amy sampai merusak mobil milik mantan kekasihnya itu.
"The best revenge is always to just happily move on and move up and let karma do the rest." (Halaman 27)
Untungnya ada keluarga dan sahabat yang benar-benar mengerti dan mendukung Amy. Yang membuat Amy bisa melihat dengan lebih jelas kondisi hubungannya dengan Joshua yang memang sudah tidak jelas sejak lama. Berkat sahabatnya, Lucia lah Amy mulai menata hati dan kehidupannya kembali.

Buat kamu yang sudah membaca kisah Episode Para Lajang, bakal senang banget karena kamu akan kembali terhibur dengan kisah Lucia dan Paris, sahabat Amy yang punya caranya sendiri menghibur Amy.

Kehadiran Gabriel, sang chef pastry juga memberikan warna tersendiri dalam kehidupan Amy. Aku suka sekali bagaimana Gabriel saat menjelaskan kue-kue yang dibuatnya, terasa sekali kalau Gabriel sangat mencintai membuat kue. Jujur, membayangkan kue-kue yang disajikan oleh Gabriel, membuatku jadi lapar ingin mencicipinya juga :D

Walaupun kisah ini terasa sederhana dan bahkan mungkin sudah tertebak akan berakhir seperti apa, tetapi aku suka saat-saat menjelang ending. Bagaimana Amy dengan bantuan keluarga dan sahabatnya merencanakan sebuah skenario yang luar biasa sekali. Aku juga suka bagaimana Kak Shandy menutup kisah ini.

Membaca novel ini akan membuatmu belajar untuk tidak mencintai terlalu berlebihan hingga kamu buta untuk melihat semuanya. Kamu akan belajar dari kisah Amy, untuk tidak menaruh harapan dan menjadikan seseorang sebagai poros kehidupanmu, karena jika sesuatu terjadi di luar kehendakmu, hanya kekecewaan yang akan kamu dapat. 
"Ada hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi tapi harus kita terima. Ada hal-hal yang kita tidak ingin tahu, tapi kita harus belajar darinya. Dan ada orang-orang yang kita merasa tidak bisa bisa hidup tanpanya, tapi harus kita lepaskan. Tidak semua orang dalam kehidupan kita direncanakan bertahan selamanya bersama kita." (Halaman 201)
Mencari sebuah kisah romansa yang ringan dan bisa menghiburmu, aku rekomendasikan Yes, I Do But Not With You untuk kamu baca.

Selamat jatuh cinta dengan kisah Amy....


1 komentar:

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design