Kamis, 09 Februari 2017

[Blog Tour] Sajak Rindu ---------------- GIVEAWAY!!!!

Judul Buku : Sajak Rindu
Penulis : S.Gegge Mappangewa
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Tebal : 296 Halaman

“Di balik dadanya yang membenci dan merindu, terbangun tanggul raksasa untuk sesamudera air mata yang tak ingin diperlihatkan debitnya pada siapa pun.”



Inilah kisah Vito, seorang remaja Bugis dari Desa Pakka Salo dalam mengemban rindu.

----------------

"Dunia ini sangat luas, Fan! Kita bisa membuat sayap sendiri untuk terbang. Jangan takut bermimpi! Silahkan mengkhayal yang tinggi-tinggi. Khayalan itu yang akan membuatmu untuk berpikir bagaimana cara menumbuhkan sayap-sayapmu. Jangan takut terbang!" (Halaman 114)

Sajak Rindu adalah novel pertama penulis yang kubaca. Novel ini mengisahkan mengenai kehidupan Vito, seorang remaja dari Desa Pakka Salo. Vito hanya hidup bersama mama dan kakeknya. Sudah beberapa tahun dia tidak melihat ayah dan saudara kembarnya, Vino.

Dari hari ke hari, Vito hanya bisa memendam rindunya terhadap kedua orang yang paling dicintainya itu. Komunikasi sudah lama terputus, bahkan Vito tak tahu keberadaan dan kabar baik ayahnya maupun adiknya itu.  Vito ingin sekali bertanya kepada mama dan kakeknya, tapi mereka tetap bungkam dan tidak mau menceritakan apapun kepadanya.
"Orang yang pesimis tak akan pernah bisa berhasil. Sementara orang yang optimis, meskipun itu optimis dengan mimpi yang semua orang menganggapnya aneh, suatu saat akan berhasil. Kalaupun gagal, apa salahnya? Daripada tak pernah mencoba? Tugas kita hanya bermimpi, berusaha, dan berdoa. Tugas terberat adalah mengabulkan mimpi itu tapi itu tugas Allah. Tak ada yang berat bagi-Nya." (Halaman 116)
Mungkin Vito tidak akan memendam kerinduan seperti ini jika ayah maupun adiknya sudah meninggal, nah ini kejelasan akan kabar mereka pun tidak didapatkannya. Bagi mama dan kakeknya, ayahnya sudah meninggal sejak dia membawa Vino pergi dari Pakka Salo. Vito dianggap masih terlalu muda untuk mengetahui konflik sesungguhnya yang dihadapi keluarganya. Hal yang membuat mama dan kakeknya begitu membenci ayahnya, bahkan namanya pun sudah tidak pernah disebut sekian tahun berlalu.

Tanpa diketahui Vito, ada rahasia besar yang disimpan mama dan kakeknya, tentang kisah perjuangan cinta mama dan ayahnya, yang melibatkan seluruh keluarga besar bahkan masyarakat Pakka Salo. Sayangnya, ayahnya tidak bisa menghargai itu.

Di samping itu, Vito hanyalah remaja biasa. Dia masih bersekolah di sebuah SMP yang hanya berisi 9 murid termasuk dirinya. Guru yang mengajar pun hanya Bu Maulindah dan Pak Amin, yang begitu sangat mereka hormati. Kedekatan Vito dan teman-temannya itu pun dengan Pak Amin, bukan lagi sekedar hubungan guru dan murid saja, bahkan mereka sudah sangat dekat seperti keluarga. Mereka sering menghabiskan waktu menginap dan memasak bersama di akhir pekan dan itu sudah menjadi agenda rutin.

Akankah rindu Vito bisa terpenuhi dengan bertemu Vino dan ayahnya? Ada rahasia apa dibalik kepergian ayah Vito dan Vino?
"Fan, lelaki Bugis dilahirkan untuk menjadi anak rantau. Kamu jangan menyerah pada bukit dan gunung yang membatasi Bukkere dan Pakka Salo. Dunia ini sangat luas, Fan! Terlalu disayangkan jika kamu hanya bisa berjalan dan berlari tanpa pernah bisa melompat apalagi terbang." (Halaman 116)
Membaca halaman awal novel ini, jujur aku harus membaca secara perlahan-lahan untuk mengetahui jalan ceritanya. Malah aku sempat ingin berhenti saja di tengah jalan, karena aku agak bingung dengan banyaknya tokoh yang hadir dan sebenarnya fokus cerita akan kemana. Tetapi perlahan-lahan setelah aku mulai bisa memahami kisah Sajak Rindu ini, aku dibuat larut dengan kisahnya dan sulit rasanya untuk berhenti hingga akhir.

Novel ini sebenarnya sederhana, mengisahkan mengenai kehidupan seorang remaja bernama Vito dengan segala kerinduannya terhadap sosok saudara kembar dan ayahnya. Kerinduan yang kadang-kadang menyiksa dirinya, apalagi jika dia sedang sendiri. Vito pun sulit untuk mengungkapkannya. Ingin bercerita kepada mama dan kakeknya pun dia tahu tidak akan berhasil, karena mereka begitu menutup rapat perihal kepergian ayahnya bersama Vito.

Vito memang menjadi tokoh sentral dalam novel ini, tetapi tokoh-tokoh pendukung lainnya pun punya perannya masing-masing yang menjadikan novel ini menjadi satu kesatuan yang utuh. Kita akan diajak kembali ke masa lalu, melihat kisah asmara ayah dan mama Vito hingga alasan kenapa mereka harus berpisah. Kisah yang jujur sungguh mengejutkan dan menyesakkan sekali, membuatku membenci ayah Vito.

Semakin lama membaca aku semakin penasaran akankah Vito akhirnya bertemu dengan ayah dan Vino, saudara kembarnya. Hingga akhirnya rasa penasaranku terjawab menjelang bab-bab terakhir. Penantian yang seharusnya menjadi dramatis, tetapi aku cukup menyayangkan bahwa endingnya akan seperti ini. Jujur aku membutuhkan sebuah akhir yang lebih jelas akan kisah Vito, sayangnya penulis sengaja membuat pembaca menyimpulkan sendiri akhir dari kisah Sajak Rindu.

Hal yang paling kusukai dalam novel ini adalah penulis memasukkan mengenai kehidupan Suku Bugis dengan segala adat dan kepercayaan yang selama ini dipercayai. Membuatku lebih memahami dan lebih banyak informasi tentangnya. Jujur, walaupun aku masih keturunan Suku Bugis dari pihak ayah, aku tidak terlalu banyak mengetahui mengenai adat maupun kepercayaan yang diceritakan dalam novel ini. 

Mungkin karena ayahku adalah seorang suku Bugis yang sudah lama merantau. Tetapi memang ada hal-hal seperti setiap anak Suku Bugis punya saudara kembar seekor reptil yang sama-sama lahir dengannya hingga pernikahan dalam Suku Bugis sendiri. Membaca novel ini benar-benar memanjakanku akan hal-hal yang sama sekali belum kuketahui, aku jadi banyak belajar bahasa Bugis dalam novel ini. Hal yang menarik sekali.

Kamu mencari sebuah kisah sederhana dengan setting lokal yang kental, apalagi kalau kamu tertarik mengenal Suku Bugis lebih jauh, aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca.

Secara keseluruhan, novel ini tidak hanya mengisahkan tentang kerinduan saja, tetapi ada persahabatan, cinta, kepercayaan dan impian yang wajib dimiliki setiap orang. 

Semoga kisah sederhana ini bisa menginspirasimu....
"Mulai hari ini, kamu harus punya cita-cita. Orang yang paling kerdil adalah orang yang tak punya cita-cita. Seandainya rumput bukit ini punya cita-cita, dia tidak akan membiarkan dirinya mengering meski diterjang kemarau berkepanjangan." (Halaman 116)

-----------------GIVEAWAY TIME----------------


Aku punya 1 eks gratis novel Sajak Rindu untuk 1 (satu) orang yang beruntung. Caranya: 

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia. 

2. Follow media sosial kami: 



3. share info GA ini di twitter dengan mention @RizkyMirgawati  @GeggeMappangewa
 dan @penerbitindiva sertakan hastag #SajakRinduGegge

4. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email 

5. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu:

"Siapa orang yang paling kamu rindukan saat ini dan ingin sekali kamu temui?"

6. Giveaway ini akan berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 13Februari 2017

Semoga beruntung!!!!!!

********UPDATE*********

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Siti Nihlatul Fuadah / @nihlahfuadah09

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter Nama, Alamat Lengkap dan No.hp yang bisa dihubungi untuk pengiriman hadiahmu ya :)

23 komentar:

  1. Nama: Siti nihlatul fuadah
    Twiter:@nihlafuadah09
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/829873697498337280?s=09
    Domisili: Tangerang
    Jawaban:

    Aku rindu Ayah, bukan, bukan ingin menyamakan seperti cerita Vito dan Vino dikisah ini. Tapi,memang aku rindu Ayah.
    Aku terlahir dikeluarga yg bisa dibilang, maaf 'broken home'. Ayah pisah sama ibu bukan karna kaonflik yg gaaku tahu. Tapi, ayah dan ibuku menyatu karna orangtua masing-masing dan pisah juga karna orang tua masing-masing. Bingung ya? Yah, tapi itulah kenyataannya. Siapa yg bisa ngelak? Bukan aku tak pernah bertemu ayah seperti Vito. Tapi ayah tak pernah ada lagi waktu untuk sekedar berbincang lama dgn ku sebelum perceraian itu 12 thn yg lalu. Aku rindu kebersamaan kami ka. Entah ada niat apa aku malah jadi curhat gini.

    Tapi, jika ada orang yg ingin sekali aku temui itu bukan ayah saja. Tapi, segala hal yg aku tinggalkan 8 bulan belkangan ini. Segalanya yg tertinggal dibelakang. Yang aku tahu, aku harus belajar menoleh kebelakang menerima dan mengikhlasan. Bukan siapa yg ingin ketemui. Tapi apa yg ingin aku temui dibelkang. Segalanya. Kenangan. Kebersamaan. Agar aku mampu lagi menenggakkan kepala ketika berjalan.

    BalasHapus
  2. Nama : Riza Putri Cahyani
    Akun twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/829967780036300800
    Domisili : Bogor

    Jawaban :
    Aku sangat sangat merindukan kedua orangtua dan adikku. Sudah setahun aku tidak bertemu dgn mereka. Setelah di terima di salah satu PTN di kota lain aku tidak belum pernah bertemu dgn mereka. Bahkan liburan aku tidak pulang karena suatu kendala. Sebenarnya aku rindu tapi aku tidak berani mengungkapkan rasa rinduku karena aku takut akan membuat hati orangtuaku sedih. Setiap kali mereka menghubungiku terutama papa, karena aku sgt dekat dgn papa, setiap kata-kata ketika mereka mengingatkanku makan, istirahat, shalat dan hal kecil lainnya membuatku ingin menangis tapi aku berusaha menahannya. Dan hal yg paling menyedihkan buatku adalah ketika orangtuaku menyembunyikan kecelakaan yg di alami papaku padahal papaku sampai harus dioperasi. Semua orang termasuk teman-temanku seolah sepakat menyembunyikan hal itu dariku agar aku tidak kepikiran. Saat ini aku tidak bisa mengungkapkan lagi betapa aku sgt merindukan mereka dan ingin bertemu mereka.

    BalasHapus
  3. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/830025786748833792
    Kota: Jakarta
    Jawaban: karena aku anak perantantauan tentunya yang selalu aku rindukan setiap saat adalah kedua orang tua. Bekerja dan tinggal jauh dari mereka memang hal yang berat apalagi kalo pas lagi sakit, duhh berasa banget kangennya. Bisa mudik paling setahun 3 atau 4 kali, ngga bisa dihitung seberapa rindunya. Kalo dikalkulasi pake angka 10 digit pastinya error saking ngelebihin kapasitasnya*edisicurcol.

    BalasHapus
  4. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/830060301684924416
    Domisili: bogor tengah

    Saat ini? Aku rindu sahabat-sahabatku, kami terpisah oleh jarak dan waktu. Karena kita lagi pada PKL (Praktik Kerja Industri), walaupun cuma 3bulan, tapi tetep aja kangen mereka. Biasanya kalo disekolah slalu bersama, ketawa ketiwi bareng, jajan bareng dan apapun dilakuin bareng-bareng, sekarang mah susah, ngobrol cuma via telp/chat. Jadwal tempag kantor kita semua juga beda, makin menghambat jadwal meet up kita. Pokoknya rindu merekaaa😅😭

    BalasHapus
  5. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/830104054252515328
    Domisili: Aceh

    Orang yang sangat aku rindukan dan ingin aku temui saat ini adalah sepupuku. Aku ingin sekali berbagi cerita dengannya dan ingin melakukan hal-hal yang biasa dilakukan remaja pada umumnya. Aku berharap kami bisa satu sekolah dan mungkin sesekali aku bisa ikut pulang ke rumahnya sembari menanti ekskul. Tapi semua itu hanya bisa menjadi angan-angan. Dia sudah pergi meninggalkanku 12 tahun yang lalu dalam pelukan ombak tsunami. Aku benar-benar berharap bisa melalui masa-masa remaja bersamanya. Tapi sayang, waktuku dengannya hanya sampai pada saat kami masih menjadi anak kelas 1 SD. Mungkin Allah lebih sayang kepadanya sehingga ia kembali lebih cepat. Semoga kamu tenang disana sepupuku.

    BalasHapus
  6. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Llink share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/830153633186476032?p=v
    Kota tempat tinggal: Surakarta

    Siapa orang yg paling aku rindukan saat ini dan paling ingin aku temui yaitu guru wali kelasku ketika SD kelas 6. Waktu itu, kami sekelas sedang dalam puncak kenakalan. Beliau ini sangat berjasa dalam mendidik dan membimbingku hingga seperti sekarang ini. Ilmu yg beliau transfer padaku sangatlah berguna untuk pekerjaanku saat ini. Aku bisa merasakan sebesar apa kesabaran dan seberat apa tugas yg beliau emban waktu itu. Oleh karena itu, aku ingin sekali bertemu untuk mengetahui kabar beliau dan untuk mengucapkan beribu terima kasih. Beliau sungguh menginspirasiku untuk menapaki karir sebagai seorang pendidik yg amanah. Beliaulah yg mendorongku untuk ikhlas menjadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

    BalasHapus
  7. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Link share : https://twitter.com/ainekayul/status/830247266426327040
    Domisili : Samarinda

    Yang paling kurindukan beberapa tahun ini adalah Bapak. Sudah 13 tahun kami tidak bersua. Dulu, akhir 2003 bapak katanya merantau ke Malaysia jadi TKI. Komunikasi beberapa tahun awal lancar-lancar aja meski bolak-balik wartel yang jauh demi bisa saling bertukar suara. Kemudian lambat laun komunikasi makin jarang sampai akhirnya 2 tahun lalu bener-bener lost contact.

    Bener seperti Vito di atas, lebih baik tahu bahwa bapak sudah berpulang ke pangkuan-Nya daripada digantung pada harapan beliau masih hidup tapi tak tahu rimbanya. Setidaknya, kalau sudah meninggal, saya tahu bahwa bapak sudah berada di tempat yang nyaman. Kalau lost contact seperti sekarang, saya terombang-ambing tidak tahu apakah bapak masih hidup, bagaimana kabarnya, seperti apa rupanya, apakah beliau sudah makan, tinggal di tempat seperti apa.

    Intinya rindu saya akan bapak sudah bejubel di dada. Sampe sering nyesek dan nangis-nangis sendiri setiap lihat hal-hal sederhana namun manis ala anak-bapak. Saya nggak muluk-muluk pengen ketemu setelah 13 tahun posah, cukup dengar suaranya dan saling bertukar kabar aja cukup.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/830267620456738817
    kota tempat tinggal: Serang

    "Siapa orang yang paling kamu rindukan saat ini dan ingin sekali kamu temui?"

    Dia orang yang aku sendiri tidak tahu dia siapa, dan dimana dia berada. Tapi dia orang yang paling aku rindukan saat ini dan ingin sekali aku temui. Dia yg masih menjadi rahasia Allah SWT. Dia yg akan menjadi jodohkuuu ~~ :D

    BalasHapus
  10. Nama : Ervan Setiawan
    Twitter : @saidrha
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/Saidrha/
    status/830353466144854017?p=v

    Jawaban :

    Aku Rindu dengan Nabi Muhammad SAW,
    Krna aku pernah suatu ketika Bermimpi
    Dalam waktu Sholat,
    Di Dalam Mesjid itu ada beberapa Jamaah sedangkan Imamnya adalah
    Nabi Muhammad SAW,
    Aku sholat menjadi makmumnya di Sebelah Sahabat yg Mulia
    Umar ibn Khattab, Aku ngerasa campur Terharu dan Senang krna Aku blum pernah Merasakanya sblumnya, dan Ciri2 Fisik Nabi Muhammad SAW menggunakan Jubah putih tingginya sedang2 saja persis sekali sma dgn buku2 Shirah Nabawiyah yg Aku baca, Kemudian Umar ibn Khattab R.A
    Juga Fisiknya lebih tinggi dan besar dan ini yg Aku rindukan sekali dgn Nabi Muhammad SAW ingin berjumpa sekaligus mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat Aamiin .. Walaupun begitu aku tetap bershalawat setiap saat...

    BalasHapus
  11. Nama:Nurlis
    Akun Twitter:@talaonurlis1
    Link share: https://twitter.com/talaonurlis1/status/830455906009706498
    Kota tempat tinggal:Padang

    Ibu kandungku,aku selalu merindukannya dan sangat ingin jumpa dengannya,tapi sayang di dunia ini kami tidak bisa jumpa lagi,karna dia telah pergi setelah melahirkanku,aku bahkan tak mengetahui wajah ibu yang sangat kurindukan hingga saat ini,hanya dengan lantunan do'a aku sampaikan rindu padamu ibu.semoga kau ditempatkan di Surga-NYA

    BalasHapus
  12. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/830518082053369857
    Morowali, Sulawesi Tengah

    Saya rindu diri saya yang dulu. Yang punya banyak kesibukan dan dikelilingi buku-buku. Bukan saya yang asing, lbh banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan sesekali bermain ponsel. Kalau bisa, sesegera mungkin saya ingin bertemu dan kembali menjadi perempuan aktif dan penuh target seperti dulu.

    BalasHapus
  13. Nama: Ummi Haniefa
    Twitter: @ummi_hnf
    Link share: https://twitter.com/ummi_hnf/status/830563922902069248
    Kota: Samarinda

    "Siapa orang yang paling kamu rindukan saat ini dan ingin sekali kamu temui?"

    Jawaban:
    Sahabat sejak SMP! Kangen banget sumpah deh. Kangen ngumpul bareng beempat lagi. Cerita-cerita gak jelas bareng atau tentang cowok yang di taksir. Karena tiap kepengin meet up bareng, pasti ada aja halangan yang gak terduga. Dan tugas sekolah yang tiada habisnya juga jadi penghalang utama.

    BalasHapus
  14. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Link share https://mobile.twitter.com/frdliash/status/831033243981844480?p=v
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Jawaban :
    Saat ini aku lagi kangen banget sahabatku sejak SMP. Dulu setiap hari apapun ceritain. Waktu beda sma, sedih banget. Sampe nangis karna ga mau pisah. Tapi sebisa mungkin setiap libur pasti ketemuan. Sekarang udah sama sama kuliah dan susah banget buat ketemu:(( padahal wacana untuk ketemu mah ada. Tapi sayang udah lama ngga ketemu, terakhir ketemu desember 2015 huhu

    BalasHapus
  15. Nama : leni yuniar
    akun twitter : @lenyyuniar1
    domisili : patianrowo,nganjuk,jawa timur
    link share : https://mobile.twitter.com/lenyyuniar1/status/831079585848504320?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1455774783
    "Siapa orang yang paling kamu rindukan saat ini dan ingin sekali kamu temui?
    Jawaban :
    Bapak,rindu bangettt sama bapak.Pengen ketemu.Tersadar! bahwa apa yang kuinginkan tak mungkin tercapai,15 tahun bukanlah waktu yang mudah untuk bisa mengikhlaskan kepergian bapak. Setiap kali air mata selalu bercucuran ketika melihat orang lain bisa merasakan kasih sayang dari sang ayah. Aku rindu masa-masa saat aku bersama ibu dan bapak berkumpul menikmati segelas teh dan sepiring tempe goreng. Aku rindu ketika diajak bapak keliling desa dengan sepeda tuanya. Aku rindu semua yang bapak pernah lakukan untukku. Mungkin ibuku juga.Meski saat itu usiaku baru 3 tahun aku masih bisa mengingat semuanya dengan jelas

    BalasHapus
  16. Nama: Lenny AR.
    Akun twitter: @justlynn23
    Link share: https://twitter.com/justlynn23/status/830994806012727296
    Kota tempat tinggal: Banjarmasin

    "Siapa orang yang paling kamu rindukan saat ini dan ingin sekali kamu temui?"
    Orang yang paling aku rindukan saat ini adalah kakek dan nenek ku. Aku sangat rindu sama mereka. Aku dan kedua orangtuaku tinggal tidak satu kota sama kakek dan nenekku. Dulu aku sering main kerumah kakek dan nenekku ketika liburan sekolah. Aku senang mendengar cerita mereka. Diwajah mereka sangatlah terlihat jelas rona kebahagian saat bertemu denganku. Mereka biasanya berladang menanam buah dan sayur-sayuran di dekat rumah. Nenek biasanya ketika aku berkunjung selalu memasakkan makanan kesukaanku. Aku rindu kakek dan nenek, aku rindu masakan nenek, aku rindu cerita mereka, dan aku sangat bahagia disaat mereka menyambut kedatanganku dengan gembira. Aku rindu, aku ingin segera bertemu mereka saat ini.

    BalasHapus
  17. Nama : Marfa
    Twitter : @umimarfa
    Link share: https://twitter.com/umimarfa/status/831091558149615616
    Domisili : Banyumas, Jateng
    Jawaban :Sahabat lelakiku, iya kami lagi liburan kuliah soalnya. Walaupun kita beda jurusan dan fakultas bahkan eksak dan non eksak, tapi kita nyambung banget, bayangin yang tiap hari bisa diskusi sekarang terpaut sinyal. Jadi kalo lagi diskusi bisa rileks dari tugas kuliah.

    BalasHapus
  18. Nama : Septy Anggita
    Akun Twitter : @anggita_septy
    Tempat tinggal : Medan
    Link share : https://mobile.twitter.com/anggita_septy/status/831111571359232003

    Yang paling saya rindukan saat ini adalah papa saya �� Semenjak saya ldr dengan beliau (merantau) saya sgt rindu dgn kebiasaan yg ada. Kalau sore plg kerja selalu manggil saya, setiap pagi selalu ngantar saya sekolah, kalo mau beli sesuatu minta uangnya ke papa karna mama pasti ga akan kasih. Saya juga rindu dgn candaan beliau �� Saat saya merantau beliau tak bisa selalu mengunjungi saya karna pekerjaannya. Saya sangat amat merindukan superman di kehidupan saya yaitu papa saya *ahjadisedih������

    BalasHapus
  19. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/831113349639262208
    domisili: Sidoarjo

    orang yg paling kurindukan? ke empat sahabat saya yg masing2 mempunyai karakter berbeda.
    sahabat yg meski bersamaku hanya selama tiga tahun, entah kenapa selalu merindu mereka.. Rindu dengar cicitan, keluhan, curhatan sampai makian mereka yg biasanya menemani ku setengah hari penuh, menemani ku menjalani peliknya rutinitas sekolah. Rindu kecerewetan mereka yg sering membuat risih, rindu mereka yg sering membuat tangis dan tawa.. terlebih perasaan rindu semakin kuat menyusup dikala saya sendiri. terasa hampa tanpa suara lengkingan obrolan dan cicitan mereka yg menghiasi hariku seperti dulu..

    BalasHapus
  20. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/831163184471879681
    Domisili: Aceh
    Jawaban:
    Yang pingin aku temui saat ini adalah 6 teman SMA ku yg dlu seperti tak akan bisa terpisahkan oleh ruang & waktu.
    Lama kami tidak bersua, ingin rasanya saat ini berbagi cerita, menghabiskan waktu seharian bersama tanpa jelas apa pembahasan yg sedang dibicarakan.
    Tertawa lepas menertawakan kekonyolan sendiri..Aahhh rasanya pingin skrg berkumpul lagi, berbagi kisah yg pastinya sudah berbeda jalannya.

    BalasHapus
  21. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 35 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    BalasHapus
  22. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 35 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    BalasHapus
  23. Selamat pagi,
    Anda perlu pinjaman mendesak untuk memecahkan kebutuhan keuangan Anda, memberikan pinjaman
    Mulai dari $ 3,000.00 sampai $ 1000.000,00 Max, kita dapat diandalkan, efisien,
    Cepat dan dinamis, dengan 100% pinjaman dijamin juga memberikan (euro, pound
    Dan dolar). Tingkat suku bunga yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (3%), jika Anda
    Mereka tertarik datang kembali kepada kami.
    Dengan (Raymondloancompany01@gmail.com): layanan yang diberikan meliputi:
    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Persediaan
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Pribadi.
    Hubungi kami hari ini dan kami senang untuk melakukan bisnis dengan kami
    Email: Raymondloancompany01@gmail.com

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design