Rabu, 01 Februari 2017

[GIVEAWAY] Dilatasi Waktu

Judul Buku : Dilatasi Waktu
Penulis : Rachmah Wahyu
Penerbit : Rafferty Publishing House
Tebal : 183 Halaman
Terbit : Agustus 2016

Saat Masih SMP Shinta pernah kabur dari rumah karena sedih dan marah saat kedua orangtuanya bercerai. Karena kesulitan uang, Shinta terpaksa melakukan tindak kejahatan seperti mencuri dan menipu. Saat itulah dia bertemu dengan dengan seorang polisi yang menyadarkannya, sehingga Shinta kembali berjalan di jalan yang benar. Shinta selalu berharap suatu saat bisa bertemu lagi dengan polisi itu lagi. Namun pertemuan mereka setelah empat tahun berlalu ternyata tidak sesuai dengan harapan Shinta.



-----------------------

Shinta, Ema, Gion dan Farel adalah 4 sahabat yang agak lemah dengan pelajaran Fisika. Karena itulah mereka harus mendapatkan pelajaran tambahan di luar jam pelajaran sekolah mereka untuk lebih memperdalam pelajaran Fisika.

Awalnya mereka sungguh tidak tertarik mempelajari Fisika, tapi berkat Pak Beni, guru fisika mereka yang ramah dan enak dalam mengajar, mereka pun tertantang untuk mengenal Fisika lebih jauh. Apalagi Pak Beni mencoba menjelaskan fungsi fisika dalam kehidupan sehari-hari dan keempat sahabat ini menjadi kagum sekali kepada fisika.
"Kita memanfaatkan ilmu Fisika setiap hari dan setiap waktu tanpa kita sadari, karena jerih payah orang Fisikalah kita bisa menikmati banyak fasilitas sekarang ini." (Halaman 35)
Namun, siapa menyangka bahwa hari itu akan ditutup oleh sebuah kasus pembunuhan. Dan keempat sahabat itu pun harus terlibat di dalamnya sebagai saksi mata di TKP. Korban tak lain dan tak bukan adalah Bu Annisa, istri dari Pak Beni. Tentu saja hal ini sungguh mengagetkan sekali, karena baru beberapa jam yang lalu mereka mendengar sendiri Pak Beni menelpon istrinya. Jadi, siapa yang tega membunuh Bu Annisa dan apa motif sesungguhnya?

Kasus pembunuhan ini tentunya cukup mengundang rasa penasaran Shinta. Apalagi dia terkenal sebagai penulis kisah misteri remaja, dia pun berusaha menyelidiki kasus ini. Tak disangka, kasus ini berbuah manis. Shinta bertemu kembali dengan Iptu Raka, polisi yang pernah menolongnya 4 tahun lalu. Sayangnya, Raka seakan tidak mengenal Shinta.

Shinta bersama Raka akhirnya berusaha memecahkan kasus pembunuhan ini, kira-kira siapa yang pembunuhnya sesungguhnya?
"Semua orang tampak mencurigakan, Pak Beni menelepon secara loudspeaker itu aneh, seolah-olah dia ingin murid-muridnya mendengar kalau istrinya masih hidup, Bu Khus bisa dibilang sama sekali tidak punya alibi, tapi yang paling aneh dari semua itu adalah Pak Doni yang menurut kesaksian Bu Khus dan Bu Cindy berpindah tempat sejauh 40 kilometer dalam waktu 15 menit, itu kan mustahil." (Halaman 86)
Dilatasi Waktu merupakan novel ketiga Rachmah yang kubaca. Salut sekali buat penulis yang berani tampil beda menghadirkan novel dengan tema misteri ditengah menjamurnya novel romance yang selalu diincar oleh para pembaca.

Membaca novel ini juga cukup menyenangkan, walau diterbitkan secara indie, tapi aku suka sekali dengan ide cerita yang coba diangkat penulis. Sebuah kisah misteri remaja yang ringan tetapi mengundang rasa penasaranku. Bagaimana penulis berani memasukkan unsur fisika dalam memecahkan kasus pembunuhan ini.

Selama membaca Dilatasi Waktu, aku diajak untuk menemukan setiap keping puzzle demi puzzle yang berserakan dari para tersangka kasus pembunuhan ini. Ada 4 orang yang kira-kira bisa  menjadi tersangka dalam kasus ini, dimulai dari Pak Beni (istri korban), Bu Khus (tetangga korban), serta Bu Cindy dan Pak Doni (sahabat korban). Mereka juga pastinya punya alibi masing-masing yang menguatkan mereka bahwa mereka bukanlah pembunuh sebenarnya.

Disinilah aku diajak berperan sebagai detektif untuk menganalis kasus ini dari keterangan yang diberikan oleh Pak Beni, Bu Khus, Bu Cindy dan Pak Doni. Ada beberapa hal yang mengganjal dari kesaksian para tersangka ini, yang akhirnya membuatku menemukan siapa pembunuhnya. Aku memang bisa menebak dengan jelas siapa pembunuhnya, tetapi memang tetap saja aku penasaran bagaimana pembunuh ini bekerja, karena pembunuh cukup rapi merencanakan pembunuhan ini apalagi ada beberapa hal yang menjadi pengecoh dalam novel ini.

Walaupun novel ini memang menitikberatkan pada kasus pembunuhan yang terjadi, tapi aku suka bagaimana di tengah ketegangan ini penulis menyisipkan sedikit kisah romansa antara Shinta dan Iptu Raka. Bagaimana Shinta akhirnya bertemu dengan Raka, pria yang menolongnya dan membuatnya jatuh cinta sekian tahun silam. Kisah yang membuat novel misteri ini menjadi menarik dan lebih berwarna.

Aku memang masih menemukan beberapa kesalahan penulisan dalam novel ini, tetapi untungnya sama sekali tidak mengganggu kenikmatanku saat membaca.

Hal yang paling menarik selama membaca novel ini adalah terkait "Dilatasi Waktu". Jujur ini pertama kalinya aku mendengar istilah ini, makanya aku penasaran sekali apa arti judul ini? Ternyata membaca beberapa penjelasan terkait Dilatasi Waktu disini, aku jadi memahami apa makna dari judul tersebut. Kamu penasaran juga?

Kamu bisa menonton video trailer Dilatasi Waktu disini

Kalau kamu tertarik membaca novel ini, kamu juga bisa memesan novel ini  secara online di @27bookstore



------------GIVEAWAY TIME----------------






Aku punya 1 eks gratis novel Dilatasi Waktu untuk 1 (satu) orang yang beruntung. Caranya:

1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow twitter @RizkyMirgawati dan @rachmah_wahyu share info GA ini dengan hastag #DilatasiWaktu

3. Follow blog ini via GFC, Google+ atau email

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar, dengan format nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu:

Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

5. Giveaway ini akan berlangsung 4 (hari) hari saja, mulai hari ini sampai tanggal 4 Februari 2017.

Semoga beruntung!!!!

********UPDATE*********

Saatnya memilih 1 (satu) nama yang beruntung, dan dia adalah:

Alfanesya / @vanesyakeiko

Selamat buat pemenang, silahkan DM aku di twitter Nama, Alamat Lengkap dan No.hp yang bisa dihubungi untuk pengiriman hadiahmu ya :)

24 komentar:

  1. Nama: Rimadian Ulfa Y.
    Akun Twitter: @AdinRim
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/826714863648911361?p=v
    Kota Tempat Tinggal: Temanggung, Jateng
    Jawaban:
    Menurut saya, kalau dilihat dari kalimat ini: “...berpindah tempat sejauh 40 kilometer dalam waktu 15 menit...” mungkin itulah kenapa diberi judul Dilatasi Waktu.
    Dilatasi Waktu kan artinya selang waktu yg diukur oleh pengamat yg diam tidak sama dengan selang waktu yg diukur oleh pengamat yg bergerak terhadap suatu kejadian, jadi kemungkinan saksi yang bilang kalau perpindahan tempat itu cuma 15 menit belum tentu benar kalau ditinjau dari sisi Pak Doni. Soalnya Dilatasi Waktu mengatakan bahwa waktu itu relatif.
    Jadi, selain karena si tokoh utama juga membicarakan tentang Fisika (Dilatasi Waktu itu teori Fisika Klasik dari Einstein) mungkin misteri novel ini berkaitan dengan waktu, ada yang memanfaatkan teori ini dalam menyelidiki si pembunuh, atau justru si pembunuh yang mengecoh para detektif dengan teori ini. -mungkin, hehe. Wish me luck.

    BalasHapus
  2. Nama : Kurota A'yuni
    Twitter : @Violemine18
    Link share : https://mobile.twitter.com/Violemine18/status/826729164136865792?p=v
    Domisili : Blitar, Jawa Timur
    Jawaban :
    Menurutku novel ini diberi nama Dilatasi Waktu karena isi cerita yang ada didalam novel ini. Seperti adanya teka-teki mengenai siapa yang melakukan pembunuhan dan upaya untuk memecahkan misteri ini yang dilakukan oleh para tokoh utama didalam novel dengan menggunakan perumpamaan teori fisika, dilatasi waktu.
    Selain itu ada kemungkinan si penulis memang tertarik dengan dunia Fisika makanya menggunakan salah satu teori yang ada didalamnya. Atau bisa jadi, teori dilatasi waktu ini memberi inspirasi bagi si penulis untuk membuat novel ini :).

    BalasHapus
  3. Nama: Muryani
    Twitter: @naurahkida
    Link share: https://mobile.twitter.com/NaurahKida/status/826823524400586752?p=v
    Kota tinggal: Kulon Progo, Yogyakarta
    Jawaban : Sejujurnya, dari awal hingga selesai membaca review novel dilatasi waktu ini, aku belum juga tahu arti dilatasi waktu. Kemudian kubaca ulang, siapa tahu ada yang tercecar. Nyatanya aku masih belum tahu artinya juga. Karena rasa penasaran akhirnya aku searching arti dilatasi waktu. Ternyata dilatasi waktu merupakan teori relativitas yang dikemukakan oleh Einstein, yakni selang waktu yang diukur oleh pengamat yang diam tidak sama dengan selang waktu pengamat yang bergerak. Dan bila dihubungkan dengan novel kenapa memilih judul dilatasi waktu. Kalau menurutku ada dua alasan. Pertama novel tersebut memang digarap dengan fokus utama adalah fisika. Sebagaimana dalam review dikatakan bahwa Shinta dan teman-temannya lemah di fisika. Dilatasi waktu sendiri adalah teori dalam pelajaran fisika yang dikemukakan oleh Einstein. Sehingga kalau menurutku pemilihan judul pas. Alasan yang kedua, dalam novel tersebut terdapat puzel adegan yang kejadiannya mirip dengan teori dilatasi waktu. Sebagaimana dituliskan bahwa Bu Kus dan Bu Cindy berpindah tempat sejauh 40 km dalam waktu 15 menit. Jika memakai teori dilatasi waktu, hal itu sangat mungkin terjadi, waktu yang diukur Bu Kus dan Bu Cyndi tidak sama dengan pengamat yang diam. Ini hanya pendapatku. Aku jadi penasaran apa jawaban yang benar tentang dilatasi waktu menurut novel ini.

    BalasHapus
  4. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Link share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/826883522619072514
    Domisili: Sidoarjo
    Jawaban: karena ada perbedaan durasi waktu yang diperhitungkan dari sisi pemecah kasus (Shinta dan Raka) dengan waktu yang diperlukan oleh pembunuh. Jadi pada pengungkapan kasus, Shinta dkk mampu menguak kejadian yang terkesan tidak mungkin dapat dilakukan pembunuh dalam durasi waktu tertentu menurut asumsi kebanyakan orang. Ada aktivitas yang dilakukan pembunuh, entah itu untuk memperkuat alibi, atau bahkan mengecoh estimasi waktu yg diperhitunkan Shinta dkk.Hingga di akhir pembahasan, Shinta dkk mampu menhelaskan "kejanggalan" yang terjadi tersebut.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/826751908022874112?p=v
    Domisili : Purwakarta


    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"


    Karena novel ini mengangkat hal mengenai Fisika yang berpengaruh untuk menuntaskan masalah pembunuhan yang terjadi di novel ini, Dilatasi Waktu merupakan salah satu istilah dalam pelajaran Fisika mengenai perbedaan waktu diantara 2 tempat dengan 2 pengamat yang berbeda dan Dilatasi Waktu ini dipakai untuk memecahkan masalah pembunuhan dalam novel ini.

    Aku malah ingat dengan salah satu karya fenomenal Agatha Christie yang menceritakan detektif Hercule Poirot ketika mengungkapkan pembunuhan yang diusutnya, aku lupa judulnya. Tapi yang aku ingat adalah ketika Hercule Poirot mengungkapkan jika korban A diduga dibunuh oleh tersangka B di lokasi C, tapi pada saat korban A terbunuh, tersangka B sedang berada di tempat D dan ada saksi yang memperkuat alibi tersebut jika tersangka B sedang bersamanya saat kejadian.

    BalasHapus
  7. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/826992209077555200?p=v

    Karena novel ini memasukkan unsur fisika dalam ceritanya terutama untuk memecahkan kasus pembunuhan. Kasus yg mustahil itu bisa menjadi masuk akal dengan teori fisika klasik tsb sehingga teka-teki tentang cara dan waktu pembunuhan bisa segera terungkap. Pastinya akan sulit mengungkap kasus ini jika tidak menggunakan teori tsb karena setiap tokoh punya alibi yg kuat.

    Sederhananya dilatasi waktu itu semacam kecepatan pergerakan waktu dimana waktu yang dirasakan oleh benda yg diam berbeda dengan waktu yg dirasakan benda yg bergerak. Contohnya: kecepatan waktu yg dirasakan oleh orang yg diam menunggu berbeda dengan kecepatan waktu yg dirasakan oleh orang yg bergerak menghampiri orang yg sedang menunggu. Orang yg menunggu merasa waktu berjalan lebih lambat daripada waktu yg dirasakan orang bergerak.

    BalasHapus
  8. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/827060888838434817
    Domisili : Bogor

    Jawaban :
    Salah satu alibi yang diyakini cukup aneh adalah "berpindah sejauh 40 km dalam waktu 15 menit". Nah, menurut saya penulis menggunakan konsep dilatasi waktu dalam menjabarkan kasus ini dan menjelaskan alibi seseorang yang berkenaan dgn konsep dilatasi waktu. Mungkin penulis ingin menjelaskan melalui dilatasi waktu alasan bu khus dan bu cindy yg melihat pergerakan pak doni yg aneh. Karena menurut konsep dilatasi waktu dua pengamat yg bergerak secara relatif satu sama lain akan menemukan bahwa waktu mereka berbeda satu sama lain jadi penulis menggunakan judul dilatasi waktu untuk novelnya.

    BalasHapus
  9. Nama: Irham Maulana
    Akun tweeter : @gusirham
    (https://twitter.com/gusirham)
    Link share : https://twitter.com/gusirham/status/827059827075473409
    Kota : Medan , Sumatera Utara

    Dilatasi waktu adalah suatu teori relativitas waktu ,dimana perbedaan waktu yang dirasakan oleh benda diam dan bergerak.mengapa novel ini mengadopsi nama dilatasi waktu karena banyak penerapan teori relativitas waktu didalamnya contohnya tapi yang paling aneh dari semua itu adalah Pak Doni yang menurut kesaksian “Bu Khus dan Bu Cindy berpindah tempat sejauh 40 kilometer dalam waktu 15 menit, itu kan mustahil.” Menurut bu khus dan bu cindy itu mustahil 40 km dalam 15 menit tetapi dalam hal ini bu khus dan bu cindy merupakan benda diam dan meraka hanya memperkirakan tapi menurut pak dodi itu adalah hal yang wajar karena disini pak dodi adalah benda bergerak,jadi 40 km ya hal wajar dilalui 15 menit oleh benda yang bergerak dalam hal ini ya pasti dengan menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  10. Nama : Rizky Tria Octasiana
    Twitter : @Anaao98
    Link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/827121645567356929?p=v
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah

    Menurut aku, karena penyelesaian konflik cerita ini memuat teori fisika Dilatasi Waktu. Direview dijelaskan seperti apa kasus pembunuhan sang istri guru fisika si tokoh utama, dan beberapa pengakuan dari tetangga juga teman korban yang kataku sih jadi titik klimaksnya. Apalagi pas bagian "...berpindah tempat sejauh 40 kilometer dalam waktu 15 menit, itu kan mustahil."
    Dilatasi waktu; fenomena yang dijelaskan dalam teori relativitas dimana waktu yang dirasakan oleh sesuatu yang diam akan terasa lebih lama dibandingkan dengan waktu yang ditempuh benda yang bergerak dengan syarat benda yang bergerak tersebut memiliki kecepatan mendekati kecepatan cahaya.
    (mungkin) begini, disitu Pak Dony diibaratkan sebagai benda yang bergerak yang merasakan waktu begitu lambat. Aneh gak sih, 40km memakan waktu hanya 15menit?
    Mungkin itu sebabnya dinamakan Dilatasi Waktu.

    BalasHapus
  11. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/827135970193453057
    Kota: Jakarta
    Jawaban: melihat dari reviewnya menurut aku karena penulis memasukan unsur fisika dalam memecahkan kasus pembunuhan.
    Sebenernya sih aku kurang paham ya, gimana caranya dan aku searching pun tidak membuka jawaban akan maksud dilatasi waktu yg sekiranya berhubungan sama novel ini kecuali di unsur fisikanya itu. Ataukah memang otakku yg tak sanggup memahami *maafkan aku yg gagal paham kak rizky dan kak rachmah🙇
    Jadi mudah-mudahan dengan punya buku ini bisa menjawab rasa keingintauan dan jawaban yg benar tentang dilatasi waktu.

    BalasHapus
  12. Nama: Kurnia Lidyaningtyas
    Twitter: @_detektifhati
    Link share: https://twitter.com/_detektifhati/status/827134649797271553
    Kota Asal: Purwokerto

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

    Jawaban:
    Menurutku karena isi dari novelnya, yang aku tahu dilatasi waktu itu teori yang ada dalam fisika. Teori dilatasi waktu termasuk dalam teori relativitas khusus. Menurut Enstein selang waktu yang diukur oleh pengamat yang diam tidak sama dengan selang waktu yang diukur oleh pengamat yang bergerak terhadap suatu kejadian. Ternyata waktu yang diukur oleh sebuah jam yang bergerak terhadap kejadian lebih besar dibandingkan terhadap jam yang diam terhadap kejadian. Peristiwa ini disebut dilatasi waktu (pemuluran waktu).
    Di lihat dari isinya, barangkali dalam pemecahan kasus pembunuhannya banyak kejadian-kejadian yang berkaitan dengan teori-teori #DilatasiWaktu.
    Kalau masih penasaran dengan jawaban pastinya, lebih baik tanyakan pada penulisnya. Sebab saya hanya mampu menebak tanpa unsur kepastian. XD

    BalasHapus
  13. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/827210095171756032
    kota tempat tinggal: surakarta

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

    Menurutku seperti yg pernah dijelaskan di Orange Live Action tentang bagaiman hal semacam dilantasi waktu itu terjadi, bedanya ini lebih ke renkarnasi. Dimana terjadi pararel waktu di suatu titik yang akhirnya membuat dunia lain di waktu yang berbeda. Hanya saja apa yg terjadi dan di ubah di dunia A, tidak akan berpengaruh terhadap dunia A'.
    Sedangkan di novel ini, dibagian review, ada dialog yg mengatakan: bagaimana mungkin orang bisa berpindah dalam waktu 15 menit dari tempat sejauh 40km?
    Ini seperti bagaimana seseorang dapat berpikir dan menemukan sesuatu lebih cepat daripada yang lainnya. Bagaimana dapat membuat langkah jauh ke depan, padahal kita belum melakukan apapun. Seperti, ketika seseorang bermain catur, kita harus sudah membuat dua tiga langkah ke depan disaat kita menjalankan satu langkah pertama. Bukankah dilantasi waktu itu seperti itu? Bahwa kita merasakan waktu bergerak lebih cepat dari yang seharusnya. Nah, novel ini bercerit tentang misteri, tentang detektif, sudah pasti dari pihak detektif dan pihak penjahat, selalu membuat banyak langkah disaat yang sama mereka menjalankan langkah pertama. Sehingga, terasa seperti 'jalan buntu'.

    BalasHapus
  14. Nama : Annisa Rizki Sakih
    akun twitter : @annisakih
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/827401504206106626
    domisili : Batam, kepri

    Menurut saya novel ini diberi judul Dilatasi Waktu karena judul tersebut akan menarik minat para pembaca, terutama pembaca yang menyukai genre misteri. Terlepas dari konflik yang dibangun diatas teori relativitas, saya sendiri sudah sangat penasaran dengan hanya membaca judulnya saja. Apalagi setelah dilanjutkan membaca review oleh Kiky, saya semakin penasaran ingin mengetahui bagaimana kaitan antara konsep dilatasi waktu tersebut dan kemampuan Shinta mengungkap kasus kematian bu Annisa.
    Ditambah lagi adanya jeda waktu 4 tahun dari perjumpaan terakhir antara Shinta dan Iptu Raka. Menurut saya bila Shinta memang sejak SMP menyukai Iptu Raka sehingga sangat menantikan kembali perjumpaan kembali tersebut, maka waktu 4 tahun akan terasa berjalan lambat. Sedangkan bagi Iptu Raka yang lebih dewasa dan sibuk bekerja, maka masa 4 tahun dapat berlalu sekejap saja.

    BalasHapus
  15. Nama : Sofani Rachmada
    Twitter : @rachmadaa
    Link share : https://twitter.com/rachmadaa/status/827439307338059776
    Domisili : Madiun, Jawa Timur

    Menurutku novel ini diberi judul "Dilatasi Waktu" karena dalam novel ini menceritakan kasus pembunuhan dari istri Pak Beni, dimana mungkin pembunuhnya ini sangat pintar dalam mengecoh dan bermain dengan waktu untuk membingungkan detektif atau orang yang berusaha mencari barang bukti. Dari film atau drama serial killer yang pernah aku tonton banyak sekali seliar killer yang notabennya malah orang yang pandai, jadi dia bisa memutar otak untuk melakukan hal yang tidak mungkin menjadi terlihat mungkin padahal aslinya hanya tipuan dari kecepatan, ketepatan dan kecerdikan waktu tadi.
    Seperti di kalimat : “...berpindah tempat sejauh 40 kilometer dalam waktu 15 menit...” tentu sangat mustahil tapi bisa saja kan sang serial killer ini menggunakan trik-triknya untuk membuat hal itu terlihat mungkin terjadi dengan tipuannya.

    Menurutku begitu seperti di serial drama korea The Girl Who Sees Smells. Sang serial killer nya benar benar pandai dalam memanfaatkan waktu.
    Thanks :D~

    BalasHapus
  16. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/827453710401826816
    kota tempat tinggal: Serang

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

    Penulis memasukkan Fisika sebagai salah satu tema dalam novel, dimana para tokohnya yg awalnya tidak menyukai pelajaran yg terkenal ribet itu, akhirnya berbalik tertarik dengan Fisika. Selain itu novel ini juga mengangkat cerita misteri tentang kasus pembunuhan. Penulisnya dengan piawai merangkai puzzle tentang pemecahan kasus pembunuhan ini, yg diramu dengan teori Dilatasi Waktu yg merupakan satu istilah dalam ilmu Fisika yakni selang waktu yang diukur oleh pengamat yang diam tidak sama dengan selang waktu pengamat yang bergerak.

    BalasHapus
  17. Nama : Ervan Setiawan
    Twitter : @saidrha
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    link share :
    https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/827458914211880960?p=v

    Jawaban :

    Karena penulis ingin kita memahami dan menyelami ilmu fisika yang mudah di pahami untuk pembacanya,
    Bicara fisika pasti rumit karena perhitungan, tapi penulis mengajarkan kita pentingnya mencintai ilmu apa saja terutama ilmu IPA Fisika Kadang banyak anak-anak sekolah sekarang mirip sekali seperti cerita dlm Novel dilatasi waktu , memperlajari sangat lemah dlm pelajaran fisika dan ini menunjukkan novel ini wajib di baca terutama Remaja siapa tau jadi cinta yg namanya ilmu IPA fisika :)

    Dilatasi waktu
    Hubungan antara waktu (baik waktu pengamatan pada saat diam Ataupun waktu pada saat bergerak)

    Yang menakjubkan dalam novel ini :
    Pak Doni yang bisa melakukan berpindah tempat sejauh 40km dalam waktu 15menit ,
    Jika di konversikan ke meter/detik
    dalam 15 X 4 jadinya 60menit (1 jam )
    Dan 40 X 4 = 160 km
    Jadi jika di jadikan perjam adalah
    160km/perjam

    Rumus satuan km/jam menjadi
    meter/detik :

    160km/jam = 160/jam X 1000m/1km
    X 1jam/3600 detik = 44.4 meter/detik

    Wow fantastis ..

    Pantas Novel ini di sebut
    DILATASI WAKTU :)

    BalasHapus
  18. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/827644929434406912
    Domisili: bogor tengah

    Karena sesuai dengan isi ceritanya. Dilatasi waktu= konsekuensi dari teori relativitas khusus dimana dua pengamat yang bergerak relatif terhadap satu sama lain. Pengamat disini ada Shinta dan Iptu Raka, waktu disini sepertinya berkaitan dengan pak Doni yang selalu berpindah tempat sejauh 40 kilomaeter selama 15 menit sekali.

    P.s:Bukan anak SMA, fisika gaada dipelajaran jadi cari tau aja ke mbah google dan begitu kirakira dilatasi waktu perkiraanku fan mengapa novel ini berjudul itu hehe

    BalasHapus
  19. Nama : Siti Nuryanti
    Twitter :@NelyRyanti
    Link share : https://twitter.com/NelyRyanti/status/827719971635597312
    Domisili: Depok

    Mengapa novel ini diberi julukan Dilatasi Waktu Karena ini menurutku novel ini berkaitan dengan fisika dan waktu. Setelah kuserching Dilatasi Waktu adalah konsekuensi dari teori relativitas khusus dimana dua pengamat yg bergerak relatif thdp satu sama lain akan mengamati bhwa jam pengamat lain berdetak lebih lambat dari jamnya

    Pada novel tersebut ; tersurat pada hal 86, dimana Pak Doni menurut kesaksian Bu Kus dan Bu cindy berpindah tempat sejauh 40 km dalam waktu 15 menit, itu kan mustahil

    BalasHapus
  20. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/827724109991718913
    kota tempat tinggal: Surakarta

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"
    Karena kunci misteri untuk memecahkan kasusnya berkaitan dengan fenomena dilatasi waktu yang dijelaskan dalam teori relativitas. Lewat novel ini penulis bisa mengajak pembaca tertarik belajar fisika sekaligus mengikuti jalan cerita sampai akhir.

    BalasHapus
  21. Nama: Yunit P. Utami
    Twitter: @udonkuma
    Link share: https://twitter.com/udonkuma/status/827792698895585280
    kota tempat tinggal: Bogor

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

    Berhubung ini berhubungan dengan Fisika, mungkin trik pembunuhan juga berhubungan dengan fisika juga. Seperti halnya jalan pintas untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan, dalam kasus ini juga mungkin ada 'trik' pembunuhan dengan 'jalan pintas' yang berhubungan dengan teori fisika hingga mampu disebut dilatasi waktu. Contohnya metode, atau benda yang digunakan untuk membunuh.

    Saya jadi ingat buku Higashino Keigo yang setiap ceritanya bertema fisika. Jadi penasaran gimana cara penulis ini menjabarkan semua ceritanya juga dengan unsur fisika. Berhubung saya suka banget sama drama misteri detektif, semoga beruntung dapat bukunya.

    makasih banyak mbak Rizky :D

    BalasHapus
  22. Nama : Nafisah Irfani S.
    Akun Twitter : @irfanisse
    Link share : https://mobile.twitter.com/irfanisse/status/827830596432859136
    Kota tempat tinggal : Kendal, Jawa Tengah


    Jawaban :
    Menurutku novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu" karena dalam kisah ini penulis memasukkan ilmu fisika. Jadi, mungkin pada pemecahan kasus pembunuhan tersebut atau strategi/trik pelaku ada kaitannya dengan teori relativitas tentang ruang-waktu.

    BalasHapus
  23. Nama : Alvanesya
    Domisili : Nganjuk, Jawa Timur
    Twitter : @vanesyakeiko
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/827853644846493697?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8190541612

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"

    Menurutku, cerita ini yang pasti hal ini berhubungan tentang waktu. Arti dari dilatasi waktu sendiri merupaka teori relativitas yang dikemukakan oleh Einstein, yakni selang waktu yang diukur oleh pengamat yang diam tidak sama dengan selang waktu pengamat yang bergerak.
    Sepertinya penulis menggunakan konsep dilatasi waktu ini untuk membuat pembaca berpikir tentang teka-teki yang berhubungan dengan teori fisika. Bahkan dengan adanya kasus yang terjadi dalam cerita, tokoh Shinta dan teman-temannya menjadi tertarik dengan fisika dalam teori dilatasi waktu. Meskipun mereka belum sepenuhnya mengerti tentang pelajaran fisika. Mereka mencoba memecahkan kasus-kasus aneh ini menggunakan teori tersebut. Hal ini mungkin bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk memperdalam kemampuan mereka dalam konsep fisika yang tanpa sadar selalu ada dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tapi mereka mulai memanfaatkannya dengan adanya kasus pembunuhan yang terjadi dengan tersangka-tersangka yang ducurigai.
    Dengan adanya rasa ingin tahu yang muncul begitu besar, teori* itu sepertinya mudah di dapahami oleh tokoh yang memudahkan jalan mereka untuk menemukan siapa dalang dari pembuat kerusuhan yang terjadi.
    Intinya, penulis ingin pembaca merasa terbebani dengan teka-teki yang berputar dalam kepalanya yang sulit untuk dipecahkan. Bahkan pembaca sepertinya harus terus berpikir mengenai konsep pada teori dilatasi waktu ini agar lebih mengerti pelajaran fisika. Alalagi pelajaran tersebut bukan pelajaran yang cukup mudah disekolah. Selain menggunakan teori, kita juga harus menggunakan logika dalam pemecahan kasus ini. Hehe, jawabannya sedikit ngawur memang. Tapi tolong lirik jawabanku juga ya kak! Terimakasih

    BalasHapus
  24. nama: Lenny AR.
    akun twitter: @justlynn23
    link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/827905974757253135
    kota tempat tinggal: Banjarmasin

    Menurutmu, mengapa novel ini diberi julukan "Dilatasi Waktu?"
    Menurutku novel ini diberi julukan Dilatasi Waktu karena dalam novel ini menceritakan tentang pembunuhan dan penyelidikan tentang siapa pelakunya, tokoh dalam cerita menyelidiki siapa pembunuh sebenarnya. Dalam penyelidikan itu tokoh menggunakan teori fisika dan juga teori dilatasi waktu. Dan setiap orang yang diduga pelaku punya alibi masing-masing, sehingga sulit untuk mengungkap siapa pelaku sebenarnya.

    BalasHapus

Design By Wulansari | Blogger Theme By Black Coffee Design